Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Migrasi ke Ban Berprofil Tipis Agar Tetap Nyaman

Migrasi ke Ban Berprofil Tipis

Pemilihan Ban menentukan  Kenyamanan Berkendara

Beberapa waktu yang lalu di blog ini sudah saya tulis artikel tentang.
Cara menghitung Size Ban bila anda ingin mengganti Ban dengan Pelek yang lebih besar (Klik Disini)
Juga Ada Mengenal tabel dan Angka pada Ban (Klik disini).
Dibawah ini ada beberapa Teori Tambahan yang mungkin bisa menjadi pedoman bagi anda yang misalnya tetap ingin menggunakan dan mengganti Ban dan velg mobil anda dengan lebih besar dan ban dengan profil yang lebih tipis.
Tentu anda pernah mendengar selentingan dari berbagai pembicaraan dari montir atau pakar pakar otomotif yang mengatakan bahwa ban dengan profil ban lebih tipis akan lebih keras dari ban berprofil tebal, ban berprofil tipis akan lebih stabil handling dan pengendalian dari ban tebal dan sebagainya, hal ini adalah tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar. Dari Paramater kenyamanan ban setidaknya ada 3 kriteria yaitu

Sharpness, Shock & Damping

Sharpness
Adalah Tingkat kekerasan tumbukan saat ban membentur Object (Obstacle) Pertama kali, Object disini misalnya membentur lobang dijalan atau mungkin membentur Polisi Tidur.
Shock
Setelah ban menumbuk bidang object, maka kemudian ban akan bergetar bukan, disini yang dimaksudkan Shock disini adalah Proses atau tingkat Keras lembutnya getaran yang terjadi,
Damping
Bila Shock adalah tingkat keras lembutnya getaran maka Damping adalah waktu dari getaran yang terjadi sampai ban kemudian stabil kembali tidak bergetar lagi.
Analoginya Begini Bila Ban Makin Tebal maka ketika Ban tersebut melewati lubang dijalan maka, Sharpnessnya akan lebih lembut (goncangan wktu tumbukan pertama akan lebih lembut), Lalu Shocknya pun akan lebih empuk, akan tetapi Ban yang tebal memiliki Proses Damping yang lebih lama dari ban yang lebih tipis.

Beberapa Parameter yang Lain

bijaklah dalam memilih Kombinasi Ban Velg
bijaklah dalam memilih
Kombinasi Ban Velg
High speed Straight
Adalah nilai kestabilan ban pada saat kecepatan tinggi dijalan yang lurus
Line Change
Adalah Kemampuan ban dalam menerima pergeseran arah ban waktu ban digunakan, misalnya waktu anda berjalan lurus lalu tiba tiba berpindah jalur atau melakukan manuver zig zag.
Cornering
Kemampuan dan performa ban waktu menikung
Respons & Effort
Berhubungan dengan respon ban terhadap gerakan kemudi dan bobot yang dirakanan kemudi waktu menikung
Comfort & Stability
Sesuai dengan namanya ini berhubungan dengan desain, teknologi ban dan konstruksi dari pabrik yang akan menentukan tingkat comfort dan stabilitynya.

Yang Perlu diperhatikan

Angka Load Index Pada Ban
Angka Load Index Pada Ban
Proteksi Bibir Pelek
Bila anda akan menganti pelek dengan ukuran diameter yang lebih besar dan kemudian mengganti dengan ban yang berprofil tipis ada baiknya selain melihat dari ukuran offset anda juga bisa memilih ban dengan pelindung samping bibir pelek. karena seperti dijelaskan diatas maka ban makin tipis maka akan rentan menerima tumbukan maka ada baiknya selalu meilih ban dengan tambahan pelindung bibir pelek ( bagian ban yang menonjol keluar yang melindungi bibir pelek)
Load Index
Jangan lupa untuk selalu menghitung kembali kemampuan load dari Ban pengganti. jangan sampai anda hanya mengganti dengan ban saja tapi lupa untuk menghitung kemampuan bobot maksimal ban yang dapat dipikul. (anda bisa membacanya kembali di Tabel dan angka pada Ban diatas).

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)