Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips Mencuci Mesin Dengan Aman (Washing Cars Engine)

Tips Mencuci Mesin Dengan Aman 

Jangan Lakukan ini di mesin anda
Jangan Lakukan ini
di mesin anda
Bagi Sebagian dari kita kadang kala masih menjadi topik yang kontroversial, tentang Membersihkan Ruang mesin dan Mesin mobil dengan cara Mencuci dengan Air.
Ada Kubu yang mengharamkannya, karena takut akan terjadi konsleting takut akan terjadi kerusakan pada mesin terutama kabel kabel dan sirkuit klistrikan mobil,
Sementara Ada Kubu yang boleh Mencuci mobil tapi dengan syarat syarat tertentu.
Memang untuk kondisi Ideal Air itu adalah musuh utama dari mobil, tapi seperti yang sudah sudah Air bisa menjadi Teman atau menjadi musuh dari Mobil kita tergantung dari penanganan kita. Cara Teraman ya hanya di Lap dengan Kain Basah (Chamois)
Tapi bagi anda yang pengin mencuci sendiri mesin mobil anda bisa kok ngikuti prosedur sederhana yang biasa saya lakukan pada mobil saya waktu mencucinya. Anda Tertarik Silahkan Membacanya.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Mencuci Mesin
Alat dan Bahan Mencuci Mesin
1. Anda bisa menggunakan bahan pencuci Engine Cleaner yang dijual bebas dipasaran.
2. Bila Anda Lagi Mbokek dan  Tong Pes (Tidak Punya Uang), jangan kuatir ada solusi mudah dan murah kok. Anda Bisa mengunakan Bensin dan Sabun Colek (Sabun cuci yang berbentuk pasta) anda bisa mengambil di dapur. :))
3. Ambil Wadah buat tempat pencampur, Lalu ambil sabun colek dan letakkan pada tempat secukupnya.
4. Lalu Tuangkan Bensin kedalam wadah tersebut. Untuk Komposisi bisa tergantung dari Situasi Dan Kondisi. Bila Mesin anda sangat kotor dan dekil karena minyak, alangkah baiknya Bensin yang diperbanyak sabun sedikit, Bila mesin anda tidak terlalu kotor anda bisa memperbanyak konsentrasi dari sabun colek.
5. Ambil Kuas lalu ratakan biar campuran Mix,
6. Ambil Plastik, atau Bekas Tas Kresek beserta Karet Gelang atau Tali.

Cara Kerja

tata Cara Mencuci Mesin mobil
Mencuci Bagian Mesin
1. Silahkan Buka Kap Mesin Anda, Lalu Bungkuslah semua soket soket kelistrikan dari mobil anda terutama sambungan kabel kabel, Kotak Sekring.
2. Lalu dengan bantuan selang air silahkan siram mesin mobil, untuk membasahi. yang perlu di ingat adalah =
# Jangan memencet Selang terlalu kencang sehingga air bertekanan sangat Keras.
# Lalukan Prosedur Cuci Mesin HANYA KETIKA MESIN KONDISI DINGIN.
# Hindari Menyemprot daerah Kabel-kabel baik itu kabel listrik ataupun kabel Gas dan lain lain.
3. Lalu dengan bantuan Cairan pembersih yang telah disiapkan tadi mulai kuaslah dan bersihkan bagian bagian mobil anda. Bersihkan dengan seksama terutama bagian bagian sudut sudut yang sulit dijangkau dari kotoran dan tanah yang menempel.
4. Untuk bagian Karet karet dan bagian mesin yang berlapisan Cat anda bisa hanya gunakan Sabun Colek saja untuk menguas mobil anda.
5. Lalu dengan Air silahkan siram bagian yang telah anda kuas tadi, lalu bantu juga dengan kuas untuk membersihkannya sambil dialiri air. (Pada gambar ini terlihat kotak sekring yang saya tutup dengan Plastik hitam bekas tas Kresek- Berhubung terbatasnya Gambar yang ditampilkan)
6. Lakukan juga kedaerah mesin anda. pastikan sampai semua buih dari sabun telah terusir dengan air.
7. Setelah selesai, gunakan lap Chamois untuk mengeringkan mesin anda.
8. Buka semua plastik plastik penutup kabel anda. dan Selesai Mesin sudah bersih.

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. Selama ini pake solar dan oli samping dicampur maksudnya sambil mencegah karat.Aman ga'ya pak?karet2,seal,selang jadi melar ga?trus cat/anti karat nglupas tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada salah kaprah , pemakaian olie 2 t itu sebenarnya bukan mencegah karat tapi lebih ke memberi tamhanan peluumasalan pada ip, karena jaman dulu kan solar sering dioplos ama minyak tanah. sedang sekarang era solar harganya murah dan biosolar juga sudah mengandung anti lumas yang cukup, jadi penambahan olie 2t sudah ngak diperlukan lagi

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)