Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memberi Grease Pada Pulley Belt

Memberi Grease Pada Pulley Belt

Grease CVT Motor Matic
Grease CVT Motor Matic
Anda Di rumah Memiliki Motor Matic? Sewaktu Servis dibengkel tentunya anda sering melihat kan Unit Pulley CVT nya akan diberi Grease oleh Bengkel bukan, Ya Pemberian Grease itu bertujuan memberi Bantalan/ pelumasan pada dinding Pulley agar Pulley tidak cepat Aus kena Gesekan Belt CVT. Nah Bila anda sewaktu Servis dan Unit motor anda diberi Grease, maka sisa Grease jangan dibuang silahkan anda minta pada bengkel ( karena ini biasanya sudah di charge oleh bengkel, dan sudah menjadi hak Anda) Karena Grease tersebut bisa anda aplikasikan pada mobil kesayangan anda. Bila anda tertarik dan tidak memiliki Grease tersebut, jangan bersedih, anda bisa membelinya di bengkel / Toko Sparepart motor, unit Grease hanya sekitar 10 ribu rupiah/ Set. Lalu Bagaimana Cara Mengaplikasikannya. Ikuti Cara Dibawah ini ya.

Cara Kerja

Memberi Grease Pada Pulley Belt
Memberi Grease Pada Pulley Belt
1. Silahkan anda membeli Grease untuk sepedamotor matic. Biasanya Grease anda akan diberi 1 Paket Grease yaitu Grease Sekunder dan Grease Primer.
2. Silahkan ambil Grease yang Sekunder ( warna kuning) untuk warna bisa berubah tergantung merk dari grease yang anda beli.
3. Silahkan anda oleskan grease pada bagian pulleu yang bersingungan dengan belt. oleskan merata dan tipis saja.
4. Oleskan juga pada bagian puley yang lain ( Power steering )
5. Kemudian ambil Grease Primary, yang berwarna merah. Seperti gambar no 2 silahkan Oleskan Kali ini oleskan pada Puleey Utama (Puley Pengerak dari Kruck As Mesin)
6. Oleskan merata pada Pulley.

Note

Untuk Mobil jenis Lain Pada intinya adalah Grease Primary untuk penggerak dan Grease Sekunder untuk Pulley yang hanya digerakkan ( AC, WaterPump, Powersteering, dan lain lain)
Selamat Mencoba dan Kemudian Hidupkan Mesin, Dan Dengarkan Suaranya.

Semoga Bermanfaat

Pemahaman Dasar Tune Up Mesin Diesel

Pemahaman Dasar Tune Up Mesin Diesel

Ingin Meningkatkan Power  agar seperti Sportcar
Ingin Meningkatkan Power
agar seperti Sportcar
Dewasa ini begitu banyaknya Teknologi yang berkembang dengan pesat dan Begitu banyaknya informasi yang bisa kita dapat dari Internet, dari Forum Sosial macam facebook, Website Klub, Forum Modifikasi dan lain lain.
Semua informasi itu ada yang baik ada yang menyesatkan. Dikatakan Baik Bila Bermanfaat dan Tepat Guna, dikatakan Menyesatkan bila kita malah jadi tersesat dan kemudian menjadikan kerusakan pada unit kendaraan kita ketika kita mencoba mengaplikasikannya tanpa didukung dasar teori dan kemampuan analisa yang tepat..
Dibawah ini Selayang Pandang yang mungkin anda bisa dijadikan bahan perenungan sebelum melakukan modifikasi. Dengan mengetahui sedikit cara kerja sebuah mesin maka akan mudah bagi kita memilah milah modifikasi yang sesuai dengan kita,

Cara Kerja Sebuah Mesin (diesel)

Cobalah Anda Pahami Cara Kerja Sebuah Mesin Diesel. Sebuah Mesin Bekerja itu meliputi sebuah Perjalanan Udara masuk kedalam mesin melalui Intake Manifold, Udara melalui Saringan Udara Dulu lalu masuk ke intake manifold lalu dia masuk ke Ruang bakar melalui Klep In, Lalu kemudian dengan Langkah kompresi, udara dimanpaatkan Ruang bakar lalu udara menjadi bertekanan tinggi yang akan menaikkan suhu bakar lalu bahan bakar disemprotkan sehingga terjadi pembakaran, Lalu mendorong piston kebawah (langkah Tenaga) Kemudian hasil Pembakaran akan dibuang melalui Klep Out, kemudian Melalui Knalpot yang kita sebut sebagai asap. Maka sudah selesailah perjalanan satu siklus Kerja Sebuah Mesin.

