Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memeriksa Tutup Bahan Bakar Mobil Anda

Memeriksa Tutup Bahan Bakar Mobil Anda

Periksa tutup tangki sebelum isi
Periksa Tutup Tangki sebelum Isi
Coba ketika Anda waktu mengisi Bahan Bakar di SPBU, Cobalah iseng-iseng anda cermati dan perhatikan waktu anda membuka tutup bensin / solar kendaraan anda
Bila waktu anda membuka tutup bahan bakar lalu terdengar desis/ suara angin, Itu berarti terjadi kevakuman pada mobil anda? 
Bila terjadi Kevakuman di tangki bahan bakar itu berarti saluran Nafas Pada tutup bahan bakar anda terganggu, Bila terganggu maka akan terjadi hal sebagai berikut:

  • Bila kendaraan anda adalah tipe mobil bermesin bensin maka Rotax ( Pompa Bahan Bakar) akan bekerja ekstra keras, karena selain menyedot bahan bakar Rotax akan bekerja ganda yaitu harus melawan gaya vakum pada tangki bahan bakar anda. bila hal ini terjadi tentunya akan merupakan kerugian tersendiri bukan. 
  • Sedangkan Pada mesin Diesel hal ini akan memberatkan kerja Injection Pump atau Unit Commonrail dalam menyedot bahan bakar dari tangki, Tentunya hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi performa mobil anda.

Lalu bagaimana Solusinya? 

Contoh tutup tangki BBM
Contoh tutup Tangki BBM
1. Ketika sampai dirumah kembali coba anda buka tutup tangki bahan bakar untuk memeriksanya. Coba anda amati konstruksi dari tutup bahan bakar, karena tiap mobil memiliki konstruksi sendiri-sendiri dan berbeda.
2. Coba anda amati dengan seksama, kadang kala terjadi sumbatan sumbatan kotoran pada tutup tersebut, bila hanya itu terjadi anda bisa membersihkannya dengan meniup pakai udara bertekanan/ Kompresor, atau anda bisa membersihkannya dengan muas memakai Bensin, agar kotoran tersebut hilang.
3. Bila ternyata tutup tangki tidak kotor tapi terjadi kevakuman, anda dapat memperbesar lubang-lubang hawa yang terdapat pada tutup tangki tersebut, anda bisa menggunakan gunting yang ujungnya lancip atau memakai bantuan alat semisal jarum yang agak besar ( Jarum Karung dan lain lain). Lalu pastikan lubang tersebut terkoneksi dengan sisi bagian luar dari tutup Tangki ( kalau pada gambar lubang pada tengah tutup tangki akan tersalurkan ke bagian sisi terluar setelah karet penutup)
4. Pada gambar disamping hanya sekedar contoh, karena bentuk tutup tangki bahan bakar sangat berbeda dan bervariasi, Anda dapat berimprovisasi setelah melihat kondisi dari tutup tangki tersebut. Pada intinya membuat lega saluran dapas dari dalam tangki menuju udara bebas diluar. 
5. Setelah semua selesai anda tinggal memasang kembali tutup bahan bakar tersebut dan jangan lupa ketika akan mengisi Bahan Bakar kembali coba dengarkan bunyi waktu tutup tangki dibuka, bila tak dengar suara, berarti problem tangki Bahan bakar vakum sudah terselesaikan.

Semoga Bermanfaat

16 comments:

  1. kalau di buka saja,sampai anginnya ilang bijimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau cuman dibuka lalu ditutup lagi ya namanya ngak menyelesaikan masalah pak ... :)

      Delete
  2. Om klo tutup tangki sudah dol gmana? Ada pengaruh gak sama kerja injektor? Atau malah meringankan kerja injektor?

    -New royale 99-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah Doll ngak masalah selama kalau dibuka ngak bunyi berdesis karena ada vakum di tangki bahan bakar :)

      Delete
  3. bukannya kalo keluar angin malah di dalam tangki ada tekanan yang besar bukan vakum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan keluar angin pak, tapi terdengar suara desis, karena vakum maka begitu tutup tangki dibuka maka akan ada udara yang masuk ke dalam tangki sehingga keluar bunyi, ( kasusnya seperti misal kalau anda menyimpan bensin didalam botol aqua lalu botol tampak mengecil ketika anda buka tutupnya maka akan terdengan suara dan botol udah kembali ke bentuk semula ... :)

      Delete
  4. panther 2.5 tutup tangki tak bolongin diameter 1mm, om iwan apa ini nggak berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ngak perlu dibolongi karena emang dari sononya udah ada lubang hawannya, kalao plastik lewat dari ruangan disebelah karet itu,... tapi bila tetep memaksa dibolongi juga ngak masalah... bisa sebesar jarum aja udah cukup :)

      Delete
  5. Apa itu juga berpengaruh mobil menjadi sendat-sendat (mbrebet)? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila tangki vakum maka kerja IP dalam menyedot bahan bakar akan terganggu tentunya efeknya akan seperti ketika filter solar kotor.

      Delete
  6. om...mau ty...kenapa saai isi solar...selalu meluber.padahal tangki belum penuh.kenapa ya...tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa karena saluran solar ketangki kecil (kejadian buat mobil variasi) atau selang hawanya mampat.

      Delete
  7. ohm ada ndak cara mengiritkan kijang diesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok di sini cara nyetel load kijang diesel 2L, cari aja, prasaan dulu pernah saya uploadkok waktu nyetel kijang punya teman

      Delete
  8. Kalau nyoblosnya kegedean bahayanya embun bisa masuk ke tangki kan? Ada alasannya jg mungkin pabrikan ngasih lubang yg kelewat kecil yg malah sering mampet (akhirnya vakum) krn mungkin riskan jika air/uap/embun masuk ke tangki...cmiiw..
    Saya kira jg slama ini bunyi desis itu normal krn tiap ngisi mobil dr macem2 merk pasti ada desisnya.. Semudah itukah lubang hawa kotor? Ataukah lubang hawa tdk selalu ada pd tiap mobil, dmn jika berdesis ya mungkin dikatakan normal saja. Dan sepertinya SA bengkel resmi jg g akan peduli masalah printilan kaya bgini..

    Cmiiw lg...

    ReplyDelete
  9. Saya punya kijang long tahun 92 klu dibuka tutup bensinnya saat mau ngisi bensin pasti mengeluarkan angin bertekanan tinggi. Apa masalahnya ya? Apakah bermasalah tidak pada boros atau tidaknya pemakain bensinnya. Atau emang gitu bawaanya.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)