Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Cold Air Intake ( CAI )

COLD AIR INTAKE  ( CAI )

Anda Memiliki Mobil Isuzu Panther 2500cc ?
Suka Iseng Iseng dan otak atik?
Kalau ya, ayuk Kita Bikin Nafas Tambahan Buat Mesin Kita, Biar Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit dan sedikit menambah nafas mesin pada putaran tinggi.
Mudah kok, syaratnya hanya menyediakan Filter solar Bekas Pakai Mobil Kita sendiri beserta selang dan nepel yang dijelaskan di bawah ini.
Silahkan anda ikuti alur proses pengerjaannya. :)  

CAI bikinan sendiri ala Ikwan S PM-028 Mengunakan Filter Solar Bekas
CAI bikinan sendiri ala Ikwan S PM-028 Mengunakan Filter Solar Bekas
Keterangan Gambar:
  1. Kita Persiapkan Filter Solar Bekas, Lem Plasticsteel ( lem besi ), Nepel Pipa Peralon Ukuran 1/2 Inch, Selang Sepanjang 2 meter berukuran 5/8 inch, Gergaji.
  2. Filter Solar Bekas Kita gergaji dengan dipotong seperti gambar.
  3. Kita Keluarkan Filter Bekasnya dari dalam Filter solar lalu filter kita cuci dengan bensin Lalu dicuci lagi dengan Air sabun, kemudian kita keringkan.
  4. Pasang Nepel 1/2 Inci peralon tersebut pada lubang Filter Bekas Solar dan kita Lem. ( sudah berubah menjadi Filter Udara Mini).
  5. Kita Potong selang sepanjang 2 meter (no.1) menjadi 2 bagian.
  6. Selang pertama kita pasang Filter Solar diujungnya. Selang A dan Selang B
  7. Lalu kita membuka Kap Mesin ( pada Gambar ini adalah Layout Mesin Panther dengan  EGR. kita cari selang napas mesin (engine breather) Kita Lepas Selang Hawa Mesin tersebut.
  8. Adalah detail Lubang Hawa Napas Mesin.
  9. Kita Pasang Selang B pada ujung hawa Mesin.
  10. Selang B kita julurkan kebawah mesin dan dicarikan tempat yang aman. ( berfungsi membuang udara panas mesin ke udara bebas)
  11. Detail Lubang Pada Intake Manifold
  12. Sedang Ujung Lubang satunya yang berhubungan dengan intake manifold, Kita Pasang selang A
  13. Kita Carikan tempat untuk meletakkan Filter solar beserta jalur selang A menjauh dari mesin
  14. Hasil Akhir
  15. Detail Gambar CAI pada Mesin Non Turbo
  16. Detail Setelah pemasangan Pada Mesin Turbo
Tujuan CAI ini adalah 

1. Membuang Udara nafas mesin ke udara bebas. ( udara panas akan mengurangi/ menurunkan performa karena kandungan partikel oksigennya lebih sedikit)
Untuk Unit mesin yang sudah mengalami kebocoran kompresi, maka udara nafas mesin akan mengandung polutan-polutan yang merugikan prestasi dan kinerja mesin.
2. Karena bekas lubang udara tidak terpakai, maka kita manfaatkan dengan memberi filter tambahan seperti yang kita buat, ( bertujuan sebagai filter bantu/ tambahan pada filter utama)

Upgrade CAI menjadi Versi 3
Cara Cara Merubah CAI Menjadi CAI versi 3
Cara Cara Merubah CAI Menjadi CAI versi 3 
Semoga Bermanfaat

42 comments:

  1. Apakah CAI ini sama dengan tabung udara tambahan di Kijang Super 2L dan Chevrolet LUV C223?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Karena CAI disini dimaksudkan adalah membuang udara panas mesin yang sebelumya dimasukkan ke intake manifold, ini dibuang ke udara bebas, Sementara lubang bekasnya dimanfaatkan diberi jalur filter kecil sebagai filter udara tambahan (sekunder)
      Untuk Luv 223 dimana itu sama basisnya dengan ispan 2300 maka CAI ngak diperlukan karena Mesin 223 unit napas mesin udah dibuang ke udara bebas. :)

      Delete
  2. Kalau di LUV C223 baik turbo maupun non turbo, dan Chevrolet Stallion ada box sebelum filter udara. http://gallery.isuzupup.com/d/5562-1/IMG_0509.JPG
    Kira2 fungsinya apa ya? Tadinya saya kira CAI ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama Bok tersebut tidak berhubungan dengan udara luar, ia hanya lebih berfungsi sebagai resonator saja alias meredam suara hisapan angin. ( anda akan menemukan hal ini pada mobil kijang kapsul diesel, di bagian tengan intake manifold ada tabung bundar ) :)

