Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Ayo Membuat " Test Pen " Sederhana

Ayo Membuat " Test Pen " Sederhana

Test Pen Mobil
Test Pen Mobil he99
Bagi yang senang otak atik Do It Your Self kabel kabel sendiri, Entah itu memasang perangkat tambahan electronik di mobil atau piranti tambahan yang lain. Seringkali kita mengalami sedikit kesulitan untuk membypass kabel kabel di mobil kita, 
Atau waktu kita mau mengecek apakah suatu kabel itu dialiri arus atau tidak, Misalnya saja suatu ketika  Lampu Kota mobil kita mati, lalu setelah kita cek ternyata bohlamnya tidak putus, lalu kita kesulitan bukan untuk mengetahui apakah jalur tersebut ada arus atau tidak.
Untuk itu biasanya kita memakai multi tester untuk mengetahui apakah suatu kabel memiliki arus atau putus dijalan.
Ada Solusi Sederhana yang saya pakai sehari hari mungkin berguna bagi Anda.
Yaitu membuat Test Pen made in Sendiri, berikut adalah caranya:

ALAT DAN BAHAN :

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
1. Alat Penjepit Accu ( bisa dibeli di toko sparepart mobil, biasanya ntar diberi satu set, saru warna hitam satu warna merah)
2. Tempat bohlam Tancep punya sepedamotor, beserta bohlam tancepnya ( tentunya voltasenya sesuai dengan accu mobil kita ( 12 volt )
3. Jeruji motor. ( satu buah saja )
4. Kabel secukupnya.
5. Isolasi hitam.
6. Gerinda / Kikir (Optional, tergantung situasi dan kondisi, bila ada bagus ngak ada juga ngak masalah)

CARA KERJA :

Gambar 1
Gambar 1
1. Sambunglah Alat Penjepit Accu dengan kabel panjang lalu sambung dengan salah satu kabel pada tempat dudukan bohlam. Untuk Panjang kabel bisa fleksible tergantung kebutuhan anda, Idealnya jangan panjang panjang cukup satu meter atau 80 cm saja. Jangan Lupa beri Isolasi pada sambungan kabel dengan kuat, Lalu juga koneksi kabel dengan penjepit Accu tersebut bagus. Gambar 1.
2. Setelah itu Jangan lupa dengan menggunakan Gerinda atau kikir silahkan di runcingkan ujung dari Jeruji. bila tidak ada gerinda atau kikir ya tidak apa apa. ( diruncingkan lebih baik tidak ya ngak apa apa )
Gambar 2
Gambar 2
3. Setelah semua dirakit seperti pada Gambar 1. Langkah selanjutnya hubungkan kabel yang tersisa ( digambar adalah kabel merah dengan badan dari jeruji. lalu isolasi dengan kuat. 
4. Kemudian Isolasi juga badan dari rumah bohlam tancep juga di jeruji, pastikan bohlam berada di bawah kepala jeruji ( untuk keamanan biar ngak gampang pecah). Isolasi dengan kuat. Untuk bohlam anda bisa mengantinya dengan bohlam yang lebih kecil (Spedometer motor, sedang pada gambar saya mengunakan bohlam tancep milik Riting sepedamotor (lebih besar)
5. Setelah semua melekat dengan kuat anda bisa membalut dengan isolasi ke semua badan dari rumah bohlam tancep sampai ke sambungan kabel merah.
6. Setelah selesai tinggal anda coba memakai accu, silahkan jepitkan Penjepit Accu ke terminal negatif Accu, dan kemudian tempelkan ujung jeruji ke terminal posotif accu, dan bila semua benar maka bohlam akan menyala. (Gambar diatas sendiri )
7. Bila bohlam sudah menyala brarti "test pen" sudah siap digunakan, Anda tinggal menjepitkan penjepit accu ke Body mobil (massa mobil) lalu dengan ujung jeruji tersebut anda bisa mengecek terminal kabel untuk memastikan apakah ada arus atau tidak. bila menyala brarti kabel terebut ada arus bila tidak tentu ngak ada arus.
NB = Untuk mobil Ber ECU, harap hati hati mengunakan Test Pen ini, Gunakanlah hanya untuk mengecek Sirkuit dari Lampu-lampu saja, jangan mengunakan untuk Bagian Internal Mesin. ( ECU, Seputaran Koil, Sekring Engine Dan lain Lain )

Semoga Bermanfaat

7 comments:

  1. saran ajah, jerujinya disolasi, sisain bagian ujungnya 1cm ajah, biar gak mengundang koslet waktu nyolok2 + nempel ma body ....

    ReplyDelete
  2. boleh juga nih buat diterapin bikin test pen sendiri.. :D

    ReplyDelete
  3. saya tadi abis beli tespen/testlight DC di Cibubur, harganya 5k rupiah.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)