Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menguras Minyak Power steering

Menguras Minyak Power Steering  

Bahan dan alat:

1. Botol Aqua/ Fanta kosong ukuran 1,5 atau 2 liter.2. Alat penyedot, 3. Minyak power stering (1,5/ 2 Liter) Dextron 3 merk bebas, untuk contoh peragaan PM-028 memakai merk STP ( isi warna bening)4. Bantuan Teman. ( harus 2 orang )

Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan
Cara Kerja:
1. Buka mesin Kap dan segera kosongkan minyak dengan cara disedot (gambar2)
2Untuk Orang yang brani lebih advanted silahkan baca no 3, bila ngak lewati aja langsung ke No 4.
3. Buka baut pemegang tangki reservoir (baut kunci no 10) lalu lepas selang yang besar dan yang kecil ( selang besar adalah selang high Presure, sementara selang kecil adalah selang balik. 
Setelah itu dengan bantuan sikat gigi bekas bisa diisi dengan bensin lalu dikocok2 hingga kotoran keluar, (gambar4) setelah bersih ambil minyak power stering yang dikosongkan (cara no1) untuk membilas dan mengocok2 tangki untuk meninggalkan residu bekas bensin. bila minyak terlalu kotor bisa digunakan minyak yang baru ( dikit aja)
setelah bersih pasang kembali tangki ketempat semula dan jangan lupa hanya selang besar yang dipasang sementara selang kecil dibiarkan bebas dan bekas lubang selang kecil ditutup dengan mengunakan plastik + karet gelang.
4. Lepas selang kecil ( diatas selang yang besar), lalu jangan lupa bekas selang tadi di tutup memakai plastik yang diikat dengan karet.
5. setelah lubang kecil udah ditutup dengan plastik silahkan isi minyak power stering kedalam tangki lalu selang kecil dimasukkan ke dalam botol aqua bekas untuk menampung minyak yang akan dibuang.
6hidupkan mesin, sambil mengisi minyak power stering ... ( hati2 prosesnya agak cepat pengisian dan pengosongannya)
7. setelah minyak yang keluar dari botol aquas udah jernih, silahkan mesin dimatikan,
8. kembalikan selang kecil ketempat semula dan jangan lupa membuka sumbat platiknya dulu. 
9setelah itu isi minyak sampai batas atas.
10hidupkan mesin lalu lakukan ritual buang angin, yaitu putar setir kekanan sampai mentok lalu putar kekiri sampai mentok, dilakukan 3-4 kali. lalu matikan mesin, check kembali ketinggian minyak, bila turun segera isi kembali, lalu periksa terhadap kebocoran. MUDAH BUKAN .
11. Gambar 5 adalah contoh minyak yang udah dikuras, sementara disebelahnya yang agak jernih, adalah botol ke 2 karena botol pertama sudah penuh ( semakin jernih )

Selamat Mencoba 

82 comments:

  1. Om, kuras minyak power steering ini tiap berapa km ya?

    ReplyDelete
  2. Menurut standar Pabrikan biasanya menerapkan tiap 20-30 ribu km, :)

    ReplyDelete
  3. Mobilnya tanpa didongkrak om???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak perlu didongkrak, bahaya kalau didongrak dengan mesin menyala :)

      Delete
  4. habis brp duit & berapa botol stp ny om iwan?
    Maturnuwun bantuanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Menguras powerstering membutuhkan kira2 2 liter, harga sekitar 70 ribu seliter untuk STP bening, bila pakai merk lain ada juga yang cuman sekitar 30 ribu seliter ... bisa disesuaikan kantong anda :)

      Delete
  5. Pak Iwan, saya buka tutup tempat minyak power steering kok sulit banget ya.
    Mobilnya panther th 98. Saya sudah menanyakan by phone ke izusu (astra) dan diberi saran pakai lap / kain kering.
    Tapi sebenarnya cara tsb sudah pernah saya coba tapi belum berhasil.
    Bila njenengan juga punya pengalaman serupa mohon bagi tips nya ya pak.
    Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang Tutup power stering kadang begitu alot untuk dibuka terutama ketika dahulu nutupnya sangat kencang, cara mbukannya ya benar cuman pake lap kering dan sedikit agak disentak, lalu ingat bagian badannya juga ditahan biar pemegannya ngak semplak. atau bila tidak berhasil coba buka ketika mesin habis kerja ( kondisi panas ) bila ngak berhasil juga ya pake bantuan pembuka filter ( tapi yang kain ) heheheee pasti bisa, kalau tetep ngak bisa ya jalan satu satunya cuman dicopot lalu dilepas dibawah ... heheheheee