Pemahaman Menaikkan Tenaga Mesin Secara Sederhana
(Tidak merubah Spesifikasi Jeroan Mesin)

Setelah anda memahami Cara kerja sederhana diatas Maka Dapat Dikatakan untuk menaikkan tenaga mesin anda bisa merubah atau memodifikasi proses perjalanan Udara dan Bahan Bakar tersebut. Beberapa Cara diantaranya Semisal.

1. Mempercepat Aliran Udara Masuk

Free Flow Air Filter
Free Flow Air Filter
Beberapa Cara yang termasuk dalam kategori disini adalah
- Mengganti Filter Udara dengan Free Flow / Modifikasi Filter. Dengan mengganti Filter udara yang berhambatan Rendah tentunya maka udara akan semakin banyak masuk ke ruang bakar, Udara makin banyak tentunya kandungan Oksigen makin banyak tentuknya hasil pembakaran akan lebih signifikan.
- Melakukan Porting dan Pengaturan ulang Efisensi Aliran Udara. Seperti Kita tau udara adalah sebuah massa yang bergerak, Masih ingat kisah normalisasi sungai jakarta untuk menangkal banjir bukan, Demikian juga dengan porting akan mempermudah udara mengalir masuk kedalan ruang bakar.
- Pemasangan unit Turbo dan Super Charger. Dengan ke dua unit ini maka udara bisa dimasukkan ke ruang bakar tanpa melalui hisapan beda tekan tapi langsung dipaksakan ke ruang bakar, tentu hasilnya volume udara masuk akan lebih banyak. 

2. Memperbesar Jumlah Bahan Bakar

Sebagai bahan utama maka bahan bakar menjadi peran utama dalam mesin internal combustion, Dalam Kategori ini termasuk
- Merubah Jumlah Bahan Bakar yang dibakar dimesin. Tentu setelah udara yang dipasok sudah semakin banyak tentu hasilnya tidak akan optimal bila semprotan jumlah bahan bakar tidak diperbanyak. cara memperbanyak bisa dari kalibrasi IP, Modifikasi Nosel, Penyetelan Baut Load Solar
- Memasang Piggy Back. Untuk unit Commonrail untuk menipu data ECU anda bisa memasang Piggy back sehingga waktu semprotan dan jumlah Bahan Bakar bisa diatur ulang,

3. Mempermudah Pembuangan Hasil Pembakaran

Ganti Exhaust Juga Dipercaya  mendongkrak tenaga
Ganti Exhaust Juga Dipercaya
 mendongkrak tenaga
Seperti manusia ketika kita banyak makan maka juga akan sering kita ke WC untuk buang air bukan, demikian juga dengan mesin.
- Porting Exhaust Manifold. Dengan adanya porting maka proses keluarnya gas buang akan semakin mudah. - Modifikasi Katalitic. Ada yang ekstrim dengan membuang katalitic karena akan dinilai menghambat proses pembuangan gas pada mesin.
- Penggantian Manifold dan Knalpot dengan lebih Free Flow. dengan diganti maka udara yang keluar akan lebih besar bukan.
- Pengaturan ulang dimensi dan ukuran exhaust agar diperoleh Tendangan balik yang maksimal.

4. Menaikkan Kualitas Udara dan Bahan Bakar.

Sebagai unit pembakar dan yang dibakar, maka dengan merubah kualitas keduannya maka akan merubah hasil pembakaran. Yang termasuk dalam Kategori ini diantaranya adalah
- Menurunkan Suhu Udara yang masuk ke intake Manifold. Menurunkan suhu udara yang masuk terutama untuk unit Non Normaly Aspirated biasanya dengan pemasangan Intercooler. selain Intercooler ada juga modifikasi dengan AIC ( udara yang masuk dilewatkan ke kisi2 AC agar udara lebih dingin)
- Memakai Bahan Bakar Berkualitas baik. Memakai bahan bakar berkualitas baik tentu akan menaikkan tenaga mesin anda.
- Memakai Doping Bahan Bakar. Ada banyak cairan untuk meningkatkan Performa.
- Memasang CAI. Cold Air Intake. Ada banyak teknik modifikasi CAI
- Memodifikasi Bahan Bakar. Misal memakai injeksi Propane, Pemasangan Water Methanol Injection dll.

