Mengenal Shock Absorber
Shock Absorber |
Bahkan ada yang nyebut dengan sokbeker, dan lain lain.
Sesuai dengan terjemahan namanya yaitu Menyerap Guncangan, Shock Absorber dapat diartikan sebagai sebuah alat mekanik yang dirancang untuk meredam hentakan/ guncangan yang disebabkan oleh energi kinetik.
Ada Banyak merk Shockabsorber yang beredar baik itu yang OEM ataupun yang after market macam Kayaba, Bilstein, Monroe, Tein, Koni, Rancho, Tanabe, HKS dll
Fungsi Utama Shock Absorber
* Meredam ayunan/ getaran yang terjadi pada kendaraan* Memberikan kestabilitasan kendaraan dan memudahkan pengendalian.
* Meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang.
* Memberi Keawetan pada kendaraan itu sendiri,
Dari Media Pengisinya dibedakan menjadi
Mono Tube & Twin Tube |
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli Pada saat peredam kejut bekerja, oli akan mengisi sebagian ruang pada tabung luar.
Shock Absorber Gas
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli dan dimasukkan gas nitrogen bertekanan yang akan mengisi ruang pada tabung luar pada saat bekerja.
Untuk Membedakan antara Shock Absorber Oli dan Gas, Selain dari Tulisan dari keterangan badan shock tersebut, anda juga bisa mencoba untuk menekan shock tersebut. Untuk shock dari Oli dia akan diam, sementara kalau berisi Gas maka secara perlahan shock yang tadi anda tekan akan perlahan lahan kembali memanjang. ( Cara ini juga bisa untuk pertanda kalau shock tersebut masih bekerja dengan baik).
Dari Konstruksinya dibedakan menjadi
Mono Tube dan Twin Tube |
Hanya terdiri dari satu ruangan tabung.
Twin Tube
Terdiri dari dua tabung
Untuk Lebih Jelasnya langsung lihat gambar disamping ini aja ya, he99
Dari Gaya Redamnya dibedakan
Single Action
Pada Jenis Ini Gaya redam hanya terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) Sedangkan Gaya redam tidak terjadi pada langkah memendek (Compression Stroke).Double Action
Gaya redam terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) dan langkah memendek (Compression Stroke)
mohon saran, klo tuk medan bergelombang, biar lbh anteng sebaiknya pakai jenis apa? oli atau gas? mksih.
ReplyDeleteUntuk medan bergelombang ya enaknya pake yang lebih empuk aja, jenis olie, ... :)
Deletekalau isuzu panther enaknya pakai shock apa om Iwan?
ReplyDeleteshock itu sangat relatif tergantung selera yang pakai, bila senang cruising jalan santai ya pakai yang empuks standartnya, bila senang kecepatan tinggi ya harus memakai yang lebih keras agar lebih stabil
DeletePak, Iwan .... Mobil saya ... soluna tahun 2001 ... kebetulan baru beberapa bulan beli seken ... bulan pertama n kedua sih masih enak di pakai. tapi setelah bulan ke 3 seterus nya ... shock nya suka ada suara seperti mentok gitu, setiap ada lubang kecil, polisi tidur atau pada saat mobil terayun di kontur aspal agak bergelombang ... kira2 kenapa yach... trs kalo memang masalah di shock nya, yg cocok untuk mobil soluna apa yach
ReplyDeleteCoba dipereiksa dengan teliti dulu pak, dipastikan soalnya kadang kadang ada yang baut kendur juga bisa bikin kasus yang sama, kalau untuk shock soluna kliatannya yang depan harga berkisar 700an ribu sementara yang belakang sekitar 300 ribu, sedang kalau anda beli yang refill harganya lebih murah, coba anda tanya di toko terdekat untuk pembanding.
DeleteSore pak iwan,saya mau tanya,kalau panther ls 2016 sudah ditinggikan (ganti anting dan naik torsi)kira2 ganti shock yang tipe apa ya?dan apa perlu ganti yang lebih panjang dari aslinya?kalau memang harus diganti,kira2 merk apa yang direfrensikan utk panther?trims
ReplyDeletePak Iwan,, mhon petunjuk dan petunjuk yg tepat,,, shock absorber depan jenis apakah yg pas dan cocok untuk panther kapsul dgn kondisi torsi kendor(jarak ban dan sparkboard agak tinggi,, matursuwun
ReplyDelete