Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengenal Mesin 2 Tak (Two Stroke Engine)

Mengenal Mesin 2 Tak (Two Stroke Engine)

Sisa Kejayaan Mesin 2 Tak th 1990-an
Sisa Kejayaan Mesin 2 Tak th 1990-an
Mungkin bagi anda yang sudah berumur 30 tahunan mungkin tidak asing dengan istilah mesin 2 tak, tetapi bagi yang masih belia kadang mereka tidak tahu apa itu mesin 2tak, ya karena sekarang kendaraan terutama motor teknologinya mengunakan teknologi 4 Tak. Padahal banyak lho yang masih pake sistem mesin 2 tak, Padahal dengan mesin 2 Tak, bisa mendapatkan motor yang ringan bercc kecil tapi bertenaga besar.
yuks kita bahas sedikit.

Mesin 2 Tak Bensin

Prinsip Kerja
Istilah-istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif yang harus diketahui untuk bisa memahami prinsip kerja mesin ini:
TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre): Posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin. TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre): Posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin. Ruang bilas yaitu ruangan di bawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft).
Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.
Dinamakan mesin 2 Tak ( 2 Langkah) karena dalam 2 langkah terjadi satu kali pembakaran.
Gambar Kerja Mesin 2 Tak Bensin
Gambar Kerja Mesin 2 Tak Bensin
Langkah ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Sehingga Piston akan menekan udara dan bahan bakar yang kemudian akan ditransfer ke ruang bakar utama.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, (mempersiapkan kerja berikutnya, Beserta Piston akan menekan udara dan bahan bakar yang ditransfer pada waktu langka pertama, lalu ketika akan mencapai TMA dan ketika bahan bakar beserta udara telah terkompresi maka terjadi pembakaran. Untuk Jelasnya Silahkan lihat gambar

Mesin 2 Tak Diesel

Mesin 2 Tak Model Aliran
Mesin 2 Tak Model Aliran
Sama Seperti Mesin 2 Tak Bensin dalam mesin 2 Tak Diesel ini prinsipnya hampir sama, cuman bedanya kalau ketika mencapai TMA bahan bakar diledakkan oleh percikan api busi , Sedang di Diesel dilakukan Semprotan injeksi nosel sehingga udara yang terkompresi akan disemprot bahan bakar solar sehingga terjadi pembakaran.
Sedang Macamnya mesin Diesel 2 Tak ada beberapa macam di golongkan dari pembilasannya
a. Pembilasan Aliran Silang
Coba anda amati Gambar disamping ini, disitu terlihat gambar mesin diesel 2 tak model aliran ( disini aliran Lingkar dan aliran Silang secara garis besar hampir sama hanya berbeda model saja ).
Cara Kerjanya ketika Piston bergaerak ke TMB karena hasil pembakaran bersamaan itu katup pembuangan akan terbuka sehingga hasil pembakaran akan terbuang keluar dan berdsamaan itu ada aliran udara mengalir dari Air intake ( biasanya pada jenis ini ada bantuan blower/turbo/ supercharger yang akan mendorong udara dari intake), dan kemudian Piston akan bergerak keatas sehingga menekan udara lalu ketika hampir mencapai TMA maka Bahan bakar Solar disemprotkan hingga terjadi pembakaran. dan seterusnya.
b. Pembilasan Aliran Lingkar
mesin diesel 2 tak Torak Berlawanan
mesin diesel 2 tak Torak Berlawanan
c. Skema Torak Berlawanan
Coba anda amati Gambar disamping Ada 2 pasang piston atau torak saling berhadapan. Torak bawah mengendalikan lubang buang, torak atas mengendalikan lubang bilas. Cara kerjanya adalah ketika torak atas bekerja kebawah dan torak bawah keatas maka akan tercipta kompresi setelah melalui TMA maka solar disemprotkan memlalui nosel dari gambar samping. Setelah langkah tenaga bersamaan itu aliran gas buang mulai terbuang ke saluran buang diatas sementara saluran isap dari piston atas mulai membuka sehingga meulai mengalirkan udara segar kembali. untuk selanjutnya torak akan terjadi langkah kompresi kembali setelah TMB.

Penggunaan Mesin 2 Tak Diesel

The Wartsila-Sulzer RTA96-C turbocharged
The Wartsila-Sulzer RTA96-C 
Tidak Seperti Nasib Mesin 2 Tak Bensin yang tidak lagi dipakai dengan alasan
- Hasil Pembakaran yang tinggi Emisi 
- Efisiensi yang kurang bagus.
Tidak demikian dengan 2 Tak mesin Diesel, Karena Ternyata Mesin Diesel 2 Tak memiliki Keunggulan sehingga banyak dipakai untuk mesin mesin ber CC besar. Seperti pada mesin Kapal Laut, Tank, Lokomotif, Mesin Pabrik dan sebagainya. Sementara Sebagai Gambaran ini mesin Internal Combustion terkuat di dunia masih dipegang oleh  The Wartsila-Sulzer RTA96-C turbocharged. Mesin ini memiliki panjang sekitar 20 meter dan Tinggi sekitar 16meter, dengan Tenaga maksimum 108920. HP/102 rpm dan memiliki Torsi Makimum 5,608,312 lb/ft 102rpm. dengan 14 silender yang memiliki Total CC lebih dari 25.000.000cc  Dan Mesin Ini Memakai Diesel 2 Tak.

Semoga Bermanfaat

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID pun akan diimplan pada org  seperti pada film Nikita
 RFID pun akan diimplan pada org
seperti pada film Nikita
Akhir akhir sedang ramai dibicarakan terutama di daerah ibukota tentang pemasangan RFID yang dibagikan Pertamina secara Gratis untuk Kendaraan (mobil). Bahkan User pun rela antri berjam jam untuk mendapatkan RFID gratis, karena Konon setelah waktu yang ditetapkan habis maka harus membayar.
Sebenarnya apa sih RFID?
Ayo kita pelajari bersama apa itu RFID

RFID

RFID sesuai namanya adalah  singkatan dari Radio Frequency Identification, atau boleh dikatakan Identifikasi Frekuensi Radio. Sesuai namanya RFID berfungsi untuk mengidentifikasi suatu benda agar bisa diambil datanya dari jarak jauh.Unit RFID biasanya berupa Kartu atau semacam Label dan diletakkan pada benda tertentu yang kemudian agar bisa dipantau dengan gelombang radio.