5. Modifikasi Pendukung yang Lain

Kampas Rem After Market
Kampas Rem After Market
Setelah unit mesin meningkat daya putarnya tentu unit lain pun akan disesuaikan Beberapa diantaranya adalah.
- Modifikasi Kopling. Untuk unit kopling manual kadang kala harus dimodifikasi agar tidak selip dihajar torsi mesin yang meningkat.
- Modifikasi Rasio Verneling. Bisa dilakaukan pengangitan gigi verneling untuk memakai gigi rasio yang lebih berat.
- Modifikasi Final Geer. Cara termudah dan lebih gampang dengan mengganti unit Final Geer dengan perbandingan yang lebih kecil/ Berat.
- Modifikasi Rem. Tentunya mesin makin cepat anda harus memodifikasi unit pengereman agar lebih pakem. bisa dengan mengganti unit rem yang lebih besar atau mengganti dengan unit berkemampuan lebih tinggi.
- Modifikasi Suspensi. Mobil makin cepat maka dibutuhkan suspensi lebih mumpuni.

Semoga Bermanfaat 

Perkembangan Mesin Formula 1 ( F1)

Perkembangan Mesin Formula 1 ( F1)

Berikut ini beberapa contoh mesin mesin Formula dari masa kemasa,

1950 -1951 (Mesin Alfa Romeo)
Alfa Romeo 1951
Alfa Romeo 1951

Type: 158
Year: 1950-1951
Number of cylinders: 8
Configuration: Straight, 58/70
Capacity: 1479
RPM: 10500 (1950) 
9300 (1951)
Power: 370 bhp (1950),
425 bhp (1951)

1967 - 1969 (Mesin Ferrari)
Mesin Ferrari
Mesin Ferrari

Type:  Tipo 255C
Year: 
1969 255C
1968 242C
1967 242
Number of cylinders: 12
Configuration: 60° vee
Capacity: 2989
RPM: 11000
Power: 436 bhp

1975 - 1980 ( Mesin Ferrari)
Ferrari 1980
Ferrari 1980

Type: Tipo 015
Year: 1975-1980
Number of cylinders: 12
Configuration: 180° vee
Capacity: 2991
RPM: 12200 (1975-1977), 12300 (1978-1980)
Power: 495 bhp (1975), 
500 bhp (1976-1977),
510 bhp (1978), 
515 bhp (1979-1980)

1977-1983 (Mesin Renault)
Mesin Renault 1977
Mesin Renault 1977

Type: EF1
Year: 1977-1983
Number of cylinders: 6
Configuration: turbo
Weight: 179 kg
Capacity: 1492 
RPM: 11000 (1977-1980), 
11500 (1981-1982), 12000 (1983)

Power: 525 bhp (1977), 
530 (1979), 585 bhp 
(1982), 650 bhp (1983)

1989 - 2005 ( Mesin Ferrari)
Ferrari 2003
Ferrari 2003

Type: Tipo 052
Year: 2003
Number of cylinders: 10
Configuration: 90° vee, 40 valves
Weight: 92 kg
Capacity: 2997
RPM: 19500
Power: 920 bhp

2006 - 2013 (Mesin Renault)

Mesin Renault 2007

Type: RS27
Year: 2007-2013
Number of cylinders: 8
Configuration: 90° vee, naturally aspirated, 32 valves
Weight: 95 kg
Capacity: 2400
RPM: 19000, 18000 (2009-2012)
Power: 750 bhp

2014 (Mesin Mercedes)

Mesin Mercedes 2014
Mesin Mercedes 2014
Type: PU106A Hybrid
Year: 2014
Number of cylinders: 6
Configuration: 90° vee, single turbo, 4 valves per cylinder 
Weight: 145 kg
Capacity: 1600cc
RPM: 15000 (limited regulation)
Power : More 600 Hp
ES : Energi Store 
MGU-H : Motor Generator Unit - Heat
MGU-K : Motor Generator - Kinetic 

Semoga Bermanfaat

Perkembangan Safety Pada Balap Formula 1 ( F1 )

