Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba serbi Pelek Mobil ( RIM )

Pelek Mobil 

Pelek bisa meningkatkan penampilan mobil
Pelek bisa meningkatkan
penampilan mobil
Pelek atau rim adalah lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Sebagai contoh, pada roda sepeda di tepi lingkaran yang besar menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang ban dan tabung. Pelek pada masa sekarang kadang menjadi tren atau bahan kosmetik pertama kali yang pasti akan dirubah oleh pemilik mobil dalam mendandani penampilan mobilnya. Ya kadang pelek bisa menjadi gengsi dari pemiliknya. 
Pada dewasa ini begitu banyak jenis dan macam pelek yang kadang membuat kita menjadi bingung, ada yang terbuat dari besi, almunium, lalu ya ada yang mengatakan pelek forged, pelek die cast, pelek one piece, multi piece dan lain lain. Ayuk kita bedah satu persatu siapa tau barangkali mungkin tidak serumit yang kita duga selama ini. 

Tergantung pada jenis kendaraan dan ban. Ada berbagai rim (pelek), serta jumlah komponen rim.

Pelek Truck yang belon komplit
Pelek Truck yang belon komplit
1. Kendaraan penumpang modern dan ban tubeless yang biasa kita pakai biasanya menggunakan one-piece rims One piece rims disini dimaksudkan adalah pelek merupakan satu kesatuan. 
2. Sedangkan pada Kendaraan berat ( truck dan Bus ) kadang memiliki jenis multi-piece, maksudnya adalah pelek itu terdiri dari beberapa bagian yang bisa dilepas dan di persatukan dengan klem. Komponen-komponen ini dilepas dari satu sisi untuk pemasangan ban.

Sedangkan dari jenis konstruksinya 

kadang dibagi lagi yaitu 

1. Pelek one pieces, 
adalah pelek yang hanya satu bagian tidak bisa dibongkar dan diganti-ganti bagian peleknya.
Pelek 3 Piece dari Mercedes
Pelek 3 Piece dari Mercedes
2. Pelek two pieces 
adalah pelek yang bisa dipisahkan menjadi dua bagian, dan bagian-bagian tersebut bisa diganti-ganti. Biasanya yang bisa dipisahkan adalah tapak pelek dan center ring (tempat pcd). ( Sekadar mengingat Center Ring :  http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/06/center-ring-velg-ring-cones.html  )
3. Pelek three pieces. 
Sedangkan 3 pieces sama seperti two pieces, tetapi bedanya bisa dipisahkan pada 3 bagian, dan semua bagian bisa diganti sesuai keinginan. Baik two dan three pieces bisa diganti tapak, offset ataupun desain palangnya. Cirinya adalah terdapat deretan baut di sepanjang center ring.

Ada beberapa macam jenis Pelek Mobil, biasanya dibagi beberapa jenis diantaranya adalah, Pembagian berdasar cara pembuatannya

Forging / Tempa 
Tempa dapat dilakukan melalui proses satu atau beberapa langkah penempaan dari berbagai paduan bahan biasanya  magnesium, Pelek yang dihasilkan oleh metode ini biasanya memiliki ketangguhan yang lebih tinggi dan daktilitas yang lebih, meskipun biaya yang jauh lebih tinggi.
High pressure die casting (HPDC) 
Pada proses ini menggunakan sebuah mesin besar yang memiliki kekuatan press tinggi. Magnesium dilelehkan atau dileburkan lalu dituangkan ke dalam tabung pengisi. Lalu dengan bantuan Pengepres/ Piston lalu mendorong logam ke dalam cetakan dengan kecepatan tinggi dan tekanan yang besar. Kemudian setelah magnesium mengeras/ beku kemudian dibuka dan cetakan dilepaskan. Pelek dihasilkan oleh metode ini dapat menawarkan penurunan harga dan peningkatan ketahanan korosi tetapi pelek jenis ini kurang ulet dan kekuatannya lebih rendah karena sifat HPDC.
Pelek Magnesium pada Carrera GT
Pelek Magnesium pada Carrera GT
Low pressure casting (LPDC) 
Pada Proses ini hampir sama dengan Proses HPDC cuman bedanya tidak di press dengan kecepatan tinggi , biasanya hanya berupa cetakan lalu diisi dengan magnesium cair. untuk yang lebih advanced biasannya cetakan disegel mati untuk menghindarkan pengaruh udara dari luar, sehingga cairan bisa masuk kedalam cetakan dengan sempurna tanpa menghasilkan pelek yang keropos. Bila diolah menggunakan metode praktek terbaik pelek LPDC dapat menawarkan peningkatan daktilitas diatas pelek magnesium HPDC dan setiap pelek aluminium cor, 
Gravity casting (permanent mold and sand casting) Pengecoran gravitasi (cetakan permanen dan pengecoran pasir)
Metode ini menawarkan pelek dengan daktilitas yang baik, dan sifat relatif di atas apa yang dapat dibuat dengan aluminium casting. 

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. mas mohon saranya dong
    mobil saya itu isuzu panther tahun 2000 dan saya mau mengganti velg, kalau mengganti dengan velg yang bautnya menjadi lima apa saja yang di perlukan untuk memodifikasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara termudah ya pake PCD adaptor, tapi masalshnya pelek jadi nongol keluar, kalau mau advanced ya cuman dengan mengubah tromol dari 4 ke 5 baut di tukang bubut (ressiko getar bila ngak senter pengerjaannya)
      NB= jangan sekali kali melubang / membuat lubang baru pada pelek ( ini bahaya dan menghancurkan pelek itu sendiri :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)