Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memperbaiki Spion yang Semplak Karena Tertekuk

Memperbaiki Spion yang Semplak

Gambar Spion yang Rusak
Gambar Spion yang Rusak 
Kadang Kala dengan berjalannya pemakaian dan ada sedikit kecelakaan akan mengakibatkan spion kita menjadi rusak, karena spion akan fleksible bila ditekuk kedalam tetapi bila tertekuk keluar maka spion bisa menjadi Patah bagian dalamnya, 
Bila anda berjiwa DIY ( DO It Yourself) 
Mari kita coba perbaiki spion kita , ya anggap saja 
Nothing To Lose coba perbaiki sendiri kalau gagal bisa ganti baru, daripada langsung ganti baru bukan. 
Anda Berminat? 
Kalau berminat, Ikuti Langkah Langkahnya ya.

ALAT DAN BAHAN 

alat dan bahan
Alat dan Bahan
1. Siapkan Hot Gun ( alat yang untuk memanaskan )
2. Kunci Sock , Bila Tidak ada Kunci Sock anda bisa memakai kunci busi kepunyaan motor atau memakai Pipa juga bisa. 
3. Alat Cungkil 
4. Gunting
5. Isolasi Hitam
6. Gotri Sepeda ( ukuran menyesuaikan )
7. Grease
8. Palu Karet/ Palu Besi

PROSES PENGERJAAN

Memperbaiki Spion yang Semplak Karena Tertekuk
Proses Pengerjaan
1. Cungkil penutup cover dari pintu, Waktu menarik covernya hati hati, setelah itu akan tampak baut ukuran no 10-an Silahkan anda Lepas. (gambar1)
2. Unit spion akan terlepas
3. Panasi bingkai kaca/ list plastik (semi karet) kaca spions itu dengan hot gun sampai menjadi lembek lemnya dan panasi secara rata, Pemanasan harus rata, bila tidak rata maka akan resiko kaca menjadi pecah waktu anda mencukil kaca. (gambar2)
4. Lalu Cungkil kaca dari lies nya secara hati hati, kalo masih sulit panasi lagi dengan hot gun lagi. ( proses ini harus dilakukan dengan sabar ) Setelah itu kaca akan terlepas. Simpan kaca pada tempat yang aman, biar tidaj menganggu pekerjaan dan pecah. (gambar3-4)
5. Lepas baut yang ada ditengah tengah itu. (gambar5)
6. Setelah dilepas akan nampak ada bagian motor nya, lepas juga baut + di dalam segitiga, (atas,kanan,bawah), Ini berfungsi untul melepas cover dari dinamo motor (gambar6)
7. Lepas juga baut kembang (+) sebanyak 3 buah itu untuk melepas dudukan di pintu mobil. (gambar7)
8. Potong kabel dari motor agar memudahkan pengerjaan saat melepas kedudukan dipintu, mohon agar anda mengingat warna nya, setelah dilepas ada baut + yang tersembunyi itu, lalu juga dilepasin (Gambar8)
9. Akan ketahuan biang keroknya per/ spring terlepas, karena kunci/pengaman nya dari ring bintang yang sudah aus (gambar 8-9)
10. Oleskan grease pada tangkai dinamo motor bagian bawah, lalu amati lubang lubang yang agak dalam lalu tempatkan gotri disitu dengan bantuan grease biar mudah menempel. (gambar10)
11. Lalu setelah digotri terpasang, Pasang juga bosh nya spion tadi, amati mekanisme cara kerja nya, lalu sesuaikan posisi bosh spion dengan tangkai dinamo. lalu susun peer, ring, ring bentuk bintang ke dalam bosh. Sebelumnya ring bintang itu diratakan supaya bisa buat mengunci, Posisi tangkai dinamo motor diapit oleh bosh spion dengan ring bintang tersebut, lalu pres ring bintang itu dengan dengan bantuan kunci busi motor lalu dipalu. supaya ring bintang itu bisa terkunci di ujung bosh spion tadi, (gambar 11-12)
12. Lalu lakukan tes spion sebelum dipasang cover nya, biasanya kalo memukul palunya terlalu keras, maka spion akan susah bergerak,,,kalo terlalu lemah,kancingan ring bintang akan mudah lepas lagi.
13. Lalu pasang lagi cover beserta tangkai dinamo, dudukan di pintu mobil, jangan lupa kabelnya disambung lagi, silahkan lem kembali kaca kemudian pasang di pintu lagi dan selesai.
Bagi yang membutuhkan File Gambar Proses Pengerjaan yang lebih besar silahkan kunjungi.   https://www.facebook.com/pages/Pojok-Unta-Item/108780505942274

Artikel dan Tulisan adalah Sumbangan dari

Mr. Fariezal Adhi

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. Mohon info pak iwan, bagaimana caranya melepas speedometer panther kapsul, krn tdk bisa berfungsi semuantya kecuali lampu indikator olie, handrem, lampu sein dan indikator mesin., Atas infonya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan buka baut baut dasboard yang di bagian spedometer, setelah dasboard bisa diangkat tentunya spedometer udah mengikuti

      Delete
  2. lemnya kacanya pake apa pak iwan yg bagus

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)