Menguras
Minyak Kopling Panther 2.5
Anda Penganut style PM 028 (bila bisa diperbaiki mengapa harus diganti, bila bisa bikin sendiri mengapa harus beli)
Bahan yang diperlukan: (gambar1)
1. Suntikan bekas tinta isi ulang, ( untuk memudahkan saja) bila ngak ada bisa pakai cara lain
1. buka kap mesin lalu buka tutup hidrolik
3. Lalu
bersihkan tempatnya pakai tissu atau lap, hati2 tissu jangan sampe tercecer
ditabung. (Bila Tabung ngak dibersihkan maka ditakutkan sisa sisa endapan olie akan mengotori olie rem yang baru.
7. Proses
no 6 dilakukan terus sampe minyak yang keluar di bak penampungan menjadi
jernih.
setelah jernih segera kencangin nepel kembali, lalu isi kembali minyak sampe dibatas atas.
Simple Bukan ...
Selamat Mencoba
Bete Liat
Tabung Reservoir Kopling yang minyaknya Menghitam?
Ingin
Kopling selalu Empuks dan nyaman bila ditekan,
Anda
Berjiwa Do It Your Self ?
Anda Penganut style PM 028 (bila bisa diperbaiki mengapa harus diganti, bila bisa bikin sendiri mengapa harus beli)
Bila Ya. silahkan teruskan mbacanya .. :)
Bahan yang diperlukan: (gambar1)
Gambar 1 |
1. Suntikan bekas tinta isi ulang, ( untuk memudahkan saja) bila ngak ada bisa pakai cara lain
2. Kertas Tissu
secukupnya
3. Minyak
Rem Dot 3, warna Bening atau Merah terserah anda.
4. Selang
sepanjang 20-30 cm untuk penampung beserta botol bekas untuk penampung minyak
hidrolik yang ngak kepakai.
5. Kunci
no 8 ... (pas atau ring sama saja)
1. buka kap mesin lalu buka tutup hidrolik
2. sedot
memakai alat suntik untuk mengosongkan tabung di reservoir (gambar2)
Letak nepel di bawah mobil |
4.
Kemudian Isi tabung dengan minyka baru sampe batas atas. (gambar2)
5.
Ngolonglah dibawah mesin, lalu carilah nepel berkunci 8, lalu pasanglah ujung
nepel dengan selang, lalu kendorkan nepel dengan kunci 8 sedikit saja sampe
minyak keluar dari selang mengalir ke botol penampungan (gambar 4)
6. Sesegara anda naik ke ruang mesin untuk mengisi bak reservoir kembali.
Gambar 4 |
Tangki Minyak yang sudah bersih |
setelah jernih segera kencangin nepel kembali, lalu isi kembali minyak sampe dibatas atas.
8.
terakhir kocok kocok (tekan tekan) pedal kopling, lalu cek kembali ketinggian minyak, tambah bila perlu. setelah itu tutup kembali dan pekerjaan selesai, bak penampung kopling anda
akan jernih seperti seperti Mobil Panther th 2013 ber plat XX
Simple Bukan ...
semoga mobil selalu beserta anda........................wkwkwk
ReplyDeleteKalau Dijual atau di gadaiin ya ngak beserta anda bos. :)
Deletemenguras minyak rem,,caranya juga sama seperti yg diatas ya om..
DeleteMenguras Minyak rem ya ngak bisa seperti cara menguras kopling, menguras minyak rem harus 2 orang, pake prosedur injak rem lalu orang yang dibawah mbuka pentil rem, ( prosedur buang angin)
DeletePak mohon petunjuknya
ReplyDeleteMobil saya panther LS 2002 2.5cc
Pedal koplingnya lumayan keras, kalo dapet jalan macet bikin paha kram.
Ada cara pak untuk membuat pedal kopling jadi ringan???