      Delete
  3. Gmn caranya kl diaplikasikan ke ford everest 07?sama ga tekniknya?gambarnya kekecilan,bs dikirimin yg lbh gede g biar lbh jelas liatnya.trims sblmny. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan anda meluncur Ke sebelah kanan, di Find Us on Facebook, di Pages Pojok unta item, disana ada file yang lebih besar, ya maaf karena di Web ukuran gambar memang saya perkecil agar blog saya ngak terlalu berat dibuka :)

      Delete
  4. Sudah berhasil saya pasang.
    Tinggal dipakai dan dirasakan bedanya.
    Mobil saya Ispan GT 2006 Matic.

    ReplyDelete
  5. Pak, mobil saya ispan ss turbo matic 2001. Gimana kalo saluran hawa napas mesin di buang ke udara bebas namun saluran intake manifoldnya ditutup/disumbat? Maaf tanya lagi, di sekitar ujung intake manifold saya koq kliatan basah oli ya pak, apa itu tanda ada masalah dng mesin ato turbo ya pak?... Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu dibuang bebas ke udara kan CAI diatas, sedang kalau anda ngak ingin memanfaatkan lubang intake manifold ( pengin menuutup ) saya rasa ngak masalah. kalau lubang itu ada rembesan olie ya wajar karena disitu kan muara selang hawa mesin, ketika mesin panas atau mulai bocor kompresi maka daerah tersebut akan menjadi basah karena residu olie. :)

      Delete
  6. Tapi udara panas ke intake manifold bukannya membantu pra pembakaran om???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udara panas itu kerapatannya molekul udara berkurang, karena kerapatannya kurang maka kandungan oksigen buat pembakaran juga berkurang, maka dipastikan daya ledaknya juga berkurang ( udara panas bertolak belakang dengan teori Intercooler) :)

      Delete
  7. Udara dari napas mesin itukan mengandung gas beracun...kalo dibuang ke udara bebas berarti polusi dong om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pasti polusi, bila anda sangat concern dengan polusi mulailah kurangi berkendara memakai kendaraan bermesin internal combustion, :)

      Delete
  8. kalau fungsinya dibuang, kok pada versi 3 malah sepertinya menangkap udara oom?
    setahu saya CAI itu adalah menyuplai oksigen dingin lgsg ke intake tanpa harus melewati throttle body / karburator....cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda diamati lebih lanjut, itu kan menangkap udara untuk dimasukkan ke lubang intake manifold. he9
      CAI itu ada banyak macamnya, pada intinya adalah menginduksi pasokan udara lebih dingin kedalam napas mesin.

      Delete
  9. Salam kenal pak. Mau nanya kalo filternya diarahkan ke lubang kisi2 ac via firewall dgn maksud udara hisapan CAI selalu dingin bisa ngga? Btw mobil saya civic fb, mau coba bikin handmade sendiri, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran Saya jangan lakukan hal ini, menghubungkan unit ruangan kabin dengan unit pernapasan mesin adalah kontroversial, bila ada backpass anda akan mengkorbankan kesehatan bahkan keselamatan penumpang. Walau statusnya itu selalu menyedot tapi alangkah baiknya bila menghindari hal hal yang sekiranya membahayakan keselamatan kita.

      Delete
    2. Salam Kenal om
      kalo pada selang CAI tersebut kita tambahkan One Way Valve, dan filternya kita arahkan ke dalam kabin gimana om??

      Delete
    3. CAI kan sedotan udaranya kecil, jika dipasang katup one way untuk pengaman dikabin apakah mampu sedotannya membuka katup tersebut. tetapi menurut saya alangkah baiknya jangan menghubungkan unit mesin dengan udara dikabin. banyak bahayanya bos.

      Delete
  10. Kalau kucingku, CAInya pakai filter sepeda motor. Cma 20 ribu hrganya. Trims Bung Iwan atas ide2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pake filter apapun bisa, yang penting harus dipastikan filter yang bisa menyaring debu..