      Delete
  6. Maturnuwun Pak Iwan, untuk tipsnya

    ReplyDelete
  7. pak iwan, saya mau nanya, emang jenis minyak power steering ada brpa yah?
    kapan hari saya beli minyak power steering merk stp,warna nya kuning bening, sedangkan yg dmobil warnanya merah?

    klo saya campur ada masalah gak pak.. trim

    info,mobil inova bensin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak PW umumnya berklasifikasi Dekstron 3, sama seperti olie mesin warnanya tergantung produsen, berdasarkan pengalaman saya, pencampuran minyak pw, tidak bermasalah. coba anda pelajari dan baca buku pedoman pemilik untuk lebih jelasnya. :)

      Delete
  8. Saya pernah ganti seal bawah PS panther th 2002, oleh bengkel dikasih oli 10 literan (yg dlm drum), apakah tdk ada masalah??trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak power stering harusnya berbeda dengan olie mesin, kekentalannya pun juga beda, dan isinya hanya sekitar 2liter kalau ganti total, kalau diisi 10 liter brarti anda kena zonk bengkel .... :)

      Delete
    2. Mungkin maksudnya pakai oli SAE 10 yang literan (dari drum) bukan pakai oli mesin 10 liter

      Delete
    3. om iwan atau om raswan ,saya kemarin tanya di toko ada yang jual oli sae 10 curah,yang saya tanyakan apakah oli sae tersebut boleh dipergunakan ke dalam sistem power steering kucing om sedangkan menurut spesifikasi dari blog om iwan harus dexron 3 sedangkan oli tersebut adalah sae 10,jika tidak berkeberatan saya ingin menanyakan perbedaan oli sae 10 dan dexron 3 om dan perbedaan antara power steering fluid dengan ATF dexron 3 om?
      ditoko tersebut juga ada oli prestone power steering fluid harga seliter 50rb jadi saya masih pikir2 untuk menggunakan oli tersebut apakah oli tersebut boleh digunakan di ps kucing om karena saya tidak melihat tulisan dexron 3 om?

      Delete
    4. Sae adalah standart kekentalan sedangkan dextron 3 itu standart kualitas/baku mutu jadi ya berbeda kegunaannya misal kalau olie gardan itu standar kekentalannya ada yang sae90 sae 140 dll sedang standart klasifikasinya ada gl 4 gl 5 dst. jadi olie kekentalan sama kadang peruntukannya berbeda

      Delete
  9. Pa Iwan saya mau nimbrung nanya nih, bulan kemarin corola saya di modif pake PS, tapi ga bener ada suara ngoroknya apa lagi kalau belok ngoroknya kenceng banget. Selang High udah ganti dari yg murah sampe yg harga 300an. Posisi tangki minyak udah dipindah pindah supaya turunnya minyak banyak. Udah abis banyak nih doku PS ga bener bener.
    Mohon pencerahan dari Pa Iwan, kira2 apa nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suara ngorok ya ngak ada hubungannya ama minyak ataupun selang rem, ngorok itu brarti ada gesekan yang ngak normal didalam PS. karena waktu belok disitulah PS akan bekerja, sementara bila setir lurus maka PS tidak bekerja. Cobalah konsultasi dengan bengkel tempat modifikasi, dan untuk sedan cobalah dipikirkan untuk memodifikasi memakai Electric PS.

      Delete
  10. ikutan nimbrung om..
    low pengalaman sy ,low PS bunyi ngorok, masalahnya dari pompa olinya.coba aja ganti pompa olinya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thangkiu atas sharingnya , mungkin bisa berguna bagi yang lain

      Delete
  11. Numpang nimbrung pak
    Mau tanya pak, saya punya panther 2004 kok setirnya berat padahal pakai power steering, tapi beratnya tidak continue ( dalam satu putaran sampai mentok kadang berat kadang ringan) kemudian setiap setirnya diputar ada suara berdecit di bagian roda depan. Kira2 masalahnya apa ya pak?
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
  12. om klo panther 2.3 dengan ban 235/15 tekanan 35psi, tierot dah ganti baru kok PS nya berat kaya pakai katana yang gak pake PS, trus apa ya om yang harus dilakuin agar PS jadi lebih ringan? makasih om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada setelannya enteng atau berat di daerah worm stir .. bawa aja ke bengkel buat stel, tapi ya jangan ringan2 bntar cepat KO PS nya he99