Sejarah Perkembangan RFID

Pemasangan RFID dimobil
Pemasangan RFID dimobil
Ada yang menyebutkan teknologi RFID sudah ada sejak tahun 1946. Pada waktu itu teknologi ini digunakan sebagai alat mata-mata Uni Soviet (digunakan untuk keperluan Perang) yang memancarkan kembali gelombang radio dengan informasi suara. Meskipun perangkat ini adalah sebuah alat pendengar rahasia, bukan untuk tag identifikasi, hal itu dianggap sebagai pendahulu dari teknologi RFID, karena alat tersebut pasif, diaktifkan dan diberi energi oleh gelombang dari sumber luar
Lahirnya RFID modern diawali dengan dipatenkannya karya Mario Cardullo pada tahun 1973, yaitu sebuah transponder pasif dengan memori .Alat pantulan tenaga pasif pertama didemonstrasikan pada tahun 1971 kepada Perusahaan Pelabuhan New York (New York Port Authority) dan pengguna potensial lainnya. Alat ini terdiri dari sebuah transponder dengan memori 16 bit untuk digunakan sebagai alat pembayaran bea

Macam Jenis RFID

RFID Pasif
RFID Pasif
Dari jenisnya sendiri ada 3 macam, yaitu
1. RFID Aktif, 
RFID aktif memerlukan sumber daya agar dapat memancarkan sinyal radio ke pembaca, biasanya RFID jenis ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan jarak pembacaan yang agak jauh atau membutuhkan sinyal yang kuat seperti dibawah air
2. RFID Pasif 
RFID pasif tidak memerlukan sumber daya, lebih murah namun jarak pembacaannya lebih dekat sehingga cocok untuk aplikasi yang pembacanya mudah dijangkau seperti pintu masuk stasiun kerta api, absensi, dll.
3. RFID Semi-pasif.
RFID semi-pasif memiliki sumber daya internal, namun untuk membaca data yang terdapat didalamnya, pembaca harus mengirimkan suatu perintah untuk meminta kartu mengirimkan data.

Penggunaan RFID

Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) telah diterapkan pada banyak aplikasi misalnya pada sistem pengamanan toko, sistem absensi, sistem pembayaran karcis kereta api, hingga e-KTP. RFID makin banyak digunakan karena sifatnya yang mudah dalam penggunaan, serta tidak memerlukan kontak langsung (contactless) dengan pembacanya (RFID reader). Dalam Perbankan juga banyak diaplikasikan untuk misalnya Kartu Kredit atau kartu ATM.

Penggunaan RFID untuk Pembatasan BBM

RFID Pertamina
RFID Pertamina
Dengan Fungsinya yang begitu luas maka Pemerintahpun dalam hal ini Pertamina kemudian menguakan RFID untuk membatasi pemakaian Kendaraan yang akan menggunakan Bahan bakar Bersubsidi. Dengan dipasangnya unit RFID pada masing masing kendaraan maka Pemakaian Bahan bakar bersubsidi akan dapat dikontrol dan lebih mudah dilakukan pembatasan. Karena dengan adanya RFID maka pada SPBU akan termonitor akumulasi data dari kendaraan anda jumlah bahan bakar yang sudah anda beli, apakah sudah masuk kuota atau masih ada kuota sisa untuk mengisi bahan bakar lagi.
Dan apabila kendaraan anda tidak diperlengkapi dengan RFID tentunya kendaraan anda tidak akan diperbolehkan mengisi Bahan bakar Jenis Subsidi.
Tentunya anda akan bertanya bagaimana Prosesnya Pembatasan bukan, Konon Pada nosel pengisian BBM di SPBU nantinya akan dipasang alat juga sensor ( lihat Gambar) yang berintegrasi dengan RFID dari kendaraan anda , bila anda sudah melebihi kuoata tentunya nanti BBM tidak akan bisa mengalir.

Semoga Bermanfaat

Tips Menyegarkan Logo Mobil yang sudah Kusam

Tips Menyegarkan Logo Mobil yang Kusam

Dengan bertambahnya Usia Mobil maka unit aksesori pada kendaraan kita juga mulai memudar, Kusam bahkan ada sebagian yang catnya sudah mengelupas. Bila anda punya waktu ayo kita coba perbaiki dan kita segarkan kembali agar kembali menajdi kinclong. Caranya?

Mudah kok ayo kita ikuti langkah langkah berikut ini.

Mengecat Simbol
Mengecat Simbol
1. Gambar 1 disamping adalah foto Logo yang akan kita perbaiki.
2. Silahkan anda membeli Cat di toko Cat, Beli saja Merk Nippe/ Top Color atau semacam Izamu, belilah yang eceran kecil karena yang dibutuhkan sangat sedikit, Bila simbol anda adalah Metalic maka belilah yang berwarna Silver Metalic, ( Perak)
Setelah Cat sudah terbeli sebelum dibuka hendaknya anda kocok terlebih dahulu tempatnya, Kocok agak lama karena warna metalic biasanya mengendap ( karena metalick biasanya dari pahan medium+ Serbuk Metalic)
3. Setelah tutup dibuka silahkan anda colek dengan ujung jari,
4. Setelah cat menempel ujung jari, maka cobalah dulu pada sebuah kertas atau bidang rata sebagai proses belajar anda menguaskan cat anda ke dalam bidang Cat.
5. Setelah dirasa mahir maka silahkan anda mulai melukis dengan jari anda keatas simbol kendaraan anda,
6. Selesai.
NB: 
Sisa Cat bisa anda kerik memakai batang korek api yang di tajamkan.