Perkembangan Safety Pada Balap Formula 1

Mobil Formula1 Ferrari th 1952
Mobil Formula1 Ferrari th 1952
1950
Balapan pertama dimuali dari sirkuit Silverstone Inggris, Mobil dirancang dengan kecepatan maksimum, Mesin masih terletak didepan, Bahkan konon Bantuan Medis pun dan Peranti Pengamanan di sirkuitpun masih belum ada.
1955
Penggunaan Rem Cakram mulai diperkenalkan. Pada Tahun ini Mulai diperkenalkan juga mesin ditengah sehingga lebih aman.
1960
Beberapa Piranti Keselamatan mulai digunakan di F1
1961
Mulai digunakan Roll Bar yang sederhana, Walau hanya berupa lengkungan Baja sederhana didepan dan dibelakang kepala Pembalap
1963
Balapan F1 yang penuh Resiko
Balapan F1 yang penuh Resiko
Mulai menggunakan kibaran bendera oleh marshal di pingiran sirkuit. Pada tahun yang sama Pembalap juga sudah mulai diwajibkan mengunakan seragram tahan api dan Kaca Helm (Visor). Dari segi teknis Ruang kokpit sudah mulai dirancang agar pembalap dapat mudah keluar bila terjadi sesuatu pada mobil balap mereka
1968
Mulai diterapkan Roll bar, Bahan anti tambahan, sistem electronik.
1969
Mulai diperkenalkan sistem tambahan pengamanan bila terjadi insiden kebakaran
1970
Mulai dibangun tembok ganda di sepanjang lintasan. dan mulai ada prosedur inspeksi sebelum perlombaan
1971
Desain kokpit harus dirancang agar pembalap bisa keluar dalam waktu 5 detik
Kebakaran pada GP Jerman 1994
Kebakaran pada GP Jerman 1994
1972
Diperkenalkan sabuk pengaman 6 titik, dan penggunaan wajib lampu stop merah dibelakang, dan mobil harus menggunakan busa pemadam pengaman disetiap tangki bahan bakar.
1973
Mulai diwajibkan pengetesan kesehatan bagi para pembalap. dan Safety car mulai diperkenalkan
1974
Mulai wajib adanya tembok pengaman disetiap sirkuit
1975
FIA menerapkan regulasi seragam anti api dan Medical Centre
1977
Penyeragaman bentuk standar helm dan Penggunaan kerikil ( gravel trap) untuk mengurangi kecepatan kendaraan saat terjadi mobil keluar lintasan
Test Doping untuk Pembalap
Test Doping untuk Pembalap
1978
Wajib memiliki Super licence bagi pembalap
1979
Sergram dengan 5 lapisan anti api dengan mencontek teknologi dari NASA mulai diperkenalkan
1981
Perkuatan struktur body mobil terutama dari bagian kaki pembalap
1984
Pemindahan tangki bahan bakar diantara pembalap dan mesin
1985
Uji crash mulai di Perkenalkan
1986
Mulai digunakan Helikopter untuk bantuan personel medis
1988
Uji tabrak (crash test) mulai dipakai untuk menguji kekuatan kokpit dan tangki bahan bakar
1989
Mulai uji test doping bagi pembalap seperti standar IOC (International Olym[ic Committee)
1990
Gagang stir harus bisa dilepas, Ada pelatihan keselamatan pembalap
1991
Safety Car F1
Safety Car F1
Roll Bar, Sabuk pengamanm Berikut Sasis mulai diperketat
1994
Semua Kru Pit stop harus memakai pakaian tahan api. Mulai mewajibkan tumpukan ban pengaman untuk meredam tabrakan (tyre wall). Kecepatan pitlane diturunkan menjadi hanya 120 kpj
1997
Semua mobil peserta F1 harus dilengkapi perekam data kecelakaan ( accident data recorder)
1998
Lebar mobil diperkecil, kokpit diperbesar, Kaca spion diperbesar menjadi 120x50mm
2000
Mulai dikampanyekan Formula Zero, Kampanye untuk pentingnya keselamatan sehingga Zero Accident
Adanya regulasi tambahan untuk memperkuat strucktur mobil, penggunaan material kevlar dan lain lain
2001
mulai diperkenalkan bendera biru. dan kenaikan standaer crash test dari samping
2003
Stir harus mudah dilepas
Stir harus mudah dilepas
Penggunaan HANS (head and neck support) menjadi wajib, setelah mulai diperkenalkan pada ahun 2001
2005
Penambahan ketebelan kokpit dari 75 mm menjadi 100mm dan pengetesan crash diperbesar hingga 6ton
2006
Waktu Crash Test dinaikan dari 12 m/detik menjadi 15m/detik
2007
Layar LED digunakan di stir pembalap, kecepatan pit lane dikurangi menjadi 80 kpj
2009 
Dibentuk Motor Sport Safety Development untuk program keselamatan pembalap muda beserta program program pelatihan
2010
Suasana Sebelum balapan dimulai
Mulai memakai Pembalap F1 berpengalaman untuk steward yang menentukan insiden saat lomba
2011
Penggunaan bahan zylon untuk helm
2012
Uji Tabrakan diperketat dan dilakukan sebelum pra musim digelar, Ada regulasi peraturan baru mengenai aturan pembalap saat safety car keluar, Helm dan kaca helm juga dibuat semakin kuat.

