Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Membersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Mobil Anda Ketika Hujan Sapuan Wiper tidak bekerja dengan Maksimal?
Kaca sudah dibersihkan tetapi tetapi tidak bersih?
Kaca sudah dibersihkan tetapi tetapi tidak bersih?
Ketika Malam tiba Sorot Lampu dari Mobil Lawan Arah mengganggu Bias Kaca?

Bila jawabnya ya Waspadalah Kaca anda terkena Jamur.
Jamur kaca tidak akan hilang dengan pencucian memakai sabun/ deterjen biasa

Jamur harus memakai obat poles Khusus, ( tentunya berharga mahal, belum lagi melibatkan cairan yang sangat keras bagi kaca, salah membaca petunjuk dan salah mengaplikasikannya kedalam kaca mobil anda maka ................ (silahkan isi sendiri)
Tapi Tidak Perlu Panik Ada Solusi Mudah dan Murah.

Kalau berminat Silahkan teruskan membaca artikel ini.


alat dan bahan
1. Alat Dan Bahan

Alat dan Bahan: gambar 1
  • Batu Hijau ( bisa dibeli Toko toko Cat, lihat seperti gambar)
  • Sedikit bensin/ premium
  • Mangkok Kecil 
  • Sendok
  • Lap yang bersih
Cara Kerja:

Batu hijau
2. Gerus Batu Hijau memakai sendok
  • Kita Gerus Batu Hijau dengan memakai sendok sehingga menjadi serbuk serbuk. Banyaknya Serbuk sesuai dengan kebutuhan bidang kaca yang akan kita bersihkan. gambar 2
  • Lalu kita tampung dalam Mangkok yang sudah tersedia, lalu kita Encerkan sedikit dengan Bensin. lalu dengan bantuan sendok kita larutkan sehingga menjadi cairan yang kental.
  • encerkan dengan bensin
    3. Encerkan dengan sedikit Bensin
  • Setelah menjadi cairan mengental seperti yang kita inginkan, cairan tersebut telah siap kita bergunakan sebagai poles kaca. gambar 3
  • Lalu dengan bantuan Lap kita oleskan kebidang kaca yang berjamur. Pertama Kita Oleskan secara tipis lalu gosok dengan lembut ( menekan lap ngak usah terlalu keras keras) gambar 4
  • Setelah olesan merata. kemudian gosok dengan lembut permukaan kaca memakai lap yang sudah tersedia. Gosok sampe semua bahan poles tersebut hilang dan Kaca sudah menjadi bersih dan mengkilat. gambar 5
  • Rasakan Beda antara yang sudah digosok dengan yang belum. gambar 6
5. gosok dengan lembut
5. Gosok dengan lembut
4, oleskan keatas kaca
4. Oleskan keatas Kaca 

6, Kacapun sudah halus jamurpun hilang
6. Kacapun sudah halus jamurpun hilang
Semoga Bermanfaat

99 comments:

  1. G ngegores kaca tuh.. kan pke batu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu hijau itu hanya sebutan, sebenarnya dia bukan jenis batu, dia selunak sabun mandi ,,,,
      he99

      Delete
  2. Mantap solusine, murah meriahhh.....

    Mau nyobain di SiklverStone ahhhhh

    ReplyDelete
  3. @um Leksono= hehehee coba aja um lalu buktikan ketika hujan tiba .... :)Kalau jamur ngak tebal ya dioleskan secara tipis aja ... :)

    ReplyDelete
  4. pas ujan keadaaan gmn om??
    kira kira ada efek samping nya ga om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukankah Jamur itu yang menganggu daya pandang? dengan jamur hilang kaca lebih licin tentunya visibilatas akan lebih baik :)

      Delete
  5. Kemarin aku mau membersihkan jamur kaca di mobil temen...ternyata sdh bersihsih...
    Katanya dibersihkan dengan "Pepso*nt" yg putih...
    Bisa ditiru tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Bayu Dewa, karena langsung bisa dipraktekkan drpd harus ke toko besi beli batu hijau, tapi maap nih kok hasilnya kurang memuaskan, pdhal gosoknya udah sampe ngos-ngosan...apa begitu tebelnya si jamur yak. Apapun tks sharenya. Untuk om Iwan, belum dicoba nih resepnya, ntar belanja dulu. Tks ilmunya.

      Delete
  6. apakah bisa menghilangkan baret-baret halus???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak bisa pak, karena larutan batu hijau disini hanya mengangkat kotoran dan ngak abrasif, kalau baretnya mau hilang ya cuman dipoles itu pake debu intan .... :)

      Delete
  7. makasih infonya om....mau coba diaplikasikan...

