Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membaca Kode Busi (Spark Plugs Code)

BUSI (Spark Plugs)

Apakah Busi itu?


Periksa celah busi
Selalu Periksa Celah Busi
Busi (dari bahasa Belanda bougie) adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

Mesin pembakaran internal dapat dibagi menjadi mesin dengan percikan, yang memerlukan busi untuk memercikkan campuran antara bensin dan udara, dan mesin kompresi (mesin Diesel), yang tanpa percikan, mengkompresi campuran bensin dan udara sampai terjadi percikan dengan sendirinya (jadi tidak memerlukan busi). Tapi jangan Binun dengan Busi Pemanas

Cara Kerja

Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan Volt yang dihasilkan oleh koil pengapian (ignition coil). Tegangan listrik dari koil pengapian menghasilkan beda tegangan antara elektrode di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping. Arus tidak dapat mengalir karena bensin dan udara yang ada di celah merupakan isolator, namun semakin besar beda tegangan, struktur gas di antara kedua elektrode tersebut berubah. Pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik daripada gas yang ada, gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersifat insulator, berubah menjadi konduktor.
Setelah ini terjadi, arus elektron dapat mengalir, dan dengan mengalirnya elektron, suhu di celah percikan busi naik drastis, sampai 60.000 K. Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi untuk memuai dengan cepat, seperti ledakan kecil. Inilah percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini.

Jenis Jenis Busi

Busi standar
Kondisi Busi Mencerminkan Kondisi Mesin
Kondisi Busi Mencerminkan Kondisi Mesin
Adalah Busi OEM dari setiap kendaraan dari pabrikan. Bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Jarak pemakaian busi standar bisa sampai 20 ribu Km, ketika kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan efek peningkatan spek karburator atau injection
Busi Platinum
Disuka kaum penyuka touring, lantaran kemampuannya. Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, sehingga pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm dan jangan heran, ketika umur busi umur busi berkisar 30 ribu km. Konon dengan ujung yang mengerucut tajam memiliki kemampuan melepas electron lebih cepat.
Busi Resistor
Busi yang sering mengecoh konsumen, logo R latin dengan font miring banyak yang mengira artinya racing. Dan sebenarnya R itu artinya resistor. Busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer, indikator pada kendaraan yang memakainya, terhadap pengaruh gelombang radio dan sejenis nya. Maka, busi ber-kode R pada busi mesti diingat, sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor.
Busi Iridium
Bisa dikatakan busi semi kompetisi, ramai diaplikasi tuner untuk mesin non standar. Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm mm. Dan umur busi berkisar 50 ribu hingga 70 ribu km. Keuntungannya, berumur lama
Busi Racing
Busi yang didesain dan dipersiapkan dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi, serta temperatur mesin yang tinggi pula. Dan dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration. 
Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum. Umur busi juga relatif pendek di 20 ribu – 30 ribu Km, itu ketika mesin dominan berputar di rpm tinggi diatas rpm 4-6000 pada temperatur mesin yang tinggi.

MENGENAL BAGIAN BUSI

Bagan Busi
Bagan Busi 
Terminal 
Bagian atas busi yang dihubungkan dengan sistem pengapian 
Insulator (pembungkus center elektroda) 
Bagian utama dari insulator terbuat dari porselen atau keramik, untuk memberikan dudukan mekanis terhadap center elektroda, agar listrik tegangan tinggi dapat terinsulasi. Panas keramik juga membantu membakar deposit kerak. 
Ribs (keramik atas) yang membungkus terminal yang berhubungan dengan cop busi )
Dengan memperpanjang permukaan antara terminal tegangann tinggi dan metal case dengan ground dari busi, maka bentuk fisik dari rib memberikan fungsi untuk meningkatkan insulasi listrik dan mencegah kebocoran energi listrik sepanjang permukaan insulator dari teminal metal case.
Insulator tip 
Bagian ujung insulator yang masuk ke dalam ruang bakar mesin, dituntut mampu menahan temperatur tinggi dan menjaga insulasi elektrik. Untuk mencegah elektroda kepanasan, maka bagian ini harus memiliki konduktifitas panas yang baik. 
Seals (atau Ring )
Mencegah kebocoran dari ruang bakar mesin 
Metal case 
Mengikat panas dari insulator dan menyalurkan ke silinder cop, juga berfungsi sebagai ground bagi spark melalui center elektroda ke side elektroda.
Center elektroda 
Terhubung ke terminal melalui kabel initernal dan tahanan keramik untuk mengurangi emisi gangguan radio yang dihasilkan dari pengapian. Ujung nya dapat terbuat dari kombinasi copper, nickel-iron chromium atau metal bernilai tinggi. Dan side elektroda atau ground elektroda terbuat dari nickel steel dan dipatrikan di sisi metal case. 

Mengenal Kode Busi

Ada banyak macam busi di pasaran dengan berbagai ukuran, 
ayok kita Pelajari Satu Persatu

Busi Bosch


Code Busi Bosch
Kode Busi Bosch
Busi NGK
kode busi NGK
Code Busi NGK


Busi Champion

Tabel busi Champion
Tabel Busi Champions
Busi AutoLite
kode busi autolite
Kode Busi Autolite
Busi Torch ( Made In China - ZhuZhou )
torch sparck plug tabel
Torch Tabel
torch tabel spark plug
Torch Tabel2























Busi ND (NipponDenso)

Tabel Busi ND
Tabel Busi ND

Semoga Bermanfaat

8 comments:

  1. Kalau untuk harian bagusnya pakai yang mana mas?kalau kerja PP 100 km...mobilnya sedan Civic LX1989...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kode busi civic saya kurang tahu, tapi bila anda memakai untuk keperluan harian ada baiknya pakai busi standart rekomendasi pabrik aja, tapi bila ingin meningkatkan performa lalu pengin ganti busi platina/ iridium silahkan mencari busi dengan nilai panas yang sama, selama unit pengapian mobil anda masih standart

      Delete
  2. terima kasih infonya. lengkap banget. :D
    ijin copy paste om.. (sumber saya cantumkan)

    ReplyDelete
  3. mau tanya nih om kalo busi laser iridium sama iridium itu sama ga?trs katanya kedua busi itu gaperlu di bongkar untuk di bersihin ya sampe kilometer 90.000-100.000 km,karna katanya bisa self cleaning..apakah itu benar om?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk busi laser iridium saya ngak begitu tahu, kemungkinan itu kata laser hanya merk/ jenis produk tertentu saja. untuk pembakaran normal busi tidak memerlukan pembersihan karena dia bis membersihkan dirinya sendiri, mungkin cuman beberpa puluh ribu km harus di check untuk melihat jarak celah kutup positif dan negatifnya

      Delete
  4. Numpang tnya om iwan, utk lancer sl pke busi yg mna ya om, kmren pkw denso w16ex u, kl pgen ganti yg lbih bagus pke yg mna, trims utk infonya

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)