Dengan berbagai pengaman keselamatan yang selalu berkembang maka sejak tragedi kecelakaan yang menewaskan Pembalap Ayrton Senna di tahun 1994, maka belum ada lagi kecelakaan fatal yang menimpa balap formula 1

Semoga Bermanfaat  

Serba Serbi Modifikasi Body Lift

Serba Serbi Body Lift 

Macam Peninggian Mobil

Anda Pengin Punya Mobil Jangkung
Anda Pengin Punya Mobil Jangkung
Waktu Di Jalan Raya Seringkali kita melihat mobil yang telah dimodifikasi hingga tampak tinggi menjulang, mulai dari Ekstrim sampai modifikasi standart. ada beberapa cara peninggian mobil diantaranya adalah.
1. Suspension Lift
Pada Suspension Lift cara termudah adalah mengganti Anting mobil dengan yang lebih tinggi lalu mengganti unit shock absorber dengan yang lebih Panjang. Sementara Torsi depan bisa diputar sehingga body depan akan Naik.
2. Body Lift
Pada cara ini Antara body dan Sasis mobil diberi  atau diganti ganjal dengan body lift Kit. Cara ini terbatas dan biasanya digunakan pada mobil yang memiliki sasis, Semisal Kijang Kapsul, Isuzu Panther, taft dan lain lain. dengan body lift kadang harus melakukan ubahan juga pada tuas as stir dan diferensial.
3. Modifikasi Pelek Dan Roda 
Dengan mengganti Pelek dan Ban yang lebih tebal Tentunya Mobil akan bertambah tinggi. Untuk Modifikasi kadang kala digunakan kombinasi dari ketiga cara diatas, Atau bahkan bila Ekstrim bisa dilakukan ketiganya sekaligus. Dibawah ini adalah Contoh Modifikasi Yang dilakukan sekaligus dengan memakai kombinasi ketiga cara tersebut.

Detail Gambar

Detail Gambar Body Lift
Detail Gambar Body Lift
1. Ini Adalah Gambar Modifikasi Mobil Panther Milik Mr. Sri Dayadi (PM 277)
Anggota Club Panther Mania.
2. Adalah Gambar Anting roda belakang kiri. Disitu tampak penggantian Anting yang rada Ekstrim sekitar 20an cm.
3. Gambar unit Suspensi roda belakang.
4. Adalah gambar Suspensi belakang bagian sebelah kiri, Modifikasi seperti ini biasanya harus mengganti Shock Absorber yang lebih panjang. Dan Kadang kala harus me roll ulang peer belakang agar lebih parabolic ( agar suspensi tidak menjadi terlalu keras)
5. Ganjal Body Lift, Untuk Ketinggian dan macam Bahan Ganjal nanti akan saya bahas di lain kesempatan)
6. Terakhir setelah body sudah naik tentunya Dilakukan Penggantian Ban dengan Jenis Off Road. Kadang Kala andapun harus mengganti pelek untuk menyesuaikan dengan penampilan mobil.

Semoga Bermanfaat

Membuat Baut Tap Oli menjadi Bermagnet

Membuat Baut Tap Oli menjadi Bermagnet

Magnet untuk menarik Besi
Magnet untuk menarik Besi
Anda memiliki Kendaraan bermotor dan Biasa mengetap olie sendiri, ada trik sederhana yang barang kali bermanfaat. Seperti yang kita ketahui pada Mobil Biasanya Baut Tap Olie, Baut Tap Verneling dan Baut Tap Gardan (Differential) biasanya diperlengkapi dengan magnet pada ujung bautnya.
Magnet itu bukan tanpa tujuan tapi dia berfungsi sebagai penarik gram - gram mesin (Partikel logam) yang terbentuk dalam mesin.
Partikel Logam tersebut sangat halus dan berbahaya bagi mesin, karena akan membuat keausan pada mesin ( seperti ampelas ). apalagi Pada mesin motor sekarang masih jarang dilengkapi dengan filter olie (kecuali jenis motor tertentu)
Anda Tertarik Gampang Kok

Ayo ikuti Gambar dibawah ini.

