Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Cara Mencegah Mesin Overheat

Cara Mencegah Mesin Overheat

Jangan Sampai Mobil  Anda Overheat
Jangan Sampai Mobil
Anda Overheat
Pernahkan anda ketika mengemudi mobil lalu tiba tiba mengamati jarum jarum angka penunjuk suhu naik dari yang biasanya? Pasti kemudian anda akan panik bukan, karena sering kita mendengar kabar burung bahwa temperatur mesin yang tiba tiba naik berarti terjadi kegagalan proses pendinginan pada mobil anda, lalu anda pasti akan teringat kata kata orang, entar silender kop mesin melengkung, mesin bisa macet dan lain lain? Yaaa itu memang bisa terjadi kalau anda ketika menyetir kurang waspada ( ketika melihat jarum temperatir naik mendekati angka merah, anda dengan cuek tetap menjalankan mesin, tanpa buru buru berhenti untuk memeriksa apa yang terjadi dengan mesin anda.
Kejadian seoperti itu biasanya terjadi pada kendaraan yang Pemiliknya lalai dalam merawat kendaraannya pada unit pendinginan mesinnya. Padahal hal hal seperti itu sangat mudah untuk anda pantau dalam merawatnya. 
Berikut Ini adalah Hal Hal yang wajib diperhatikan pemilik mobil agar kendaraan anda terbebas dari overheat dan masalah pendinginan mesin dijalan.

Kipas

Kipas Radiator E;ectric
Kipas Radiator Electric
Dewasa ini Kipas Pendingin terbagi menjadi dua jenis yaitu Kipas untuk Radiator dan Kipas untuk Pendingin Kondensor AC. Keduanya dibedakan dari dimensi dan Lokasi Penempatan.
Sedangkan dari sumber tenaga geraknya Kipas biasanya terbagi 2 jenis yaitu Kipas dengan sumber daya motor listrik dan Kipas dengan pengerak belt yang memakai tenaga putaran mesin.
Untuk Mengetahui Kondisi motor listrik anda tinggal mengecek putarannya ketika bekerja, bila putaran sudah mulai melemah dan tidak kencang waspadalah ada masalah dengan motornya.
Sedangkan Pada kipas dengan pengerak Belt maka anda harus rajin memeriksa kekencangan belt agar tidak terlalu kendor sehingga bisa mengakibatkan selip, dan juga jangan terlalu kencang karena akan membuat unit belt cepat aus, dan hal itu juga membebani unit mesin dan lager2 belt itu sendiri. untuk beberapa kendaraan sekarang unit kipas juga dilengkapi dengan Visco Van, disini antara kipas dan puley pengerak diberi cairan visco, dengan maksud ketika mesin masih dingin maka tidak dibutuhkan putaran kipas maka kipas akan menjadi selip (putaran tidak kencang) tapi ketika suhu mesin naik maka cairan akan memuai sehingga menekan kipas untuk bergerak lebih kencang. untuk mengetes kipas jenis ini anda tinggal mengecek ketika mesin dingin kipas akan ringan diputar akan tetapi ketika mesin panas, kipas akan lebih berat untuk diputar. ( hati hati2 ya ngeceknya waktu mesin mati lho) bila kipas waktu mesin panas kok masih ringan maka kemungkinan Cairan Visco kurang, itu bisa kita tambah sendiri. ( Kapan Kapan akan saya bahas dilain kesempatan)

Radiator

Seluruh Air yang digunakan untuk mendinginkan mesin akan didinginkan di radiator ini. Saluran saluran dalam radiator sangat rentan tersumbat akibat dari kerak dan karat. (Ingat kan pelajaran waktu SMP tentang Air Sadah ?) Bila Radiator sampe tersumbat anda harus menservisnya ditukang servis radiator untuk dibersihkan dan dibuang keraknya.
Selain tersumbat dengan berjalannya waktu kadang kadang kisi kisi radiator juga tersumbat, bila tersumbat ini akan mengurangi efisiensi dari pendinginan, alangkah baiknya anda dalam 3-6 bulan sekali selalu memeriksa kondisi kisi kisi radiator.