    ReplyDelete
  8. bahaya tuh ntar klo mobil eropa hilang tuh coatingnya, klo mobil jepun yg kacanya bikinan lokal gak masalah. mobil korea juga ntar bermasalah, cari amannya saja deh, ngencerinnya pake bensin pula

    ReplyDelete
  9. Bisa dicoba ..... thanks thomas pm-096 wonosobo

    ReplyDelete
  10. Om, kalo kaca ada sedikit goresan,, kira2 bisa ilang g ya goresan nya pake Herbal dari om? hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau goresan ya ngak bisa ilang um, kalau tergores harus dipoles pake debu intan, kacanya ditipiskan,... itu tukang kaca yang bisa :)

      Delete
  11. kaca mobil saya sebelum di gosok dengan batu hijau klo di raba kasar dan ada sisiknya setelah di gosok dengan batu hijau sisik hilang dan halus...banget

    ReplyDelete
  12. Gosok Pake Pasta Gigi yang berwarna Putih juga bisa membantu om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga tapi terlalu lama pake pasta gigi :)

      Delete
  13. mantap banget artikelnya.
    batu ijo juga bisa tuk kinclongkan pelg ya gan? kemarin aku beli satu plastik Rp.7.500 apa yg itu ya gan?

    boleh gak tukar link dengan blog ku
    http://mobil-kinclong.blogspot.com/p/tukar-link.html

    cara tukar link bagaimana gan?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja, tukar link tinggal kopipaste simbol ayo tukar backlink di html anda .... ntar saya berkunjung ke webnya anda .... :)

      Delete
  14. Replies
    1. he99 ... :) menghilangkan jamur kaca dengan batu hijau kadang menjadi kontroversial ... :)

      Delete
  15. mau tanya bos saya sudah terlanjur pake cairan pembersih jamur kaca di mobil trajet saya .tapi ko setelahnya malah seperti berkabut putih walaupun ga semua tapi jadi cukup mengganggu pandangan ,kalo pake batu hijau apa bisa hilang yah trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkabut sebagian itu biasannya karena ada lapisan film dari obat yang anda gunakan, sehingga kaca ngak homogen lagi sehingga ada yang mengembun ada yang tidak, ya dicoba saja pak,... kalau ragu ragu dileskan tipis saja batu hijau yang udah diencerkan kan berubah menjadi mirip coumpound lunak

      Delete
  16. ijin share ya om,, ane dah coba...BERHASIL!! terima kasih om

    ReplyDelete
  17. maaf kalo nama umumnya batu hijau ini apa ya? krn sudah tanya ke 5 toko material, mereka ga ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu hijau ya Batu hijau, atau namanya Watu Ijo bahasa jawanya, ah mosok ngak ada di toko besi, bilang aja batu hijau yang buat ngosok buat mengkilatkan blok mesin

      Delete
    2. Kalo batu ijo itu sebutan orang bengkel om, namanya kalo di toko "LANGSOL"

      Delete
  18. Kalau mobil eropa yang lebih rentan pakai obat jamur kaca yang bahan dasar cerium seperti carpro ceriglass.

    Jangan lupa setelah membersihkan jamur kaca supaya lebih dikasih rain repellent seperti aquapel yang tahan lama.

    Produknya sekarang uda bisa dibeli online di www.salonmobil.co.id

    ReplyDelete
  19. Selamat Siang Pak Iwan,..

    O ya, klo menggunakan batu ijo yang kemasan seperti pasta gigi bisa ngga?
    Karena saat ini sdh ada tuh.. yang sdh kental seperti pasta dan kemasannya pun seperti pasta gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belon pernah lihat lho gan, Kalau ragu ragu anda bisa coba sedikit dulu dan tipis pada misal kaca jendela mobil anda, ntar akan kelihatan hasilnya baik atau tidak, kaca yang bebas jamur akan terasa halus dan licin dan bayang2 pelangi

      Delete
    2. Batu hijo model pasta begini malah saya belinya di toko sparepart mobil om, tempatnya kaya obat salep heheheheeee... sudah saya coba tanpa di campur bensin hasilnya bagus dan licin...

      Delete
  20. Di coba dulu akhhh..makasih sebelumnya and terus berkarya Gan..

    ReplyDelete
  21. Batu hijau itu namanya langsol!! biasanya di pakai oleh tukang stainless steel untuk mengkilapkan stainnles yg buram!!

