Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Merawat Wiper dan Bikin Cairan Anti Derit ( Wiper Servicing )

Merawat Wiper & Bikin Cairan Anti Derit

Sebentar lagi mulai musim hujan,
Setelah wiper anda terkena terik matahari sepanjang musim kemarau ini, ayo kita servis biar segar kembali dan siap bertugas waktu hujan

Alat dan Bahan :

Tang Lancip, Lem Castol, Silicon semprot, Semir oles ban
cara kerja
Cara Kerja
Cara Kerja

1. Lepas Wiper dari tangkainya.
2. Ada 2 jenis wiper (gambar2) yang jenis bilah, yang satu jenis tangkai standart ispan
3. Semprot dengan silikon ujung2 engselnya, (gambar3)
4. untuk wiper model bilah, bisa dilepas karet nya lalu dudukan karet kita beri lem castol agar karet melekat kuat. hal ini bertujuan wiper lebih rigid, sehingga menghindari selip buat wiper diatas 21 inch ( panther kapsul)
5. sedang pada wiper tangkai problem terbesar adalah wiper berisik waktu dijalankan, untuk mencegah berisik silahkan jepi dengan tang tuas pemegang karetnya (gambar5) sehingga besi dapat menjepit dengan kuat, tapi ingan jangan dijepit semua cukup bagian tengahnya saja (lihat gambar 2 yang saya lingkari bulatan merah yang.
6. terakhir olesi karet dengan semir ban, ( berfungsi melemaskan karet wiper,
7. Pekerjaan selesai dan pasang kembali wiper dan rasakan bedanya ketika hujan badai datang.

Setelah Kita Servis Ternyata Ketika Hujan Tiba2 Sapuan Wiper tersendat dan berbunyi?

Tentunya hal ini akan menganggu kenyamanan dan bikin Senewen?
Langkah Langkah Kerja
Langkah Langkah Kerja
Sebelum anda memutuskan memensiunkan Wiper Anda, 
Cobalah anda Praktekkan dulu Cara dibawah ini So simple cuman butuh Duit Rp 2000,00 (Dua Ribu Rupiah)
  1. Siapkan Satu Sachet Kit Semir Ban dan 1 Sachet Kit Sampo ( untuk Sampo bisa merk Lain)
  2. Masukkan Kit Semir Ban dan Sampo Kedalam Tempat kosong, Misal botol bekas minuman.
  3. Isi Air Lalu Kocok hingga Kit dan Sampo tersebut bercampur dengan homogen.
  4. isi Cairan tersebut kedalam tangki Reservoir Air Penyemprot Wiper Anda, dan Ketika Hujan dan Wiper berbunyi silahkan tekan penyemprot air, Niscaya Derit tersebut langsung Hilang.
Mudah Bukan?

Semoga Bermanfaat

14 comments:

  1. om iwan, trik ke 2 sama dengan cairan wiper fluid ngak om ??? soalnya aku ada cairan itu klo sama aku pke itu dl hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klihatane sih beda, Cairan Wiper fluid itu membantu membersihkan kaca dan ada yang anti jamur segala, kalau ramuan buatan saya itu kan murni buat ngilangi wiper tersendat. he99

      Delete
  2. om iwan, maren trik benerin wipernya dah tak coba.. eh malah wipernya jd ga mengang sempurna nh T_T

    akhirnya tak ganti baru aja, pke merk denso om. pas hari hujan laah kok decit lg T_T

    apa emang gini ya T_T

    bsk2 tak buat dech cairan anti decitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. he99, brarti ada kesalahan prosedur dalam ber DIY, Coba dibaca dengan teliti lagi lalu wiper yang lama dibetulin lagi,... Yaaaa Wiper Baru kok berderit. heheheee kasian banget ... :) ya kasih aja semir ban selesai deh . he99

      Delete
  3. OM IWAN, ITU CAIRAN KIT SHAMPO + KIT SEMIR BANYAKNYA SEGIMANA? UNTUK CAMPURAN YG TEPAT?
    DAN APA BISA LANGSUNG DI CAMPUR KE TANGKI WIPER YG MASIH ADA ISI KIT WATERFLUID NYA?
    ATAU HARUS DIKOSONGIN DULU???

