Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memeriksa Ketinggian Minyak Transmisi Matic Isuzu Panther

Memeriksa Ketinggian Minyak Transmisi Matic Isuzu Panther

Spesifikasi Oli Transmisi Matic

Tuas Matic Isuzu Panther
Tuas Matic Isuzu Panther
Anda Memiliki Isuzu Panther Matic?
Bila ya Cobalah anda untuk rajin memeriksa Minyak Transmisi matic anda. Tidak seperti Transmisi manual yang hanya bisa di check dari lubang pengisian, maka Pada transmisi mactic memiliki Dip stick tersendiri yang bisa anda periksa ketinggian minyaknya seperti layaknya anda mengecek olie mesin pada mobil. O iya, sebagai informasi dalam buku pedoman pemilik Oli transmisi yang digunakan Isuzu Panther adalah Oli transmisi Jenis Dextron II atau Dextron III ( untuk merknya tentunya terserah anda). bila anda ngak mau repot anda bisa membelinya dibengkel Resmi terdekat.

Letak Dip Stick Matic

Letak Dip Stick matic
Letak Dip Stick matic
Cara memeriksanya Pertama kali anda harus mengetahui dimana letak dip stik mobil matic anda. Silahkan anda coba buka Kap mesin anda. Lalu temukan dip stiknya terletak dibelakang dip stick dari dip stick oli mesin. Untuk mudahnya silahkan anda amati Gambar disamping,
OIi Transmisi pada matic ini sangat vital lho karena seluruh kerja matic tergantung dari tekanan hidrolik dari oli nya. Bila isinya terlalu banyak dapat mengakibatkan Buih pada olie  sedang bila isinya kurang dari disyaratkan dapat menyebabkan transmisi menjadi slip dan akan merusak transmisi itu sendiri.

Cara Memeriksa

Cold dan Hot Area
Cold dan Hot Area
Kondisi Mesin Dingin
1a. Silahkan Parkir mobil ditempat yang rata. Lalu jangan lupa tarik Hand Rem. Lalu Hidupkan mesin mobil, Lalu silahkan Geser tuas Matic anda ke semua posisi, mulai dari P. N, D, 2, L, P. Kemudian Pindah Tuas matick ke posisi P.
2a. Lalu dengan bersamaan ketika mesin masih hidup silahkan anda cabut dip stick maticnya. Lalu bersihkan sisa oli dengan lap yang kering dan bersih. lalu colokkan dip stik anda. lalu cabut. Pada waktu anda cabut silahkan anda lihat ketinggian oli matic anda dia harus berada di antara range cold. 
Kondisi Mesin Panas
Dip Stick Matic
Dip Stick Matic
1b. Bila Anda mau memeriksa dalam kondisi mesin Panas. Alangka baiknya silahkan anda tunggu sekitar 30 menit agar mesin agak menjadi dingin. Karena kerja transmisi matic sangat berat dan mengakibatkan suhu oli akan menjadi sangat panas. ( bahkan untuk matic generasi sekarang sudah banyak mengaplikasikan oli cooler - Nanti kapan kapan akan saya bahas )
2b. Setelah anda tunggu kira kira 30 menit silahkan anda melakukan prosedur seperti pada nomor 1a. dan ketinggian olie harus di rentang Hot Range. Untuk mengetahu seberapa panas silahkan anda rasakan dengan Tangan.masuk dalam Hot Range olie harusnya bersuhu sekitar 70-80 derajat Celcius.
Untuk sementara ini Saran saya bila memeriksa ketinggian oli matic silahkan di periksa pada kondisi Mesin Dingin. Karena juga demi keamanan untuk menghindari tangan anda terbakar karena panas dari minyak transmisi.

Gambar dan Properti milik

Mr Andrie Setia Pradana 
Member Panther Mania Club (PM-218)

Semoga Bermanfaat

9 comments:

  1. untuk kapasitas oli matik panther sendiri itu berapa liter ya?

    ReplyDelete
  2. Om, ganti oli matic nya tiap berapa km ya om? kuras atas berapa? kuras total nya berapa ya om? trmks sebelumnya..

    ReplyDelete
  3. Om, Ganti oli matik nya berapa km sekali ya om? kuras atas doang berapa, kuras total berapa ya om? Manual book sy hilang Om, trmksh sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. matic sekitar 7-8 liter untuk kuras total kalau cuman ganti sebagian paling sekitar 2 literan. oli matic tergantung spec pabrik tapi secara overal ganti total sekitar 50-100rb km sekali

      Delete
  4. kalo kuras atas doang kira kira sekitar berapa km sekali om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saran saya lebih baik dikuras total aja daripada cuman dikuras sedikit sedikit. sekali kuras total dah puluhan ribu km ngak mikir olie lagi

      Delete
  5. Om efek ganti tramsmisi matic menjadi manual apa yah? Saya punya 2001 turbo kondisinya dah jd manual, tx sebelum nya

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)