    ReplyDelete
  22. ilmu yang berharga.. coba di praktekin ahh :)

    ReplyDelete
  23. Om Iwan boleh dong sekali2 praktek pake kucing ku ... xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wegah um, Ngosok Kaca depan itu ngabisin Nasiberpiring piring. ha999

      Delete
  24. untuk jenis kaca tempered apa bisa juga um?? trus klu diaplikasikan pada kaca depan, apakah bsa juga?? Soale kata tetangga sebelah obat kaca tuk samping blum tentu cocok utk kaca depan.... mohon pencerahannya um iwan, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaca Tempered adalah kaca yang udah di hardening, dan semua kaca mobil memakai teknologi itu baik jendela atau kaca depan. jadi ngak ada perbedaan, selamat mencoba.

      Delete
  25. Pak Iwan, mohon tanya,
    kalo untuk sisi depan kaca aquarium bisa ga?
    Saya ada aquarium pake kaca bekas/lama,
    kalo pas kena air sih ga masalah terlihat bening
    tapi setelah airnya dilap kering bersih, nampak bayang seperti pulau2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaca biasa dan kaca automotive itu hanya berbeda pada proses hardening saja ( biar lebih keras dan kalau pecah jadi butir kecil sehingga lebih safety) Anda bisa ngolesin obat ini ke sembarang kaca. coba saja sedikit dan tipis dulu dan lihat efeknya kalau ragu2. he9

      Delete
  26. Kalo batu ijo.nu d.larutkan pake air aja, bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kliatannya ngak bisa karena batu ijo itu sejenis bahan kimia/ coumpund yg ngak larut dengan air

      Delete
  27. numpang saran nihhhh
    sebagai ibu rumah tangga aku ngandelin banget kehebatan BATU APUNG
    murah meriah bermanfaat
    bisa untuk membersihkan noda keramik yg luar biasa buandel
    tempat cuci piring berbahan stainles steel
    peralatan dapur atau lemari berbahan almunium
    dan satu lagi nih yg ampuhhhh buanget
    untuk membersihkan semua benda berbahan kaca,semisal cermin atau akuarium
    ga usah takut tergores deh,kalau kurang yakin ,coba bagian pinggir benda yg hendak dibersihkan dulu yg di gosok dengan batu apung.daaaaaan lihat hasilnya
    cara penggunaannya cukup mudah kok. basuh benda yg hendak dibersihkan dengan air lalu gosok permukaan benda yg hendak di bersihkan dengan batu apung sambil sesekali di siram dengan air,basuh dengan lap bagian yg telah di gosok.dan cling cling,kinclong boo
    ( ivo susilawati )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu apung itu abrasif hampir seperti amplas halus, tentunya sangat ngak boleh buat ngosok kaca, kalau ngosok keramik, stainless steel mungkin bisa, Tapi Terimakasih atas Testimoni dan Sharing Pengalaman anda. :)

      Delete
  28. Dulu ane pernah kena tuh, mobil dicuciin siang2 ama pembantu, lupa ngelap. Hasilnya kaca berkerak habis, pdhl rencana buat jalan malem. Eh bener, jalan malem ujan pula. Beli cairan pembersih kaca di alfamart ga ngaruh byk. Smpe tujuan paginya gw dpt ide bli coca-cola. Siram di kaca sama gosok2 pake kain alus. Eh kerak ilang, cm jamur tua msh tampak batas2nya tp menipis. Gw bilaa pake aer, trs dikanebo sampe kering. Sisanya ane minum tuh coca-cola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilang juga ga tuh jamur2 di dalem badan nya? hehe

      Delete
  29. Malem Gang Ane bersihin Kaca Pake pembersih kaca tapi kok Jadi bergelombang Jamur ilang kaca jadi bergelombang kalo di liat burem mohon pen cerahan (lolipoploplop@yahoo.com) di tunggu BalasanNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dijelakan jenis mobilnya juga jenis pembersih kacanya??

      Delete
  30. Pas nyari larutan pembersih jamur kaca, pas nemuain artikel ini. Siip, siap ditindaklanjuti. 2 minggu ini sempat mondar-mandir keluar masuk toko, nyari larutan tsb. Sdh dicoba semua, termasuk ada saran dr teman pakai tembakau yg direndam air, tp hasilnya blm nampak sama sekali. Mudah2an yg ini cocok Om, akan sy coba. Nuwun.

