Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Teknologi Canggih? Waspadalah !

Teknologi Canggih? Waspadalah !

Makin Canggih Mobil  Perawatan Makin Ribet
Makin Canggih Mobil
Perawatan Makin Ribet
Dengan makin berkembangnya teknologi maka kita semakin dimanja oleh produsen mobil, Mereka berlomba-lomba menawarkan fitur-fitur canggih. Memang ketika semua fitur tersebut masih baru ( mobil baru ) pastinya sangat menyenangkan, tetapi hal ini bisa menjadi masalah di kemudian hari bila anda ternyata membeli barang bekas ( mobil bekas ). Bila tidak cermat dalam membeli bukannya kenyamanan dan kenikmatan yang didapat, anda bisa pusing tujuh keliling bila unit unit tersebut rusak dan membutuhkan perbaikan.
Saya disini bukan bermaksud menakut nakuti anda tetapi cuman sekedar sharing agar anda teliti benar dalam membeli mobil seken bekas yang berfitur canggih, karena bila rusak maka uang yang dikeluarkan tidak sedikit untuk memperbaikinya. Ayo kita ulas beberapa fitur diantaranya adalah:

Transmisi CVT

CVT dari Audi
CVT dari Audi
Potensi Kerusakan: Kerusakan pada Belt dan keausan pada system
Perawatan: Selalu gunakan olie transmisi sesuai spesifikasi dan ganti olie sesuai jadwal pemakaian
Tehnologi CVT ini sudah mulai banyak dignakan pada mobil mobil modern sekarang ini, berbeda dengan transmisi matik konsvensional, matic bersystem CVT ini bisa membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus. Kadang kadang orang awam masih salah mengunakan spek olie matic dengan olie matic khusus CVT, hingga akhirnya bisa ditebak kalau unit CVTnya mengalami kerusakan dini, padahal transmisi CVT ini memiliki umur pakai hanya sekitar 100.000km

Instrumen Digital

Instrumen Digital
Instrumen Digital
Potensi Kerusakan: Putusnya sambungan pada unit digital atau kebocoran LCD
Perawatan: Selalu jaga arus dalam keadaan stabil, terutama altenator, accu dan kawan kawan jangan sampe overcharger.
Masih ingat bukan di tahun 90an kita mengenal Mazda 323 Interplay, yang berlayar berspedometer digital, Sangat keren dan enak dipandang mata bukan, Sayang tapi hal ini kurang diminati konsumen, karena iklim negara kita yang tropik maka ketika siang hari Layar digital kelihatan kurang terang. he88 Bila alat ini rusak, bukan saja anda tidak bisa memantau kondisi mesin, suhu bahan bakar dan lain lain. Ketika rusak ya anda harus mengantinya dengan unit baru, karena sangat sulit untuk diperbaiki.

Four Wheel Stering ( 4WS )

4 WS dari honda
4 WS dari Honda 
Potensi kerusakan: Ball joint dan Long tie rod roda belakang
Perawatan: melakukan spooring dengan berkala.
Masih ingatkah anda dengan Honda Accord Maestro? ya, mobil ini memakai 4WS, dengan sistem ini roda belakang bisa ikut membelok sebesar kira kira 5 derajat, dengan roda belakang ikut membelok maka gejala oversteer akan dapat diminimalisir dan kemampuan membelokpun akan membaik, Sistem Roda belakang yang bisa bergerak sendiri tentunya akan membuat perangkat sistem suspensi roda belakang makin rumit dan kompleks, dengan makin kompleknya sistem maka dia akan makin rentan terhadap kerusakan. dan bila ditambah dengan perawatan yang asal asalan dan spooring yang tidak benar maka bisa berakibat fatal, bukannya kenyamanan dan kemudahan yang didapat tapi malah sebaliknya.

Air Suspension

Suspensi udara
Suspensi Udara
Potensi Kerusakan: Kebocoran pada sistem suspensinya
Perawatan: Jangan menerjang jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi
Sebenarnya banyak sekali keunggulan dari suspensi udara ini diantaranya adalah Suspensi ini bisa diatur tinggi tendahnya sesuai keadaan jalan dan keinginan pengemudi, Lalu suspensi udara juga memberikan kenyamanan yang lebih bila dibandinkan suspensi biasa ( macam double wisbone dan kawan kawan)
Kondisi ini akan sangat asyik ketika anda mendapatkan kendaraan dalam keadaan baru, akan tetapi ketika kendaraan sudah mulai menua, apalagi ditunjang pemakaian yang sembrono dari pemilik sebelumnya tentunya ya anda tau sendirilah, walau sebenarnya suspensi ini selama tidak bocor maka kondisinya tidak akan mengalami penurunan performa, tidak seperti shockabsorber yang walau tidak bocor olinya bisa jadi rusak.

Climate Control

climate Control
Climate Control 
Potensi Kerusakan: Biasanya rusak pada modul kontrolnya
Perawatan: Selalu jaga kebersihan kabin dan hindari kelembaban dan air di daerah tersebut.
Dengan Fitur ini maka anda dapat berkendara dengan lebih nyaman, tinggal posisikan auto saja, maka unit pendingin akan menurunkan suhu ruangan dengan cepat dan otomatis sesuai dengan suhu yang diinginkan.
Kerusakan biasannya ada pada modul kontrolnya karena hubungan arus pendek diakibatkan karena kelembaban suhu udara  atau terkena air/ embun. selain itu karena dengan berjalannya waktu maka sensor2 dapat menjadi kotor sehingga membuat sistem rusak atau menjadi tidak akurat.

Electric Power Stering ( EPS )

EPS
EPS
Potensi Kerusakan: Dinama rusak karena arus bermasalah/ umur pakai
Perawatan: Selalu rawat jalur jalur kabel dan arus listrik ke dinamo 
Bila Power steering hidrolis bekerja dengan bantuan pompa dan cairan untuk membantu meringankan putaran kemudi, dan mengunakan belt yang memakai tenaga mesin sebagai sumber dayanya, maka pada EPS unit memakai motor listri, tentunya dengan motor listrik memiliki kelebihan tenaga mesin akan tidak terbuang percuma, terutama buat mobil bensin yang bercc kecil yang sangat rentang terhadap Torsi Mesin. Karean bekerja berdasarkan motor listrik maka kebutuhan arus dan kestabilan arus menjadi sangat vital.

TurboCharger

Potensi Kerusakan: Keausan pada unit asnya, atau kehancuran turbo karena EGT yang melambung terlalu tinggi, hingga impeler hancur.
Perawatan: Gunakan olie yang baik dan memberi waktu stasioner sebentar pada mesin sebelum dimatikan ( atau memasang turbo timer)
Perangkat satu ini memang sudah terbukti ampuh untuk mendongkrak tenaga, dengan turbo torsi dan tenaga mesin dapat meningkat 30-70% dari standartnya, akan tetapi bila turbo anda rusak maka tenaga mesin akan langsung menurun drastis. sebenarnya perawatannya sangat mudah, anda tinggal memakai spek olie yang bagus, juga selalu memberi jeda waktu sebentar untuk menstationer mesin agar putaran turbo menjadi turun setelah pemakaian, karena unit turbo bisa berputar hingga 100.000rpm, jadi ketika mesin habis bekerja turbo pun membutuhkan waktu jeda agar putaran turbinnya menurun, bila anda langsung mematikan mesin maka seketika itu juga pasokan olie mesin ke turbo akan berhenti sementara turbo masih berputar, lama lama as pun dapat cepat aus karena kurang mendapat pelumasan.

Semoga Bermanfaat