      Delete
  13. Numpang nimbrung pak....
    PS panther 2.5 saya kok oli PSnya nambah terus pada hal tidak ada kebocoran, kira2 masalahnya apa ya pak? mohon solusinnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh ya, olie bertambah banyak brarti kemungkinan cuman ketambahan olie dari mesin, kemungkinan ada seal yang bocor brarti, padahal rata rata PS bocornya pasti keluar. Coba dilihat olie PS nya bila sangat hitam brarti itu terkontaminasi olie mesin

      Delete
    2. maksud bapak di atas mungkin bocor um, bukan nambah. emang bisa bertambah om?? nimbrung om, kapan minyak PW perlu dikuras?

      Delete
    3. dikuras sekitar 50ribukm atau bila oli udah sangat kotor (banyak residu di penyaringannya)

      Delete
  14. numpang nimbrung pak. chevy zafira A/T , oli PW sampai kering. tandanya hanya terakhir saya pakai sedikit berat. setelah aya cek oli kering n ada tetesan oli di lantai. sebaiknya saya isi oli PW sebelum bawa ke bengkel atau bgmn sebaiknya ya pak. matur nuwun n mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila memang kering ada baiknya anda isi olie dulu, jangan biarkan PS bekerja tanpa olie, itu hanya akan memperparah kerusakan, ... karena olie selain berfungsi sebagai hidrolik dia berfungsi sebagai pelumasan juga

      Delete
  15. Ikutan nimbrung pak, mbl saya taruna fix 2002 tiba2 stir Berat pdhl sblmnya normal, apa ada indikasi pompa power steering Kotor atau perlu service? Oli blm diganti sudah 40rb km..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa kekencangan belt dll, kalau cuman olie belum dikuras ngak akan berpengaruh pada kerja powerstering, olie ini hanya bersifat untuk meraawat (pelumasan) pada sistem PS, jangan lupa periksa unit suspensi dan roda depan, karena PS kan bekerja bersamaan ama unit suspensi dan roda depan.

      Delete
  16. tanya pak, mobil saya mitsubishi galant hiu tahun 2000 klo setir di putar sampai mentok ada bunyi ngerik keras dan utk pompa ps terlihat basah tapi oli power stering tdk berkurang banyak,
    kira2 masalahnya apa pak? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. PS itu bekerja bersamaan mengerakkan sistem kemudi mobil, ketika diputar maksimal maka disitulah dia bekerja maksimal, kemungkinan bunyi bisa berasal dari pompa itu sendiri atau dari unit stering, coba anda putar kekanan dan kekiri bila bunyinya lain kemungkinan dari unit stir, tapi bila sama maka kemungkinan dari pompa PS nya. Kalau cuman bocor sedikit ( merembes) tentunya jumlah Minyak ngak akan berkurang signifikan. coba periksa jangan2 kebocoran dari selang atau klem, karena dengan berjalannya waktu selang akan mengeras jadi elastisitasnya berkurang.

      Delete
  17. Pak saya mau nanya nih. Saya punya avanza G 2011.dalam kondisi berjalan sekitar 30km/j Kalau stir di belokan ke kiri suara jadi mendengung di mesin sedangkan bila stir di belokkan ke kanan tidak ada suara mendengung. Kira2 itu ps yg bermasalah yah? Dibagian mana? Oli atau perangkat ps nya? Trims pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake oli brarti PSnya masih tipe hidrolik, berhubung mobil masih relatif baru, bila semua unit kaki kaki normal, maja cobalah untuk buang angin dulu pada PS anda. Kadang PS masuk angin ya bisa bikin PS bebrbunyi aneh waktu bekerja, Caranya dongkra mobil anda hingga kedua roda depan mengantung, lalu hidupkan mesin dan putar stir kekanan dan kekiri sampe mentok beberapa kali (cara memutarnya stir dengan kecepatan yang konstan) setelah itu priksa ketinggian olie PS, tambah bila berkurang.

