Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba Serbi Kode Produksi Accu ( Code Age Accu )

Serba Serbi Kode Produksi Accu 

Unit Accu Merk Yuasa
Terkadang Masih menjadi Kontroversi dan Pertanyaan dari sebagian besar dari kita? terutama mengenai Accu
= Apakah Accu memiliki Umur ( Usia expired ) seperti layaknya sebuah Ban ?
( silahkan baca lampiran ini untuk sekedar merefresh ingatan anda tentang Ban )
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/mengenal-angka-dan-huruf-pada-ban.html
= Apakah accu produksi yang agak lama akan mempengaruhi kinerjanya?
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/mengenal-accu-aki-akumulator-baterai.html
Untuk Menjawabnya Ayo Kita Coba kita mempelajari bersama Satu persatu.

Kode Produksi Beberapa Accu

Kode Produksi Accu GS,
Yuasa dan Kayaba

Membaca Kode Produksi pada GS 

Gambar B disamping di Accu GS ada angka 046366K,
Dua digit terdepan (04) menunjukan tanggal produksi. Artinya accu ini diproduksi pada tanggal 4
Berikutnya angka (6) menunjukkan bulan. Artinya aki ini dibuat pada bulan ke-6 atau Juni dan yang terakhir adalah tahun (3). Berarti tahun pembuatan 2013.
Sedang 66K adalah kode produksi dari GS.

Akan Tetapi Accu GS juga ada juga yang berbeda kodenya, kode di GS dengan 6 digit yang mencantumkan kode 21A6B5. Tanggal produksi di dua nomor pertama tanggal 21
A berarti dibikin Oktober. GS memberi kode untuk bulan Januari - September menggunakan angka 1 sampai 9. Untuk Oktober-Desember menggunakan kode A sampai C. Angka 6 berarti tahun produksi tahun 2006
Sedangkan B5, kode dari pabrik, mungkin berdasar dari shift kerja dan lain sebagainya.

Membaca Kode Accu Yuasa 

Kode Umur Accu Yuasa
Kode Umur Accu Yuasa
Pada Gambar accu Yuasa disamping kode 31051093. Dua nomor paling kiri kode hari, jadi aki dibuat tanggal 31. dua angka berikut tanda bulan produksi, bulan 05 atau Mei, dua angka berikut tahun produksi, dan angka terakhir kode dari pabrikan . Jadi Artinya Accu ini diproduksi hari ke-31, di bulan ke-5, di tahun 2010. 
Ada Juga yang dicantumkan kode  disamping seperti pada Gambar Kode Produksi Accu GS, Yuasa dan Kayaba  (Gambar A) Disitu tertulis angka 2901139a nah cara mbacanya pun juga sama produksi tanggal 29 bulan Januari dan Tahun 2013 

Membaca Accu Merek Delkor, Global, Bosch dan Rocket  

Misalnya, di kode produksi tercantum JA23C15. Yang perlu diperhatikan konsumen adalah adalah 4 digit terakhir yaitu 3C15. Cara membacanya, angka 3 menunjukkan tahun produksi yaitu 2013, jika angka 3 berarti tahun 2013 dan seterusnya.
Sedangkan huruf C menunjukkan bulan produksi. Yaitu dengan pengkodean meliputi, A sebagai penunjuk bulan Januari, B adalah Februari, C sebagai bulan Maret dan seterusnya. Sampai M yang menunjukkan bulan Desember.
Sementara 2 digit angka terakhir menunjukkan tanggal produksi yaitu tanggal 15. Jadi untuk kode produksi di atas itu berarti accu tersebut dibuat pada 15 Maret 2013.

Lalu ada Pertanyaan !
Perlukah Kode Produksi Accu Untuk Menentukan Umur dari Accu Itu Sendiri? 

Untuk menjawabnya ada jawaban Ya, Tidak dan Tergantung Sikon ( Situasi dan Kondisi).

Unit Aki MF yang cairan Kimianya belum diisikan untuk mencegah Self charging
Unit Aki MF yang cairan
Kimianya belum diisikan
untuk mencegah Self charging

  • Jawab Ya bila anda membeli accu MF yang sudah terisi Cairan Kimia dari Pabrik. Mengapa karena pada waktu itu proses umur aki sudah bekerja ( dengan diisi cairan kimia) maka di dalam accu sudah terjadi reaksi kimia atau sudah terjadi laju pengurangan arus. Tentunya unit accu ketika sampai dikonsumen dimana membutuhkan waktu distribusi ( makin panjang makin lama ) tentu anda tidak akan mendapatkan daya accu yang 100% ( harus di charge lebih dahulu agar maksimal ).
  • Jawaban Tidak bila anda membeli Accu jenis biasa yang masih kosong dan belon diisi cairan kimia ( accu zuur ) dan ketika anda beli kemudian anda isi accu zuur maka waktu itulah dimulai dari perjalanan umur aki anda. Tetapi meskipun begitu silahkan anda membeli accu dengan kode produksi terbaru, mengingat terbaru anda selalu mendapat barang yang fresh dan dengan inovasi terkini)
  • Jawaban Tergantung Sikon ( Situasi dan Kondisi ). Dengan proses kemajuan tehnologi beberapa waktu yang lalu sudah diterapkan Accu jenis MF dimana Cairan Kimianya belum diisikan kedalam accu. Disini pihak pengisi adalah pihak penjual/ pembeli. dengan sistem ini maka kekurangan point pertama dari Accu MF bisa terhindari.
(Sumber berita diambil dari Petunjuk Mr. Turboman ( Moderator SerayaMotor.com ) dan Mr. Frans (Sole Agent Accu dari Blitar ) 

Semoga Bermanfaat

14 comments:

  1. om, berapa jarak waktu produksi terhadap waktu pembelian yg normal atau layak? apakah pembelian 3-4 bulan sejak produksi masih layak? makasihhh......

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya, ini pertanyaan untuk aki GS hybrid, yg udah ada cairannya, langsung pake ....

      Delete
    2. Wah untuk itu ngak bisa jawab saya um,... :)

      Delete
  2. om bahas suspensi donk... biar meong kita mantab.. hehehe

    ReplyDelete
  3. wlaupn saya kurang ngerti mslah per-aki-akian :D ...
    ane ttp mmpir koq ..
    hihihihi

    ReplyDelete
  4. saya belum punya aki yuasa, tapi ini kasih saya ilmu mas, makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar Accu Yuasa hanya kebetulan saja, bukan merupakan Promo ... :) Karena saya bukan Sales bukan Agen Yuasa ... he999

      Delete
  5. saya baru beli accu gs, kode nya 1903A4K0721 itu artinya tgl 19, bulannya ? 0 atau maret, tahunnya 3 = 2013, atau gimana ya? mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari angkanya ya itu diproduksi tanggal 1 bulan 9 tahun 2013, A4K0721 kelihatannya lebih ke Shift produksi dan kode kode produksi karena bila memakai aturan A4 tentunya brarti tahun 2014 kan tidak mungkin ... he99

      Delete
  6. Om aki yuasa skrng kok cepat hitam ya selnya ndak kayak dulu aki nya awet skrng kayak aki abal-abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu merupakan kebijakan dari pabrik mengenai standar kualitas mutunya. mungkin untuk mengejar harga yang lebih murah agar bisa bersaing dengan kompetitornya

      Delete
    2. betul banget om iwan, soalnya sekarang banyak pesaing yg menawarkan harga yg jauh lebih murah meski dengan kualitas pas2an, hehe..

      Delete
  7. Gan kalau kode ini ada kemungkinan ato pasti tahon produksinya
    1723A6K0837

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)