Terima kasih
Selama Unit kopling masih normal ( ngak ada modifikasi misal diganjal ring bagian matahari dll kalau kopling anda keras itu adalah mutlak kesalahan dari master kopling atas atau master kopling bawah kemungkinan dari seal karet yang udah membesar (melar), kadang kala dengan menguras minyak akan bisa sedikit meringankan, juga dengan sedikit menyetel tuas kopling dengan cara diberi jarak bebas main yang lebih besar. http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/setel-ketinggian-pedal.html
DeleteSejak awal memeng sudah seperti ini keras pedalnya (maksudnya standarnya seperti ini). Cuman saya mau lebih meringankan pijakan kopling, lebih ringan dari standarnya.
DeleteAda caranya gak pak???
Om mohon pencerahan nih. Saya udah bolak balik buang angin atas bawah. Tapi masih ngempos juga koplingnya. Itu karetnya yg udah melar atau gimana ya?
Deleteom kalo koplingnya jd ambles solusinya gmana??
ReplyDeleteApa maksudnya Ambles ??
Deleteom kalau minyak kopling di karet kopling bawah netes apa yg perlu di ganti om? saya ga tau namanya? mohon pencerahan om...
ReplyDeleteitu namanya seal kep master kopling bawah, kalau asli itu harus ganti se glungdung, tapi kalau mau diperbaiki tingal anda buka lalu karetnya bisa diganti / dikanibal dengan karet punya mobil yang lain selama bentknya sama. :)
DeleteHalo, Om Iwan mau nanya lagi nih, Om. Sekarang Ispan saya sama kasus kyk Agan di atas, di karet master kopling bawah netes minyaknya. Mau tanya Om apa harus ganti segelundung, apa bisa ganti seal nya saja? Terus ada repair kitnya gak Om? Kalau ganti segelundung mahal gak, Om? Makasih banyak ya Om Iwan.
DeleteKalo yang tangki minyaknya jadi satu sama yg buat rem (kaya standarnya timor) apa bisa dikuras kopling saja?
ReplyDeleteKalau minyaknya jadi satu macam avanza 1500 ya jangan dilakukan prosedur ini, he99
DeleteSlmt malam Pak Iwan, barusan saja saya coba DIY kuras minyak kopling panther 2.5 saya, tapi kok malah masuk angin (ngempos terus). Saya udah coba buang angin seperti di rem sepeda motor : kocok2 trus buang minyak dari nepel master yang dibawah ber ulang2 tapi masih ngempos juga. Gimana caranya buang angin kopling ya? terimakasih u/ jawabannya.
ReplyDeleteBuang angin prosesnya sama dengan rem disc brake pada motor, anda tinggal kocok lalu tekan pedal, sementara seseorang harus dibawah membuka nepel, setelah minyak keluar dan nepel ditutup baru injakan dilepaskan. Sejauh ini prosedur buang angin dan pengurasan minyak kopling harusnya ngak bermasalah, karena walaupun masuk angin nanti angin juga biasanya keluar dari master atas. Mungkin bila ngempos terus ada kerusakan pada seal atau ada kesalahan prosedur dalam membuang angin.
DeleteTrmksh Pak Iwan u/ jawabannya, kebetulan persoalan buang angin kopling sudah terselesaikan. Ternyata ada 2 nepel disaluran kopling panther 2.5; nepel atas & bawah, setelah buang angin di nepel atas dan dilanjutkan buang angin di nepel bawah, kopling sudah normal kembali. Ohya pak iwan, saya ada pertanyaan kembali (mgkn ini diluar topik), sya biasa mengisi mesin panther GR 97 dengan olie meditrans sx sebanyak 6lt (tiap +/- 5000km olie mesin&filter olie diganti baru).Pertanyaan : setiap ganti olie, olie mesin lama selalu berkurang 1lt (kalo sya takar olie lama jadi 5lt) dan pada saat stasioner di lubang pengisian olie keluar uap tipis (tipis banget - ga tebal), apa itu wajar?. Trmksh u/ jawabannya.
