Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Merawat dan Memperpanjang Usia Belt

Merawat dan Memperpanjang Usia Belt

Ketika anda menghidupkan mesin terkadang bunyi berdecit.
Ketika akan membelok atau ketika menambah akselerasi terdegar juga suara decit?
Ketika Hujan lebat tiba tiba di juga muncul decit di sektor mesin?

Waspadalah itu adalah bunyi dari Belt mesin anda.
Belt bisa diakibatkan karena kendur atau karena emang aus sehingga selip dengan Puli pemutarnya. Dengan Selip tentunya akan terjadi kerugian gesek dan akan mempercepat kerusakan dari belt dan puli tempat belt itu sendiri. Ngak ada salahnya kita mengecek Belt Tersebut. Tapi Bagaimana Caranya? Ayo kita lakukan bersama sama dan ikuti Gambar ya.
Periksa Belt anda
1. Periksa kondisi belt
Mari kita buka kap mesin dan temukan letak belt ( lihat gambar ya)

Pertama kita Lihat Kondisi dari fisik Belt ketika berasa diatas Puli Belt yang Aus akan Tenggelam kedalam puli sedang dalam gambar akan terlihat kalau belt masih menumpang jauh diatas puli. brarti keadaan demikian dikatakan bahwa belt tersebut masih tebal.  

Kedua, Kita Periksa kekencengan dari Belt dengan cara belt kita tekan dengan kuat dibagian tengah antara kedua puli. Jarak kelenturan ideal adalah sekitar 1-2 cm, Jangan terlalu Kencang Juga jangan terlalu kendur, untuk cara menyetelnya silahkan anda cari di topik di blog ini ya, udah pernah saya posting. :)
Periksa Fisik Belt
2. Periksa Fisik Belt

Bila cara pemeriksaan Belt ini anda masih ragu ragu? Mari kita tingkatkan dengan memeriksa kondisi Belt, Anda harus melepas belt tersebut . Setelah belt terlepas anda harus membaliknya dan periksa satu persatu, Pada gambar disamping akan terlihat belt yang retak dan rusak. bila menemui hal ini segera Pensiun belt anda dan Ganti dengan yang Baru, daripada putus ditengah jalan. atau bila tidak mengalami cacat fisik Belt yang mulai getas dan elastis sebaiknya juga dipensiun karena kelenturannya sudah berkurang.

amplas permukaan Belt
3. Amplas permukaan Belt
kondisi setelah diamplas
4. Kondisi setelah diamplas
Cara Yang Lebih Advanced juga dapat dilakukan bila sewaktu memeriksa belt ternyata kondisi permukaan belt yang bersinggungan dengan puli sudah sangat licin dan mengkilat. Anda dapat mengambil amplas kasar bisa sekitar nomer 3 atau 4, Kemudian amplas sisi belt dengan arah searah dan tegak langsung, Ingat Cara Ini hanya cuman memberi kekasaran pada permukaan sisi belt bukan untuk mengurangi atau menghaluskan ! 
Pada Gambar 4.akan Kelihatan Permukaan A yang setelah diamplas akan terlihat kasar dan serat dari benang kelihatan. sedang permukaan pada B yang belum diamplas akan terlihat mengkilat dan licin.
Beri cairan belt Dresing
Beri Cairan Belt Dressing
Terakhir Kali setelah pengerjaan selesai bila anda memiliki Cairan Belt Dressing bisa anda semprotkan ke permukaan sisi belt, bila tidak memiliki ya tidak apa apa . Bersifat (Optional) 

Kemudian Pasang Kembali Belt Ketempat Semula.
Mudah Bukan.

Semoga Bermanfaat

6 comments:

  1. beltingnya bole disemprot ama wd 40 g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. WD 40 adalah penetran, fungsinya udah beda,.... malah akan merusak karet belt :)

      Delete
  2. Kalau disemprot pake silikon spray katanya bisa lbh awet.. Bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau awetnya saya ngak tahu, tapi dengan disemprot silikon akan mengurangi suara gesekan/ decit walau umurnya hilang cuman beberapa menit/jam abis itu bunyi lagi

      Delete
  3. di aceh ada ngak belt dressing dan brapaan harganya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di aceh ngak tahu saya, harusnya pasti ada harga sekitar 50an ribu sekaleng tergantung merk bisa lbh murah/mahal

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)