      Delete
  11. Om Iwan, kalau dari gambar yang nomor 10. Setelah digunakan berkendara, banyak oli yang menetes. APakah ini wajar atau panther saya yang masalah? Mohon infonya Om.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesin hidup olie sampe menetes keluar brarti sudah ada kebocoran kompresi yang parah dari mesin, sehingga udara yang terjadi sangat banyak lalu mendorong sebagian olie kelubang hawa, untuk kondisi normal paling hanya ada residu sisa uap oli atau selang cuman kotor aja ujung2nya ama olie

      Delete
  12. Trims om.. saranya.. saya dah coba CAI.. lumayan ispan smart saya bisa tembus 145 km.. jadi mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. CAI disini sebenarnya ditujukan bukan buat performa tapi lebih kepada menjaga kebersihan intake manifold dan sedikit memasok udara segar di manifold. Tetap safety driving jangan mengendara diluar batas kecepatan, :)

      Delete
  13. Solusi murah tapi bermanfaat banget nih, yang agak repot harus gergaji filter solarnya dulu nih :D

    ReplyDelete
  14. Salam kenal Mas Iwan. Maaf mau tanya apakah CAI ini bisa di aplikasikan di Tyt Rush? Kebetulan mbl sy Tyt Rush AT. Trm ksh sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk toyota rush saya tidak tau konsepnya detail mesinnya, tetapi secara prisnsip cai ini adalah membuang napas mesin ke udara, bertujuan menghilangkan uap panas dan polutan uap uap oli dari mesin. bila selang napas breather rush udah ketemu dan ternyata dimasukka keintake manifold brarti teknik cai bisa diterapkan,

      Delete
    2. Terima kasih, Mas Iwan untuk replynya. Saya nanti update kalau sudah bisa diaplikasikan.

      Delete
    3. http://i1216.photobucket.com/albums/dd373/hezzp/cai_3.jpg

      ini utk daihatsu sirion
      mungkin skemanya kurang lebih begitu

      CMIIW

      Delete
  15. mohon maaf om iwan,saya kurang mengikuti blog om iwan dari awal,saya mau tanya,apakah CAI ini bisa diterapkan di mesin 2300 cc panther kotak? sebelumnya terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak bisa krn 2300 cc udah dibuang keluar breathernya dari pabrik

      Delete
  16. sebaiknya uap panas oli yang dibuang ke udara (selang B) melalui oil catch tank dulu.

    ReplyDelete
  17. Artikel yg sangat menarik.. Klo saya sendiri menggunakan dobel pcv valve . satu ke breather engine yg satu lagi ke intake manipol. Jadi isapan dari dinginnya kabin bisa terproteksi oleh pcv valve jika ada hembusan yg terpaksa keluar dari intake manipol pcv akan menutup sehingga gas berbahaya tidak akan masuk k kabin.. Saya gunakan di hyundai accent 2000 akselerasi jadi baik . mengurangi ngelitik . pembakaran jadi lebih baik terlihat di ujung busi.. Dan pasti lebih efisien bbm.. Tks

    ReplyDelete
  18. Om Iwan..ikutan konsul....seumpama selang yg masuk intake manifold ujungnya pake pipa alumunium sektar 20cm trus ditempel sama pipa AC yg berembun-secara pipa aluminium dingin otomatis udara yg lewat/tersedot ikut dingin (ujung tetap pake filter CAI) kira2 bisa sebabkan embun/air tersedot intake manifold gak ya?

    ReplyDelete
  19. Ini sy aplikasikan pada innova diesel manual sy th 2009, Mau tny nih om,Kalau lubang intake nya ngga d tutup tp di kasi filter breather lg gmn om iwan? Jadi d tambahin selang gt? Lbh bagus d tutup atau d tambahin selang di kasi filter breather lg? Jadi spt nafas di lubang intake tetep lega

    ReplyDelete
  20. Pak Iwan, apakah sistem ini bisa diterapkan pada Captiva diesel 2010? Terima kasih untuk infonya

    ReplyDelete
  21. mohon maaf om iwan,saya mau tanya,apakah CAI ini bisa diterapkan di mesin bensin 1600 cc? sebelumnya terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  22. met sore omm iwan,
    tinggal dimana omm ? saya minat mau pasang CAI nih.. saya sudah masuk beberapa bengkel tapi pada ngga paham..
    sy Yussa tinggal di Sidoarjo.
    matur nuwuun.

    ReplyDelete
  23. Pak suhu, udah saya lakukan selang B dari Hawa mesin, namun Kenapa ada oli juga yang ikut keluar ke lubang selang b tersebut ya. Bisa dikasir saran

    ReplyDelete
  24. Om iwan. Kenapa diujung seLANG B dari nanas mesin ada oli juga yang ikut keluar.apa ada yg salah ya om. Mohon petunjuk om.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)