Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menguras Minyak Kopling

Menguras Minyak Kopling Panther 2.5


kopling hidrolik
kopling hidrolik
Kopling anda mulai Keras, Tidak Nyaman?
Bete Liat Tabung Reservoir Kopling yang minyaknya Menghitam?
Ingin Kopling selalu Empuks dan nyaman bila ditekan,
Anda Berjiwa Do It Your Self ?

Anda Penganut style PM 028  (bila bisa diperbaiki mengapa harus diganti, bila bisa bikin sendiri mengapa harus beli)
Bila Ya. silahkan teruskan mbacanya .. :)


Bahan yang diperlukan: (gambar1)
gambar 1
Gambar 1

1. Suntikan bekas tinta isi ulang, ( untuk memudahkan saja) bila ngak ada bisa pakai cara lain
2. Kertas Tissu secukupnya
3. Minyak Rem Dot 3, warna Bening atau Merah terserah anda.
4. Selang sepanjang 20-30 cm untuk penampung beserta botol bekas untuk penampung minyak hidrolik yang ngak kepakai.
5. Kunci no 8 ... (pas atau ring sama saja)

                                                     


gambar 2
Gambar 2
Cara Kerja

1. buka kap mesin lalu buka tutup hidrolik
2. sedot memakai alat suntik untuk mengosongkan tabung di reservoir (gambar2)
Letak Nepel di bawah mobil
Letak nepel di bawah mobil
3. Lalu bersihkan tempatnya pakai tissu atau lap, hati2 tissu jangan sampe tercecer ditabung. (Bila Tabung ngak dibersihkan maka ditakutkan sisa sisa endapan olie akan mengotori olie rem yang baru.
4. Kemudian Isi tabung dengan minyka baru sampe batas atas. (gambar2)
5. Ngolonglah dibawah mesin, lalu carilah nepel berkunci 8, lalu pasanglah ujung nepel dengan selang, lalu kendorkan nepel dengan kunci 8 sedikit saja sampe minyak keluar dari selang mengalir ke botol penampungan (gambar 4)
6. Sesegara anda naik ke ruang mesin untuk mengisi bak reservoir kembali.
gambar 4
Gambar 4
Tangki Minyak yang sudah bersih
Tangki Minyak yang sudah bersih
7. Proses no 6 dilakukan terus sampe minyak yang keluar di bak penampungan menjadi jernih. 
setelah jernih segera kencangin nepel kembali, lalu isi kembali minyak sampe dibatas atas.

8. terakhir kocok kocok (tekan tekan) pedal kopling, lalu cek kembali ketinggian minyak, tambah bila perlu. setelah itu tutup kembali dan pekerjaan selesai, bak penampung kopling anda akan jernih seperti seperti Mobil Panther th 2013 ber plat XX   

Simple Bukan ...
Selamat Mencoba

52 comments:

  1. semoga mobil selalu beserta anda........................wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Dijual atau di gadaiin ya ngak beserta anda bos. :)

      Delete
    2. menguras minyak rem,,caranya juga sama seperti yg diatas ya om..

      Delete
    3. Menguras Minyak rem ya ngak bisa seperti cara menguras kopling, menguras minyak rem harus 2 orang, pake prosedur injak rem lalu orang yang dibawah mbuka pentil rem, ( prosedur buang angin)

      Delete
  2. Pak mohon petunjuknya
    Mobil saya panther LS 2002 2.5cc
    Pedal koplingnya lumayan keras, kalo dapet jalan macet bikin paha kram.
    Ada cara pak untuk membuat pedal kopling jadi ringan???

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama Unit kopling masih normal ( ngak ada modifikasi misal diganjal ring bagian matahari dll kalau kopling anda keras itu adalah mutlak kesalahan dari master kopling atas atau master kopling bawah kemungkinan dari seal karet yang udah membesar (melar), kadang kala dengan menguras minyak akan bisa sedikit meringankan, juga dengan sedikit menyetel tuas kopling dengan cara diberi jarak bebas main yang lebih besar. http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/setel-ketinggian-pedal.html

      Delete
    2. Sejak awal memeng sudah seperti ini keras pedalnya (maksudnya standarnya seperti ini). Cuman saya mau lebih meringankan pijakan kopling, lebih ringan dari standarnya.
      Ada caranya gak pak???

      Delete
    3. Om mohon pencerahan nih. Saya udah bolak balik buang angin atas bawah. Tapi masih ngempos juga koplingnya. Itu karetnya yg udah melar atau gimana ya?

      Delete
  3. om kalo koplingnya jd ambles solusinya gmana??

