Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Kaca Spion Tambahan ( Blind Spot Mirror )

Kaca Spion Tambahan ( Blind Spot Mirror )

spion Mobil klasik
Spion Mobil klasik
Seperti Kita Ketahui bahwa Kaca Spion Bawaan dari Pabrik Kadang Kadang kurang bisa berfungsi maksimal, karena masih ada bidang yang tidak dapat tercover oleh spion tersebut. Bagian yang tidak bisa kita lihat sering kita sebut dengan Blind Spot Area.
Pada kasus tertentu kadang Blind spot bisa berbahaya, terutama ketika kita akan berpindah jalur , mengovertaking mobil lain di jalan raya, ataupun bahkan hal yang sepele Ketika Kita Parkir. Ya Ketika kita parkir kita ngak bisa melihat sudut tampilan body keseluruhan dari mobil kita.Untuk mengatasi hal tersebut diatas, maka beberapa produsen Mobil/ Rumah Produksi/ aksesori kadang mengeluarkan beberapa solusi untuk mengatasi Blind spot area tersebut 

Diantaranya adalah

1. Kaca Tempel Kecil Tambahan

Spion Kecil Tambahan
Spion Kecil Tambahan
Berbentuk Kaca Cembung kecil bisa bulat atau Kotak ( atau sesuai desain pembuatnya. Kaca ini ditempelkan pada spion utama, berfungsi untuk menampak visibilitas dari kaca standar karena bidang kontaknya jadi lebih banyak dan berubah. Cermin bentuk ini banyak dijual di toko aksesori, atau anda dapat memodifikasi dari cermin cembung yang dijual pada toko peralatan buku misalnya di Gramedia. Cuma yang jadi masalah kadang kala terjadi salah penempatan, cermin ini adalah cermin tambahan, sebagai tambahan maka di berfungsi sebagai penambah bantu, Orang kadang menempatkan pada sisi luar kaca spion utama, sehingga malah menganggu fungsi dan jarak pandang dari spion Utama. 

2. Spion Pemantau didalam Kabin.

Spion Pemantau di dalam Kabin Mobil
Spion Pemantau di dalam Kabin Mobil
Sesuai namanya maka spion ini letaknya tentunya didalam kabin mobil anda. seperti kaca tempel kecil, maka spion ini biasanya juga berbentuk macam macam. Spion pemantau didalam kabin berfungsi tergantung dari letak nya. 
Misalnya Spion cembung diletakkan di Pillar A pada penumpang depan, bila diletakkan diatas dia bisa melihat sisi bagian Ban belakang sebelah kiri, dan sebagian areal kabin penumpang, bila diletakkan pada bafian bawah maka dia bisa berfungsi seperti kaca spion ke-2 untuk melihat daerah blind spot bagian kiri mobil belakang. 

3. Kaca spion Pada Kap Mesin Depan ( mobil Berhidung )

Kaca spion ini tentunya tidak asing lagi, ya karena pada dewasa ini mobil mobil SUV sudah diperlengkapi dengan spion tambahan yang terletak di Hidung sebelah kiri dari mobil. Dan dewasa ini juga banyak mobil mobil yang ditambahin dengan spion model ini, selain menambah Gaya dan Style juga menambah visibilatas penglihatan belakang. Untuk Variasi biasanya unit bisa diklem pada Kap mobil. Bila anda tertarik dengan spion model ini harus satu yang diingat, selalu sesuaikan besar spion dengan mobil anda, dan juga lindungi kap mobbil anda dari pemasangan yang asal asalan, Jadi ketika sewaktu waktu anda bosan dan ingin melepasnya/ maka kap mobil anda tidak menadi cacat dan rusak.

4. Spion Tambahan dibelakang

Spion Belakang Mazda E2000
Spion Belakang Mazda E2000
Spion ini biasanya diletakkan pada Mobil jenis minibus yang panjang. ( misal elf travel atau mobil mitsubishi L-300 dan sebagainya ) Pada mobil yaitu jenis Mazda E-2000 malahan sudah diperlengkapi dari pabrik ( menjadi standar ). Spion ini berfungsi sebagai alat bantu sopir untuk melihat Bagian belakang mobil waktu mereka memundurkan mobil, karena kita tahu sendiri untuk mobil yang panjang dan besar maka semakin makan tempat dan semakin banyak blind spot yang terjadi. Alternatif ini dipilih karena lebih ekonomis dan tidak terlalu banyak menambah biaya produksi ( karena hanya berbentuk spion maka tidak terlalu mahal, bila dibandingkan dengan sensor parkir misalnya ).

5. Spion bercabang / Spion Anak

Truck Besar dengan 2 spion
Truck Besar dengan 2 spion
Pada jenis ini biasanya digunakan pada Truck yang besar atau pada Bus, Jenis ini mengunakan satu atau beberapa spion tambahan yang diletakkan pada tangkai spion Utama dari Truck atau bus. Jadi jangan heran bila sewaktu waktu anda melihat spion dari Truck Kontainer atau Truck Tronton memiliki beberapa cabang anak spion.
Untuk selanjutnya yang manakah yang akan anda Pilih untuk meningkatkan Visibilitas penglihatan anda waktu mengemudi ?

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. Gan jatmiko...artikelnya tentang otomotif senada dengan blogku www.mobil-kinclong.blogspot.com
    bagaimana cara tukar link (kalo boleh)
    salam kenal
    Heni Johan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tukarlink sangat boleh, tapi bentar yaks saya tak belajar dulu nampilin kode link di blog ini ... maklum saya masih newbie masih belajar belajar ... :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)