Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba Serbi EURO NCAP

SERBA-SERBI EURO NCAP


Logo Euro Ncap
Logo Euro Ncap
Sewaktu kita membaca artikel promosi mobil dari sebuah majalah atau koran kadang kadang kita menemukan kata-kata, Mobil ini telah lolos Test bintang 5 dari Euro NCAP. Telah mendapat 4 Bintang untuk uji tabrak samping dan lain lain sebagainya. Kadang kita bertanya apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Euro NCAP itu, ayo kita coba pelajari bersama sama, untuk sekedar nambah pengetahuan saja. 

Sejarah Berdirinya

KIA RIO, Walau Mobil Kecil dapat 5 Bintang
KIA RIO, Walau Mobil
Kecil dapat 5 Bintang
Euro NCAP singkatan dari The European New Car Assessment ProgrammeAdalah Program Standar Penilaian dan Kinerja Keselamatan dari sebuah mobil dari Eropa yang bermarkas di Brussels (Belgia). Euro NCAP didirikan pada tahun 1997 oleh Transport Research Laboratory Departemen Transportasi Inggris dan lalu dalam perkembangannya didukung oleh beberapa pemerintah Eropa, serta dengan Uni Eropa.
Penilaian dan Kinerja mobil dalam Euro NCAP menggunakan sistem rating keselamatan. Euro NCAP terbentuk setelah NHTSA ( National Highway Traffic Safety Administration) dari Amerika Serikat (AS) membuat NCAP ( New Car Assessment Program ) pada tahun 1979. Sedangkan di beberapa negara yang lain pun juga tidak ketinggalan memiliki program yang sama walau mungkin agak berbeda sedikit dari standart penilaian dan penamaan. seperti Australia dan Selandia baru memakai istilah ANCAP, Amerika Latin dengan NCAP,  Cina dengan C-NCAP .
Seperti yang dikatakan diatas Euro NCAP akan mengetes mobil baru dan kemudian akan menerbitkan laporan keselamatan pada mobil tersebut dan memberinya 'peringkat bintang' penghargaan berdasarkan kinerja kendaraan dalam berbagai tes kecelakaan , 
Test keselamatan mobil tersebut biasanya meliputi Test depan, samping dan dampak kerusakan yang ditimbulkan ketika mobil menabrak pejalan kaki. ( Makanya jangan Heran kalau mobil mobil sekarang mengapa bempernya depan terbuat dari fiber/ plastik dan dengan ketinggian moncong yang landai ( terutama jenis Sedan) itu salah satunya diakibatkan untuk mengurangi cedera yang serius seandainya mobil tersebut menabrak orang ( pejalan kaki). Penilaian maksimal mendapat lima bintang.

Cara Pengujian
Pengujian frontal dilakukan pada 64 km/jam ( 40 mph ) dengan memakai penghalang deformable offset. Penghalang dirancang untuk mewakili dampak dengan berat kendaraan dan struktur yang sama seperti mobil itu sendiri . 
Lalu Tes dampak samping yang dilakukan pada 50 km/jam ( 31 mph ) 
Tes keselamatan pejalan kaki yang dilakukan pada 40 km / jam ( 25 mph )

Perkembangan Selanjutnya

Euroncap pedestrain impact
Euroncap pedestrain impact
Mulai 1 Januari 2009 Euro NCAP mengadopsi rear- dampak ( whiplash ) tes sebagai bagian dari serangkaian crash-test. Dalam sistem ada penilaian rating baru yang lebih memfokuskan atau memberikan nilai skor keseluruhan pada perlindungan pejalan kaki, (pedestrian test) . Mengapa Test Pejalan Kaki menjadi isyu yang vital karena Euro NCAP khawatir bahwa produsen mobil terlalu berkonsentrasi pada keselamatan penumpang daripada keselamatan orang lain di luar kendaraan. ( Ya Kita ambil contoh aja di indonesia, di indonesia Pemilik Mobil akan berlomba lomba Pasang dan memperkuat Bemper, Rollbar dll). Agar ketika terjadi kecelakaan akan aman, mereka tidak berpikir keselamatan orang lain. he999 ( I love Indonesian country hi99 ) ya mungkin karena di eropa ngak ada becak dan motor yang bersliweran (sruntal sruntul) ngak tau aturan lalulintas ( maklum mungkin dibenaknya dikira Jalan itu adalah milik Kakeknya) , makanya pemilik mobil pasang bemper, makin Kuat Makin Baik. Mobil kena sundul motor ya Rasain, begitulah kira kira jalan ceritanya.  \(*o*)\ |(*o*)| /(*o*)/

Rating Euro NCAP berpengaruh pada Pemasaran Mobil

Mobil Mahal yang ngak ditest Euro Ncap
Mobil Mahal yang ngak ditest Euro Ncap
Selama bertahun-tahun , mobil-mobil Eropa telah menjadi jauh lebih aman , sebagian akibat dari NCAP Euro standar . Hasil tes biasanya dipublikasikan ke khayalak ramai ( pers ), dan pada gilirannya akan sangat mempengaruhi penjualankendaraan . Contohnya adalah ketika Rover 100 , hanya mendapat satu point bintang pada tahun 1997, maka akibatnya Rover 100 angka penjualannya tidak mengembirakan, bahkan kemudian sampai ditarik untuk didesain ulang setelah itu. Produks BMW dan MINI , misalnya, harus mendesain ulang kap dan headlamp untuk memenuhi persyaratan keselamatan pejalan kaki terbaru.
Tulisan diambil dari 
http://www.euroncap.com/home.aspx
http://en.wikipedia.org/wiki/Euro_NCAP

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. artikelnya keren nih, bermanfaat banget...

    main juga ya ke blog saya, http://juraganmobilmurah.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)