Tutup Radiator

tutup radiator mobil
Tutup radiator
Jangan sepelekan Tutup Radiator, Kelihatannya sepele dia hanya sebagai tutup saja, Tetapi ada tugas yang lebih penting dari itu, Ya tutup radiator bertugas sebagai Katup Buka tutup penghubung antara Radiator dan Tangki reservoir Radiator. Ketika Radiator Panas (sehingga air memuai) maka radiator akan kelebihan tekanan, ketika mencapai tekanan suhu tertentu maka tutup radiator akan tertekan keatas sehingga membuang kelebihan air menuju reservoir, dan ketika suhu menjadi kurang (vakum) maka air dari reservoir akan kembali tersedot masuk ke radiator, Makanya Untuk pendinginan yang normal Air Radiator akan selalu terisi penuh, Jadi Adalah suatu Kesalahan bila anda mengecek Air radiator dengan membuka tutup tangki radiator. Anda mengecek Air radiator hanya dari meilhat ketinggian Air cadangan di tangki Reservoir, Air harus berada di antara Upper Level dan Lower Level.
Karena fungsinya sebagai katup maka biadanya ditutup radiator ada tulisan angka yang menyatakan  tekanan maksimum dari tutup yang dapat ditahan, biasanya dalam angka Bar,  0,9 atau 1,1 Bar.

Water Pump

Waterpump
Water pump
Berfungsi sebagai pompa yang menggerakkan sirkulasi air pendingin, Waterpump biasanya hanya berupa kincir yang memiliki as lalu as tersebut dihubungkan dengan puley yang digerakkan oleh putaran mesin. Berhubung yang digerakkan hanya air maka biasanya waterpump sangat awet dan jarang mengalami problem. kerusakan yang sering terjadi biasanya hanya kerusakan pada bearing dan seal di pompanya. anda dapat mengamati bila terjadi suara suara yang berisik dari water pump atau terjadi tetesan/ kebocoran disekitar water pump. waspadalah.

Thermostat

macam macam thermostat
Macam2 Thermostat
Komponen ini sering dilupakan orang bahkan ada beberapa orang yang mempunyai argumen dan teori sendiri malah melepasnya, karena mereka menggangap unit thermostat hanya akan menggangu dan membuat mesin menjadi overheating karena aliran air tidak lancar ( terhalang oleh thermostat). Padahal Sebenarnya Fungsi Thermostat sangat Vital, dia bertugas sebagai Katup untuk menjaga agar mesin bekerja dalam suhu yang optimal (suhu Kerja) mungkin disekitar 80-90 derajat celcius. Ketika Mesin menjadi dingin (maka Thermostat akan tertutup, sehingga air pendingin hanya akan berputar diseputar mantel jaket mesin, sehingga suhu mesin akan cepat menjadi panas, Ketika suhu mesin sudah memanas maka thermostat akan terbuka sehingga mengalirkan air ke unit radiator untuk didinginkan, dan ketika pendinginan sudah cukup maka thermostatpun akan menutup kembali dan begitu seterusnya. Bila anda melepas thermostat maka mesin akan sulit mencapai suhu kerja optimal untuk bekerja.

Cairan Radiator

Bila mesin Anda masih baru dan ketika semua masih bersih tentunya perawatan akan sangat mudah dilakukan karena biasanya produsen mobil sudah melengkapi unit kendaraannya dengan water coolant ( anti karat ) . Kondisi Air di di indonesia yang banyak mengandung kapur akan mudak menyebabkan terjadinya air sadah ( kerak dalam radiator ) ( ingat bukan ketika kita kecil Ketel pada emak kita biasanya berkerak coklat2 didasar ketelnya )
Adalah sangat bijak bila anda menganti air radiator dengan water coolant. silahkan anda baca di http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/menguras-radiator-menganti-dengan-water.html

Semoga Bermanfaat

18 comments:

  1. Jika visco fan sudah dibersihkan (silicone yg lama sudah dikeluarkan semua), berapat botol (isi per botol 15ml) yg diperlukan untuk mengisi visco fan panther kotak Om? Matur nuwun... salam paseduluran saklawase....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau tepatnya berapa botol saya kurang tahu om, yang penting diisi pada bidang datar sampe olie penub di tempatnya lalu ditutup lagi,.. kalau seingat saya kliatane butuh 2-3 botol .... :)

      Delete
    2. Matur nuwun Om, kemarin sy isi 2 btl, sekarang kalau dingin enteng banget, tapi kalau kondisi panas lumayan berat tuh kipasnya. berarti udah bener ya Om?

      Delete
    3. Ya dah bener itu, karena visco kan berfungsi sebagai kopling juga, jadi ketika ada sentakan dari mesin kipas tetap aman :)

      Delete
  2. Mau tanya soal kipas visco Om,kalau pakai visco berarti nggak pakai tali kipas lagi ? krn mobil sy msh pakai kipas biasa yg pakai tali kipas apakah bisa diganti dgn visco dan parts apa saja yg diganti ? terima kasih pencerahan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan um visco ya visco, mungkin yang anda maksud adalah kipas electric ( memensiunkan kipas pake belt diganti kipas motor listrik) mobilnya jenis apa um ?