    ReplyDelete
  4. om kalau minyak kopling di karet kopling bawah netes apa yg perlu di ganti om? saya ga tau namanya? mohon pencerahan om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya seal kep master kopling bawah, kalau asli itu harus ganti se glungdung, tapi kalau mau diperbaiki tingal anda buka lalu karetnya bisa diganti / dikanibal dengan karet punya mobil yang lain selama bentknya sama. :)

      Delete
    2. Halo, Om Iwan mau nanya lagi nih, Om. Sekarang Ispan saya sama kasus kyk Agan di atas, di karet master kopling bawah netes minyaknya. Mau tanya Om apa harus ganti segelundung, apa bisa ganti seal nya saja? Terus ada repair kitnya gak Om? Kalau ganti segelundung mahal gak, Om? Makasih banyak ya Om Iwan.

      Delete
  5. Kalo yang tangki minyaknya jadi satu sama yg buat rem (kaya standarnya timor) apa bisa dikuras kopling saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minyaknya jadi satu macam avanza 1500 ya jangan dilakukan prosedur ini, he99

      Delete
  6. Slmt malam Pak Iwan, barusan saja saya coba DIY kuras minyak kopling panther 2.5 saya, tapi kok malah masuk angin (ngempos terus). Saya udah coba buang angin seperti di rem sepeda motor : kocok2 trus buang minyak dari nepel master yang dibawah ber ulang2 tapi masih ngempos juga. Gimana caranya buang angin kopling ya? terimakasih u/ jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buang angin prosesnya sama dengan rem disc brake pada motor, anda tinggal kocok lalu tekan pedal, sementara seseorang harus dibawah membuka nepel, setelah minyak keluar dan nepel ditutup baru injakan dilepaskan. Sejauh ini prosedur buang angin dan pengurasan minyak kopling harusnya ngak bermasalah, karena walaupun masuk angin nanti angin juga biasanya keluar dari master atas. Mungkin bila ngempos terus ada kerusakan pada seal atau ada kesalahan prosedur dalam membuang angin.

      Delete
    2. Trmksh Pak Iwan u/ jawabannya, kebetulan persoalan buang angin kopling sudah terselesaikan. Ternyata ada 2 nepel disaluran kopling panther 2.5; nepel atas & bawah, setelah buang angin di nepel atas dan dilanjutkan buang angin di nepel bawah, kopling sudah normal kembali. Ohya pak iwan, saya ada pertanyaan kembali (mgkn ini diluar topik), sya biasa mengisi mesin panther GR 97 dengan olie meditrans sx sebanyak 6lt (tiap +/- 5000km olie mesin&filter olie diganti baru).Pertanyaan : setiap ganti olie, olie mesin lama selalu berkurang 1lt (kalo sya takar olie lama jadi 5lt) dan pada saat stasioner di lubang pengisian olie keluar uap tipis (tipis banget - ga tebal), apa itu wajar?. Trmksh u/ jawabannya.

      Delete
    3. olie mesin panther hanya butuh 4,5 liter sekali isi bila diisi 6 liter itu sangat terlalu banyak. kalau tiap 5000km di tap olie berkurang 1 liter, itu tandanya mobil anda olinya sudah naik, (ngebul istilah pada mobil bensin) olie naik bisa dari celah liner atau ring seker yang lemah juga bisa dari seal klep yang udah ngak rapat. Untuk pengukuran sebenarnya anda bisa ke bengkel resmi untuk melakukan uji kompresi dari sana bisa diketahui keadaan kompresi mesin anda.
      Saran saya lebih baik isi mobil anda dengan 4,5 liter, lalu setiap 1000 km selalu periksa tambah olie bila kurang.

      Delete
  7. om...klo panther 2.3 emang pake oli kopling? klo pake, posisi n cara ngisinya gmn? thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. panther 2300 memakai kabel kopling, bukan hidrolik, jadi ngak perlu nguras he99

      Delete
  8. om..sya pnya GR 1996 masalah di rem nya klo lagi kecepatan tinggi pedalnya tinggi + keras ( mbatu ) bagel kata orang...tpi klo kecepatan rendah misalnya di jalanan yang macet pedal rem nya normal..
    rem nya juga tidak pakem..alias sudah diinjak baru berhenti sekitar 1 / 2 meteran..kenapa ya om..central rem atasnya sudah di ganti..buang angin sudah sampe ngabisin berbotol botol..tpi g ada juga perubahan di remnya om..apa karna boster remnya..tpi klo boster remnya sudah saya coba ganti juga pakai yang ori..tetep saja masih begitu..tolong solusinya dong om...
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kalau dari ceritanya itu masalah ada di unit booster rem, bisa booster remnya sendiri yang bermasalah atau hisapan dari vakum booster yang bekerjanya ngak maksimal, silahkan periksa juga slang slang nya juga apakah ada kebocoran.

