Perkembangan Safety Pada Balap Formula 1
Mobil Formula1 Ferrari th 1952 |
Balapan pertama dimuali dari sirkuit Silverstone Inggris, Mobil dirancang dengan kecepatan maksimum, Mesin masih terletak didepan, Bahkan konon Bantuan Medis pun dan Peranti Pengamanan di sirkuitpun masih belum ada.
1955
Penggunaan Rem Cakram mulai diperkenalkan. Pada Tahun ini Mulai diperkenalkan juga mesin ditengah sehingga lebih aman.
1960
Beberapa Piranti Keselamatan mulai digunakan di F1
1961
Mulai digunakan Roll Bar yang sederhana, Walau hanya berupa lengkungan Baja sederhana didepan dan dibelakang kepala Pembalap
1963
Balapan F1 yang penuh Resiko |
1968
Mulai diterapkan Roll bar, Bahan anti tambahan, sistem electronik.
1969
Mulai diperkenalkan sistem tambahan pengamanan bila terjadi insiden kebakaran
1970
Mulai dibangun tembok ganda di sepanjang lintasan. dan mulai ada prosedur inspeksi sebelum perlombaan
1971
Desain kokpit harus dirancang agar pembalap bisa keluar dalam waktu 5 detik
Kebakaran pada GP Jerman 1994 |
Diperkenalkan sabuk pengaman 6 titik, dan penggunaan wajib lampu stop merah dibelakang, dan mobil harus menggunakan busa pemadam pengaman disetiap tangki bahan bakar.
1973
Mulai diwajibkan pengetesan kesehatan bagi para pembalap. dan Safety car mulai diperkenalkan
1974
Mulai wajib adanya tembok pengaman disetiap sirkuit
1975
FIA menerapkan regulasi seragam anti api dan Medical Centre
1977
Penyeragaman bentuk standar helm dan Penggunaan kerikil ( gravel trap) untuk mengurangi kecepatan kendaraan saat terjadi mobil keluar lintasan
Test Doping untuk Pembalap |
Wajib memiliki Super licence bagi pembalap
1979
Sergram dengan 5 lapisan anti api dengan mencontek teknologi dari NASA mulai diperkenalkan
1981
Perkuatan struktur body mobil terutama dari bagian kaki pembalap
1984
Pemindahan tangki bahan bakar diantara pembalap dan mesin
1985
Uji crash mulai di Perkenalkan
1986
Mulai digunakan Helikopter untuk bantuan personel medis
1988
Uji tabrak (crash test) mulai dipakai untuk menguji kekuatan kokpit dan tangki bahan bakar
1989
Mulai uji test doping bagi pembalap seperti standar IOC (International Olym[ic Committee)
1990
Gagang stir harus bisa dilepas, Ada pelatihan keselamatan pembalap
1991
Safety Car F1 |
1994
Semua Kru Pit stop harus memakai pakaian tahan api. Mulai mewajibkan tumpukan ban pengaman untuk meredam tabrakan (tyre wall). Kecepatan pitlane diturunkan menjadi hanya 120 kpj
1997
Semua mobil peserta F1 harus dilengkapi perekam data kecelakaan ( accident data recorder)
1998
Lebar mobil diperkecil, kokpit diperbesar, Kaca spion diperbesar menjadi 120x50mm
2000
Mulai dikampanyekan Formula Zero, Kampanye untuk pentingnya keselamatan sehingga Zero Accident
Adanya regulasi tambahan untuk memperkuat strucktur mobil, penggunaan material kevlar dan lain lain
2001
mulai diperkenalkan bendera biru. dan kenaikan standaer crash test dari samping
2003
Stir harus mudah dilepas |
2005
Penambahan ketebelan kokpit dari 75 mm menjadi 100mm dan pengetesan crash diperbesar hingga 6ton
2006
Waktu Crash Test dinaikan dari 12 m/detik menjadi 15m/detik
2007
Layar LED digunakan di stir pembalap, kecepatan pit lane dikurangi menjadi 80 kpj
2009
Dibentuk Motor Sport Safety Development untuk program keselamatan pembalap muda beserta program program pelatihan
2010
Suasana Sebelum balapan dimulai |
2011
Penggunaan bahan zylon untuk helm
2012
Uji Tabrakan diperketat dan dilakukan sebelum pra musim digelar, Ada regulasi peraturan baru mengenai aturan pembalap saat safety car keluar, Helm dan kaca helm juga dibuat semakin kuat.
Dengan berbagai pengaman keselamatan yang selalu berkembang maka sejak tragedi kecelakaan yang menewaskan Pembalap Ayrton Senna di tahun 1994, maka belum ada lagi kecelakaan fatal yang menimpa balap formula 1
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)