Membuat Baut menjadi bermagnet
Membuat Baut menjadi bermagnet
1. Siapkan baut Tap Olie kendaraan anda, anda bisa membeli yang baru atau memakai baut yang lama, bila pakai yang baru tentunya yang  lama bisa anda simpan. Siapkan juga Magnet dan Obeng ( obeng disini hanya sebagai pengetes kerja anda saja.
2. Pada gambar 2 tampak obeng dan baut masih belum bermagnet belum bisa menarik baut.
3. ambil Baut lalu gesekkan baut keatas magnetdengan gerakan melingkar seperti anak panah. ( Tentunya anda masih ingat pelajaran waktu praktikum di SMP dimana kita diajarin cara membuat magnet pada sebuah besi)
4. Gambar 4 sama dengan gambar 3. Lakukan ini sekitara 30-40x putaran. dan ingat waktu anda mengosoknya jangan sampe berubah berubah posisi memegang bautnya karena itu berhubungan dengan kutub utara dan selatan baut. bila memegannya sering berubah maka pekerjaan akan sia sia.
5-6. akan Tampak Obeng minus sudah bisa menarik bait yang sudah bermagnet yang tadi anda gosokkan pada magnet.
7-8. Dengan cara yang lebih lama maka kadar magnet akan lebih tinggi bahkan bisa menarik 2-3 baut yang lain sekaligus.

Semoga Bermanfaat

Daftar Tempat & Tanggal Balap Formula 1

Daftar Tempat & Tanggal Balap Formula 1

16 Maret 2014 Australia (Melbourne)
16 Maret Australia (Melbourne)

30 Maret 2014 Malaysia (Sepang)
30 Maret Malaysia (Sepang)

6 April 2014 Bahrain (Sakhir)
Bahrain (Sakhir)

20 April 2014  Cina (Shanghai)

Cina (Shanghai)

11 Mei 2014  Spanyol (Barcelona)

Spanyol (Barcelona)

25 Mei 2014  Monako (Monte Carlo)

Monako (Monte Carlo)

8 Juni 2014  Kanada (Montreal)

Kanada (Montreal)

22 Juni  2014 Austria (Red Bull Ring)
Austria (Red Bull Ring)
Austria (Red Bull Ring)

6 Juli 2014  Inggris (Silverstone)

Inggris (Silverstone)

20 Juli 2014  Jerman (Hockenheim)

Jerman (Hockenheim)

27 Juli 2014  Hungaria (Budapest)

Hungaria (Budapest)

24 Agustus 2014  Belgia (Spa-Francorchamps)

Belgia (Spa-Francorchamps)

7 September 2014  Italia (Monza)

Italia (Monza)

21 September 2014  Singapura (Marina Bay)

Singapura (Marina Bay)

5 Oktober 2014  Jepang (Suzuka)

Jepang (Suzuka)

12 Oktober 2014  Rusia (Sochi)

Rusia (Sochi)

2 November 2014  Amerika Serikat (Austin)

Amerika Serikat (Austin)

9 November 2014  Brasil (Sao Paulo)

Brasil (Sao Paulo)

23 November 2014  Abu Dhabi (Yas Marina)

Abu Dhabi (Yas Marina)

Semoga Bermanfaat

Memeriksa Ketinggian Minyak Transmisi Matic Isuzu Panther

Memeriksa Ketinggian Minyak Transmisi Matic Isuzu Panther

Spesifikasi Oli Transmisi Matic

Tuas Matic Isuzu Panther
Tuas Matic Isuzu Panther
Anda Memiliki Isuzu Panther Matic?
Bila ya Cobalah anda untuk rajin memeriksa Minyak Transmisi matic anda. Tidak seperti Transmisi manual yang hanya bisa di check dari lubang pengisian, maka Pada transmisi mactic memiliki Dip stick tersendiri yang bisa anda periksa ketinggian minyaknya seperti layaknya anda mengecek olie mesin pada mobil. O iya, sebagai informasi dalam buku pedoman pemilik Oli transmisi yang digunakan Isuzu Panther adalah Oli transmisi Jenis Dextron II atau Dextron III ( untuk merknya tentunya terserah anda). bila anda ngak mau repot anda bisa membelinya dibengkel Resmi terdekat.

