Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

CWPS (Condenser With Power Scoop)

CWPS (Condenser With Power Scoop)

Scoop Yamaha Champ
Scoop Yamaha Champ
Anda mungkin masih ingat di era tahun 1990-an dengan motor yamaha Alfa, Yamaha Champ, Yamaha Tiara, Yamaha 125z  Bukan, Tentunya anda ingat dengan brosur tentang Mesin Black Engine dari Yamaha yang diperlengkapi dengan Power Scoop. Mesin Bebek pada waktu itu rata rata berpendingin udara dengan memanfaatkan aliran udara yang bergerak untuk pendingin mesin (silinder copnya). Nah Teknologi itu saya coba untuk diaplikasikan sehingga memberi pendingin ektra pada Condenser AC Mobil. Karena kita tahu Condenser mobil terutama mobil berhidung biasanya Condenser AC diletakkan di depan dari radiator di mana proses pendinginan menjadi satu dengan unit radiator dan kipas pendingin mesin.
Pada intinya kita membuat Scoop atau Bahan untuk menangkap udara yang bergerak agar bisa dan diarahkan menuju Condenser, sehingga pendinginan akan lebih sempurna. dibawah ini Saya terapkan pada mobil Isuzu Panther Grand Touring saya, (Untuk mobil yang lain prosesnya sama saja kok)

Cara Kerja

Cara Pembuatan Scoop
Cara Pembuatan Scoop
1. Dengan menggunakan Kertas Kardus kita buat bahan mal dan contoh dengan perbandingan 1:1. Jangan lupa waktu membuat mal tentukan juga letak Baut dan letak dimana sekiranya scoop yang akan kita pasang mendapat kedudukan dimesin. Kebetulan pada barang ini saya akan menempatkannya pada baut diawah condenser. (letak baut anda sesuaikan melihat situasi dan kondisi mobil anda)
2. Anda bisa mengunakan plat almunium, fiber ataupun Besi. Pada Contoh saya menggunakan Casing Komputer bekas.
3. Kita potong casing sesuai bentuk contoh no1
4. Dengan bantuan Gergaji dan Gerinda kita bentuk model plat besi.
5-6. Anda bisa menambah dengan sirip agar bisa lebih mengarahkan udara yang mengalir (silahkan anda berimprovisasi sendiri).
7. Anda bisa memberikan Cat agar nampak bagus. Tentunya pengecetan setelah bahan diampelas, (tidak saya bahas)
8. Bila masih dirasa kurang, anda pun bisa menghias dengan stiker stiker agar scoop lebih menarik.
9. Adalah tempat dimana Scoop tersebut nantinya akan kita buat. (itu adalah gambar baut yang terletak persis dibawah condenser.
10. Scoop setelah terpasang dari tampak depan. Pada waktu pemasangan anda bisa mengunakan plat tipis sebagai pemegang tambahan pada scoop. (coba perhatikan gambar ssoop pada no 11 disebelah kiri akan nampak plat besi dibaut yang saya bautkan pada slebor depan. (jadi total pemegang scoop ada 3 yaitu tengan belakang dan 2 buah disebelah depan kanan) kiri. Kekuatan pemegang sangat penting. karena kita tahu waktu mobil melaju dengan kencang scoop akan mendapat beban angin yang besar.
11. Foto dari bawah.
12. Foto dari Samping

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. foto nya ngak jelas om, terutama nomor 9,10,11 dan 12
    jadi bingung gimana posisi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan anda amati keterangan dari tutorialnya tentunya anda pasti tahu letaknya dimana itu,

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)