Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Pemahaman Dasar Tune Up Mesin Diesel

Pemahaman Dasar Tune Up Mesin Diesel

Ingin Meningkatkan Power  agar seperti Sportcar
Ingin Meningkatkan Power
agar seperti Sportcar
Dewasa ini begitu banyaknya Teknologi yang berkembang dengan pesat dan Begitu banyaknya informasi yang bisa kita dapat dari Internet, dari Forum Sosial macam facebook, Website Klub, Forum Modifikasi dan lain lain.
Semua informasi itu ada yang baik ada yang menyesatkan. Dikatakan Baik Bila Bermanfaat dan Tepat Guna, dikatakan Menyesatkan bila kita malah jadi tersesat dan kemudian menjadikan kerusakan pada unit kendaraan kita ketika kita mencoba mengaplikasikannya tanpa didukung dasar teori dan kemampuan analisa yang tepat..
Dibawah ini Selayang Pandang yang mungkin anda bisa dijadikan bahan perenungan sebelum melakukan modifikasi. Dengan mengetahui sedikit cara kerja sebuah mesin maka akan mudah bagi kita memilah milah modifikasi yang sesuai dengan kita,

Cara Kerja Sebuah Mesin (diesel)

Cobalah Anda Pahami Cara Kerja Sebuah Mesin Diesel. Sebuah Mesin Bekerja itu meliputi sebuah Perjalanan Udara masuk kedalam mesin melalui Intake Manifold, Udara melalui Saringan Udara Dulu lalu masuk ke intake manifold lalu dia masuk ke Ruang bakar melalui Klep In, Lalu kemudian dengan Langkah kompresi, udara dimanpaatkan Ruang bakar lalu udara menjadi bertekanan tinggi yang akan menaikkan suhu bakar lalu bahan bakar disemprotkan sehingga terjadi pembakaran, Lalu mendorong piston kebawah (langkah Tenaga) Kemudian hasil Pembakaran akan dibuang melalui Klep Out, kemudian Melalui Knalpot yang kita sebut sebagai asap. Maka sudah selesailah perjalanan satu siklus Kerja Sebuah Mesin.

Pemahaman Menaikkan Tenaga Mesin Secara Sederhana
(Tidak merubah Spesifikasi Jeroan Mesin)

Setelah anda memahami Cara kerja sederhana diatas Maka Dapat Dikatakan untuk menaikkan tenaga mesin anda bisa merubah atau memodifikasi proses perjalanan Udara dan Bahan Bakar tersebut. Beberapa Cara diantaranya Semisal.

1. Mempercepat Aliran Udara Masuk

Free Flow Air Filter
Free Flow Air Filter
Beberapa Cara yang termasuk dalam kategori disini adalah
- Mengganti Filter Udara dengan Free Flow / Modifikasi Filter. Dengan mengganti Filter udara yang berhambatan Rendah tentunya maka udara akan semakin banyak masuk ke ruang bakar, Udara makin banyak tentunya kandungan Oksigen makin banyak tentuknya hasil pembakaran akan lebih signifikan.
- Melakukan Porting dan Pengaturan ulang Efisensi Aliran Udara. Seperti Kita tau udara adalah sebuah massa yang bergerak, Masih ingat kisah normalisasi sungai jakarta untuk menangkal banjir bukan, Demikian juga dengan porting akan mempermudah udara mengalir masuk kedalan ruang bakar.
- Pemasangan unit Turbo dan Super Charger. Dengan ke dua unit ini maka udara bisa dimasukkan ke ruang bakar tanpa melalui hisapan beda tekan tapi langsung dipaksakan ke ruang bakar, tentu hasilnya volume udara masuk akan lebih banyak. 

2. Memperbesar Jumlah Bahan Bakar

Sebagai bahan utama maka bahan bakar menjadi peran utama dalam mesin internal combustion, Dalam Kategori ini termasuk
- Merubah Jumlah Bahan Bakar yang dibakar dimesin. Tentu setelah udara yang dipasok sudah semakin banyak tentu hasilnya tidak akan optimal bila semprotan jumlah bahan bakar tidak diperbanyak. cara memperbanyak bisa dari kalibrasi IP, Modifikasi Nosel, Penyetelan Baut Load Solar
- Memasang Piggy Back. Untuk unit Commonrail untuk menipu data ECU anda bisa memasang Piggy back sehingga waktu semprotan dan jumlah Bahan Bakar bisa diatur ulang,

3. Mempermudah Pembuangan Hasil Pembakaran

Ganti Exhaust Juga Dipercaya  mendongkrak tenaga
Ganti Exhaust Juga Dipercaya
 mendongkrak tenaga
Seperti manusia ketika kita banyak makan maka juga akan sering kita ke WC untuk buang air bukan, demikian juga dengan mesin.
- Porting Exhaust Manifold. Dengan adanya porting maka proses keluarnya gas buang akan semakin mudah. - Modifikasi Katalitic. Ada yang ekstrim dengan membuang katalitic karena akan dinilai menghambat proses pembuangan gas pada mesin.
- Penggantian Manifold dan Knalpot dengan lebih Free Flow. dengan diganti maka udara yang keluar akan lebih besar bukan.
- Pengaturan ulang dimensi dan ukuran exhaust agar diperoleh Tendangan balik yang maksimal.

4. Menaikkan Kualitas Udara dan Bahan Bakar.

Sebagai unit pembakar dan yang dibakar, maka dengan merubah kualitas keduannya maka akan merubah hasil pembakaran. Yang termasuk dalam Kategori ini diantaranya adalah
- Menurunkan Suhu Udara yang masuk ke intake Manifold. Menurunkan suhu udara yang masuk terutama untuk unit Non Normaly Aspirated biasanya dengan pemasangan Intercooler. selain Intercooler ada juga modifikasi dengan AIC ( udara yang masuk dilewatkan ke kisi2 AC agar udara lebih dingin)
- Memakai Bahan Bakar Berkualitas baik. Memakai bahan bakar berkualitas baik tentu akan menaikkan tenaga mesin anda.
- Memakai Doping Bahan Bakar. Ada banyak cairan untuk meningkatkan Performa.
- Memasang CAI. Cold Air Intake. Ada banyak teknik modifikasi CAI
- Memodifikasi Bahan Bakar. Misal memakai injeksi Propane, Pemasangan Water Methanol Injection dll.

5. Modifikasi Pendukung yang Lain

Kampas Rem After Market
Kampas Rem After Market
Setelah unit mesin meningkat daya putarnya tentu unit lain pun akan disesuaikan Beberapa diantaranya adalah.
- Modifikasi Kopling. Untuk unit kopling manual kadang kala harus dimodifikasi agar tidak selip dihajar torsi mesin yang meningkat.
- Modifikasi Rasio Verneling. Bisa dilakaukan pengangitan gigi verneling untuk memakai gigi rasio yang lebih berat.
- Modifikasi Final Geer. Cara termudah dan lebih gampang dengan mengganti unit Final Geer dengan perbandingan yang lebih kecil/ Berat.
- Modifikasi Rem. Tentunya mesin makin cepat anda harus memodifikasi unit pengereman agar lebih pakem. bisa dengan mengganti unit rem yang lebih besar atau mengganti dengan unit berkemampuan lebih tinggi.
- Modifikasi Suspensi. Mobil makin cepat maka dibutuhkan suspensi lebih mumpuni.

Semoga Bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)