Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menyetel Kembali Belt Isuzu Panther 2.5

Menyetel Kembali Belt Isuzu Panther 2.5

Suatu ketika ketika sedang menghidupkan mesin lalu anda mendengar suara decit di bagian mesin, atau ketika sedang membelok terdengar suara decit juga? atau mungkin ketika anda sedang melaju dalam hujan lalu tiba tiba terdengar suara decit juga
Jangan Panik itu kemungkinan disebabkan hanya Belt kendaraan anda yang udah mulai kendor sehingga menjadi selip. 
Kalau anda mau mengotak atik mobil dan mau sedikit berusaha ayuk kita setel sendiri, gampang kok, ntar saya pandu tutorial singkatnya?
(maaf gambar di web saya perkecil anda bisa mampir ke Pages Pojok Unta Item bila ingin mendapatkan gambar yang lebih besar ), dengan judul Setel Belt Isuzu Panther https://www.facebook.com/pages/Pojok-Unta-Item/108780505942274

Keterangan Gambar

Langkah langkahnya
Langkah langkahnya
1. Siapkan Kunci nomer 12 Kunci nomer 14 seperti pada gambar disamping.
2. Periksa Belt anda bila belt anda sudah celup kedalam puley bisa dikatakan kalau belt anda sudah aus, siapkan dana untuk mengganti dengan yang baru.
3. lalu coba tekan dengan kuat bagian tengah tengah belt antara kedua puley, bila anda tekan dengan kuat lalu lendutannya melebihi 2 cm maka belt anda terlalu kendor jarak ideal adalah 1-2 cm.
4. Carilah Baut A dan B seperti Gambar 4.
5. Dengan Kunci silahkan kendurkan kedua baut Pemegang pompa powerstering huruf A dan B seperti pada gambar. tidak perlu kendor sekali cuman yang penting kedudukan sudah bisa bergeser,
6. Lalu dengan kunci 14 silahkan menuju baut penyetelnya seperti dalam gambar. Sambil anda setel anda bisa juga memeriksa ketegangan dari belt, 
7. Setelah dirasa cukup. segera kencangkan kembali baut A dan B (langkah no 5). lalu tekan dengan keras untuk memastikan kekencangannya ( sama seperti langkah no3)
8. Terakhir anda wajib memeriksa Belt Utama Belt Kruck As, gambar no 8.
9. Karena letaknya agak ribet dan dibawah anda memerlukan Kunci yang bisa diperbanjang untuk memudahkan jangkauan. seperti gambar no.9
10. Kendurkan kedua buah baut pemegang water pump seperti ditunjukkan pada gambar10.
11. Setelah baut pemegang water pump kendor maka segera geser water pump kearah menjauh lalu sambil dikencangkan. Lalu kencangkan kedua baut seperti proses no10.
12. Terakhir anda bisa menambah sedikit grease pada belt, oleskan tipis aja dibagian yang bersinggungan dengan puley. Semua siap anda bisa menhidupkan mesin dan dengarkan apakah decitnya sudah hilang? mudah bukan. anda bisa juga membaca topik untuk memperpanjang usia belt dibawah ini.
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/04/merawat-dan-memperpanjang-usia-belt.html

Semoga Bermanfaat

6 comments:

  1. om iwan, klo ganti belt sama ga caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal di kendorin aja maksimal, lalu pake bantuan obeng dikeletakkan dipuley sambil digeser ntar kan puley lepas, kalau nganti puley mesin, ya pulley ac dilepas dulu :)

      Delete
  2. waterpump atau alternator om?

    ReplyDelete
  3. tanya gan...bearing pulley crank shaft ac power steering panther hi grade 95 saya tiba-tiba copot. penyebabnya apa ya gan? sebaiknya diperbaiki (di las) atau ganti baru, harganya berapa ya gan...5thanks ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. copot karena bantalan karetnya dah aus, makanya di blog ini udah saya kasih menandai puley, baiknya diganti jangan dilas, karena puley itu juga untuk meredam getaran.

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)