Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

3 Cara Membersihkan Sedimenter dengan Mudah

Mobil diesel anda tiba tiba tersendat pada putaran tinggi, Mobil Anda tiba tiba asap knalpotnya menghitam, padahal biasanya tidak & Trio Filter sudah diganti tetapi asap masih menghitam pekat

Jangan Terburu-buru Panik,
Kemungkinan Itu hanya Sedimentornya Solar yang kotor
Mengingat Solar Indonesia sangat azubilah kualitasnya.
Ayo ikuti gambar ya, beserta tutorialnya

1. Membersihkan Sedimenter Tanpa Melepas Dudukan nya 
(Cara Standart Bengkel Resmi)
membersihkan sedimenter cara Beres
Membersihkan Sedimentar cara Beres
Keterangan Gambar:
  1. Siapkan Kunci Pembuka Filter, Botol bekas Minuman, Dan Lap Bersih.
  2. Lepaskan Kabel dibawah sedimenter.
  3. Lepas salah satu selang agar kita mudah mengeluarkan tabung sedimenter.
  4. Dengan memakai kunci pembuka filter kita buka baut besar pada sedimenter dengan arah seperti mengendurkan baut.
  5. Keluarkan tabung dan tampung solar didalam tabung kedalam botol bekas.
  6. Bersihkan dalaman tabung dengan lap bersih.
  7. Setelah bersih, pasang kembali tabung beserta murnya, dan ingat MENGENCANGKAN MUR HANYA PAKAI TANGAN jangan dengan bantuan kunci karena rentang Pecah/ Retak.
  8. Pasang semua Kabel dan selang seperti semula,lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras lalu hidupkan mesin dan periksa terhadap kebocoran.

2. Membersihkan Sedimenter ala PM-028 (Cara Praktis & Cepat (Khusus buat kalau sedang Malas)
membersihkan sedimenter dengan cepat
Membersihkan Sedimenter Cepat
Keterangan Gambar:
  1. Siapkan 2 buah selang pendek kira kira sepanjang 30cm, beserta botol minuman bekas. lalu cabut kedua selang IN dan OUT dari sedimenter, Lalu dengan bantuan Mulut Tiup selang In di sedimenter. sementara selang outnya ditampung kedalam botol minuman bekas.
  2. Kemudian pasang kembali selang IN, lalu pompa sedimenter sampe solar keluar dari selang menuju ke penampungan botol bekas minuman. Kemudian lepas kembali Selang IN, Pasang Kembali selang pendek kemudian tiup lagi Proses no 1. Kemudian Lepas Baut Tap pembuangan air dibawah sedimenter.
  3. Ambil Plastik Bening Untuk menampung solar dibawah Baut Tap pembuangan Air, Lalu Pasang kembali Selang IN dari Tangki, Kemudian Pompa Sedimenter ( solar akan mengucur dari Baut Tap Pembuangan Air, Lakukan sampe solar yang keluar menjadi bening.
  4. Setelah Selesai Pasang kembali selang2 seperti semula, lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras, dan hidupkan mesin untuk melihat ada kebocoran atau tidak.
3. Membersihkan Sedimenter dengan cara melepas Dudukannya
Prosedurnya sama dengan cara Pertama ala Bengkel Resmi  hanya bedanya Kita melepas dudukan sedimenternya, sehingga sedimenter beserta alat pompanya juga terlepas. dengan cara ini relatif pemebrsihan akan berjalan lebih sempurna tapi lebih rumit.

membersihkan sedimenter Secara Total
Membersihkan Sedimenter Secara Total
Semoga Bermanfaat

13 comments:

  1. Om Iwan, kuci pembuka filter itu seperti apa? Trus bisa dibeli bebas di toko sparepart? Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunci ;pembuka filter bisa dibeli ditoko2 onderdil, belilah yang berbahan tali, jangan yang terbuat rantai besi ....

      Delete
  2. Oke Om, makasih infonya. Besok saya coba beli kunci filter. Ceritanya, mau DIY bersiin sedimen. Eh, btw kunci filter itu all in gak Om? Artinya, bisa buat buka filter solar sama filter oli gak? Makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya aja kunci Filter, tentu bisa buat mbuka filter olie, Filter solar dan bisa buat pembantu pemegang dinamo staterm water pump dll.

      Delete
  3. Mas iwan, priming pump panther 25 saya koq seperti 'ngelos' (ngempos) kl dipompa y? kira2 mesti ganti priming pump ato bisa d akalin aja y?
    Matursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di priksa aja bagian katupnya siapa tau kotor ya bisa itu bikin ngelos :)

      Delete
    2. trims mas iwan,
      setelah saya bersihkan, pompa jadi gak 'ngelos' lagi tapi sekarang pompa nya kok jadi bocor ya? keluar rembesan solar dari as pompa ketika di pompa beberapa kali. Namun sejauh ini gak ada maslah ketika mesin hidup (gak mbrebet/tersedat).Apa ini indikasi mesti ganti pompa baru?.
      Mtrsuwun.

      Delete
    3. kalu ada kebocoran berarti sealnya dah mulai lemah, karena ketika anda pompa terjadi tekanan berlebihan pada solar sehingga bisa keluar, tapi kalau ternyata pada pemakaian pompa ngak masuk angin brarti seal masih agak rapat jadi udara ngak bisa masuk. sementara bila masih normal ngak ada kendala ya biarin aja, lagian pompa solar juga cuman berguna kalau nganti filter solar saja, kondisi pemakaian normar sedimenter hampir dikata haram buat dipompa :)

      Delete
    4. sama seperti saya, kalo saya tidak bisa dipompa, rembes. kalo ditinggal lama atau di start pagi hari susah hidup mesin kayaknya masuk angin. Kalo untuk bersihin valve atasnya itu mesti dibuka tidak baut yang kecilnya? punyaku dibersihin tetep ga ngaruh ya ngempos trus

      Delete
  4. Om iwan kallo pakai cara pertama untuk menbuka sedimenter dengan memakai tangan bisa gak ya? Maklum belum punya kunci filter suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kliatannya Sulit kalau memakai tangan, karena sedimenter diameternya besar dan tempatnya agak sesak. :) Bila tidak mempunyai alat anda bisa memakai kunci buatan sendiri yaitu dengan memakai bekas Puley yang ngak terpakai, lingkarkan puley di sedimenter lalu puley anda kunci memakai tang lalu diputar. bisa itu :)

      Delete
  5. om tuk lebih jelasnya kalo bisa di up-load dong video tutorialnya. BTW mkasih infonya membantu, nanti saya coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf karena saya masih dalam tahap belajar posting di blog, mungkin soon as posible akan dilengkapi video tutorial .. Terimakasih atas sarannya ... :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)