Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Cara Menghitung Kembali Size Ban, akibat Modifikasi Pelek

Cara Menghitung Kembali Size Ban, akibat Modifikasi Pelek

Pelek dan Ban Tipis membuat mobil lebih keren
Pelek dan Ban Tipis membuat mobil lebih keren
Sering Kali Kita Melihat Mobil Mobil dengan Ban yang lebih Tipis dan Pelek yang diameter lebih besar akan tampak lebih Keren dan Klihatan Lebih Eksklusif. 
Kadang Kadang Kita terpikirkan dan timbul niat untuk menganti ban ukuran Pelek standar kita dengan yang lebih Besar dan ban berprofil tipis.
Yang jadi masalah adalah: 
Bagaimana Caranya menentukan ukuran Ban baru deengan diameter pelek yang Baru?, karena kita tidak ingin ada kejadian diameter ban akhir menjadi terlalu besar atau terlalu kecil, bila hal itu terjadi maka keseimbangan body mobil dan sebagian dari beberapa mobil akan tidak akurat pembacaan Angka Spedometernya di dashboard. Pusing Bukan? Apalagi bila pihak toko penjual ban juga sama sama tidak bisa tahu cara menentukan ban yang cocok untuk melengkapi pelek diameter besar yang anda pilih. Untuk Itu Mari Kita Pelajari bersama, Mudah Kok, (Sebelumnya Saran Saya silahkan membaca artikel di Blog saya ini tentang Ban terlebih dahulu, karena tidak akan saya bahas disini mengenai nilai offset dan lain lain)
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/mengenal-angka-dan-huruf-pada-ban.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/mengenal-wheel-alignment-spooring.html  
daripada berteori banyak banyak dan bikin pusing mari kita langsung ke contoh kasus saja Yuk. 

Bang Toyip Punya Mobil Berukuran Pelek R-15 dengan ukuran Ban 235/70 R-15, Waktu Jalan Jalan ditoko aksesori dia tertarik dengan Pelek ukuran Ring 17 Inch (R-17), Lalu berapakah Ban yang harus dipakai, sementara Bang Toyip Ingin Dimensi Akhir Ban ngak berubah dari aslinya?.

Jawaban:

Ban Asli R-15 ukuran 235/70 R-15 diameter totalnya adalah:
(15x25,4) + 2 x( 235 x 70/100) =  381 + 329 =  710 mm atau 71 cm
  • 15 adalah angka dalam Inch, dan 25,4 adalah koreksi dari satuan Inci menjadi mm.
  • 235 adalah lebar ban dalam mm, 70 adalah aspek rasio. ( 70% dari lebar Ban ) 
  • angka pengali 2 adalah karena Ban ada bagian atas dan bagian bawah.
Pelek yang akan diganti adalah R-17, Maka Kita harus Trial dan Error dulu bertanya Ban yang tersedia dipasaran misal Ban yang ada di pasar adalah  
  • 225/55 R-17
  • 225/60 R-17
  • 225/65 R-17
Maka Kita Hitung berdasarkan Rumus diatas
Ambil jertas & mari kita hitung
Ambil kertas & Mari Kita hitung

225/55 R-17 =
(17x25,4) + 2 x (225 x 55/100) = 431,8 + 247,5 = 
679.3 mm atau 67,93 cm
225/60 R-17 =
(17x25,4) + 2 x (225 x 60/100) = 431,8 + 270  = 
701,8 mm atau 70,18 cm
225/65 R-17 =
(17x25,4) + 2 x (225 x 65/100) = 431,8 + 292,5  = 
724.3 mm atau 72,43 cm

Dari perhitungan diatas maka Ukuran yang mendekati dengan Diameter asli dari Ban tersebut sesuai kriteria Bang Toyip adalah Ukuran 225/60 R-17, 
Mudah Bukan.

Semoga Bermanfaat

8 comments:

  1. boss kalo ukuran gear karna ganti ukuran velg gmn perbandingannya antara gear depan n belakang..suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya geer depan dan belakang apa itu? disepedamotorkah ??

      Delete
  2. la iyo nu sepeda motor..masak becak??? xixixixixi

    klo boleh ksih penjelasan y um...biar g cm mbil az yg dibahas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. geer motor itu dihitung, banyak gigi geer belakang dibagi banyak gigi ger depan, hasilnya kalau angka makin gedhe brarti makin enteng tarikan enteng tapi top speed menurun. dan sebaliknya ...

      Delete
  3. kalo pake perhitungan diatas ban mobi saat belok atau pas beban penuh pasti aman tidak gasruk ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhitungan diatas untuk menghitung lingkar total ban setelah modifikasi um, selama offset pelek sama tentu ngak akan gasruk, hal ini akan berbeda bila offset peleknya modif berbeda ... :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)