Mungkin bagi anda yang terjun di dunia balap mobil tentu tidak asing dengan istilah
NOS, atau mungkin anda yang ngefans dengan film film
Fast Furious dan film film bernuansa Balap dan lain lain tentu udah hapal dengan
NOS. Apalagi anda yang gemar main Game Balap mobil seperti
Need 4 Speed, tentu sangat familier dengan NOS.
Sebenarnya apa sih
NOS itu, ayo kita bahas bersama.
Sejarah
|
NOS pun nongol di fast & Furious |
NOS Adalah Kepanjangan dari
Nitrous Oxide Systems dimana sebenarnya ia berisi
Gas Nitrous Oxide (
N2O) sesuai rumus kimianya terdiri dari
2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen. Pertama kali ditemukan pada saat
World War II, yang digunakan pesawat tempur Jerman. Pada Awalnya langsung diaplikasikan ke intake, saat pesawat berada pada ketinggian tertentu mengingat oksigen pada ketinggian tersebut berkurang. Demikian juga
British Royal Air (Inggris), juga menggunakan Nitrous Oxygen mengikuti pesawat tempur Jerman.
Nitrous Oxygen pada suhu 300 derajat celcius, akan terpecah menjadi nitrogen dan oksigen. Nitrous Oxygen mengandung
36% kandungan Oxygen. Dibandingkan dengan udara yang hanya
23%. Pada tekanan yang sama.
Nitrous Oxygen lebih padat 50% dibandingkan udara. Dan pada volume yang sama, Nitrous Oxygen mengandung oksigen
2-3 kali lipat dibandingkan udara biasa.
Cara Kerja
|
NOS di Mobil Impreza |
Pada Saat mesin sudah bekerja (
dalam artian power sudah maksimal),
NOS disalurkan kedalam intake yang kemudian akan masuk ke Ruang pembakaran. Seperti pada penjelasan diatas ketika Gas
NOS terurai dia akan menghasilkan oksigen yang besar dan kemudian ditambah dengan Bahan bakar maka Kepadatan pada ruang bakar akan meningkat dengan tajam, Dengan Ruang bakar yang sama dan dengan materi udara dan bahan bakar yang lebih banyak tentunya Hasil pembakaran akan meningkat dengan Tajam karena kompresinya akan meningkat dengan signifikan. Dengan Hasil ledakan yang lebih besar tentunya power yang dihasilkan akan meningkat tajam. Selain Dalam bentuk
Cair NOS tidak terlalu memakan tempat sehingga mudah disimpan dalam mobil atau dalam Tabung. Kekurangannya hanya satu sistem ini harus diisi ulang ketika sudah dipakai.
Macam Macam NOS
Ada 2 jenis instalasi untuk NOS, yaitu sistem
Kering (Dry) dan Basah (Wet). Masing-masing instalasi tersebut memiliki peralatan / kit yang berbeda.
Sistem Dry NOS
Proses penembakkan gas NOS dan BBM dilakukan secara terpisah, Nozzle NOS disambungkan langsung menuju ruang pembakaran secara terpisah, sedangkan bensin tetap melalui jalur sendiri pada injector ataupun karburator.
|
NOS KIT sistem Dry |
Sistem Wet NOS
Proses penyemburan antara BBM dengan gas nitrous oxide bercampur dan ditembakkan secara bersamaan ke ruang bakar mesin lewat injector khusus. Dalam sistem wet pada mesin karburator, campuran antara BBM dan gas NOS harus disetting melalui ukuran
spuyer / jet, agar perbandingannya pas, karena bila terlalu banyak gas NOS ke sistem pembakaran dibandingkan BBM maka mesin bisa jebol, sedangkan jika terlalu banyak BBM dibandingkan gas NOS, maka tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal (
efektifitasnya berkurang).
Sedangkan Untuk penggunaan NOS di mesin karburator maka dibutuhkan lagi alat tambahan bernama Spray Bar. Proses aplikasi sistem ini juga terbagi menjadi 2, yaitu :
Sistem Single Point : Sistem ini menggunakan satu saluran untuk mencampur NOS dengan BBM.
Sistem Direct Port : Sistem ini menggunakan saluran terpisah pada tiap silinder untuk menembakkan NOS dan BBM secara bersamaan.
Penggunaan NOS
|
Bisa dipasang beberapa tabung NOS |
Pada Beberapa Negara penggunaan NOS dijalanan umum adalah Ilegal. Contohnya di
New South Wales, Australia, Tidak memperbolehkan penggunaan NOS dijalan raya yang diatur dalam
Undang Undang Jalan dan Lalu Lintas Authority dalam ayat
3.1.5.7.3 menyebutkan bahwa
Penggunaan sistem injeksi nitrous oxide tidak diizinkan. Sedangkan di
Inggris NOS tidak dilarang hanya diatur bahwa pemasangan unit NOS harus dilaporkan juga dalam Perusahaan Asuransi ( akan menambah klausul dan premi yang lebih besar). Di
Jerman, meskipun aturan TÜV ketat , sistem nitrous dapat diinstal dan digunakan secara legal di mobil yang dikemudikan jalan. Persyaratan untuk standar teknis dari sistem ini adalah mirip dengan konversi gas alam aftermarket. Ini bisa diterima karena di negara jerman mobil harus memenuhi standar emisi yang ketat
Semoga Bermanfaat
saya suka sekali dengan film balap yang berjudul "TURBO"
ReplyDeletePenuh inspirasi
panther kira2 bisa dipasangin beginian gk om iwan? wk terima kasih
ReplyDeleteDiesel sih ngak pakai NOS, Tapi Injeksi Propane
Deleteom iwan, jadi injeksi propane itu kayak sistem nos juga atau gmn om ? hehe terima kasih
Delete