    ReplyDelete
  31. siang om, saya mo nanya.

    kaca depan mobil saya kena debu (hawa) cat karena mobil habis di cat.
    untuk membersihkannya bisa pake batu ijo ?
    kalo pake bensin atau thinner boleh gak ? bisa mengakibatkan kerusakan pada kaca ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. batu ijo bisa dipakai untuk mengankat debu cat walau mungkin agak lama, bila anda inin pakai thinner silahkan pake thinner A atau B . jangan memakai thinner super.

      Delete
    2. terima kasih quick response nya om Iwan.

      thinner A atau B itu thinner khusus ? Bisa beli dimana om ? dan kalo beli kita bilang saja thinner A atau B gitu ?

      dan thinner ini tidak merusak kaca depan + belakang mobil ya ?

      Delete
    3. siang om Iwan,

      tadi saya ke toko yg jualan cat + thinner menanyakan thinner A/B, untuk membersihkan debu cat di kaca saya malah disarankan pake thinner PU katanya tidak cepat kering.

      kalo pake thinner A atau B, bahan thinner nya cepat kering, sehingga belum cukup bersih debu cat nya malah sudah kering thinner nya yang bisa mengakibatkan kaca tambah burem karena keringnya thinner campur cat.

      saya yang awam jadi bingung, logikanya lebih baik kita pake thinner yang cepat kering atau lambat kering om ?

      mohon sarannya lagi.

      Delete
    4. justru dengan thinner a atau b itu cepat kering maka akan sedikit meimbulkan masalah pada kaca, kalau pake thinner super/PU itu selain thinnerya lama kering dia juga ngak terlalu mudah ngangkat residu cat. thinner A atau B biasanya dijual eceran. untuk abis dikasih thinner tentunya kaca akan buram karena residu endapan larutan cat dan thinner itu, itu bisa di gosok pake sabun dan busa beres deh.

      Delete
  32. Oooo, memang setelah di lap pake thinner A/B, kaca akan buram terkena larutan cat + thinner, setelahnya kita bersihkan pake sabun.

    maksudnya om thinner A/B biasanya dijual eceran itu gimana ya ? bukannya yang kalengan isi 1 liter gitu ?

    Lebih baik pake thinner A ? Atau thinner B ?

    kalo pake thinner impala yang kaleng ijo boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijual eceran itu ya dijual curah, bisa beli seliter setengah liter dll, anda cuman mbawa botol aqua bekas aja, kalau impala kaleng ijo kelihatannya udah semi super itu.

      Delete
    2. makasih om info nya.

      akan saya terapkan.

      Delete
  33. gan kalao pakai cerium oxid bahan kimia itu bisa ngilangin baret kaca ya ?kaca depan mobil saya itu baret halus bekas kena wiper ..solusinya gimana ya gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya kalau kaca baret itu cuman bisa di poles/ ditipiskan, tetapi itu kadang berakibat kaca menjadi kacau biasnya waktu malam hari. bila memang menggangu baretnya, solusi nya ya cuman ganti kaca depan. daripada main olas poles keluar duit belum tentu maksimal hasilnya

      Delete
  34. Pak Iwan, dulu kaca ddepan mobil panther sebelum digosok olek adek saya memakai cairan pembersih kaca (merk lupa karena sudah lama) wiper tidak ada masalah, pandangan ketika hujan juga tidak ada masalah.
    Namun setelah digosok sampai saat ini karet wiper jadi bunyi dan tidak lancar, kaca jadi berkabut jika hujan.
    Bagaimana solusinya? Apakah dengan digosok memakai watu ijo bisa kembali normal seperti dulu.
    Nuwun. aabror33@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu brarti waktu pengosokan dengan obat tidak rata, kalau tidak rata ya bisa menyebabkan wiwer jadi berderak derak/ bunyi. ya silahkan coba saja, karena abis digosok dengan obat brarti kaca udah bersih, oleskan dengan tipis saja dan gosok dengan lembut.

      Delete
  35. malem om,

    mau tanya untuk batu ijo itu belinya dimana ya? ditukang cat material beberapa toko saya tanya tidak ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. batu hijau dibeli ditoko besi, dikemas kecil kecil biasanya kotak wujudnya lunak seperti sabun mandi

      Delete
  36. Keren. Suka tulisannya ... bisa diterapkan ke mobil Carry tua sy, terima kasih banyak !

    ReplyDelete
  37. Watu ijo bisa utk kaca depan samping dn belakang ya gan. Ada efek samping nggak stlh pake watu ijo

    ReplyDelete
  38. klo cairan bensin diganti dengan tiner bagaiamana ya om...salam PM 458

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau thinner ngak tau saya, soalnya petunjuk batu hijaunya diencerin ama bensin.