      Delete
    2. Zebra S89 thn 90 Om, selama ini utk mengatasi overheat saya pakai extra fan yg bekerja secara manual, jadi waktu temperatur naik melebihi batas normal baru extra fan sy hidupkan. Maksud sy kalau kipas lamanya mau ganti visco gimana caranya ?

      Delete
    3. itu ekstra vannya kan bisa di ikutkan switch thermostat, biar bisa otomotasi hidup sendiri, ( bawa aja ketukan ac buat dikonek) Pengalaman teman saya dulu ada beberapa cara membuat zebra biar lebih dingin yaitu mengganti kipas dengan bilah yang lebih banyak atau memperkecil ukuran puley water pump, jadi dengan kecepatan sama waterpump memutar air lebih banyak, :)

      Delete
  3. kalo peugeot 307 sporty 2002 pakek visco oil jga ga ya om,soalnya suka overheating.....kira2 problemnya apa ya?
    sudah beberapa kali service di bengkel resmi ,tetep aja ga hilang..maksih bantuannya om

    ReplyDelete
  4. oh iya tambahan om,kalo ac nya di hidupin,baru tempraturnya bisa turun,kalo di matiin dia naik lagi tempraturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya Mobil anda memakai unit Fan Electrik ngak pake visco Fan, Kemungkinan besar ada pada kipas pendingin yang kerjanya kurang optimal atau sensor switch kipasnya.
      Coba anda perhatikan apakah unit AC anda memakai kipas tambahan. bila Ya. maka dapat dipastikan ketika AC dihidupkan dan ada pendinginan tambahan pada kipas AC maka suhu mesin akan menurun.
      Kadang kala overheating itu juga dipengaru dari sensor/ ada gangugan kelistrikan, jadi ketika mesin hidup indikataor overheating, lalu ketika ada unit lain dihidupkan tiba2 sensor jadi normal ( indikator ngaco karena ada pengaruh beban listrik yang berbeda)
      Coba anda rasakan ketika mengendarai waktu overheat dan ngak overheat. (unit mesin overhheat akan mempengaruhi performa mobil) bila ternyata ngak berpengaruh kemungkinan ya itu hanya gangguan dari sensornya.

      Delete
  5. mau nanya om, kadang2 mobil saya dlm keadaan mati tapi kipasnya masih nyala... apa ada masalah ya om. dan bila kipas nya nyala waktu saya starter agak berat gitu... apa pengaruh aki atau memang begitu .. mohon pencerahan Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesin mati lalu kipasnya masih hidup, mungkin kontak anda masih di ACC belum di Off atau kipas hidup tanpa switch dari kontak on off mesin.
      Untuk mesih distater terasa berat ketika kipas electrik juga hidup, ya jelas kan sumber tenaga dari Accu selain buat muter kipas dia harus untuk memutar dinamo stater tentu beban akan lebih berat

      Delete
  6. DearOom Iwan, mhn analisa dan saran.Honda HRV 2001over heat:, radiator baru , van radiator jga baru, head head sdh di slip off dan pakai packing cilinder yg flexible.(dri sini sdh tdk terlihat gelebung2 dri dlm radiator saat mesin hidup). Mesin saat turun sempat di skur klep. Sensor baru dan termostart baru. AC pendingin sdh dicheck malah gas r123 sdh dikurangi..Namun dri dri semua yg dilakukan diats blm ada perubahan yakni : mesin hidup dan mobil berjalan temp di normal, tpi begitun.AC on, tdk lama kmd temp naik, setelah AC di off, temp mesin kembali normal. Tpi mesin.secara visual tdk menujukan panas yg berlebihan dmk jga dgn radiator. Mhn penjelasan .terimakasih Oom. Rgds syams

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa dulu soket soketnya kabel jgn jgn kendur kurang massa.
      Tpi dari cerita diatas kemungkinan terburuk adalah dgn pemakaian packing silinder flexsible/tebal maka ketika dipres paking itu jadi mampat lalu menutupi jalur mantel jaket air. sehingga keita mesin kerja normal maka ngak masalah tapi ketika ada bebab berat dan tambahan maka pasokan air kurang lancar jadinya overheat.

      Delete
  7. Om panther saya thermostat nya udah gak ada, gatau dr beli udah gak ada, kalo pasang tinggal plug and play atau gimana? Trus kira2 harganya berapa ya? Makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa anda pasang sendiri, untuk harga yang orisinal sekitar 175 ribu

      Delete
  8. om,,panther saya mesin 23 th 1995,setelah saya ganti silicone pada kipas radiatornya kenapa sekarang temperatur malah ga pernah naik,bila naik pus paling cuma di garis paling bawah,sebalumnya sya pernah ganti ring piston,water pump,skir,service radiator,air pada tangki cadangan sering berkurang,,mohon pencerahanya,terima kasih

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)