Letak Dip Stick Matic

Letak Dip Stick matic
Letak Dip Stick matic
Cara memeriksanya Pertama kali anda harus mengetahui dimana letak dip stik mobil matic anda. Silahkan anda coba buka Kap mesin anda. Lalu temukan dip stiknya terletak dibelakang dip stick dari dip stick oli mesin. Untuk mudahnya silahkan anda amati Gambar disamping,
OIi Transmisi pada matic ini sangat vital lho karena seluruh kerja matic tergantung dari tekanan hidrolik dari oli nya. Bila isinya terlalu banyak dapat mengakibatkan Buih pada olie  sedang bila isinya kurang dari disyaratkan dapat menyebabkan transmisi menjadi slip dan akan merusak transmisi itu sendiri.

Cara Memeriksa

Cold dan Hot Area
Cold dan Hot Area
Kondisi Mesin Dingin
1a. Silahkan Parkir mobil ditempat yang rata. Lalu jangan lupa tarik Hand Rem. Lalu Hidupkan mesin mobil, Lalu silahkan Geser tuas Matic anda ke semua posisi, mulai dari P. N, D, 2, L, P. Kemudian Pindah Tuas matick ke posisi P.
2a. Lalu dengan bersamaan ketika mesin masih hidup silahkan anda cabut dip stick maticnya. Lalu bersihkan sisa oli dengan lap yang kering dan bersih. lalu colokkan dip stik anda. lalu cabut. Pada waktu anda cabut silahkan anda lihat ketinggian oli matic anda dia harus berada di antara range cold. 
Kondisi Mesin Panas
Dip Stick Matic
Dip Stick Matic
1b. Bila Anda mau memeriksa dalam kondisi mesin Panas. Alangka baiknya silahkan anda tunggu sekitar 30 menit agar mesin agak menjadi dingin. Karena kerja transmisi matic sangat berat dan mengakibatkan suhu oli akan menjadi sangat panas. ( bahkan untuk matic generasi sekarang sudah banyak mengaplikasikan oli cooler - Nanti kapan kapan akan saya bahas )
2b. Setelah anda tunggu kira kira 30 menit silahkan anda melakukan prosedur seperti pada nomor 1a. dan ketinggian olie harus di rentang Hot Range. Untuk mengetahu seberapa panas silahkan anda rasakan dengan Tangan.masuk dalam Hot Range olie harusnya bersuhu sekitar 70-80 derajat Celcius.
Untuk sementara ini Saran saya bila memeriksa ketinggian oli matic silahkan di periksa pada kondisi Mesin Dingin. Karena juga demi keamanan untuk menghindari tangan anda terbakar karena panas dari minyak transmisi.

Gambar dan Properti milik

Mr Andrie Setia Pradana 
Member Panther Mania Club (PM-218)

Semoga Bermanfaat

NOS (Nitrous Oxide Systems)

NOS (Nitrous Oxide Systems)

Mungkin bagi anda yang terjun di dunia balap mobil tentu tidak asing dengan istilah NOS, atau mungkin anda yang ngefans dengan film film Fast Furious dan film film bernuansa Balap dan lain lain tentu udah hapal dengan NOS. Apalagi anda yang gemar main Game Balap mobil seperti Need 4 Speed,  tentu sangat familier dengan NOS.
Sebenarnya apa sih NOS itu, ayo kita bahas bersama.

Sejarah 

NOS pun nongol di film fast & Furious
NOS pun nongol di fast & Furious
NOS Adalah Kepanjangan dari Nitrous Oxide Systems dimana sebenarnya ia berisi Gas Nitrous Oxide (N2O) sesuai rumus kimianya terdiri dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen. Pertama kali ditemukan pada saat World War II, yang digunakan pesawat tempur Jerman. Pada Awalnya langsung diaplikasikan ke intake, saat pesawat berada pada ketinggian tertentu mengingat oksigen pada ketinggian tersebut berkurang. Demikian juga British Royal Air (Inggris), juga menggunakan Nitrous Oxygen mengikuti pesawat tempur Jerman. Nitrous Oxygen pada suhu 300 derajat celcius, akan terpecah menjadi nitrogen dan oksigen. Nitrous Oxygen mengandung 36% kandungan Oxygen. Dibandingkan dengan udara yang hanya 23%. Pada tekanan yang sama. Nitrous Oxygen lebih padat 50% dibandingkan udara. Dan pada volume yang sama, Nitrous Oxygen mengandung oksigen 2-3 kali lipat dibandingkan udara biasa.