      Delete
    2. Waktu pemeriksaan oli saat mobil dalam posisi dongkrak atau posisi sudah turun dongkrak pak? Waahh trimakasih banyak atas responnya pak :)

      Delete
    3. ngak masalah sebelon atau sesudahnya itu kan cuman memeriksa apakah minyak PS turun karena anginnya kebuang. bila tinggi minyak tetap brarti unit PS ngak masuk angin dan brarti ada penyebab yang lain

      Delete
  18. mau nanya om...stir diputar full dlm keadaan idle rpm kok ngedrop sampai mati..kenapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu stir diputar unit power stering akan bekerja, dan karena kerjanya ikut mesin itu akan membebani kinerja mesin. jadi kemungkinannya kalau statiner mesin kurang besar tentunya ada maslah dipompa ps sehingga kerjanya makin berat dari normalnya sehingga sampe bikin mesin drop lalu mati

      Delete
  19. Slmt siang Pak Iwan... panther sy th 2005, sy mau kuras oli ps dg cara spt d atas,yg sy tanyakan apakah setiap kuras olie ps hrs d barengi dg ganti seal2nya ? atas pencerahaanya smoga dilipat gandakan pahalanya amin...trm ksh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengganti oli PS ya ngak ada hubungannya dengan seal seal PS, seal PS itu hanya diganti kalau udah rusak dengan ditandai oleh kebocoran. atau ada tindakan perbaikan PS dimana biasanya seal juga ikut diganti daripada 2x pekerjaan.

      Delete
  20. Ikut tanya om iwan
    Sy habis ganti seal PS. Kok setelah itu stir kurang nyaman. Sudut belok nya jga berbeda. Untuk belok ke kiri sudut ny lebih besar. Mohon informasiny om. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kurang nyaman karena setelan enteng dan tidaknya diPS, sedangkan sudut belok beda kiri dan kanan itu ada baut stoper penyetelan, dilain update akan saya update gambar beserta letaknya.

      Delete
  21. Ikut Tanya Pak iwan
    Kalo mau nambah minyak powerstering dengan merek yang berbeda boleh apa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penambahan olie ps dengan merk berbeda tidak masalah

      Delete
  22. Mo nanyw pak. PS Mitu kuda disel Saya bila sudah panas PS sedikit berdengung ketika berbelok kuat ke kri maupun kanan. Tp hal ini tdak terjadi ketika masih dingin. Apakh hal ini masih normal atau ada masalh pd PS nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAda saat stir diputar dengan kuat kekiri atau kekanan disitulah ps bekerja dengan keras. bila ada dengung tentunya ada unit yang sudah aus di bagian pompa. Coba ganti terlebih dan kuras dengan olie ps yang bagus dan baru. siapata tau bisa sembuh problem suaranya

      Delete
  23. Mo Tanya om Iwan, saya puya cielo 94, sudah 2 bulanan ini setiap pagi pada awal pemakaian mobil, ps selalu masuk angin (oli ps berbuih), tapi setelah dipakai beberapa menit hilang sendiri, apakah dengan kuras minyak ps bisa mengatasi masalah tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan ritual buang angin dulu, ganjal mobil sampe roda depan mengantung semua lalu hidupkan mesin dan putar stir kekanan mentok kekanan lallu kekiri selama beberapa kali. dan selama memutar stir diusahakan dengan kecepatan yang konstan

      Delete
  24. Mo Tanya Pak Iwan...Mobi sy Cielo 94. Sudah 2 minggu ini kalo pagi hari pertama hidupin pompa PS (yg ada beltnya) sgt berisik, sktr 5 menitan bunyinya berkurang/hilang. Jd kalo uda dibawa jalan/mesin panas suara berisiknya hilang. Oli gk prnah kurang normal aja. Mohon pencerahan. Ritual buang angin sdh di lakukan. Trims

    ReplyDelete
  25. Met mlm..mo tanya pak. Mobilq cielo 94 stiap pagi saat di hidupin pertama kali suara pompa PS berisik (yg ada beltnya),sktr 5 menit/mesin panas kemudian suara berisiknya berkurang sampe hilang sendiri. Ritual buang angin sdh di lakukan. Mohon sarannya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pastikan dulu kekencangan belt, olie dan lain lain sudah sesuai prosedur, bila ternyata semua bagus kemungkinan ya ada kerusakan didalam unit pompa ps.

      Delete
  26. sedikit mirip kuras radiator ya. makasih info nya pak

    ReplyDelete
  27. Selamat pagi pak..mau nanya pak..mobil sayan civic ferio 97.kalau setir di putar kiri atau kanan..RPM nya tidak naik sedikit pun atau tidak ada respon..trus ada bunyi mendengung di pompa...apa pengaruh bunyi di pompa sama tidak ada respon RPM pak...atau ada kah soket atau kabel sensor untuk menaik kan RPM ketika setir di putar??makasi pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk PS mekanik, dia hanya bekerja wktu stir dibelokkan, sedangkan dengung yang keluar itu menandakan kalau PS stering bekerja, sedang suara dengung mungkin disebabkan bagian dalam pompa sudah mulai ada keausan jadi timbul bunyi.

