Macam Penggerak Mobil dan Karakternya
Letak Mesin dan Penggerak Menentukan Performa dan Handling |
Ayo kita coba bedah satu persatu beberapa macam yang populer digunakan pada mobil dewasa ini.
Mesin Depan - Penggerak Depan
Honda sang Pelopor Pengguna Gerak Roda depan di Tanah Air |
Pada kombinasi ini banyak memberikan keuntungan yaitu mesin bekerja lebih efisien, ya lebih efisien karena mesin bekerja lebih minim gesekan karena komponen yang digunakan lebih sedikit, lebih sedikit karena jenis ini tidak memakai As kopel seperti halnya penggerak roda belakang. Efisiensinya diperbesar dengan meletakkan mesin dengan posisi melintang. Dengan diletakkan pada sisi melintang maka otomotis sumbu putaran mesin sudah sejajar dengan sumbu putaran as roda depan. Di indonesia yang menjadi pelopor mesin depan penggerak depan adalah Honda di sekitar tahun 70'an. Pada tahun itu sebagian besar mobil sedan masih mengunakan gerak roda belakang.
Ada Keuntungan tentu juga ada kerugiannya, Kerugian kombinasi ini adalah Pada keawetan dan kekuatan as penggerak, karena kita tahu bahwa as pengerak mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai as penggerak roda dan sebagai Kemudi yang mengendalikan arah kendaraan. dengan karekter ini maka sebuah mobil akan lebih menerima gejala Understeer, karena kecenderungannya mobil ini memiliki titik berat didepan. dengan beban terpusat didepan, ditambah waktu pengereman ( titik berat mobil akan berpindah kedepan) maka roda depan akan menerima beban yang sangat besar ) Beban yang besar tentu akan membuat Ban bekerja ekstra keras dan lebih mudah untuk kehilangan traksi yang menyebabkan mobil rawan understeer. Cara untuk melawan atau mengurangi understeer sudah saya bahas, Silahkan baca di, http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/underster-overster.html
Mesin Depan - Penggerak Belakang
Isuzu Panther Grand Touring Mesin Depan Penggerak Belakang |
Mesin Depan Gerak 4 roda
Volvo AWD |
Mesin Tengah - Pengerak Belakang
Honda NSX |
Mesin Belakang - Penggerak Belakang
Porche |
Selain itu keuntungan dari mesin belakang ini terletak pada desain, dengan mesin dibelakang maka moncong dari mobil dapat dibuat selandai mungkin sehingga mobil akan lebih aerodinamis.
bermanfaat
ReplyDelete