Cara Kerja

Nos di Mobil Impreza
NOS di Mobil Impreza
Pada Saat mesin sudah bekerja (dalam artian power sudah maksimal), NOS disalurkan kedalam intake yang kemudian akan masuk ke Ruang pembakaran. Seperti pada penjelasan diatas ketika Gas NOS terurai dia akan menghasilkan oksigen yang besar dan kemudian ditambah dengan Bahan bakar maka Kepadatan pada ruang bakar akan meningkat dengan tajam, Dengan Ruang bakar yang sama dan dengan materi udara dan bahan bakar yang lebih banyak tentunya Hasil pembakaran akan meningkat dengan Tajam karena kompresinya akan meningkat dengan signifikan. Dengan Hasil ledakan yang lebih besar tentunya power yang dihasilkan akan meningkat tajam. Selain Dalam bentuk Cair NOS tidak terlalu memakan tempat sehingga mudah disimpan dalam mobil atau dalam Tabung. Kekurangannya hanya satu sistem ini harus diisi ulang ketika sudah dipakai.

Macam Macam NOS

Ada 2 jenis instalasi untuk NOS, yaitu sistem Kering (Dry) dan Basah (Wet). Masing-masing instalasi tersebut memiliki peralatan / kit yang berbeda.
Sistem Dry NOS
Proses penembakkan gas NOS dan BBM dilakukan secara terpisah, Nozzle NOS disambungkan langsung menuju ruang pembakaran secara terpisah, sedangkan bensin tetap melalui jalur sendiri pada injector ataupun karburator.
NOS KIT sistem Dry
NOS KIT sistem Dry
Sistem Wet NOS
Proses penyemburan antara BBM dengan gas nitrous oxide bercampur dan ditembakkan secara bersamaan ke ruang bakar mesin lewat injector khusus. Dalam sistem wet pada mesin karburator, campuran antara BBM dan gas NOS harus disetting melalui ukuran spuyer / jet, agar perbandingannya pas, karena bila terlalu banyak gas NOS ke sistem pembakaran dibandingkan BBM maka mesin bisa jebol, sedangkan jika terlalu banyak BBM dibandingkan gas NOS, maka tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal (efektifitasnya berkurang).
Sedangkan Untuk penggunaan NOS di mesin karburator maka dibutuhkan lagi alat tambahan bernama Spray Bar. Proses aplikasi sistem ini juga terbagi menjadi 2, yaitu :
Sistem Single Point : Sistem ini menggunakan satu saluran untuk mencampur NOS dengan BBM.
Sistem Direct Port : Sistem ini menggunakan saluran terpisah pada tiap silinder untuk menembakkan NOS dan BBM secara bersamaan.

Penggunaan NOS

Bisa dipasang beberapa tabung NOS
Bisa dipasang beberapa tabung NOS
Pada Beberapa Negara penggunaan NOS dijalanan umum adalah Ilegal. Contohnya di New South Wales, Australia, Tidak memperbolehkan penggunaan NOS dijalan raya yang diatur dalam Undang Undang  Jalan dan Lalu Lintas Authority dalam ayat 3.1.5.7.3 menyebutkan bahwa Penggunaan sistem injeksi nitrous oxide tidak diizinkan. Sedangkan di Inggris NOS tidak dilarang hanya diatur bahwa pemasangan unit NOS harus dilaporkan juga dalam Perusahaan Asuransi ( akan menambah klausul dan premi yang lebih besar). Di Jerman, meskipun aturan TÜV ketat , sistem nitrous dapat diinstal dan digunakan secara legal di mobil yang dikemudikan jalan. Persyaratan untuk standar teknis dari sistem ini adalah mirip dengan konversi gas alam aftermarket. Ini bisa diterima karena di negara jerman mobil harus memenuhi standar emisi yang ketat

Semoga Bermanfaat