Deleteolie mesin panther hanya butuh 4,5 liter sekali isi bila diisi 6 liter itu sangat terlalu banyak. kalau tiap 5000km di tap olie berkurang 1 liter, itu tandanya mobil anda olinya sudah naik, (ngebul istilah pada mobil bensin) olie naik bisa dari celah liner atau ring seker yang lemah juga bisa dari seal klep yang udah ngak rapat. Untuk pengukuran sebenarnya anda bisa ke bengkel resmi untuk melakukan uji kompresi dari sana bisa diketahui keadaan kompresi mesin anda.
DeleteSaran saya lebih baik isi mobil anda dengan 4,5 liter, lalu setiap 1000 km selalu periksa tambah olie bila kurang.
om...klo panther 2.3 emang pake oli kopling? klo pake, posisi n cara ngisinya gmn? thnx
ReplyDeletepanther 2300 memakai kabel kopling, bukan hidrolik, jadi ngak perlu nguras he99
Deleteom..sya pnya GR 1996 masalah di rem nya klo lagi kecepatan tinggi pedalnya tinggi + keras ( mbatu ) bagel kata orang...tpi klo kecepatan rendah misalnya di jalanan yang macet pedal rem nya normal..
ReplyDeleterem nya juga tidak pakem..alias sudah diinjak baru berhenti sekitar 1 / 2 meteran..kenapa ya om..central rem atasnya sudah di ganti..buang angin sudah sampe ngabisin berbotol botol..tpi g ada juga perubahan di remnya om..apa karna boster remnya..tpi klo boster remnya sudah saya coba ganti juga pakai yang ori..tetep saja masih begitu..tolong solusinya dong om...
terima kasih sebelumnya..
kemungkinan kalau dari ceritanya itu masalah ada di unit booster rem, bisa booster remnya sendiri yang bermasalah atau hisapan dari vakum booster yang bekerjanya ngak maksimal, silahkan periksa juga slang slang nya juga apakah ada kebocoran.
DeleteOm klo pas nguras minyak kopling mesin ke adaan mati ato hidup om?
ReplyDeleteya kondisi mati aja lah, ngeri amat ngolong saat mesin hidup
Deletemaster kompling ga pakai booster seperti master rem, jadi ga perlu idupin mesin
Deleteitu namanya seal kep master kopling bawah, kalau asli itu harus ganti se glungdung, tapi kalau mau diperbaiki tingal anda buka lalu karetnya bisa diganti / dikanibal dengan karet punya mobil yang lain selama bentknya sama. :)
ReplyDeleteReply
Malam Pak Iwan,
Numpang tanya menyambung pertanyaan diatas, cara ganti seal klep master kopling bawah gmna caranya ya ? itu di buka apanya ?
terima kasih
ya tinggal ngolong lalu buka baut mengikatnya, setelah itu ada kancingan baja tinggal dilepas pake tang lancip ntar unit peer dan pistonnya bisa dikeluarkan. setelah diganti pasang lagi, lalu pasang selang minyaknya, diisi lalu pompa selesai
Deletesaya coba mau menguras minyak rem di kopling, mungkin saya salah tahapannya, terlambat pengisian minyak rem pada saat menguras atw sebab lain, sekarang sepertinya rem kopling saya ngempos kalo diinjak dan tidak kembali, saya sudah coba mengisi dan mengocok dengan mencoba membuang angin di nepel atas mesin sebelah kanan bawah dekat dinamo stater dan bawah , tetapi tetap tidak bisa tetap posisi ngempos, mohon pencerahan...
ReplyDeletemembuang angin bisa dari nepel atas juga bisa dari nepel tempat anda membuang olie, coba anda lakukan buang angin dari nepel bawah jangan jangan angin terperangkap di tabung bawah.
DeleteApakah proses diatas bisa diaplikasikan pada kijang kapsul diesel 2002? Mohon pencerahannya
ReplyDeletehidrolik kopling sama saja, cuman beda bentuk aja,
DeleteMau banyak om kopling mobil saya ford 92 ringan bgt injakannya gk fungsi persenel susah di masukin ..
