Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Lane Departure Warning System (LDWS)

Lane Departure Warning System 

LDWS
LDWS
Dengan makin berkembangnya teknologi pengamanan pada sebuah mobil maka telah dikembangkan sebuah teknologi yang bernama Lane Departure Warning System, Sesuai namanya teknologi memberikan peringatan kepada pengemudi ketika pengemudi melakukan tindakan ceroboh dengan keluar dari jalur lintasan pengemudi ketika dijalan raya (tanpa melakukan tindakan menghidupkan lampu sein). tujuan utamanya tentu adalah menghindari kecelakaan. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi kesalahan pengemudi (human Error) Misal saja anda ketika mengemudi kemudian mengantu, lalu keluar dari jalur semestinya.

Jenis dari LDWS

* Yang pertama adalah sistem yang hanya memperingatkan pengemudi ketika dia keluar dari jalur / Lintasan kendaraannya. biasanya peringatan ini bisa berupa suara atau Model Getar/ Vibrator.
* Yang Kedua Selain Peringatan maka mobil bisa mengambil langkah untuk memastikan agar kendaraan kembali atau tidak berada di lintasan sebenarnya apabila ternyata setelah adanya peringatan ternyata pengemudi tidak mengambil langkah yang diperlukan.

Alat Pendukung LDWS

Kamera Sensor LDWS
Kamera Sensor LDWS
* Sensor video , Sensor ini biasanya terpasang di belakang kaca depan dan  atau bisa terintegrasi di samping kaca spion
* Laser sensor, Sensor ini dipasang di bagian depan kendaraan
* Sensor infra merah, Sensor ini dipasang baik di belakang kaca depan ataupun di bawah kendaraan

Perkembangan LDWS

2001 Nissan Motors mulai menawarkan sistem ini pada Cima yang dipasarkan di Jepang.
2002 Toyota memperkenalkan Monitoring System Lane nya pada model Cardina dan Alphard di Jepang,. Sistem ini memperingatkan pengemudi jika kendaraan mulai bergerak keluar dari jalurnya.
2003 Honda meluncurkan Lane Keep Assist System ( LKAS ) pada Inspire. LKAS menyediakan sampai 80 % dari torsi kemudi untuk menjaga mobil di jalan di jalan raya .
2004 Untuk pertama kalinya secara masal diterapkan didaerah Amerika Utara  contohnya pada Nissan Infiniti FX
2005 Citro├źn menjadi yang pertama di Eropa untuk menawarkan LDWS tahun 2005 pada model C4 dan C5 nya dan C6-nya. Sistem ini menggunakan sensor infra merah untuk memonitor marka jalan di permukaan jalan, dan mekanisme getaran di kursi untuk memperingatkan pengemudi.
2007 Audi mulai menawarkan Audi Lane Assist fitur untuk pertama kalinya pada Q7.
Citroen Picasso With LDWS
Citroen Picasso With LDWS
2008
General Motors memperkenalkan Lane Departure Warning pada tahun 2008 pada model Cadillac STS, DTS dan Buick Lucerne.
BMW juga memperkenalkan Lane Departure Warning pada seri 5 dan 6 seri ,
Volvo memperkenalkan sistem Lane Departure Warning pada seri S80 , V70 dan XC70.
2009 Mercedes-Benz mulai menawarkan Lane Keeping Assist pada seri E. Sistem ini memperingatkan pengemudi ( dengan getaran roda kemudi ) jika kendaraan mulai meninggalkan jalurnya .
2010 
Kia Motors melauncing Cadenza sedan premium dengan Lane Departure Warning System opsional (LDWS) di pasar. Sistem ini menggunakan icon dashboard berkedip dan memancarkan peringatan terdengar saat kendaraan keluar jalur,
Fiat juga meluncurkan Lane dikenal sebagai Haptic Feedback Lane System Assist. Sistem ini mengintegrasikan kamera pendeteksi jalur dengan sistem electrik power steering , ketika kendaraan mulai terdeteksi meninggalkan jalur dan lampu sein tidak dinyalakan untuk berpindah jalur, maka sistem akan memerintahkan powerstering untuk secara aktif  akan mengembalikan kendaraan ke jalur yang seharusnya .

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)