Foto dan Dokumentasi Sumbangan dari

Mr Niko Satrio Member Club Panther Mania (PM 393)

Semoga Bermanfaat

Tips Modifikasi Rem Teromol Sepedamotor

Tips Modifikasi Rem Teromol Sepedamotor

Motor matic dengan Rem Teromol belakang
Motor matic dengan
Rem Teromol belakang
Anda memiliki sepedamotor dengan model Rem belakang masih teromol?
Anda Mengeluh Rem terasa keras?
Rem anda kurang Pakem?
Ketika di Rem anda harus mengeluarkan Tenaga Pengereman yang ekstra kuat?
Rem belakang anda ingin di buat lebih Empuk?
Bila Ya, silahkan ikuti Tutorial dan Gambar dibawah ini ya

Prosedur Pengerjaan

Modifikasi Paha Rem
Modifikasi Paha Rem
1. Dasar Teori
Coba Anda Lihat Gambar 1 disamping ini. Disitu terlihat Gambar Waktu Kita mencoba membuka Mur Roda sebuah Mobil.
2. Lalu coba anda amati gambar 2 dibawahnya. Disitu akan sama gambarnya dengan no1 yaitu gambar lengan dan alat pembuka mur roda mobil. Hanya saja yang jadi pembeda pada gambar 2 akan tampak lengan kunci yang lebih panjang. Tentunya anda sudah tahu dan mendapat pelajaran Fisika pada waktu Sekolah menengah bukan. Tentunya pada gambar 2 kita akan membuka mur roda dengan mengeluarkan energi yang lebih sedikit dari gambar satu. Atau dengan kata lain kita akan lebih mudah dan ringan membuka mur roda bukan.
3. Pada Gambar 3 itu adalah gambar Paha Rem Teromol pada sebuah sepedamotor. Nama Paha Rem motor akan berbeda beda ditiap daerah ada yang menamakan Paha Rem, ada pula yang menamakan Tuas Rem, Pengungkit rem dan lain lain. Itu tidak masalah yang penting anda mengenali barangnya.
Pada Gambar 3 terlihat ada 2 buah paha Rem, yang satu lebih pendek sedang yang lain lebih panjang. Walau cuman hanya berbeda sekitar 1 cm tapi itu sangat banyak artinya.
4. Pada Gambar 4 terlihat pada aplikasi di sepedamotor yang telah diganti dengan paha rem yang lebih panjang sementar yang digambar saya pegang itu adalah paha rem orisinal bawaan motor.
Mudah Bukan, dan coba anda rasakan pengereman motor anda.
NB:
Bila anda kesulitan menemukan paha rem yang lebih panjang, anda bisa membeli paha rem variasi ataupun pergi ketukang las dengan cara memotong paha rem lalu diperpanjang dan disambung dengan mengunakan bantuan Las

Semoga Bermanfaat

Tips Bila Mobil Anda Terkena Abu Vulkanik

Tips Bila Mobil Anda Kena Debu Vulkanik

Seperti yang ramai diberitakan sekarang tentang Letusan Gunung Api Kelud, Tentunya kita sering bertanya tanya sebenarnya Abu Vulkanik itu berbahaya apa tidak bagi Mobil dan kesehatan mobil Kita?
Ayo kita pelajari bersama sama

Abu Vulkanik

Hujan Abu Vulkanik
Hujan Abu Vulkanik
Abu vulkanik, sering disebut juga pasir vulkanik (piroklastik) adalah bahan material vulkanik yang disemburkan ke udara saat terjadi suatu letusan gunung berapi, terdiri dari batuan berukuran besar sampai berukuran halus. Batuan yang berukuran besar (bongkah - kerikil) biasanya jatuh disekitar kawah sampai radius 5 – 7 km dari kawah, dan yang berukuran halus dapat jatuh pada jarak mencapai ratusan km bahkan ribuan km dari kawah karena dapat terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Abu yang halus dapat menyababkan radang paru-paru jika terhirup. Sebagai contoh letusan G. Krakatau tahun 1883 mengitari bumi berhari-hari, juga letusan G. Galunggung tahun 1982 dapat mencapai Australia. Abu vulkanik dapat digunakan sebagai bahan pozolan karena mengandung unsur silika dan alumunia sehingga dapat mengurangi penggunaan semen sebagai bahan bangunan. Abu vulkanik juga dapat menyuburkan tanah di sekitar gunung.

Pengaruh Abu Vulkanik untuk Mobil Anda

Mobil Terkena Abu Vulkanik
Mobil Terkena Abu Vulkanik
Sesuai kandungan yang terkandung dalam abu vulkanik yang mengandung silika (hampir seperti kaca) maka itu akan berpotensi merusak Cat mobil anda karena juga mengandung Asam. sehingga mempercepat korosi pada mobil anda. Terutama bagian Cat, Dan Daerah mesin beserta kaki kaki. Ya karena umumnya debu itu akan menyerang didaerah seputaran kaki kaki mobil anda dimana daerah itu ada rotor disc dan lain lain.
beberapa Langkah yang bisa ditempuh ketika mobil anda terkena abu
Inilah langkah-langkah praktis yang harus dilakukan untuk melindungi mobil dan kendaraan bermotor Anda saat terkena debu vulkanik:
Sektor Body
Pakailah Sampo dengan PH Balance
Pakailah Sampo dengan PH Balance
1. Setelah mobil anda menerjang abu vulkanik, segera basahi mobil anda dengan menyemprot memakai air bertekanan, Hati hati waktu menyemprot dan semprotlah bagian dari yang atas dulu lalu baru jkebawah. Yang perlu diingat jangan setel tekanan air anda dengan tekanan tinggi, cukup dengan model Guyur saja sehingga abu dengan sendirinya akan hilang.
2. Setelah memastikan debu sudah hilang anda bisa melanjutkan dengan memberi sampo pada mobil anda. Seperti yang biasa pakailah sampo khusus cat mobil, karena dengan diberi sampo kita juga bertujuan menghilangkan kandungan asam pada sisa abu vulkanik tadi. Setelah itu keringkan dengan lap Chamois. Yang Perlu diingat waktu membersihkan jangan sampe debu debu tertinggal di mobil anda ( misal menyelip disela sela lipatan lipatan karet pintu slebor, Pada Wiper Kaca Depan dan lain lain. karena itu bisa mengores kaca depan anda waktu wiper dijalankan.
3. Lalu bagian terpenting adalah menyemprot bagian Slebor dan kolong mobil anda, juga semprot juga daerah unit rem beserta rotor disc nya pastikan ngak ada abu yang tertinggal.
4. Setelah Selesai anda bisa memberi lapisan Wax pada mobil anda, Selain mengkilatkan Wax akan sedikit memberi lapisan perlindungan terhadap cat mobil anda.
Beri Lapisan Wax
Beri Lapisan Wax
Sektor Mesin
1. Bukalah mesin mobil anda, segera bungkus kabel kabel yang rentan dengan air, lalu guyur air keatas mesin sampe abu turun dna hilang,
2. Jangan Lupa semprot juga Kisi kisi radiator, AC, Condesor , Juga daerah daerah belt dan pulley, pastikan ngak ada debu yang tertinggal.
Sektor Interior
Biasanya bila hujan abu vulkanik interior tidak terlalu kotor karena mobil selalu tertutup, tapi bila kotor satu satu jalan adalah anda bisa memakai vakum cleaner untuk menyedot debu/ abu. Sedangkan untuk mobil ber bahan jok kulit, silahkan seka dengan memakai Lap chamois basah untuk mengikat debu. Ingat jangan memakai Kemoceng atau lap kering, karena hanya akan mengakibatkan debu beterbangan dan hanya berpindah tempat.