      Delete
  28. Pak Iwan, saya punya panther turbo yang sudah ada turbo timernya.
    Kesulitan saya karna setelah oli bersih dan mesin dimatikan akan tetap menyala selama 30 detik.
    Bagaimana solusinya? Apakah saya harus menyediakan oli lebih banyak lagi (3-4 liter) atau selang return bisa dipanjangkan sehingga kalau sudah terlihat jernih, selang return bisa dikembalikan ke tabung langsung?
    Berapa kira2 rate sirkulasi oli power steering panther?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja dicopot timernya, kalau ngak bisa ya anda bisa sedikit memencet sirkulasi olie sehingga yang keluar sedikit, jadi bisa diperkirakan kira kira 30 detik oli yang keluar cuman 1,5 liter.

      Delete
  29. Apakah penambahan Oil Power Steering harus sama merek nya ? atau cuman harus sama warnanya ?

    ReplyDelete
  30. Ikutan Tanya Pak iwan
    Kalo mau nambah minyak powerstering dengan merek yang berbeda dan standar kualitas yang berbeda ( dexron 3 atau dexron 2 ) boleh apa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih lebih baik dengan klasifikasi yang sama, sejauh ini minyak bila asli ketemu minyak asli bisa bercampur dengan mudah, yang jadi masalah ketika mendapat minyak aspal kadang akan terbentu sludge/ agar agar/ mengumpal.

      Delete
  31. Selamat siang pak iwan.
    Mau tanya pak, mobil sy maestro 90, mesin dalam keadaan menyala dan terparkir, stir sy belokkan ke kanan penuh, kmudian sy kembalikan ke kiri terasa ada gronjalan (putaran roda tersendat2, tidak halus) baik pada setir maupun rodanya, terutama roda depan kanan.. tapi kalau sy putar ke kiri penuh dn sy kembalikan tidak terasa apa2, halus.. apakah itu ada masalah di PS ataukan kaki2 nya, atau yg lain?
    Terimksh sblemunya.. :)

    ReplyDelete
  32. pagi pak.. saya ada blazer... PS ada speleng.. saya bawa ke bengkel untuk bertanya knp... sudah di stel pada gearbox PS nya.. katanya usdah mentok.. ada kah solusi untuk ini mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila as kopel stir dll kondisi bagus ya ngak bisa, sebenarnya speleng dikit itu kan buat keamanan terutama bila kecepatan tinggi.

      Delete
  33. selamat sore pak.
    mau tanya pak mobil saya panther 96 sebelum saya spooring, setir terasa mau belok ke kiri klu jalan. ban sebelah kanan aus sebelah dalam tapi kalau belok bisa kembali lurus. tapi setelah saya spooring setir terasa berat. klu belok nggak langsung lurus kembali harus di putar setirnya. kata bengkel nya ada kerusakan dipompa power steringnya...apa betul pak. mohon penjelasannya...sebelum di spooring saya ondersteel dulu di ganti booljoint kiri bawah. skok depan sama reckan kiri...

    ReplyDelete
  34. selamat sore pak.
    mau tanya pak mobil saya panther 96 sebelum saya spooring, setir terasa mau belok ke kiri klu jalan. ban sebelah kanan aus sebelah dalam tapi kalau belok bisa kembali lurus. tapi setelah saya spooring setir terasa berat. klu belok nggak langsung lurus kembali harus di putar setirnya. kata bengkel nya ada kerusakan dipompa power steringnya...apa betul pak. mohon penjelasannya...sebelum di spooring saya ondersteel dulu di ganti booljoint kiri bawah. skok depan sama reckan kiri...

