Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Seandainya Mobil Kena Petir (Lightning Strikes)

Seandainya Mobil Kena Petir 

Pada Musim Yang tidak menentu seperti sekarang ( musim penghujan dan kemarau ngak bisa dibedakan waktunya). Kadang kita bertanya tanya seandainya kita mengendarai mobil lalu terkena petir dijalan gimana ya nasip kita. Untuk menjawabnya yuks kita coba berteori sedikit 

Teori Terbentuknya Petir

Petir/ Halilintar
Petir/ Halilintar
Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya muatan pada awan karena pergerakannya yang terus menerus secara teratur, dan selama pergerakan itu awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negative akan berkumpul pada salah satu sisi, dan muatan positif pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (electron) untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses ini, media yang dilalui electron adalah udara, dan pada saat electron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah akan terjadi ledakan suara yang menggelegar. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena adanya awan yang bermuatan positif dan negatif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Teori Faraday's Cage (Sangkar Faraday)

Sangkar Faraday Pada  Pertunjukan Sulap
Sangkar Faraday Pada
Pertunjukan Sulap
Sangkar Faraday atau tameng Faraday adalah sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal.
Tahun 1836, Michael Faraday mendapati bahwa muatan di sebuah konduktor bemuatan hanya berada di bagian luarnya dan tidak mempengaruhi apapun yang berada di dalam konduktor tersebut. Untuk mendemonstrasikan fakta ini, beliau membuat sebuah ruangan yang dilapisi dengan lembaran tipis dari logam dan mengatur agar loncatan bervoltase tinggi dari sebuah generator/ pembangkit elektrostatik menyambar apapun yang berada di luar ruangan. Dengan menggunakan sebuah elektrometer, Faraday membuktikan tidak adanya muatan listrik di bagian dalamnya tembok ruangan itu.
Kadang Kala Sangkar Faraday pun dijadikan Atraksi Sulap di mana seseorang di dalam ruangan lalu diberi arus listrik tapi orang tersebut baik baik saja.

Sangkar Faraday dikehidupan sehari-hari

Pesawat tersambar petir
Pesawat tersambar petir 
# Telepon genggam dan radio tidak menerima sinyal saat berada di dalam elevator maupun di berbagai struktur yang sama. Sejumlah bahan arsitektur tradisional bertindak sebagai perisai Faraday dalam prakteknya. Bahan-bahan tersebut memengaruhi penggunaan telepon dan jaringan nirkabel di dalam bangunan serta rumah.
# Sinyal Wi-Fi seringkali terhalang di dalam bangunan yang memiliki metal sliding.
Rumah ber-sliding dari aluminium memiliki sebagian besar karakteristik fisik sebuah sangkar Faraday, kecuali jendela dan lantai. Struktur bertipe ini terkenal menghalangi Radio Cuaca menerima sinyal yang akurat, khususnya jika penerima tidak ditempatkan dengan benar di dalam rumah.
# Mobil dan pesawat berfungsi sebagai sangkar Faraday saat disambar petir. Kulit bagian luar dan kerangka dari logamnya kendaraan membuat muatan listrik mengalir menjauhi para penumpang.
Kena Petir, Aman
Kena Petir, Aman
Anda mungkin protes bila dalam mobil bersifat sebagai Sangkar Faraday lalu mengapa HP dan Radio masih hidup di dalam mobil bukan? Itu Karena sinyal radio dan ponsel masih bisa mencapai bagian dalam kendaraan sebab panjang gelombang keduanya jauh lebih kecil dari jendela mobil dan bukaan lainnya dalam kerangka konduktifnya kendaraan.

Kesimpulan

Nah Dari kesimpulan diatas maka bila anda sewaktu waktu mengendarai mobil dan melintasi padang yang luas dimana mobil kita yang tertinggi ( seperti petir yang menyambar ke tempat paling tinggi) dan waktu itu hujan disertai Petir, maka jangan panik atau takut atau malah keluar dari mobil, tetaplah didalam mobil karena itu adalah tempat yang teraman dari sambaran petir. (Maaf masih teori lho, ngak bisa dibuktikan he99)

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. Walah ya susah mas mau dibuktikan juga siapa yang berani nyobain disambar petir dalem mobil hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya cuman buat teori aja, jadi waktu ada hujan petir ngak usah was was dan kuatir di dalam mobil :)

      Delete
  2. kalopun petir menyabar mobil, tetap aman, karena mobil beralaskan karet ban. kamungkinan besar tidak akan tersambar petir

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)