      Delete
  39. Pengaplikasian ke kaca depan bisa om? Maaf, soalnya penjelasan diatas ke kaca samping, bukan kaca depan. Trims om

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaplikasian emang untuk kaca depan tapi maaf itu kebetulan gambarnya yang saya ambil dari kaca samping.

      Delete
  40. kalau utk poles logam (StSt,.Al, Brass, dll), biasanya batu hijau sy encerkan pakai minyak tanah, krn kalau pakai bensin lebih cepat menguap. Utk kaca apakah ada efek sampingan jika pake minyak tanah?

    ReplyDelete
  41. kalau untuk ngilangin buram flek karena kesalahan obat poles bisa gak om...tq om

    ReplyDelete
  42. klo untuk ngilangin buram flek akibat salah obat jamur bisa gak om...tq om

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu saya tidak tau, bisa dicoba aja dulu sedikit dipojok, kalua hasil baik brarti bisa kalau ngak ada perubahan ya ngak bisa berarti

      Delete
  43. Superrr sekali resepnya pak iwan, sdh sy terapkan kaca belakang n samping di ipah saya.. malah lebih bagus hasilnya drpd poles kaca depan yang dikerjakan bengkel pd hari yang sama. Rencana besok mw ta poles lg kaca depan dgn resep pak iwan apakah bermasalah krn br sj dipoles bgkl sehari sblmny pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tujuan utamanya kan mengangkat residu kotoran dan jamur, bila udah dipoles tentunya akan sia sia karena kaca anda sudah bersih sebelumnya

      Delete
  44. Om sy kmaren pake pmbersih kaca jamuran dr tukang poles, eh hasilnya malah ky awan dan seperrti pulau pulau. Itu knp ya?
    Mau dicoba pake batu hijau, smoga bs ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan itu hanya pengapliasian aja yang kurang rata, jadi masih ada sisa jamur ada yg keangkat dan tidak.

      Delete
  45. Habis digosok kain disiram air sabun om28?

    ReplyDelete
  46. Abis di gosok kain disiram pakai air sabun om28?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila udah selesai kaca bisa dicuci pakai sampo atau sabun ngak masalah

      Delete
  47. Makasih infonya,,,,mau saya praktikkan dulu

    ReplyDelete
  48. om iwan kaca depan mobil saya katana ko ada bayangan pelangi ya yupz?apa itu karena jamur atau apa ya?bisa di hilangkan pakai batu hijau ga ya? mohon pencerahan ya nieh om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya jamur itu bisa diraba kok, kaca harus halus bila sudah agak kasar brarti kemungkinan berjamur, atau ketika ada air hujan dia akan timbul seperti bercak bercak/ residu diatas kaca

      Delete
  49. Mau share min, suatu hari saya mencuci mobil dipencucian, setelah dicuci mobil saya ambil dan pihak carwash bilang body n kaca dah dibersihkan dri jamur dngn menggunakan cairan pembersih jamur berwarna hijau, kemudian sehari setelah itu saya lihat di dinding2 mobil ada semacam goresan2 tpi yg tergores hanya bagian cat yg mengklit klu dilihat kayak kita panuan jadi jelek. Yg saya mau tanyakan apakah bisa dihilangkan goresan2 tsbt min dan klu bisa gimna caranya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tergores brarti itu waktu ngewax terlalu kasar atau obat poles terlalu keras, coba anda hilangkan dulu dengan wax bila tidak bisa anda bisa mengunakan sedikit compon putih

      Delete
  50. Kereeen mas, resep ini kepake di kebo saya
    Tapi buat bagian kaca dalamnya aman ga ya mas iwan?
    Terima kasih mohon pencerahnnya

    ReplyDelete
  51. Untuk menghilangkan jamur pada body mobil yang murah dan terjangkau pakai apa yah pak?

    ReplyDelete
  52. Saya pakai hagerty 100 all metal Polish, bentuk pasta lebih lembut dari batu ijo(langsol).
    Thanks buat artikelnya.

    ReplyDelete
  53. Numpang tanya om, awalnya kaca depan kucing saya berjamur lalu karena kurang info saya coba poles dengan paste wax kit yg kuning dengan polisher, alhasil jamur tidak berkurang tapi kaca ada bayangan2 bekas poles. Kata bengkel variasi harus ganti kaca baru. Mohon pencerahn nya.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)