Memeriksa Tutup Bahan Bakar Mobil Anda
Periksa Tutup Tangki sebelum Isi |
Bila waktu anda membuka tutup bahan bakar lalu terdengar desis/ suara angin, Itu berarti terjadi kevakuman pada mobil anda?
Bila terjadi Kevakuman di tangki bahan bakar itu berarti saluran Nafas Pada tutup bahan bakar anda terganggu, Bila terganggu maka akan terjadi hal sebagai berikut:
- Bila kendaraan anda adalah tipe mobil bermesin bensin maka Rotax ( Pompa Bahan Bakar) akan bekerja ekstra keras, karena selain menyedot bahan bakar Rotax akan bekerja ganda yaitu harus melawan gaya vakum pada tangki bahan bakar anda. bila hal ini terjadi tentunya akan merupakan kerugian tersendiri bukan.
- Sedangkan Pada mesin Diesel hal ini akan memberatkan kerja Injection Pump atau Unit Commonrail dalam menyedot bahan bakar dari tangki, Tentunya hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi performa mobil anda.
Lalu bagaimana Solusinya?
Contoh tutup Tangki BBM |
2. Coba anda amati dengan seksama, kadang kala terjadi sumbatan sumbatan kotoran pada tutup tersebut, bila hanya itu terjadi anda bisa membersihkannya dengan meniup pakai udara bertekanan/ Kompresor, atau anda bisa membersihkannya dengan muas memakai Bensin, agar kotoran tersebut hilang.
3. Bila ternyata tutup tangki tidak kotor tapi terjadi kevakuman, anda dapat memperbesar lubang-lubang hawa yang terdapat pada tutup tangki tersebut, anda bisa menggunakan gunting yang ujungnya lancip atau memakai bantuan alat semisal jarum yang agak besar ( Jarum Karung dan lain lain). Lalu pastikan lubang tersebut terkoneksi dengan sisi bagian luar dari tutup Tangki ( kalau pada gambar lubang pada tengah tutup tangki akan tersalurkan ke bagian sisi terluar setelah karet penutup)
4. Pada gambar disamping hanya sekedar contoh, karena bentuk tutup tangki bahan bakar sangat berbeda dan bervariasi, Anda dapat berimprovisasi setelah melihat kondisi dari tutup tangki tersebut. Pada intinya membuat lega saluran dapas dari dalam tangki menuju udara bebas diluar.
5. Setelah semua selesai anda tinggal memasang kembali tutup bahan bakar tersebut dan jangan lupa ketika akan mengisi Bahan Bakar kembali coba dengarkan bunyi waktu tutup tangki dibuka, bila tak dengar suara, berarti problem tangki Bahan bakar vakum sudah terselesaikan.
kalau di buka saja,sampai anginnya ilang bijimana
ReplyDeleteYa kalau cuman dibuka lalu ditutup lagi ya namanya ngak menyelesaikan masalah pak ... :)
DeleteOm klo tutup tangki sudah dol gmana? Ada pengaruh gak sama kerja injektor? Atau malah meringankan kerja injektor?
ReplyDelete-New royale 99-
Udah Doll ngak masalah selama kalau dibuka ngak bunyi berdesis karena ada vakum di tangki bahan bakar :)
Deletebukannya kalo keluar angin malah di dalam tangki ada tekanan yang besar bukan vakum?
ReplyDeletebukan keluar angin pak, tapi terdengar suara desis, karena vakum maka begitu tutup tangki dibuka maka akan ada udara yang masuk ke dalam tangki sehingga keluar bunyi, ( kasusnya seperti misal kalau anda menyimpan bensin didalam botol aqua lalu botol tampak mengecil ketika anda buka tutupnya maka akan terdengan suara dan botol udah kembali ke bentuk semula ... :)
Deletepanther 2.5 tutup tangki tak bolongin diameter 1mm, om iwan apa ini nggak berbahaya?
ReplyDeleteSebenarnya ngak perlu dibolongi karena emang dari sononya udah ada lubang hawannya, kalao plastik lewat dari ruangan disebelah karet itu,... tapi bila tetep memaksa dibolongi juga ngak masalah... bisa sebesar jarum aja udah cukup :)
DeleteApa itu juga berpengaruh mobil menjadi sendat-sendat (mbrebet)? Tq
ReplyDeletebila tangki vakum maka kerja IP dalam menyedot bahan bakar akan terganggu tentunya efeknya akan seperti ketika filter solar kotor.
Deleteom...mau ty...kenapa saai isi solar...selalu meluber.padahal tangki belum penuh.kenapa ya...tengkyu
ReplyDeleteitu bisa karena saluran solar ketangki kecil (kejadian buat mobil variasi) atau selang hawanya mampat.
Deleteohm ada ndak cara mengiritkan kijang diesel
ReplyDeleteada kok di sini cara nyetel load kijang diesel 2L, cari aja, prasaan dulu pernah saya uploadkok waktu nyetel kijang punya teman
DeleteKalau nyoblosnya kegedean bahayanya embun bisa masuk ke tangki kan? Ada alasannya jg mungkin pabrikan ngasih lubang yg kelewat kecil yg malah sering mampet (akhirnya vakum) krn mungkin riskan jika air/uap/embun masuk ke tangki...cmiiw..
ReplyDeleteSaya kira jg slama ini bunyi desis itu normal krn tiap ngisi mobil dr macem2 merk pasti ada desisnya.. Semudah itukah lubang hawa kotor? Ataukah lubang hawa tdk selalu ada pd tiap mobil, dmn jika berdesis ya mungkin dikatakan normal saja. Dan sepertinya SA bengkel resmi jg g akan peduli masalah printilan kaya bgini..
Cmiiw lg...
Saya punya kijang long tahun 92 klu dibuka tutup bensinnya saat mau ngisi bensin pasti mengeluarkan angin bertekanan tinggi. Apa masalahnya ya? Apakah bermasalah tidak pada boros atau tidaknya pemakain bensinnya. Atau emang gitu bawaanya.
ReplyDeletekasusnya sama, udah nemu solusinya blm om ? wa aja 089661917010
DeleteOm mau tanya ni.. mobil ane kijang LX bensin. Apa ada selang hawa juga di monil bensin? Klok ada di sebelah mna yak. Soalnya mobil ane waktu isi bensin pasti luber. Alhasil ptugas pom harus pelan2 ngisinya. Kasian..
ReplyDeleteMakasih om.
nah om, sy mau tanya, kalau terdengar suara kentut "tuuuut" atau "nguuuk" dlm kondisi mbl idle / jln dbwh 10-20km/jam, apakah bs disebabkan dr tutup bensin? suaranya timbul tenggelam, kadang sering / jarang..
ReplyDeleteom ingin tanya, kalau timbul spt suara kentut "tuuut" atau "nguuuk", apakah bs disebabkan krn tutup tangki? suaranya jarang muncul dan biasanya terdengar pd saat idle / perjalanan 10-20 km/jam. makasih
ReplyDelete