    SY DAH BEBERAPA KALI GONTA GANTI WIPER (DR MERK MOON, BOSCH, TYPE R, SAMPAI ORGINAL HONDA) UNTUK MOBIL HONDA NEO CITY 2006 OM. KARENA KALAU KELAMAAN PAKAI WIPER PAS HUJAN, MENDADAK PASTI SKIP/BERDECIT.. TAPI ANEHNYA SETIAP SY SEMPROT MAH GEJALAN SKIP/DECITNYA HILANG SEMENTARA. SETELAH BEBERAPA SAAT, BEGITU LG...

    JADI SETIAP HUJAN, BISA MENGHABISKAN TANGKI WIPER SEKALIGUS, KRN HRS SERING2 SEMPROT BIAR GA SKIP/DECIT..

    KIRA2 KENAPA ITU YA OM? APA BISA DENGAN CARA CAMPURAB AIR WIPER DI ATAS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aja satu sachect semir ban dan satu sachet sampo buat satu tangki yang perlu diingat kedua bahan tersebut dicampurkan dulu di botol aqua + air dikocok biar homogen.
      Wiper berderit bisa karena kaca ngak halus/ berjamur, atau as motor wiper sudah goblak ya bisa. ya silahkan coba dulu trik saya ini, biasannya kalau udah pake cairan semir ban ntar paling 1-2 xx semprot dah akan lancar sampe lama wiper anda jadi ngak akan kuatir satu tangki air habis he9

      Delete
  4. jadi tangki air wipernya harus dikosongin dulu pa?
    atau bisa langsung dicampur sama sisa air wiper yg ada di tangkinya??

    soalnya kemarin baru isi full (sy pakenya kit waterfluid pa)

    karet wipernya mah ga usah dioles semir ban pa? soalnya baru 1mingguan ganti pake part ori honda nya.. atau di olesin sekalian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicampur langsung aja ke tangki, jangan dibuang, kalau bisa diolesin juga akan lebih baik pak. selamat mencoba :)

      Delete
  5. luar biasa pa Iwanm resepnya Manjur banget like "MAGIC"
    bunyi tikus hilang, dan gejala skip jg ilang...

    hanya itu kacanya kaya meninggalkan efek minyak ya pa? tersapu dgn baik sih iya, cuma kaya ada lapisan minyak jd agak mengganggu pa..
    apa karena sy campuran semir+shamponya terlalu banyak atau gmn ya pa? atau karena pengaruh semir ban yg dioles ke karet wipernya kebanyakan?
    bisa bantu pa, masalah ini?...

    (sy campurkan di botol kosong bekas air mineral ukuran 900ml, shampo kitnya 1,5 bungkus, semir bannya kira2 5sendok mkn (krn ga nemu yg sachet kecil, adanya yg reffil besar), tambah air sepenuh botol dan di kocok, langsung masukin ke reservoir tank)
    mungkin ada yg salah kah komposisinya pa?
    mohon pencerahan lanjutan...
    Terima Kasih pa, maap jd merepotkan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada efek minyak harusnya hanya pertama kali waktu disemprot ketika sapuan wiper ke dua udah jernih, kemungkinan kit nya terlalu banyak, atau kalau yang parah kemungkinan kaca mobil anda berjamur sehingga menimbukan pori dari jamur jamur jadi ketika wiper menyapu kaca maka ngak tersapu semua airnya... coba silahkan di tread menghilangkan jamur kaca. lalu ketika hujan coba amati perbedaaannya

      Delete
  6. Pa Iwan, terima kasih banyak... setelah sy bersihkan karet wipernya, hasilnya sapuan tanpa jejak minyak, dan sangat bersih, gelaja decit/skip sudah tidak ada lg..
    kemarin ternyata sy salah, terlalu banyak olesin karet wipernya.
    sekali lagi terima kasih banyak pa Iwan, atas triknya yang super AJAIB..
    GBU

    ReplyDelete
  7. kalau wiper beli baru dijepit juga boleh nggak om tangkainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk wiper baru karena masih presisi saya kira ngak perlu dimodifikasi

      Delete
  8. Saya sdh coba semua. Tapi hasil masih nihil, wiper masih skip padahal wiper baru ganti, baru seminggu

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)