Waktu berkendara di Daerah Abu Vulkanik

1. Waktu anda mengendarai mobil didaerah yang terkena abu vulkanik selalu hidupkan lampu besar mobil anda karena jarak pandang terbatas.
2. Walaupun kelihatan tidak berdebu ada baiknya anda tetap menghidupkan lampu besar, menginggat angin bisa datang tiba tiba atau ada lontaran debu dari kendaraan lain.
3. Sebisa mungkin mengurangi pemakaian wiper bila tidak terpaksa.
4. Jaga Kecepatan dan jarak, ingat anda mengendarai mobila diatas lapisan debu yang akan sangat licin dan ban anda biasanya akan kehilangan traksi cengkraman pada jalan.
5. Selalu Keep safety Driving.

Semoga Bermanfaat

Tips Melepas Filter Udara Chevrolet Captiva

Tips Melepas Filter Udara Chevrolet Captiva

Chevrolet Captiva
Chevrolet Captiva
Bagi anda yang memiliki Chevrolet Captiva VCDi, dan Kebetulan hobi otak atik sendiri dan juga kebetulan memiliki kompresor di rumah atau sekedar ingin membersihkan filter udara mobil anda, Tidak ada salahnya anda mencoba dan membersihkan sendiri Filter udara,
Atau mungkin anda membeli Filter Aftermarket macam Filter K&N ( biasanya melalui kirim Paket dan kiriman, maka daripada anda harus repot repot pergi ke bengkel lalu hanya sekedar menyuruh teknisi memasangnya), anda bisa memasangnya sendiri.
Ikuti gambar dan petunjuk dibawah ini ya.

Cara Kerja

Melepas Filter Udara Captiva
Melepas Filter Udara Captiva
1. Siapkan Obeng Kembang.
2. Silahkan buka kap mesin dan temukan tutup cover filter udara. Buka 2 baut yang diberi Lingkaran merah. Hati hati karena letaknya dibawah jangan sampai baut Jatuh kebawah.
3. Buka juga 2 Baut seperti yang dilingkari bulatan merah.
4. Kumpulkan Baut di tempat yang aman agar tidak tercecer.
5. Lalu setelah ke empat baut sudah terbuka semua. Silahkan angkat cover tutup udaranya. Angkat Filter udara untuk membersihkan atau mengganti dengan yang baru.
6. Setelah dibersihkan atau diganti silahkan anda padang kembali, letakkan filter udara agar pas dan tepat berkedudukan di tempatnya. Lalu tutup kembali cover Filter dan Kencangkan / Pasangkan kembali baut yang anda lepas tadi.

Artikel Sumbangan dari
JCO Motor

Semoga Bermanfaat

Tips Mengganti Bohlam Depan Chevrolet Captiva FL

Tips Mengganti Bohlam Depan 

Chevrolet Captiva FL

Dibawah ini ada Do It Yourself, membuka headlamp Chevrolet Captiva FL, Bila anda ingin sekedar iseng iseng mengganti bohlam kota atau bohlam depan silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Mengganti Bohlam Captiva FL
Mengganti Bohlam Captiva FL
1. Siapkan Kunci Kunci Yang diperlukan.
2. Buka Baut yang dilingkari Gambar Lingkaran Hijau.
3. Angkat Cover yang telah terbuka.
4. Simpan dan Letakkkan ditempat yang aman, agar tidak menggangu pekerjaan anda.
5. Buka lagi 4 buah baut diatas headlamp seperti digambar samping.
6. Cover dapat terlepas dan letakkan ditempat yang aman.
7. Buka 3 baut pemegang headlamp.
8. Juga Buka Kembali baut seperti gambar disamping yang letaknya agak tersembunyi.
9. Tarik Headlamp Keluar, Hati Hati dan jangan lupa lepas soket soket lampunya.
10. Soket Gambar Lampu senja.
11. Tarik dengan perlahan.
12. Setelah bohlam diganti, silahkan anda kembalikan pekerjaan dengan arah terbalik, Tapi diingat sebelumnya cobalah dahulu nyala lampunya. Selesai

NB:

Bila anda memerlukan Gambar yang lebih Jelas dan berukuran lebih besar silahkan meluncur ke
Artikel Sumbangan dari 
JCO Motor
https://www.facebook.com/JCOMOTOR

Semoga Bermanfaat

Jagalah Kunci Immobilzer Anda dengan Baik

Jagalah Kunci Immobiliser Anda dengan Baik

Jaga Kunci Immobiliser anda
Jaga Kunci Immobiliser anda
Anda Punya Kendaraan yang dilengkapi dengan piranti canggih macam kunci Immobiliser atau yang lainnya. Tentu akan membuat anda lebih Pede ( Percaya diri ) Karena mobil anda akan lebih sulit di curi oleh Penjahat. Tetapi jangan Bangga dan Bersenang dulu, Karena dengan memiliki Kunci yang dilengkapi Immobiliser, Tentunya Ketika Kunci Tersebut Hilang tentunya kendaraan anda tidak akan bisa dihidupkan walau anda telah bisa menduplikat kan Kunci anda. ya karena Kunci Immobiliser didalamnya juga berisi chip yang terintegrasi dengan ECU kendaraan anda. Nah bagaimana seandainya sewaktu waktu Kunci anda hilan, dibawah ini beberapa langkah langkahnya.
Dan Jangan Lupa Menghilangkan Kunci akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit Lho, Konon bisa Menghabisakan Ratusan Ribu Bahkan sampai mendekati angka Belasan Juta, Juga waktu dan Stress bila ternyata Pihak Prinsipal tidak ready stoknya.

