Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Cara Mudah Mencuci & Merawat Cat Mobil

Cara Mudah Mencuci & Merawat Cat Mobil

Sebuah Mobil adalah sebuah Investasi, selain sebagai sarana transportasi dia juga merupakan investasi dan merupakan cerminan dari pribadi pemiliknya, Sebuah mobil yang terawat dan bersih tentu akan membawa penampilan dan gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Bagi sebagian orang yang sibuk merawat mobil biasanya diserahkan ke Cucian mobil atau ke Salon Mobil.
mencuci mobil di tempat Cucian Mobil
Mencuci Mobil di tempat Cucian Mobil

Bagi anda yang ingin mencuci dan merawat mobil sendiri, mungkin beberapa tips dibawah ini dapat bermanfaat. Dengan mencuci sendiri, selain menghemat pengeluaran, kita juga dapat sambil berolahraga. Bukankah Kebersihan adalah Sebagian dari Iman ?


1. Alat dan bahan, Silahkan lihat dibawah ini, anda dapat mengunakan Busa, Sampo Khusus Mobil, Bila ngak ada bisa memakai sampo biasa yang kita pergunakan sehari hari, mengapa sampo, karena bahan sampo realtif lebih soft untuk permukaan Cat.
No.1 adalah Sampo Pencuci 
alat dan Bahan
Alat dan Bahan
no.2 adalah bahan pengkilap Vinyl atau dashboard, selain membersihkan cairan tersebut akan membuat bahan vynil menjadi licin lebih lembut ( perlindungan di kemudian hari agar tidak mudah retak retak). 
no.3. adalah obat poles cat untuk memberi lapisan wax pada cat anda. 
no.4 adalah semir ban, anda bisa mengunakan yang semprot atau yang model cairan. no.5 adalah KLap pembersih terdeiri dari Lap bekas, Lap Micro Viber, Lap Penyerap air, dan terakhir Lap Chamois ( Kanebo kalau sekarang bernama Axion, Merk bisa sembarang terserah anda )
2. Setelah semua peralatan siap, Silahkan anda parkir dan tempatkan mobil ditempat teduh, jangan terkena sinar matahari langsung, karena dibawah sinar matahari selain air akan cepat mengering (menimbulkan flek pada cat) juga akan menyusahkan anda yang harus mencuci dibawah terik sinar matahari.
3. Untuk mobil yang tidak terlalu kotor dan hanya berdebu, tidak perlu anda siram dengan air, cukup anda lap dengan lap chamois (Kanebo) yang menyerap air. Caranya basahi lap dengan air sehingga lembab, Hati hati jangan menekan cat dengan keras, cukup diusap saja. lalu ketika lap sudah kotor dengan debu, silahkan cuci dengan air bersih dan ulangi di tempat yang belum dibersihkan. 
Cara mencuci mobil
Gerakan Memutar sambil diberi air
4. Bila mobil anda pakai sehabis hujan , maka daerah terpenting adalah silahkan anda semprot bagian Spatbor/ Kolong roda mobil, silahkan semprot dan raba dengan Lap Bekas, untuk merontokkan bekas tanah dan kotoran yang menempel, anda juga dapat mengunakan sikat pakaian yang halus (soft) untuk menyikatnya. tapi ingat jangan disikat keras keras terutama untuk mobil yang sudah diberi lapisan plingkote (anti karat) karena cat tersebut bisa ikut rontok. Jangan lupa untuk mengeluarkan karpet dalam mobil lalu anda cuci dan sikat sekalian.
5. Setelah semua permukaan yang kotor dan sudah rata kita bersihkan silahkan bilas dengan air bersih, untuk kemudian pergunakan lap chamois ( kanebo ) untuk mengepel/ mengeringkan sisa sisa air pada permukaan cat mobil.
6. Setelah kering betul tidak ada sisa air, maka tahap selanjutnya cat dapat dirawat dengan pemberian Wax. Wax disini bermacam macam, ada banyak merk di pasaran misal KIT, Carera dsb. silahkan pilih sesuai kebutuhan anda, lalu baca petunjuk pemakaiannya.
7. Biasanya Wax cara pemakaiannya sama seperti yang lain yaitu dengan cara mengoleskan secara merata dan memutar diatas bidang cat, setelah rata dan tunggu sesaat setelah mengering anda dapat mengosok dengan mengunakan lap bersih, dengan arah memutar, gosok terus sehingga sisa wak hilang dan cat kembali menjadi mengkilat.
Interior Bersih hati pun senang
Interior Bersih hati pun senang
8. Bila anda masih belum lelah anda bisa meningkatkan perawatan interior mobil anda, anda bisa mengunakan bahan pembersih dari vinyl/ pengkilat. semprotkan keatas dasboard lalu sebelum menjadi kering silahkan gosok dengan lembut memakai kain kering, oleskan secara merata ketempat yang akan dibersihkan.
9. Terakhir kali Anda dapat menyemir Ban Mobil anda memakai Semir ban, ( semir ban juga ada banyak di pasaran 
10. Mobil anda sudah bersih dan siap berdinas mengantar anda. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat

6 comments:

  1. akiheee.. koyo pedicure manicure.....beeewwww :D

    ReplyDelete
  2. Oh My Gods Blue bird always follow,make me,nervous

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho apik to kui dikawal taksi bos wkwkwkwwww

      Delete
  3. Saya mau tanya bang,apa boleh mencuci mobil hampir tiap hari karena tisp hari di pakai dan seringnya pulang mobil kondisinya kotor,trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal kotornya seberapa kotor um, bila mobil cuman berdebu alangkah baiknya cukup dipel dengan chamois basah aja, bagaimanapun juga mobil sebagian besar dari logam makanya dihindari penyiraman dengan air

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)