Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mitos Mitos Tentang Serba-Serbi Mobil

Mitos Mitos Tentang Serba-Serbi Mobil

kemanan dan kenyamanan bisa terganggu karena sebuah mitos
Keamanan dan Kenyamanan bisa
terganggu hanya karena sebuah mitos

Sering kali kita mendengar banyak Mitos dan teori yang beredar di kalangan Otomotif, Terlepas apakah itu benar atau tidak,mari kita coba bahas satu persatu beberapa diantaranya.

Mengeber-geber mesin sebelum dimatikan. 

Tujuan = Agar Accu Mengisi sehingga strum dan daya maksimal sebelum mesin dimatikan, sehingga nanti ketika mesin dihidupkan menjadi gampang distater.
Ulasan = Cara ini lebih banyak Mudaratnya daripada manfaatnya, karena waktu mesin hidup sudah otomatis baterai akan charging, dengan mengeber-geber mesin kita hanya akan memaksa mesin bekerja overrunning dan membuang-buang bahan bakar, Untuk mesin yang dilengkapi Turbocharger ini malah membahayakan Turbo, karena kita tahu turbo dapat berputar hingga 100.000 rpm dan ketika mesin dimatikan turbo masih membutuhkan pelumasan untuk menghentikan putaran impelernya, untuk mesin ber Turbo charger disarankan untuk menstationer mesin beberapa saat sebelum mesin dimatikan, dengan tujuan agar putaran impler turbo sudah turun.

Mengurangi Tekanan Angin Ban Ketika Musim Hujan
Isi tekanan angin sesuai spesifikasi
Isi tekanan angin sesuai spesifikasi

Tujuan = Dengan ban sedikit kempis maka ban akan lebih mencengkram jalan lebih kuat, sehingga lebih anti selip.
Ulasan = Ban sudah dikembangkan dan didesain untuk bekerja dengan tekanan udara tertentu, dengan mengurangi tekanan angin tentunya akan merubah titik pijak dari alur ban itu sendiri, sehingga kemampuan membuang air malah dapat menurun, tekanan yang kurang juga dapat menyebapkan serat-serat sabuk baja dalam ban itu menjadi rusak sebelum pada waktunya.

Memakai  Gigi Transmisi Besar pada Kecepatan rendah

tujuan = Memakai gigi besar pada kecepatan rendah akan membuat bahan bakar menjadi irit.
Ulasan = dengan memakai gigi besar pada kecepatan rendah akan membuat Kampas kopling bekerja lebih berat, dan dibeberapa mesin yang kekurangan torsi akan menyebabkan mesin menjadi detonasi (pada mesin bensin) sedang pada mesin diesel dengan malah akan menambah boros karena mesin bekerja lebih berat sehingga IP akan memerintahkan pasokan lebih banyak, Maka jalankanlah kendaraan anda sesuai RPM yang disyaratkan pada buku pedoman pemilik.

Memanaskan mesin lama

tujuan = Agar pemanasan mesin menjadi lebih sempurna.
Ulasan = memanaskan mesin itu perlu tapi cukup satu-2 menit saja, memanaskan mesin terlalu lama hanya akan membuang bahan bakar.

Memakai Olie Mesin lebih encer

ganti olie sesuai spesifikasi
Ganti Olie sesuai spesifikasi 
Tujuan = Dengan olie lebih encer, maka hambatan mesin akan lebih berkurang, hasilnya mesin lebih enteng dan ebih irit bahan bakar.
Ulasan = Hal ini tidak salah tapi tidak benar, Mesin didesain dengan clearence tertentu, selalu ikutilah spesifikasi dari pabrik, pemakaian olie lebih encer diluar spesifikasi bisa menyebabkan olie habis ikut terbakar karena terlalu encer.

Ganti Olie sesuai Patokan Kilometer

Tujuan = sesuai aturan main.
Ulasan = ini tidak salah tapi juga tidak seluruhnya benar, pergantian olie selain ditentukan oleh jarak pemakaian juga ditentukan oleh lama dari pemakaian. jadi walau mesin ngak dipakai tetapi dia tetap butuh diganti olie, karena olie ikut merendam mesin sehingga kualitasnya pasti menurun.

Melepas Thermostat

Tujuan = Indonesia adalah negara tropis (panas) Thermostat hanya akan bikin overheating.
Ulasan = Melepas thermostat adalah Tindakan kontroversial, mesin bekerja membutuhkan suhu kerja ideal, bila melepas thermostat maka akan terjadi overcooling pada mesin, yang bisa berakibat fatal ( silinder cop melengkung dsbnya)

Menambah sedikit Premium/ Pertamax kedalam Mesin Diesel

Tujuan = Dengan menambah sedikit bensin premium/ pertamax kedalam solar maka mesin akan lebih Galak dan naik performanya.
Ulasan = Angka Octane pada Bensin dan Angka Cetane pada Solar adalah sesuatu yang berbeda. dengan menambah Premium pada bahan bakar diesel anda, maka anda sedikit demi sedikit akan membunuh mesin anda. Tinggalkan cara ini.