Proses Pengajuan Kembali Kunci Immobiliser yang hilang

1. Anda Membawa Fotokopi BPKB, STNK dan Identitas ke bengkel Resmi.
2. Setelah melalui proses regristasi dan pengecekan. akan diketahui apakah mereka memiliki stock atau tidak 3. Bila stock ada maka Pengerjaan bisa dilakukan, maka mobil bisa ditarik ke dealer untuk proses penggantian dan pengesetan kembali Kode beserta ECU Kendaraan anda. Bila stock tidak ada ya terpaksa anda harus menunggu.
4. Setelah selesai tinggal pengetesan kendaraan anda dan setelah itu sediakan Uang secukupnya.

Beberapa Mitos Tentang Immobiliser

Immobiliser berintegrasi dengan ECU
Immobiliser berintegrasi dengan ECU
Mobil ber immobiliser tidak dapat dicuri
# Benar bila dicuri dengan cara konvensional biasa ( hanya merusak kunci ) tetapi mobil tidak dapat di hidupkan, Atau bisa dicuri bila si pencuri ikut mencuri Kunci Immobiliser Anda.
Bila Kunci Rusak maka harus diganti seperangkat beserta ECU dan lain lain.
# Sebagian benar tapi sebagian tidak, karena beberapa mobil tertentu hanya perlu penggantian modul dan mereset. menyetel data kembali, jadi tidak perlu mengganti ECU secara keseluruhan, Bahkan ada beberapa Tukang Kunci Profesional yang bisa menggandakan Kunci Immobiliser anda dengan alat dan program Khusus.

Semoga Bermanfaat 

Tips Menambah Pakem Rem Skutik & Motor Bebek Yamaha

Tips Menambah Pakem Rem Skutik & Motor Bebek Yamaha 

Motor Bebek Yamaha
Motor Bebek Yamaha
Anda Pemakai motor Skuter Matik ( Skutik ) keluaran produk Yamaha, Macam Mio, Mio Soul dan juga memiliki Motor Bebek dari Produk yamaha juga seperti Yamaha Vega Zr atau Jupiter Z new?
Bila Motor Anda Sudah Waktunya ganti Kampas Rem belakang ada solusi agar rem kendaraan anda menjadi lebih pakem dan lebih Awet. Solusinya Gampang kok yaitu Subsitusi  Kampas Rem belakang anda dengan Milik Motor Yamaha RX-Z atau RX-King. Ingin Tahu Lebih Lanjut ayo Kita Bedah satu Persatu. Jangan Kuatir Ukuran Keduannya sama Persis cuman dibedakan Arah Kait Peer Kampas Remnya. Silahkan anda mengikuti Gambar dibawah ini.

Keterangan Gambar

Perbandingan Kampas Rem
Perbandingan Kampas Rem
1. Pada Gambar Disamping adalah perbandingan Kampas Rem. Untuk Gambar Pertama itu adalah Kampas Rem Model kepunyaan motor Matic macam Mio dan Jupiter Z new. Dari Gambar yang saya lingkari Kuning itu adalah Bidang Sepatu Remnya Tampak hanya Kecil di bagian Ujung.
2. Adalah Gambar Kampas Rem Yamaha RX- Z atau RX King. akan tampak luas bidang sepatu remnya.
3. Itu Adalah Kampas Vega ZR, Ternyata Walau Sepatu Kampasnya sudah Banyak tetapi ada ketidak efisien an yaitu ternyata sepatu di bagian ujung (gambar ujung Obeng) ternyata tidak termakan, hanya bidang bagian Atas yang aus.
4. Adalah Kampas Gambar 1 dibandingkan dengan kampas Gambar 3.
5. Adalah Kampas Yamaha Vega ZR dibandingkan dengan Kampas Yamaha RX-Z.
Dari diatas terlihat bukan Bila anda mengganti dengan Kampas Milik Yamaha RX-Z / RX-King maka anda akan menambah luas bidang kontak Sepatu Rem di Teromol, dengan kontak yang lebih banyak tentunya Rem akan lebih pakem dan Lebih Awet (karena materias Sepatu Rem akan lebih banyak).
6. Adalah Gambar Peer Kampas ( Anda harus mengganti Peer Kampas yang sesuai dengan Kampas Milik Motor Yamaha RX-Z). Jangan Kuatir Karena Dimensi dari Kampas yang diganti adalah Sama. Jadi anda Tinggal Plug and Play.

Semoga Bermanfaat

Serba Serbi Knocking, Detonation, Spark Knock, Pinging

Selayang Pandang dengan Knocking

Anda Sering mendengar istilah dengan Knocking bukan.
Atau sering mendengar orang berkata, Coba Ganti Bahan Bakar dengan Pertamax nanti tidak Ngelitik.

Definisi Knocking

Pemilihan Oli yang tepat bisa mencegah Knocking juga Lho
Pemilihan Oli yang tepat bisa 
mencegah Knocking juga Lho
Knocking atau Detonasi ( ada orang yang menyebutnya ngelitik ) Adalah Proses Pembakaran yang tidak semestinya pada ruang bakar biasanya terjadi pembakaran Dini. Seperti yang Kita tahu bahwa Ketika Udara dan Bensin dikompresi oleh gerak langkah Piston Menuju titik TMA, Ternyata Ketika Busi belum memercikan Api Bahan bakar beserta bahan bakar tersebut sudah meledak dahulu. Sehingga ketika mobil anda terjadi knoking pada saat itu mobil akan terasa kehilangan tenaga. Karena Langkah inersia dari Piston akan tertahan oleh ledakan dini Tersebut.

Penyebab Knocking

Servislah secara berkala
Servislah secara berkala
Ada berbagai macam penyebab dari knocking diantaranya 
- Pemakaian bahan bakar yang bernilai oktan lebih rendah yang seharusnya disyaratkan dari sebuah mesin.
- Ada Kesalahan penyetelan dari Pengapian ( khususnya untuk mobil lama yang masih bertipe Platina dan masih bisa disetel Napor (derajat pengapian).
- Ada Penggerakkan yang luar biasa pada Ruang Bakar. Kita tahu bukan kerak yang ada diruang bakar itu seperti Arang, Ketika Mesin dalam kondisi panas, maka arang tersebut akan membara, ketika membara tentunya ketika mendapat suplay udara dan bahan bakar yang akan ditekan piston tentunya akan terbakar sendirinya bukan.
- Atau dengan Kerak yang tebal maka akan meningkatkan nilai ratio kompresi dari kendaraan anda sehingga knoking akan mudah terjadi.

