Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Beberapa Penyebab Kerusakan Mesin Fatal ( Fatal Engine Damage )

Beberapa Penyebab Kerusakan Mesin Fatal 

Jangan Hal seperti ini terjadi pada mobil anda
Jangan Hal seperti ini
terjadi pada mobil anda
Ada Beberapa Penyebab kehancuran sebuah mesin yang sebenarnya sangat sepele dan bisa dicegah apabila kita teliti sebagai pemilik mobil, kerusakan ini berakibat cukup fatal yang akan menguras dana yang tidak sedikit dari kantong anda. Jadi Sebelum hal itu terjadi segeralah lakukan perbaikan atau modifikasi atau tindakan yang perlu dilakukan sebelum hal hal yang tidak kita inginkan terjadi.
Beberapa hal ini adalah.

1. Mesin Overheat 

Jangan Sepelekan Overheat pada mesin, bila anda waktu mengemudi dan tiba tiba melihat indikator suhu mobil meningkat dan tidak biasanya. Waspadalah dan segera menepi untuk memeriksa keadaan kendaraan anda. Faktor overheat yang biasa terjadi adalah.
  • Buntunya radiator karena berkerak ( tidak memakai coolant )
  • Macetnya thermostat karena kerak atau memang umur yang sudah kadaluwarsa.
  • Tutup radiator yang bermasalah.
  • Kondisi kipas pendingin yang tidak bekerja dengan baik ( visco kering atau kipas electrik. beserta sensornya bermasalah)
  • Kondisi Waterpump yang sudah tidak optimal.
  • Kelainan mesin ( misal habis overhoul sehingga jalur mantel jaket tersumbat perpak dan lain lain)
Jangan sekali kali anda nekat untuk menjalankan mobil yang temperaturnya sudah mencapai titik puncak karena mesin anda akan macet dan menghancurkan silinder cop bagian atas.

2. Pompa Olie Tidak Naik

Waspadalah terhadap lampu indikator
Waspadalah terhadap lampu indikator
Pompa Olie yang melemah ditunjukkan dengan indikator olie di dasboard yang sudah menyala. atau ketika mobil stationer indikator menyala, sedang ketika digas indikator mati. ya kerusakan itu mungkin disiebabkan swith olie yang bermasalah. tapi bila anda mengalami hal itu segeralah cek ke bengkel terdekat untuk memastikan olie dapat naik untuk melumasi mesin anda.

3. Kebocoran Olie / Hilangnya Olie

Kebocoran olie disini bisa saya artikan adalah
# Kebocoran karena olie terbakar akibat keausan. pada jenis ini mesin memang sudah waktunya overhoul, tapi biasannya dipaksakan karena belum adanya dana atau karena ada alasan tertentu. Bila anda memang menunda perbaikan selalu pastikan jumlah olie tetap sesuai batas yang dianjurkan dengan secara periodik menambah jumlah olie.
# Kebocoran karena kecelakaan misal baut tap yang sudah aus lalu lepas dijalan, bila anda tidak teliti maka mesin anda pasti hancur. Tindakan pencegahan adalah selalu teliti dalam memperhatikan instrumen kendaraan anda, dan jangan sepelekan kondisi baut penutup olie ( mesin, gardan dan verneling ) untuk selalu terkunci dengan kuat dan benar. 

4. Putusnya Timing Belt

Gantilah Timing Belt  Sesuai Anjuran Pabrik
Gantilah Timing Belt
Sesuai Anjuran Pabrik
Di era modern ini hampir di kata pemakaian timing belt menjadi sangat populer karena bisa menghemat berat mesin, dan memperhalus suara mesin. akan tetapi pabrikan kadang dalam mendesain mobilnya kurang memperhatikan pemakaian user yang ceroboh. ya ceroboh terutama orang indonesia terkenal tidak mau melakukan perawatan teratur ( hanya mau memperbaiki ketika mobil sudah rusak ) Alhasil banyak kejadian timing belt putus di jalan, dan bila putus tentunya anda bisa bayangkan sendiri bukan ketika Piston beradu dengan Klep karena unit penyelarasnya sudah putus??
Untuk Itu Selalu gantilah Timing belt sesuai jadwal petunjuk yang di syaratkan pabrikan, dan Gantilah lebih awal bila mobil anda melalui medan yang selalu macet. Karena anda tahu bukan patokan pengantian timing belt biasanya hanya dari jarak tempuh kilometer. tetapi ketika mobil anda beroperasi didaerah perkotaan semisal Jakarta. tentunya perhitungan jarak kilometer sudah menjadi tidak berlaku atau bila berlaku tentunya akan sangat beresiko memaksa penggantian unit timing belt dari pada anda harus memperbaiki belt yang putus beserta kerusakan mesinnya/

5. Knoking berlebihan 

Knoking yang berlebihan bila dipaksakan bisa berakibat fatal pada unit mesin anda, berhati-hatilah, bila anda memakai bahan bakar yang kurang bagus jangan terlalu memaksa kinerja dari mesin. selalu pakai penggunaan gigi verneling yang ideal sesuai kecepatan yang disarankan. Terutama untuk mobil mobil yang sudah dimodifikasi lebih rentan mengalami gejala knoking. (pemakaian supercharger tambahan atau Turbo )

6. Water Hammer

Water hammer adalah masuknya sejumlah besar air kedalam ruang pembakaran, (biasanya terjadi karena mobil melintasi medan banjir lalu saluran napas mesin menghirup air ). Ketika air masuk keruang kompresi dalam jumlah besar, maka unit yang paling menderita adalah Piston. karena piston merupanan titik terlemah dalam unit kompresi mesin.
Untuk pencegahan selalu ketahui titik tertinggi dari napas mobil anda dan bila terjadi banjir Janganlah memaksa untuk melewati, ingat mobil anda bukan perahu.

Semoga Bermanfaat

5 comments:

  1. Bagaimana dengan panther kotakku katanya pakai timing gear, untuk memeriksanya dimana ya??? Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mobil panther yang memakai timing gear, itu umurnya unlmit umurnya ditentukan oleh pemakaian dan kualitas olie, selalu jagalah pengantian olie mesin secara periodik dan selalu dapatkan produk olie yang asli. :)

      Delete
  2. bagaimana masang paking karter mesin panter
    ,paking apa namanya yg bgus tk paking karter nya?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan beli Karter Orisinal, sudah ada itu di toko, bila ingin nambah sealer pastikan sealer jangan terlalu banyak

      Delete
  3. Numpang tanya gan, panther'91 susah hidup saat start bunyi taktak....(apa mungkin pakking knalpot dari manipol krn bocor hingga bunyi tak2) dari filter udara keluar asap.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)