Mematikan Mesin pada jalanan Menurun

Tujuan = dengan dimatikan maka BBM akan menjadi irit.
Ulasan = Tindakan yang berbahaya, dengan mematikan mesin, maka anda akan kehilangan kontrol power pada mobil anda, selain itu anda akan kehilangan daya rem pada mesin yang dapat membantu menahan laju kendaraan anda, untuk kendaraan yang dilengkapi dengan booster maka dengan dimatikan mesin maka daya pengereman akan menurun dengan drastis.

Pendapat Diesel Bisa Berenang ada banjir terobos

jangan lakukan ini
Jangan Lakukan ini

Ulasan = Walau diesel tidak mengunakan pengapian dan lebih water proof, tapi mobil diesel tetaplah sebuah mesin tetaplah bijak dalam menghadapi banjir.

Memasang Accu dengan Ampere lebih Besar

Tujuan = Ampere lebih besar maka Daya akan makin besar dan makin awet.
Ulasan = Selama mobil anda tidak mengalami modifikasi mengunakan Accu lebih besar hanya akan membuat dinamo strum bekerja lebih keras, karena kita tahu semua sudah dirancang sesuai dengan kapasitasnya dari pabrikan.

Memakai Mobil Tua Lebih aman

Alasan = Mobil tua masih besi semua, besinya lebih tebal lebih aman benturan.
Ulasan = Pendapat Yang tidak Salah tetapi tidak sepenuhnya benar, Memang benar mobil tua semua platnya lebih tebal dan terbuat dari besi, tetapi ingat besi belum tentu lebih kuat dari fiber dll, dengan semakin majunya tehnologi crumple zone, dimana bagian mobil bagian depan dibuat lunak agar menyerap benturan ketika terjadi kecelakaan, sementara bagian kabin dibuat sangat kuat, apalagi dengan standar keamanan yang ketat misal dieropa tentang keselamatan pejalan kaki, mobil disana sebagian besar malah bempernya harus terbuat dari bahan yang lunak/ plastik/ fiber dan sejenisnya, Bukankah mobil yang tua brarti mobil makin berumur, piranti Rem dan Teman temannya sudah berumur dan ketika barang sudah berumur performanya pun pasti sudah menurun. 

Cara Memperlakukan dan menjalankan mobil Eropa beda dengan Mobil Asia

Alasan = Bisa Cepat Rusak.
Ulasan = Banyak kontroversi dan Jampi-Jampi Wejangan dari Montir-Montir Jaman Kompeni yang tidak kita ketahui kebenarannya, (ntah dapat wangsit dari mana), Sebuah Mesin adalah tetap mesin, kekuatan dan keawaetan tergantung dari kualitas pembuatan dan tata cara pemakaian, selama kita masih memakai dengan cara sesaui aturan dan merawat sesuai spesifikasi pabrik tentunya hal itu engak perlu diperdebatkan. 

Waktu Parkir menaikkan tangkai Wiper

Alasan = Biar Karet ngak cepat Getas
Ulasan = Memang benar hal ini bisa sedikit memberi keawetan wiper tapi ingat waktu anda parkir berapa jam? sementara mobil anda waktu jalan dengan wiper menempel kaca juga berapa jam, tampaknya ini perbuatan sia sia. dan yang lebih konyol dengan tangkai wiper mobil di naikkan ini akan membebani peer dari tangkai wiper itu sendiri, lama lama peer bisa lemah dan akan mengurangi fungsi keseluruhan dari wiper anda.

Sementara itu dulu ya, ntar kalau ada lagi bisa ditambah

Semoga bermanfaat

8 comments:

  1. Mantab um Iwan.....
    So far...berdasarkan ulasan diatas nggak ada yg kulanggar...hi..hi...
    Pindah gigi ya sesuai dgn kebutuhan...
    Ganti oli....maks kilometer ato dirasa sdh nggak enak (kasar), mana yg lebih dulu tercapai.... :)
    Aki lebih besar, kalau cuma naik 5-10A masih bisa mengimbangi supply (pengisian) dan demand (konsumsi)..... Kalaupun masih ada lag waktu, masih bisa ditoleransi....

    Eh....itu yg jadi model driver dan oli bayar berapa..?

    ReplyDelete
  2. Mas Iwan, tolongin saya dong, mobil saya isuzu phanter th 2008, tidak dapat dimatikan, meskipun kunci kontak sudah saya cabut. Akhirnya terpaksa saya matikan dengan cara masukan kopling dipaksa mati. Mohon solusinya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin solenoid bermasalah jadi ketika di off dia tidak bisa memutus solar ke IP ya alhasil mesin hidup terus.

      Delete
  3. Tambah lg ya om info2 nya d tggu tks

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)