Mencegah Knocking

Pergunakan Busi sesuai Spesifikasi
Pergunakan Busi sesuai Spesifikasi
Ada beberapa Alternatif untuk mencegah Knocking
- Pakailah Bahan Bakar yang sesuai spesifikasi kendaraan anda.
- Setel kembali mobil anda terutama bila mobil anda masih adjustable pengapiannya.
- Rawat Unit pendinginan mobil/ motor anda sehingga pendinginan menjadi lebih optimal. Mesin dengan pendinginan optimal akan mencegah overheating yang pada gilirinnya akan mencegah knoking juga.
- Pergunakan Busi yang sesuai nilai panasnya dengan kendaraan anda. Ada Salah Kaprah bagi pengguna kendaraan mereka berpikir busi semakin mahal akan semakin baik untuk kendaraannya, Tentunya tidak demikian bukan.
- Pergunakan Olie Mesin sesuai spesifikasi. ( ada beberapa kasus pemakaian olie yang tidak tepat bahkan akan menggangu kinerja mesin secara keseluruhan )
- Jalankan mobil/ motor anda sesuai dengan kesesuaian gigi verneling  dan kecepatan kendaraan anda.
- Untuk Unit mengunakan Supercharger atau Turbocharger, Waspadalah pengunaan Boost, Setelan Boost terlalu tinggi akan menyebabkan knocking.

Semoga Bermanfaat

Mengenal lebih dekat dengan Michelin

Mengenal lebih dekat dengan Michelin
Anda Mungkin sering mendengar kata Michelin bukan, Anda mungkin sering menemukan gambar kartun seperti disamping ini?. ya itu adalah Bibendum maskot dari Michelin 
Michelin adalah produsen Ban dari Perancis. 
Ayo kita Mengenal lebih jauh dari Michelin.

Selayang Pandang

Bibendum
Bibendum
Michelin adalah nama Perancis, Nama Kumplitnya adalah: SCA Compagnie Générale des Etablissements Michelin). Michelin memproduksi ban berbasis di Clermont-Ferrand di Auvergne région Perancis. Michelin merupakan salah satu dari dua produsen ban terbesar di dunia bersama dengan Bridgestone. Selain merek Michelin, Juga memiliki anak perusahaan BFGoodrich, Kleber, Tigar, Riken, Kormoran dan Uniroyal (di Amerika Utara).
Sedangkan Maskot dari Michelin bernama Bibendum, atau lebih sering disebut Man Michelin. Beberapa Penemuan Michelin, diantaranya adalah ban pneurail (ban untuk kereta dibuat untuk berjalan di rel) dan teknologi ban radial "ban hijau" yang berguna mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sejarah

Proses produksi Michelin
Proses produksi Michelin
Pada Jaman dahulu Sebuah Ban hanyalah sebuah Karet yang terpaku pada sebuah Pelek. Adalah Dua bersaudara, Édouard dan André Michelin memiliki perusahan karet di Clermont - Ferrand , Perancis, Pada suatu hari ada pengendara sepeda memerlukan perbaikan ban muncul di pabrik. Ternyata membutuhkan waktu 3 jam untuk memaku karet pada pelek. lalu harus menunggu semalaman agar lem dan paku karet yang melekat pada pelek tersebut menjadi kering. Setelah diuji coba pada keesokan harinya ternyata Ban malah menjadi rusak. Berdasarkan pengalaman itu kemudian Michelin bersaudara menciptakan Ban.
28 Mei 1888 mereka mendirikan Michelin dan th 1891 mempatenkan ban pneumatik removable pertama. dan langsung sukses memenangkan balap sepeda
th 1934 lahir inovasi ban yang apabila ditusuk akan berjalan pada lapisan busa khusus. yang kemudian hari dikenal sebagai Run Flat Tires.

Perkembangan Selanjutnya

Michelin XDR2 Untuk Kendaraan Tambang
Michelin XDR2 Untuk
Kendaraan Tambang
Pada tahun 1888 , Michelin mengakuisisi ban dan divisi manufaktur karet dari Amerika BF Goodrich Company didirikan pada tahun 1870. Ini termasuk pabrik Norwood , North Carolina yang memasok ban ke AS Antariksa Shuttle Program. 2 tahun kemudian , mengakuisisi Uniroyal,Inc , didirikan pada tahun 1892 Amerika Serikat Rubber Company. Michelin juga mengontrol 90 % dari Taurus Tire di Hungaria , serta Kormoran, merek Polandia .
Pada 1 September 2008, Michelin menjadi produsen ban terbesar di dunia setelah selama dua tahun sebelumnya sebagai pabrik ban no 2 di belakang Bridgestone.
Michelin memproduksi ban di Perancis, Spanyol, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Brazil, Thailand, Jepang, Italia dan beberapa negara lain.
Pada tanggal 15 Januari 2010, Michelin mengumumkan penutupan perusahaan pabrik Ota, Jepang , yang mempekerjakan 380 pekerja dan membuat Michelin X - Ice ban. Produksi X - Ice akan pindah ke Eropa , Amerika Utara, dan tempat lain di Asia.

Balap

Dipakai diajang balap
Dipakai diajang balap
MotoGP
Michelin berpartisipasi dalam MotoGP 1972-2008. Mereka memperkenalkan konstruksi radial ke MotoGP pada tahun 1984, dan ban multi compound pada tahun 1994. Mereka berhasil mendapat 360 kemenangan dalam 36 tahun.
Pada tahun 2007, Setelah kemenangan Casey Stoner dengan ban Bridgestone maka ban Michelin terus dianggap sebagai inferior dari Bridgestone, dan akhirnya tahun 2008 Michelin pun mengakhiri keikutsertaaanya di MotoGP.
Formula One
Michelin pertama berkompetisi di 1977 Formula, ketika Renault memulai pengembangan mobil F1 turbocharged mereka. Michelin memperkenalkan teknologi ban radial untuk Formula One dan memenangkan Formula One Championship Drivers ' dengan Brabham , sebelum mundur pada tahun 1984 .
Perusahaan kembali ke Formula Satu pada tahun 2001, memasok Williams, Jaguar, Benetton ( berganti nama menjadi Renault pada tahun 2002 ), Prost dan tim Minardi. Toyota bergabung F1 pada tahun 2002 dengan ban Michelin, dan McLaren juga.
Balap Ketahanan
Michelin terlibat dalam balapan ketahanan seperti 24 Hours of Le Mans dan American Le Mans Series . Pada tahun 2009 Michelin disediakan ban untuk 41 dari 55 mobil yang masuk di Le Mans.

