Mobil diesel anda tiba tiba tersendat pada putaran tinggi, Mobil Anda tiba tiba asap knalpotnya menghitam, padahal biasanya tidak & Trio Filter sudah diganti tetapi asap masih menghitam pekat
Jangan Terburu-buru Panik,
Kemungkinan Itu hanya Sedimentornya Solar yang kotor
Mengingat Solar Indonesia sangat azubilah kualitasnya.
Ayo ikuti gambar ya, beserta tutorialnya
1. Membersihkan Sedimenter Tanpa Melepas Dudukan nya
(Cara Standart Bengkel Resmi)
Membersihkan Sedimentar cara Beres |
Keterangan Gambar:
- Siapkan Kunci Pembuka Filter, Botol bekas Minuman, Dan Lap Bersih.
- Lepaskan Kabel dibawah sedimenter.
- Lepas salah satu selang agar kita mudah mengeluarkan tabung sedimenter.
- Dengan memakai kunci pembuka filter kita buka baut besar pada sedimenter dengan arah seperti mengendurkan baut.
- Keluarkan tabung dan tampung solar didalam tabung kedalam botol bekas.
- Bersihkan dalaman tabung dengan lap bersih.
- Setelah bersih, pasang kembali tabung beserta murnya, dan ingat MENGENCANGKAN MUR HANYA PAKAI TANGAN jangan dengan bantuan kunci karena rentang Pecah/ Retak.
- Pasang semua Kabel dan selang seperti semula,lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras lalu hidupkan mesin dan periksa terhadap kebocoran.
2. Membersihkan Sedimenter ala PM-028 (Cara Praktis & Cepat (Khusus buat kalau sedang Malas)
Membersihkan Sedimenter Cepat |
- Siapkan 2 buah selang pendek kira kira sepanjang 30cm, beserta botol minuman bekas. lalu cabut kedua selang IN dan OUT dari sedimenter, Lalu dengan bantuan Mulut Tiup selang In di sedimenter. sementara selang outnya ditampung kedalam botol minuman bekas.
- Kemudian pasang kembali selang IN, lalu pompa sedimenter sampe solar keluar dari selang menuju ke penampungan botol bekas minuman. Kemudian lepas kembali Selang IN, Pasang Kembali selang pendek kemudian tiup lagi Proses no 1. Kemudian Lepas Baut Tap pembuangan air dibawah sedimenter.
- Ambil Plastik Bening Untuk menampung solar dibawah Baut Tap pembuangan Air, Lalu Pasang kembali Selang IN dari Tangki, Kemudian Pompa Sedimenter ( solar akan mengucur dari Baut Tap Pembuangan Air, Lakukan sampe solar yang keluar menjadi bening.
- Setelah Selesai Pasang kembali selang2 seperti semula, lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras, dan hidupkan mesin untuk melihat ada kebocoran atau tidak.
3. Membersihkan Sedimenter dengan cara melepas Dudukannya
Prosedurnya sama dengan cara Pertama ala Bengkel Resmi hanya bedanya Kita melepas dudukan sedimenternya, sehingga sedimenter beserta alat pompanya juga terlepas. dengan cara ini relatif pemebrsihan akan berjalan lebih sempurna tapi lebih rumit.
Membersihkan Sedimenter Secara Total |
Om Iwan, kuci pembuka filter itu seperti apa? Trus bisa dibeli bebas di toko sparepart? Terima kasih....
ReplyDeletekunci ;pembuka filter bisa dibeli ditoko2 onderdil, belilah yang berbahan tali, jangan yang terbuat rantai besi ....
DeleteOke Om, makasih infonya. Besok saya coba beli kunci filter. Ceritanya, mau DIY bersiin sedimen. Eh, btw kunci filter itu all in gak Om? Artinya, bisa buat buka filter solar sama filter oli gak? Makasih....
ReplyDeleteNamanya aja kunci Filter, tentu bisa buat mbuka filter olie, Filter solar dan bisa buat pembantu pemegang dinamo staterm water pump dll.
DeleteMas iwan, priming pump panther 25 saya koq seperti 'ngelos' (ngempos) kl dipompa y? kira2 mesti ganti priming pump ato bisa d akalin aja y?
ReplyDeleteMatursuwun.
Coba di priksa aja bagian katupnya siapa tau kotor ya bisa itu bikin ngelos :)
Deletetrims mas iwan,
Deletesetelah saya bersihkan, pompa jadi gak 'ngelos' lagi tapi sekarang pompa nya kok jadi bocor ya? keluar rembesan solar dari as pompa ketika di pompa beberapa kali. Namun sejauh ini gak ada maslah ketika mesin hidup (gak mbrebet/tersedat).Apa ini indikasi mesti ganti pompa baru?.
Mtrsuwun.
kalu ada kebocoran berarti sealnya dah mulai lemah, karena ketika anda pompa terjadi tekanan berlebihan pada solar sehingga bisa keluar, tapi kalau ternyata pada pemakaian pompa ngak masuk angin brarti seal masih agak rapat jadi udara ngak bisa masuk. sementara bila masih normal ngak ada kendala ya biarin aja, lagian pompa solar juga cuman berguna kalau nganti filter solar saja, kondisi pemakaian normar sedimenter hampir dikata haram buat dipompa :)
Deletesama seperti saya, kalo saya tidak bisa dipompa, rembes. kalo ditinggal lama atau di start pagi hari susah hidup mesin kayaknya masuk angin. Kalo untuk bersihin valve atasnya itu mesti dibuka tidak baut yang kecilnya? punyaku dibersihin tetep ga ngaruh ya ngempos trus
DeleteOm iwan kallo pakai cara pertama untuk menbuka sedimenter dengan memakai tangan bisa gak ya? Maklum belum punya kunci filter suwun
ReplyDeleteKliatannya Sulit kalau memakai tangan, karena sedimenter diameternya besar dan tempatnya agak sesak. :) Bila tidak mempunyai alat anda bisa memakai kunci buatan sendiri yaitu dengan memakai bekas Puley yang ngak terpakai, lingkarkan puley di sedimenter lalu puley anda kunci memakai tang lalu diputar. bisa itu :)
Deleteom tuk lebih jelasnya kalo bisa di up-load dong video tutorialnya. BTW mkasih infonya membantu, nanti saya coba
ReplyDeleteMaaf karena saya masih dalam tahap belajar posting di blog, mungkin soon as posible akan dilengkapi video tutorial .. Terimakasih atas sarannya ... :)
DeleteMakasih Ilmunya om, saya printout Artikelnya ya buat praktek..hehee
ReplyDeletepak iwan,kalo indikator handrem mati tu kira² napa,ya??pdhl sblumnya normal² saja.
ReplyDeletebisa bohlamnya indikator putus atau switcnya bermasalah ya bisa.
DeleteMisi om iwan,sy punya panther 2012,jika rpm di atas 2rb atau kira2 2500 brebet2 kenapa ya om?sebelumya kehabisan solar di semarang apa gara?masuk angin?padahal sudah di pompa
ReplyDeleteom apa pompa sendimen bisa di perbaiki ....
ReplyDeleteselama ini tak tambah rotak, maklum regoe larang. hhhe
Trims pak iwan, untuk penambahan RPM bisa tidak? kalo beli tachometer (RPM meter) pasangnya bagaimana..?
ReplyDelete