Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba Serbi Kaca Tempered (Tempered Glass)

Serba Serbi Kaca Tempered 

Logo Tempered pada kaca mobil
Logo Tempered pada kaca mobil
Anda Sering mendengar bahwa Kaca Mobil itu beda jenis dengan Kaca pada yang kita pergunakan sehari hari misalnya kaca Aquarium, Kaca Etalase dan lain lain. Sebenarnya Apa sih yang membedakan, ayo kita pelajari sedikit.

Sejarahnya

Adalah kimiawan bernama Rudolph A. Seiden, dari Austria. yang pertama kali mematenkan Kaca Tempered. Walaupun dipatenkan oleh Seiden, Tapi sebenarnya Kaca Tempered itu sudah dikela sejak jaman pertengahan sekitar tahun 1700an, Pada Masa itu sebuah Kaca akan dipanaskan hingga mencair lalu Cairan kaca itu dijatuhkan dalam Air (Proses Pendinginan Tiba tiba). Sehingga terbentuk Kaca berbentuk tetesan air. Dimana Kaca tersebut menjadi sangat keras Pada permukaan yang membulat. sementara bagian ekor sangat rapuh, bila terkena pukulan akan menghancurkan keseluruhan dari kaca.

Proses Pengerjaan

Beda bentuk pecahan
Beda bentuk pecahan
Kaca Tempered atau dalam bahasa sehari hari sering di sebut dengan Kaca yang diperkeras. Sebenarnya adalah Kaca Biasa yang kemudian dengan Teknik Pemanasan tertentu diperkeras.sehingga kaca menjadi lebih keras dari biasanya. Sebelum Kaca dikeraskan maka terlebih dahulu kaca dipotong dan dibentuk sesuai dengan kegunaannya. Misalnya Kaca buat Jendela Mobil, maka Kaca sudah dipotong dan dilubang sesuai dengan kebutuhan. Mengapa demikian, Karena Kaca yang sudah di tempered akan menjadi keras dan akan sulit dibentuk lagi karena sudah berubah sifat sifatnya.
Kemudian Kaca yang sudah siap itu ditempatkan pada sebuah media, lalu kemudian dipanaskan sampai 720 derajat Celcius ( sekitar 1328 F). Setelah Kaca mencapai suhu Tersebut maka kemudian Kaca didingankan dengan cepat memakai udara dingin yang bertekanan. Dari Proses ini maka Gaya Tarik dan Tekan pada kaca akan berubah, tapi secara wujud dan bentuk tidak berubah.

Sifat Umum

Kaca biasa bila pecah
Kaca Biasa bila Pecah
Secara Umum kaca Tempered memiliki sifat sebagai berikut.
1. Berkekuatan tinggi
Kaca tempered mempunyai daya tahan lendutan (defleksi) dan benturan keras 3-5 kali lebih kuat dari kaca biasa dengan ketebalan yang sama.
2. Ketahanan terhadap perubahan suhu
Kaca tempered juga mempunyai daya tahan terhadap perubahan suhu kira-kira 3-5 lebih tahan dari kaca float biasa.
3. Pecahan kaca dalam bentuk partikel kubus dan tumpul sehingga aman
Pecahan kaca tempered berbentuk serpihan kecil kecil dan tumpul tidak seperti biasa pecahannya sangat runcing dan tajam sehingga tidak aman..

Penggunaan Kaca Tempered

Pemakaian untuk Interior
Pemakaian untuk Interior
Ternyata Selain digunakan pada bidang Automotif yaitu sebagai kaca Utama dan kaca Jendela ternyata Kaca ini juga digunakan untuk berbagai kebutuhan. seperti peralatan didapur ( Kaca untuk Oven, Kaca Microwave, Bahkan Peralatan Alat dapur juga ) Coba anda periksa peralatan memasak ibu kita didapur, Atau kadang kala anda pernah mendengar kata Pyrex dan lain lain bukan. disitulah banyak kaca tempered juga dipergunakan. Selain itu karena sifatnya yang lebih keras dan kalau hancur menjadi potongan potongan yang kecil maka Kaca jenis ini banyak juga di gunakan pada Kaca Kaca Gedung dan bangunan. Anda tentu sering lihat adekan sebuah film action bukan, Ketika Seseorang menabrak kaca lalu kaca terbut hancur menjadi berkeping keping. lha disitulah tujuan dari penggunaan Kaca Tempered untuk Keamanan, Tidak bisa dibayangkankan bukan bila kaca tersebut tidak menjadi hancur berkeping keping tentunya akan Fatal.

Hal yang perlu diketahui

Digunakan juga   di peralatan didapur
Digunakan juga
di peralatan didapur
- Karena Kaca Tempered memiliki Tegangan Tarik dan Tegangan Tekan yang hampir mirip, Maka Kaca Tempered tidak boleh terganggu oleh proses proses pengerjaan yang dapat menggangu struktur dari kaca tersebut, Misalnya Pemotongan, Pengosokan, Pembuatan Lubang dan lain lain.Maka seperti yang dijelaskan diatas maka Semua Kaca yang akan ditemperedkan harus sudah dalam ujud yang pasti.
- Kaca Tempered sangat sulit retak karena benturan yang ringan, tapi akan pecah bila mendapat benturan atau Goresan yang dalam,
- Bila Kaca Tempered mendapat Benturan sehingga Pecah maka Titik perepecahan ini akan merambat keseluruhan Kaca.

Semoga Bermanfaat

8 comments:

  1. Trims infonya sangat berguna. Berarti kaca tempered nga bisa dilobangi/di bor ya pak iwan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk itu saya tidak bisa menjawabnya, mungkin dengan teknik khusus mungkin saja bisa dilobangi, ... :)

      Delete
  2. Kaca tempered iniapakah bisa pecah akibat perubahan suhu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya bisa, tempered ini kan cuman nambah ketahanan kaca tapi bukan brarti anti pecah

      Delete
    2. Beberapa kawan saya menceritakan hal yang sama... Tutup panci di dapur tiba tiba pecah.. Padahal didapur sedang tidak ada orang. Thanks buat replynya

      Delete
  3. Kalo saya mau melubangi kaca mobil belakang untuk pasang wiper ada yg tahu atau di mana saya harus lebih lakukan trims

    ReplyDelete
  4. Kalo saya mau melubangi kaca mobil belakang untuk pasang wiper ada yg tahu atau di mana saya harus lebih lakukan trims

    ReplyDelete
  5. Pak aku mau tanya apa saja penyebab kaca yg sudah di tempere tiba tiba pecah

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)