Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Panduan & Tips Memodifikasi Mobil ( Guide to Modifying Cars )

Panduan & Tips Singkat Memodifikasi Mobil  

Modifikasi Ekstrim
Modifikasi Ekstrim
Memodifikasi mobil sudah menjadi hal yang biasa dan rutinitas bagi sebagian besar pemilik mobil, ya karena mobil itu itu diciptakan standart oleh produsen mobil, sementara keinginan dan selera dari tiap pengguna dan pemilik tidaklah sama. Bahkan kadang Penampilan dari sebuah mobil itu mencerminkan siapa dan kondisi mental dari pemiliknya.
Memang memodifikasi adalah sesuai kehendak dan selera kita, tapi alangkah baiknya bila sebelum memodifikasi mobil, anda luangkan sedikit waktu membaca beberapa langkah / rambu rambu yang mungkin bermanfaat bagi anda, agar tidak menyesal dikemudian hari karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit:

1. Perhatikan Rute perjalanan mobil anda

Jalan Aspal rusak berat
Jalan Aspal rusak berat
Coba anda sekarang perhatikan rute perjalan dari mobil anda, misal mobil anda pakai untuk pergi ke kantor untuk sehari-harinya, ternyata rute kekantor dari rumah anda jalannya halus dan tidak banyak halangan/ rintangan dijalan ( polisi tidur dan lain lain) tentunya anda bisa mulai memikirkan menganti pelek yang berdiameter lebih besar dan ban berprofil lebih tipis).
Lalu ternyata selain ke kantor anda misalnya saja seorang kontraktor yang sering meninjau ke lokasi pekerjaan, tentunya pengantian ban dengan profil tipis menjadi rentan bukan. Semua harus disesuaikan dan coba anda pertimbangkan dengan lebih masak.

2. Perhatikan Kegunaan dan Fungsi dari mobil anda.

Lupakan ban Profil Tipis  bila Medan jalan anda  seperti Sungai Kering
Lupakan ban Profil Tipis
bila Medan jalan anda
seperti Sungai Kering
Selanjutnya anda juga harus memperhatikan fungsi dan kegunaan dari mobil anda, apakah itu mobil untuk sarana transportasi, untuk mobil keluarga, mobil untuk Having to Fun, dan lain lain. Misal untuk mobil Keluarga tentunya anda tidak bisa mendandani dengan ekstrim misal dibuat suspensi seperti sport car, tentunya kasihan anggota keluarga yang akan terkena imbasnya bukan. Atau misal anda sering bertemu dengan relasi bisnis di tempat tempat terkemuka, tentunya anda ngak bisa datang dengan mobil modifikasi dengan full stiker atau dengan dandanan yang ekstrim misalnya.

3. Perhatikan Kondisi dan Keadaan Mobil anda

Modifikasi lebih lanjut tentunya sesuaikan dengan umur mobil anda, Mobil yang berumur tentunya akan lebih sulit untuk dimodifikasi terutama bagian mesin, karena keterbatsan usia dan tehnologi. bila anda ingin memodifikasi mesin biar lebih bertenaga swap mesin dengan yang lebih baru mungkin bisa menjadi alternatif yang bijak, ntar ketika anda bosan, maka unit mesin lama bisa dipasang kembali tanpa merusak dan mengorbankan keorisinilan mobil anda.

4. Tentukan Tujuan dari modifikasi anda.

Pemasangan Aksesori yang ngak Pas, Kadang malah jadi bahan Tertawaan dijalan
Pemasangan Aksesori
yang ngak Pas,
Kadang malah jadi
bahan Tertawaan dijalan
Cobalah tentukan kemana arah modifikasi mobil anda, apakah ingin menaikkan performa mesin, membuat tampilan lebih keren, upgrade suspensi agar lebih nyaman dan lain lain. Arah Tujuan modifikasi diperlukan agar anda memiliki Road Map dari mobil itu sendiri, kemana arah modifikasi mobil ini akan dibawa. karena bila tidak dan anda hobi merubah rubah tujuan modifikasi, anda akan kesulitan sendiri waktu proses perjalanan modifikasi tersebut.

5. Carilah Referensi dari Majalah 

Setelah point no.4 didapat, anda kemudian dapat mencari referensi ke buku buku Car Entusiast macam TopGear, Mobil Motor, Autobild dan lain lain, disana ada banyak contoh contoh modifikasi yang bisa anda tiru atau dipakai untuk masukan ide ide modifikasi anda.

Bila mau pun anda juga bisa berkonsultasi dengan bengkel bengkel variasi/ modifikasi terdekat dikota anda, atau mungkin Saran dari Teman yang sudah melakukan modifikasi dapat dijadikan pertimbangan, anda bisa mendapat Suka dan Duka dari modifikasi yang dia lakukan.

6. Sesuaikan modifikasi dengan dana dikantong Anda

Modifikasi Jangan sampai  membahayakan nyawa  anda dan orang lain
Modifikasi Jangan sampai
membahayakan nyawa
anda dan orang lain
Yang terakhir tentunya sesuaikan semua nafsu dan keinginan anda dengan jumlahnya duit dikantong anda. bila dana anda tak terbatas tentunya anda bisa langsung memodifikasi dengan sesuka hati anda, tapi bila dana anda terbatas, tentunya modifikasi harus dicicil, ketika modifikasi dengan cara mencicil maka point angka no4 dan no5 akan menjadi sangat berarti.

Akhir Kata apapun Modifikasi anda semua terserah dari Keinginan anda karena itu adalah milik dan properti anda, tetapi sebagai makluk sosial kita tetap harus memperhatikan agar modifikasi kita tidak melanggar Undang Undang dan tentunya bisa menjaga Keselamatan Kita dan Juga Keselamatan Orang Lain.
Olwis Keep safety Driving yaaaaa... \(*o*)/

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. betul om Iwan... harus liat situasi / medan yg sering dilalui, pengalaman pernah gara2 mendekin si meong dikit ahirnya blok kalter bawah mesin kepentok aspal yang rusak... ahirnya oli ga bisa naek... bahaya kan tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pengalaman anda bisa menjadi masukan dan pelajaran berharga bagi User yang lain :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)