DeleteSetelah saya cek minyak kopling habis trs gimana om solusinya ap cuma isi minyak kopling doang biar normal kembali ..
Mantaf...ilmunya
ReplyDeleteMantaf bagi2 ilmunya...
ReplyDeletekira" butuh berapa liter om, untuk kuras koplingnya? thankyu...
ReplyDeletekira" butuh berapa liter om iwan, untuk kuras minyak kopling nya??
ReplyDeletesekitar 200cc
DeletePanther saya hi grade th 2000, ada sedikit masalah dg kopling. Kalau siang hari pedal kopling jadi tinggi, keras dan susah untuk mainkan gigi transmisi, tapi pada waktu malam hari jadi ringan. Saya pakai minyak kopling DOT 3 merk tiga berlian. Terus kira - kira kenapa ya...bang...? Mohon petunjuk dan penjelasannya. Terima kasih.
ReplyDeleteOm Iwan .. kalau avanza type S 2007. Spy koplingnya agak empuk gimana caranya..utk avanza tsb pakai kabel atau hidrolik ya om..kopling nya.. terimakasih banyak
ReplyDeleteuntuk avansa 1500cc sudah memakai hidrolik, dan kurasnya sama saja, hanya pada avansa klihatannya tabung hidrolik koplingnya jadi satu dengan tabung rem. kalau biar empuk ya cuman coba dikuras bagian bawahnya untuk membuang minyak pada master bawah. da coba anda mengolong dibawah dasbord untuk meminyaki tuas tuas pedal kopling. kalau masih keras kemungkinan ya cuman satu seal seal pada master udah melar hingga menjadi kerjannya lebih berat
DeletePanther ls 2001, bila pedal kopling setelah dinjak tdk mau kembali normal keatas( hanya sepauhnya) kira2 apa penyebabnya. Tks p.iwan
ReplyDeletePanther ls 2001, bila pedal kopling setelah diinjak pedalnya tidak mau kembali ketas ( hanya separuhnya) apa penyebabnya. Tks
ReplyDeletebila setelan ketinggian pedal normal, brarti seal masternya dah kena/ melar sehingga ijalan keras itu berakibat pedal ngak akan balik karena kekuatan peernya pedal ngak kuat mengembalikan posisi ke semula sebelum ditekan.
DeleteKopling panther 2'5 th 2000 agak susah masuk gigi nya, gimana cara mengatasi nya om, makasih
ReplyDeletemungkin setelan nya kurang , coba mengolong dan tampahin beberapa putaran, bila masih masuk gigi kurang kemungkinan ya unit transmisi bermasalah atau bisa jadi pemakaian oli transmisi ngak tepat juga bisa jadi masuknya rada alot
Deleteom iwan, master atas bocor, bisa diganti part nya? ato ganti 1 set?
ReplyDeleteHigrade 99, master atasnya yang ori warna apa? yg sy warna hitam. kalo bukan ori rencana mau diganti 1 set aja. trims
bisa diganti dengan reparkit nya aja, tapi bila kondisi rumah pistonnya dah jelek alangkah baiknya diganti satu set
DeleteOm cara diatas bs buat mobil hyundai getz ngak y .. Mkasih om
ReplyDeleteOm cara diats bisa buat hyundai getz ngk om. Mksih
ReplyDeleteMinyak rem ternyata juga bisa untuk minyak kopling om?
ReplyDeleteApa kabar Om Iwan, lagi sibuk kah? Sudah lama tidak diupdate blog-nya. Mudah2 an sehat-sehat selalu & karena kesibukan saja jadi belum sempat update. God bless Om Iwan :)
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSelamat sore om iwan....sy mau tanya nih....sy baru ganti master kopling bawah avanza s tp knapa yaa klo di injak aga lama giginya susah untuk pindah apakah kemungkinan masih ada angin palsu yang terjebak di masternya
ReplyDelete