Tweel

Tweel dari Michelin
Tweel dari Michelin
Adalah inovasi dari Michelin yang di launching pada tahun 2005, Tweel beraal dari kata Tire dan Wheel, Sebuah teknologi revolusioner yang meninggalkan Ban dengan isi udara, Tapi hanya mengunakan karet padat dimana side wheelnya terbuat dari bahan khusus yang berfungsi sebagai Penyangga yang flexsible.
Ban telah diuji coba diantaranya oleh Audi A4. Silahkan anda melihat gambar disamping. Konon dari pengujian akan menghasilkan mobil yang sangat responsif handlingnya. tetapi kelihatannya belum akan dipasarkan dalam waktu dekat ini (mungkin teknologi masih terlalu mahal sehingga berkendala pada produksi massal)

Semoga Bermanfaat

Tips Mode Malam & Siang Pada Center Mirror

Mode Malam & Siang Pada Center Mirror

Atur Spion Tengah anda sebelum mengendarai mobil
Atur Spion Tengah anda
sebelum mengendarai mobil
Sebagai pengemudi tentunya anda sangat mengandalkan spion tengah pada mobil. Ya spion tengah sangat vital artinya untuk melihat kebelakang, selain spion kanan dan spion kiri pada kendaraan anda.
Ketika mengendarai di siang hari tentunya spion tengah akan sangat bermanfaat. akan tetapi ketika malam tiba Fungsi spion tengah sudah tidak lagi terlalu vital. dan yang lebih celakanya lagi ketika kita dikuntit oleh mobil dari belakang, dimana mereka memakai High Beam ( lampu Jauh ) Tentunya hal ini akan sangat menggangu anda bukan, karena sorot lampu dari mobil mereka langsung menuju ke penglihatan kita.
Tapi jangan Kuatir Pabrikan sudah merancang spion tengah untuk fleksibel bisa dioperasikan malam dan dioperasikan siang hari.
Silahkan Pelajari dan Lihat dari Gambar dibawah ini. Sebagai Contoh saya memakai Spion Tengah Milik Isuzu Panther Grand Touring th 2007 

Keterangan Gambar

Mode Malam dan Siang
Mode Malam dan Siang
1. Gambar Spion dengan mode Siang akan tampak Cahaya sangat menyilaukan dari spion tengan. Perhatikan ada Tuas Spion di bagian tengah bagian bawah.
2. Silahkan dengan bantuan tangan anda, silahkan tekan tuas bagian bawah tersebut.
3. Setelah tertekan akan nampak Spion menjadi lebih Redup. Ya dengan sistem pembiasan Maka Spion tengah anda sudah menjadi Mode Malam. Silahkan anda pakai bila malam hari dan mendapat sorot lampu dari kendaraan di belakang anda.
4. Untuk mengembalikan tinggal anda tarik kembali Tuas di bawah tadi.
5. Akan Kembali Ke posisi Semula.
6. Jadi dengan hanya menekan dan menarik kembali tuas spion anda maka Anda sudah bisa mengaktifkan fungsi Spion anda.
NB;
Mungkin beberapa Spion Kendaraan anda tidak diperlengkapi mode ini. (Sesuai spesifikasi dari masing masing pabrik pembuatnya)

Semoga Bermanfaat

Tips Mengoptimalkan Fungsi Sun Visor

Tips Mengoptimalkan Fungsi Sun Visor

Berbagai Perkembangan Fungsi Sun Visor
Berbagai Perkembangan
Fungsi Sun Visor
Anda Tentu sering melihat Sun Visor bukan, Sun Visor adalah Papan penghalang sinar matahari, letaknya biasanya ada di atas kaca depan berjumlah 2 buah kiri dan kanan. Ketika anda mengendarai mobil lalu ada cahaya matahari waktu sore atau pagi hari (cahaya rendah) dan sinarnya langsung kearah mengemudi tentunya anda akan terganggu bukan. Nah Anda tentu akan menurunkan Sun Visor agar penglihatan anda tidak silau.
Pada Perkembangannya Sun visor selain berfungsi untu menghalau sinar matahari ternyata juga diperlengkapi aksesori dan pendukung yang lain misal tempat barang, Kartu, Cermin dan lain sebagainya. 
Tapi Tahukah anda bahwa banyak dari pengendara yang tidak mengetahui kalau Sun Visor masih bisa digunakan selain untuk menghalangi sinar matahari dari arah depan. ternyata Sun Visor juga bisa digunakan untuk jendela samping.(Menghalangi sinar matahari dari samping). Untuk Lebih Jelasnya mari kita perhatikan.
Gambar dibawah ini

Keterangan Gambar

Sun Visor
Sun Visor
1.  Pada Gambar 1 adalah Sun Visor di kabin mobil, satu dikanan satu di kiri. Biasanya anda akan menurunkan sun Visor ketika cahaya menyilaukan dari depan bukan.
2. Coba anda amati dengan sun Visor, Pada Sun Visor sebelah kanan ( diruang kemudi ) akan Tampak Tuas disebelah kanan dan Rel disebelah kiri. Silahkan Anda Tarik Sun Visor Kearah dalam sehingga Terlepas dari rel.
3. Lalu geser sun visor ke arah jendela samping. dengan demikian sekarang Sun Visor bisa digunakan melindungi anda waktu ada cahaya dari samping.
4. Demikian juga sama halnya dengan Sun Visor pada penumpang bagian depan. Silahkan anda amati seperti gambar no 2. lalu tarik keluar.
5. Sun Visorpun dapat digunakan untuk menutupi Arah sinar matahari dari sebelah kiri jendela.
6. Seperti pada Gambar 6. Sun Visor dapat flexsible digunakan dan diarahan ke arah kanan dan kiri.
Bila sudah tidak digunakan anda bisa mengembalikan posisi Sun Visor pada tempat sedia kala.