      Delete
  9. Om klo pas nguras minyak kopling mesin ke adaan mati ato hidup om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kondisi mati aja lah, ngeri amat ngolong saat mesin hidup

      Delete
  10. itu namanya seal kep master kopling bawah, kalau asli itu harus ganti se glungdung, tapi kalau mau diperbaiki tingal anda buka lalu karetnya bisa diganti / dikanibal dengan karet punya mobil yang lain selama bentknya sama. :)
    Reply

    Malam Pak Iwan,
    Numpang tanya menyambung pertanyaan diatas, cara ganti seal klep master kopling bawah gmna caranya ya ? itu di buka apanya ?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal ngolong lalu buka baut mengikatnya, setelah itu ada kancingan baja tinggal dilepas pake tang lancip ntar unit peer dan pistonnya bisa dikeluarkan. setelah diganti pasang lagi, lalu pasang selang minyaknya, diisi lalu pompa selesai

      Delete
  11. saya coba mau menguras minyak rem di kopling, mungkin saya salah tahapannya, terlambat pengisian minyak rem pada saat menguras atw sebab lain, sekarang sepertinya rem kopling saya ngempos kalo diinjak dan tidak kembali, saya sudah coba mengisi dan mengocok dengan mencoba membuang angin di nepel atas mesin sebelah kanan bawah dekat dinamo stater dan bawah , tetapi tetap tidak bisa tetap posisi ngempos, mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuang angin bisa dari nepel atas juga bisa dari nepel tempat anda membuang olie, coba anda lakukan buang angin dari nepel bawah jangan jangan angin terperangkap di tabung bawah.

      Delete
  12. Apakah proses diatas bisa diaplikasikan pada kijang kapsul diesel 2002? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidrolik kopling sama saja, cuman beda bentuk aja,

      Delete
    2. Mau banyak om kopling mobil saya ford 92 ringan bgt injakannya gk fungsi persenel susah di masukin ..
      Setelah saya cek minyak kopling habis trs gimana om solusinya ap cuma isi minyak kopling doang biar normal kembali ..

      Delete
  13. kira" butuh berapa liter om, untuk kuras koplingnya? thankyu...

    ReplyDelete
  14. kira" butuh berapa liter om iwan, untuk kuras minyak kopling nya??

    ReplyDelete
  15. Panther saya hi grade th 2000, ada sedikit masalah dg kopling. Kalau siang hari pedal kopling jadi tinggi, keras dan susah untuk mainkan gigi transmisi, tapi pada waktu malam hari jadi ringan. Saya pakai minyak kopling DOT 3 merk tiga berlian. Terus kira - kira kenapa ya...bang...? Mohon petunjuk dan penjelasannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Om Iwan .. kalau avanza type S 2007. Spy koplingnya agak empuk gimana caranya..utk avanza tsb pakai kabel atau hidrolik ya om..kopling nya.. terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk avansa 1500cc sudah memakai hidrolik, dan kurasnya sama saja, hanya pada avansa klihatannya tabung hidrolik koplingnya jadi satu dengan tabung rem. kalau biar empuk ya cuman coba dikuras bagian bawahnya untuk membuang minyak pada master bawah. da coba anda mengolong dibawah dasbord untuk meminyaki tuas tuas pedal kopling. kalau masih keras kemungkinan ya cuman satu seal seal pada master udah melar hingga menjadi kerjannya lebih berat

      Delete
  17. Panther ls 2001, bila pedal kopling setelah dinjak tdk mau kembali normal keatas( hanya sepauhnya) kira2 apa penyebabnya. Tks p.iwan

    ReplyDelete
  18. Panther ls 2001, bila pedal kopling setelah diinjak pedalnya tidak mau kembali ketas ( hanya separuhnya) apa penyebabnya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila setelan ketinggian pedal normal, brarti seal masternya dah kena/ melar sehingga ijalan keras itu berakibat pedal ngak akan balik karena kekuatan peernya pedal ngak kuat mengembalikan posisi ke semula sebelum ditekan.

      Delete
  19. Kopling panther 2'5 th 2000 agak susah masuk gigi nya, gimana cara mengatasi nya om, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin setelan nya kurang , coba mengolong dan tampahin beberapa putaran, bila masih masuk gigi kurang kemungkinan ya unit transmisi bermasalah atau bisa jadi pemakaian oli transmisi ngak tepat juga bisa jadi masuknya rada alot

      Delete
  20. om iwan, master atas bocor, bisa diganti part nya? ato ganti 1 set?
    Higrade 99, master atasnya yang ori warna apa? yg sy warna hitam. kalo bukan ori rencana mau diganti 1 set aja. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti dengan reparkit nya aja, tapi bila kondisi rumah pistonnya dah jelek alangkah baiknya diganti satu set

      Delete
  21. Om cara diatas bs buat mobil hyundai getz ngak y .. Mkasih om

    ReplyDelete
  22. Om cara diats bisa buat hyundai getz ngk om. Mksih

    ReplyDelete
  23. Minyak rem ternyata juga bisa untuk minyak kopling om?

    ReplyDelete
  24. Apa kabar Om Iwan, lagi sibuk kah? Sudah lama tidak diupdate blog-nya. Mudah2 an sehat-sehat selalu & karena kesibukan saja jadi belum sempat update. God bless Om Iwan :)

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)