    ReplyDelete
  35. selamat sore pak.
    mau tanya pak mobil saya panther 96 sebelum saya spooring, setir terasa mau belok ke kiri klu jalan. ban sebelah kanan aus sebelah dalam tapi kalau belok bisa kembali lurus. tapi setelah saya spooring setir terasa berat. klu belok nggak langsung lurus kembali harus di putar setirnya. kata bengkel nya ada kerusakan dipompa power steringnya...apa betul pak. mohon penjelasannya...sebelum di spooring saya ondersteel dulu di ganti booljoint kiri bawah. skok depan sama reckan kiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ama tukang spooringnya jangan jangan setelan baut di worm stirnya diubah, mungkin disporing masih lari kekanan kiri jadi dia diakalin dengan dibuat leboh berat stirnya

      Delete
  36. met pagi, mo nanya pak. panther taun 2000 minyak power steering (STP) meluap dari tabungnya,mpe abis. masalahnya dari apa yach? kondisi stationer juga sama.. menurut bengkel seal 3 bh yang ada di worm sudah aus dan ga ada yang jual.apa betul dari seal tsb dan solusinya gmn.? trims

    ReplyDelete
  37. powerstering kan bekerjanya dengan sirkulasi olie, jadi oli diputar kembali ketbung, kalau sampe olie meluap dari tabung brarti proses back olienya sangat kencang sehingga bikin tumpah, solusi sementara ya jangan isi olie banyak2 (sesuai ukuran batas atas) lalu pastikan tutup reservoir olie tertutup dengan rapat)

    ReplyDelete
  38. Mw ikut tanya Pa iwan, krg lbih 2 bln lalu sy ganti sil karena ada bocor netes, klo gk slah sil atas kta bengkelnya... Skrg oli di reservoir berkurang dkit dri posisi awal stelah perbaikan.. Sya amati gk ada yg netes. Kira2 knapa yah?? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamati aja apakah berkurangnya konstan terus, kalau berkurang terus brarti ada kebocoran, kalau cuman berkurang sekali ngak apa apa mungkin ada angin yang terperangkap lalu angin itu keluar jadi menyebabkan oli berkurang

      Delete
  39. Malem pa...mo tanya pa, kenapa ya setelah di kuras oli malahan berisik dan setiap kali mesin di matikan oli nya meluap keluar dari tabung resevoirnya? Kira2 problemnya dimana ya? Mobilnya atoz ...trims

    ReplyDelete
  40. Om ikut nimbrung y, Saya mo kuras PS panther hi sporty th 2000, kira" oli yg bagus untuk PS merek apa, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting adalah oli harus memenuhi syarat dextron3 dan jgn lupa mendapat oli yang asli. merk seperti stp bening juga recomendet walau harga agak sedikit mahal

      Delete
  41. Pak iwan saya mau tanya. mobil saya taruna 2002, setelah saya ganti seal karena bocor pada Powerstering mobil, setelah itu kalau mobil tidak dipakek 2 hari oil PS naik ke reservoir olie, tapi ketika dihidupkan oil turun ke posisi semula, dan ada bunyi berisik sekitar 2 menitan, kira2 masalahnya apa ya...trimaksaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan jangan masih ada angin di unit power strering

      Delete
  42. Pak Iwan Saya Mau Tanya,Kalo Untuk Toyota Avanza 2005 Kapasitas Olinya Berapa Liter Yah ?
    Saya Kemarin Beli Oli PS Nya yang STP 543Ml ...

    ReplyDelete
  43. Selamat malam pak Iwan, panther saya thn 2003 ls hi grade, awalnya stir diputar ke kanan atau ke kiri ada bunyi ngrook cukup keras, setelah ke bengkel katanya worm steer ada masalah, dan ternyata mmg ada yg sdh aus, setelah diganti sekalian dengan seal dan oli dan dites sdh bagus, tp stir agak berat dan saat saya naik mobil agak lama saat stir belok kiri dan kana masih bunyi ngrook tp bunyinya tdk keras, itu kenapa yah? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  44. Pak iwan saya juga mau konsultasi mobil saya honda stream 03 tiba tiba PS berat untuk di belokkan harus dengan di bleyer baru mau enteng, tidak ada suara mendengung seperti Oli PS kurang oli juga masih banyak, apakah masuk angin PSnya? Bagaimana cara mengatasinya? Trimakasih

    ReplyDelete
  45. Mau tanya ya om iwan,, sy baru saja ganti PS second, dan sama bengkel dikasih OLI sedangkan waktu itu yg ambil mobil dari bengkel bukan sy sendiri. jadi sy tidak tau oli apa yg digunakan kok berwarna kehitaman. yg sy tanyakan apakah bisa sy revil oli PS bila berkurang menggunakan oli STP yg lebih bening drpd oli dari bengkel yg berwarna kehitaman tanpa melakukan pengurasan terlebih dulu ya Om???dan apakah bisa menggunakan oli PS beda Merk bercampur??
    terima kasih

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)