Semoga Bermanfaat 

Tips Mengaktifkan Fungsi Child Lock

Tips Mengaktifkan Fungsi Child Lock

Pasang Child Lock ketika membawa anak kecil sendirian
Pasang Child Lock ketika
membawa anak kecil sendirian
Bepergian bersama Keluarga Besar memang sudah menjadi Tradisi kita, Bahkan Ada Pameo yang mengatakan " Mangan Ra Mangan Sing Penting Kumpul " ( Makan atau Tidak makan yang penting adalah berkumpul). Salah satu sarana transportasi adalah kendaraan Pribadi. Bila anda bepergian bersama orang  dewasa tentunya tidak menjadi masalah. Tetapi apabila anda bebergian dengan banyak anak kecil tentu akan sangat repot bukan. Terutama bagi anak yang energik.
Kadang anda berpikir dan merasa was was ketika mobil sedang melaju lalu tiba tiba anak anda akan membuka Pintu/ Menarik Tuas Pintu. Tentunya akan sangat berbahaya bukan.
Untuk Mencegah Hal ini maka Pabrikan menyediakan Fasilitas yang Namanya CHILD LOCK di setiap pintu mobilnya. Bagi Anda yang sudah tahu ya no problem. Tapi kadang Seseorang tidak mengetahui fasilitas di mobilnya.
Child Lock adalah Tuas tambahan di pintu yang berfungsi untuk mematikan tuas handle pintu dari dalam. Ya ketika chold lock ini diaktifkan maka pintu tidak akan bisa dibuka dari dalam. tetapi harus dibuka dari tuas handle dari Luar. Tentunya dengan Child Lock ini walaupun anda meninggalkan anak anak dibangku belakang sendirian tentu akan aman karena pintu tidak bisa terbuka oleh anak anda.

Ayo kita lihat bagaimana caranya

Mengaktifkan fungsi Child Lock
Mengaktifkan fungsi Child Lock
1. Kita Buka Pintu yang akan kita aktifkan Fungsi child Lock nya.
2. Setelah Pintu Terbuka Cobalah amati dengan baik baik akan tampak Tuas Kecil berbentuk L yang bagian tengahnya ada tuas/ tombol kecil. Letaknya ada diatas lubang tenpat pengunci Pintu.
3. Pada Posisi Netral Tombol kecil itu berada di tengah tengah lubang bentuk huruf L tadi. Sekarang dengan memakai jari tangan silahkan Geser tomol kecil tersebut kekanan.
4. Gambar 4 akan terliha jelas tombol yang sudah berubah posisi menjadi ke sebelah Kanan.
5. Lalu Coba anda masuk kedalam kabin lalu tutup pintu dengan rapat. Lalu coba anda coba buka pintu memakai Tuasnya pembuka pintu. Akan Tampak walau Tuas pintu sudah ditarik pintu tidak akan terbuka. Sekarang bukalah Jendela pintu anda lalu coba buka pintu dari handle pintu luar. Pintupun akan terbuka Kembali.
6. Untuk mengembalikan posisi ke Netral. Atau anda sudah tidak memerlukan fungsi Child Lock lagi, dan ingin mengoperasikan pintu dengan norma. Maka Geser tombol ke posisi semula. maka Child Lock tidak akan bekerja.
NB= 
Demi menambah keamaan Child Lock bisa ditambah dengan menekan tuas Pengunci, Bila Kunci dilock maka Pintu akan tidak bisa dibuka dari luar sebelum tuas pengunci di Matikan dari dalam.

Semoga Bermanfaat

Tips Menghilangkan Bunyi-bunyian Pada Doortrim Pintu

Menghilangkan Bunyi-bunyian Doortrim Pintu

Ngak Perlu Bete karena  bunyi2an waktu berkendara
Ngak Perlu Bete karena
bunyi2an waktu berkendara
Kadang Kala dengan berjalannya waktu maka ketika mobil sedang berjalan atau melintasi lubang dan jalan tidak rata kadang kala menimbulkan bunyi bunyian bukan. Memang bunyi itu bermacam macam datangnya. Salah satu bisa datang dari dalam doortrim mobil anda. Bagi sebagian orang bunyi bunyian itu akan sangat menganggu. Tetapi mungkin tidak terlalu dirasakan oleh orang yang lainnya.
Anda ingin iseng iseng menghilangkan bunyi itu, dan ada waktu untuk Ber DIY? (Do It Yourself)
Dibawah ini saya menggunakan contoh Isuzu Panther Grand Touring ya, (untuk mobil lain prosesnya hampir sama kok cuma beda bentuk dan dimensinya aja)
Ayo kita coba perbaiki.
Mudah kok.

Cara Kerja

Cara Kerja Memperbaiki Doortrim
Cara Kerja
1. Buka Pintu yang akan kita perbaiki.
2. Buka Baut pada tuas handle pembuka pintu.
3. Buka juga Baut pada handle penutup pintu.
4. Tarik dengan tangan doortrim.
5. Tarik juga bagian yang lain.
6. Setelah bagian bawah terlepas semua lalu angkat doortrim kearah atas.
7. Buka kabel power windownya, lalu putar doortrim agar bisa dikeluarkan dari tuas pembuka pintu,
8. Doortrim sudah terbuka.
9. As tuas ini yang jadi biang keladi bunyi.
10. Ambil Gunting, Spons dan Selotif hitam.
11. Potong spons memanjang, lalu balut tuas as pintu. balut sampe 2-3 kali gulungan.
12. Rekatkan dengan isolasi hitam gulungan spons tadi. Perlakukan juga dengan batang yang lain Tidak perlu banyak banyak cukup masing masing satu gulungan pada batang as. ( Gulungan ini hanya berfungsi mencegah As menempel pada body pintu sehingga mengakibatkan bunyi.).
13. Potong Spons menjadi persegi juga, rekatkan dengan lem.
14. Tempelkan di dekat pengait pada doortrim.
15. Doortrim yang udah dipasang dengan spons tambahan.
16. Pasang kembali doortrim dengan arah terbalik seperti membukannya.

Semoga Bermanfaat