Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membuat dan Menambah Kabel Ground di Mobil ( Ground Cable )

Menambah Kabel Ground di Mobil 

Kabel Ground aftermarket yang  Harganya Bisa Bikin Anda Kaget
Kabel Ground aftermarket yang
Harganya Bisa Bikin Anda Kaget
Dengan makin berumurnya sebuah mobil selain performa yang menurun, dapat dipastikan kualitas kabel kabel dari mobilpun akan menurun, Seperti kita Tahu Bahwa Ground pada mobil ( bahasa montir mengatakan Massa) adalah vital, mengapa Vital karena itu merupakan titik negatif dari sumber kelistrikan, bila ground kita bermasalah maka daya hantar listrik dari accu, alternator dan lain lain akan terganggu. 
Sebenarnya mobil dari baru sudah tersedia kabel ground dari pabrikan tetapi berjalannya waktu ada karat dan lain lain maka bidang sentuh kabel ke body akan makin menurun, hal ini bisa berpengaruh pada performa mesin (terutama yang jenis mesin bensin), mempengaruhi electronika, Cahaya lampu dan lain lain. Yang jadi masalah bila kita beli kabel Ground after market harganya sangat mahal !!
Jangan Kuatir Kabel Ground bisa Kita buat Sendiri kok dari Bahan disekitar kita, dan bahan bahan tambahan yang harganya ngak terlalu mahal. Yuks Kita Lihat sekeliling Rumah.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
1. Bila anda Memiliki Kabel Listrik NYM dirumah bisa digunakan itu, atau bila anda punya Kabel Serabut yang Lain juga Bisa digunakan.
2. Belilah Fiting Klem Accu di toko Sepedamotor beli secukupnya 5-6 buah ( sesuai Kabel yang akan dibuat.
3. Siapkan Tang dan Gunting atau peralatan yang diperlukan.

Cara Kerja

Daerah yang bisa diberi ground
Daerah yang bisa diberi ground
1. Kita Ukur dulu daerah Accu terminal Negatif ke daerah mobil yang akan ditempati ground, Untuk Mobil Diesel bisa Kita Gunakan Kombinasi 3-1 (3 kabel ke body dan 1 kabel ke mesin) Sedangkan Kalau Mobil Bensin Bisa Kita Gunakan Kombinasi 2-2 ( 2 kabel ground kebody dan 2 kabel Ground ke Mesin ) Mengapa Kalau Mesin Bensin Kok Harus 2 , Ya karena mesin Bensin membutuhkan Ignation seperti koil, busi dan lain Lain. Untuk Jumlah Kabel Ground itu tergantung selera anda anda bisa menambah sebanyak mungkin yang anda mau, tidak ada batasan. he99
Instalasi di negatif Accu
Instalasi di negatif Accu
2. Setelah anda Ukur Panjang dari Accu Negatif ke Daerah yang akan dipasang kabel Ground anda bisa mulai memotong kabel dan mulai merangkainya.  (coba anda lihat pada gambar Alat dan Bahan, disamping kanan itu adalah kabel yang sudah dirangkai dengan ujung ujungnya udah diberi klem penjepit. sedang gambar klem yang kotak itu adalah klem Accu punya sepedamotor, sedang yang bundar itu juga klem accu universal, yang nantinya akan dipasangkan pada daerah mesin atau ground body. 
3. Anda Juga bisa mengunakan Siku yang diberi lubang seperti dalam gambar alat dan bahan, bahan siku kalau bisa ya dari tembaga/ kuningan, bila ngak ada bisa anda gunakan dari bahan stainless steel atau terpaksa besi juga boleh. he9 Siku tersebut untuk mempermudah dan memperbanyak klem seandainya anda ingin menambah banyak sekali kabel ground, 
Klem pada Body mobil
Klem pada Body mobil
Dalam gambar terlihat ada 2 kabel Ground dan satu Kabel Massa Ground dari Lampu Relay tambahan sementara masih ada 2 buah lubang kosong yang bisa dimanfaatkan lagi dikemudian hari bila anda membutuhkan ground tambahan. 
4. Setelah semua siap anda tinggal memasangnya di unit Negatif accu dan memasang ujung klem di bagian mesin ataupun ke bagian body. (Seperti Gambar) Mudah Bukan. Untuk Pemasangan pada mesin dihindari memasang kabel di dekat unit yang panas misal dekat knalpot dan lain lain. 
Selamat Mencoba.

Semoga Bermanfaat

17 comments:

  1. 1. Kita Ukur dulu daerah Accu terminal Positif ke daerah mobil yang akan ditempati ground,>>>> Positif bukannya negatif om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Negatif um, ini kan Kabel Grounding, jadi cuman dari negatif Accu ditanam di body atau ditanam ke baut mesin itu saja, :)

      Delete
    2. eh iya salah ketik, maaf koreksi langsung bos, thangkiu .... :)

      Delete
  2. om iwan, apakah bisa jikalau menggunakan kabel antena untuk mengaplikasikan kabel ground ke kucing saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kabel bisa dipakai, yang penting tembaganya banyak, kalau kabel antena perasaan tembaganya kecil, kalau kecil tentu hasilnya ngak maksimal um :)

      Delete
  3. Seumpama dengan kabel yg 1 tembaga aja tapi tembaganya yg besar gimanaom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja hanya letakkan kabel ditempat yg statis, ngak banyak getar, krn kabel tunggal biasanya kurang / tidak fleksible, :)

      Delete
  4. om iwan, saya kemaren malah ditawaei pake kabel dinamo starter, besaar sekali dan sudah ada klem terminalnya... tapi katanya ok dan lebih murah dari after market.. gimana om? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak masalah um semua bisa dipakai, yang penting tetap memperhatikan fungsi dan estetika penampilan. :)

      Delete
  5. thank informasinya. sekalian mau tanya, aki kadang kuat stater tapi kadang tdk kuat( keluar tcek..tcek.) terima kasih lagi ats jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kuat stater habis dipakai kuat ntar kalau brenti lama ngak kuat brarti positif aki, tapi bila aki sehat cetek2 paling dinamo staternya arangnya udah abis :)

      Delete
  6. Halo pak iwan,saya ingin menanyakan perlu ga sih pemasangan kabel grounding untuj serena 2006?Apa saja manfaatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti ulasan saya diatas, pada dasarnya untuk mobil baru dan non tambaha variasi tidak terlalu perlu dilakukan, tetapi karena dengan berjalannya umur dsb maka kadang grounding sangat perlu ditambah terutama buat mobil yg tergantung dgn kelistrikan macam mobil bensin. atau diesel jenis ber ecu (commonrail)

      Delete
  7. Malam om, saya mau tanya, mobil saya habis pasang kabel grounding, tp setelah itu bunyi mesin berisik bgt ya, terutama saat pasang ac, kadang sampai getar di dlm mobil.. Mohon pencerahannya om

    ReplyDelete
  8. Malem om, saya mau tanya mobil saya habis pasang kabel grounding, tp setelah itu suara mesin jd berisik, terutama saat pasang ac, mohon pencerahaanya

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)