Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Center Ring Velg ( Ring Cones )

Center Ring Velg (Ring Cones)

Pelek Variasi bisa menimbulkan  masalah bila tanpa Center Ring
Pelek Variasi bisa menimbulkan 
masalah bila tanpa Center Ring
Anda memiliki mobil dengan pelek racing variasi?,  lalu sudah merasa PDA ( Percaya Diri Abis ) dan ngaya di jalan raya? he989 itu boleh boleh saja, tapi cobalah periksa dulu apakah pelek racing variasi anda sudah dilengkapi dengan alat ini? walau alat ini berbentuk sederhana dan kecil tapi fungsinya sangat vital dan berhubungan dengan keselamatan anda di Jalan Raya. Bergaya boleh tapi selalu Safety First bukan. 
Alat yang kecil dan sepele kadang membuat kita lupa untuk memasangnya, padahal itu sangat penting, Kita biasanya lupa karena kalau kita memakai pelek bawaan OEM tentunya benda ini ngak akan ada, karena antara as roda dan center bore atau center hole tidak memiliki celah. 
Lain halnya dengan anda memasang pelek variasi misalnya anda menganti dari Diameter pelek standart pabrik R-15 menjadi R-17. Sebenarnya hal ini lumrah terjadi karena produsen pelek menginginkan peleknya bisa dipakai oleh semua jenis mobil, maka diameter center bore nya dibikin lebih besar sehingga bisa mengakomodasi semua ukuran As Roda. Disinilah letak permasalahan yang ada.
Center Ring
Center Ring
Kebanyakan juga orang ngak paham mereka berpendapat bahwa asal Offset dan dan ukuran PCD sudah sama maka pelek tinggal pasang dan Selesai. (silahkan baca penjelasan PCD dan Ofset di http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/mengenal-wheel-alignment-spooring.html )
Ditambah dengan produsen pelek dan Penjual pelek untuk menekan harga jual maka mereka enggan menyertakan Center Ring.
Pelek yang tidak dilengkapi Center Ring berakibat pada titik kerja pelek yang berubah yang seharunya berada di tengah as roda maka tanpa adanya center ring maka titik titik itu berpindah ke Baut Baut Roda, apa efek selanjutnya, tentunya Pelek menjadi Getar karena titik beban berubah, dan Ekstrimnya Baut pengikat akan lepas / patah, karena beban ditampung pada baut tersebut. Padahal desain awal dari pabrikan Pelek dibuat seakurat mungkin agar beban ditumpu pada tengah pelek bukan pada baut roda. Mengingat betapa pentingnya center ring, coba anda periksa pelek variasi mobil anda. dan pasang bila diperlukan. ( terutama untuk Pelek Diameter besar tapi hanya memiliki PCD 4 baut saja atau 5 baut ).

Macam Macam Center Ring

ada beberapa macam dan jenis center ring yang ada dipasaran, seperti;
kedudukan Center Ring
Kedudukan Center Ring
1. Center Ring dari Besi. ini adalah Center ring yang murah dan terkuat, tapi ya kendalanya dengan berjalannya waktu dengan cuaca, hujan dan lain lain kadang Pelek anda menjadi lengket engak mau dicopot, bahkan kadang roda harus dipukul pukul dulu dengan Balok kayu. Untuk penanggulangannya anda bisa mengolesi center ring tersebut dengan Gemuk atau Grease, tapi juga hal ini engak akan bertahan lama. 
2. Center Ring Terbuat dari Almunium. Meskipun lebih mahal tapi bahan almunium akan memastikan Pelek anda engak akan lengket seperti kejadian center ring dari material besi, akan tetapi dengan bahan almunium dia engak begitu kuat alias gampang retak. dan bila memasangnya asal asalan maka bahan ini mudah berdefleksi atau "Peyang"
3. Center Ring dari Bahan "Thermoplastic". suatu bahan terkini yang sudah banyak dipakai pelek pelek khususnya mobil generasi dari Eropa, keunggulannya selain ringan dan tidak mungkin berkarat tapi dia ulet dan tidak getas seperti bahan almunium dan juga lebih lentur. kelemahannya hanya satu harganya lebih mahal. untuk bentuknya maaf saya ngak bisa bercerita banyak karena kebetulan saya belum pernah melihat wujud secara fisiknya. he99

Semoga Bermanfaat