Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Memberi Warna pada Foglamp

Sudah Musim Hujan ===> yang berarti musim Buruk, Untuk Itu Kita perlu mempertangguh Fog Lamp dalam menghadapi musim Hujan.

Dasar Teori:
Grafik Suhu Warna
Grafik Suhu Warna
Suhu warna 
Suhu warna ini dapat dideskripsikan sebagai suhu dari sebuah benda hitam ideal yang memancarkan cahaya tampak sebagai warna. Suhu yang berbeda akan menampakkan warna yang berbeda pula. Suhu warna biasanya menggunakan satuan Kelvin (K) sebagai satuannya.
Suhu lebih tinggi dari 5000K berwarna kebiruan biasanya disebut sebagai warna putih dingin, sedangkan 4000K lazim sebagai warna putih netral. 2700K adalah warna cahaya yang dipancarkan oleh lampu pijar  disebut sebagai putih hangat.
Pada umumnya, suhu yang rendah cenderung berwarna kemerahan dan makin tinggi akan menampakkan warna kebiruan.

Kesimpulan=
- Setelah membaca Teori tersebut warna semakin putih mendekati siang hari (nilai Kelvin Lebih Tinggi) akan lebih terang, akan tetapi untuk warna makin tinggi nilai Kelvin maka ketika Hujan/ Berkabut / Cuaca ekstrim maka kemampuan cahaya tersebut makin berkurang untuk menebus Kabut
- Ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya menganti bohlam standart dengan bohlam warna pelangi, untuk beberapa produk bohlam penamaannya bervariasi ada yang menyebut All Seasons, atau Four Seasons
- Yang jadi masalah bila kita lagi mbokek/ ngak punya duit sementara pengin sinar lampu kita seperti bohlam2 tersebut.
- Dengan Rp2000,00 kita bisa kok bikin nyala lampu kita seperti yang dimaksud,
ikuti gambar ya caranya , Mudah bukan 
Cara Kerja
Cara Kerja
Keterangan Gambar
  1. Siapkan Stiker Bening sesuai warna yang anda inginkan
  2. Membuat Contoh dari Kertas Dulu, Lalu potong stiker sesuai contoh
  3. Tempelkan pada Kaca Foglamp atau Lampu besar (high Lamp) mobil Anda
  4. Contoh Foglamp yang sudah diberi Stiker, Klihatan lebih Keren Bukan
Semoga Bermanfaat

Menguras Minyak Power steering

Menguras Minyak Power Steering  

Bahan dan alat:

1. Botol Aqua/ Fanta kosong ukuran 1,5 atau 2 liter.2. Alat penyedot, 3. Minyak power stering (1,5/ 2 Liter) Dextron 3 merk bebas, untuk contoh peragaan PM-028 memakai merk STP ( isi warna bening)4. Bantuan Teman. ( harus 2 orang )

Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan
Cara Kerja:
1. Buka mesin Kap dan segera kosongkan minyak dengan cara disedot (gambar2)
2Untuk Orang yang brani lebih advanted silahkan baca no 3, bila ngak lewati aja langsung ke No 4.
3. Buka baut pemegang tangki reservoir (baut kunci no 10) lalu lepas selang yang besar dan yang kecil ( selang besar adalah selang high Presure, sementara selang kecil adalah selang balik. 
Setelah itu dengan bantuan sikat gigi bekas bisa diisi dengan bensin lalu dikocok2 hingga kotoran keluar, (gambar4) setelah bersih ambil minyak power stering yang dikosongkan (cara no1) untuk membilas dan mengocok2 tangki untuk meninggalkan residu bekas bensin. bila minyak terlalu kotor bisa digunakan minyak yang baru ( dikit aja)
setelah bersih pasang kembali tangki ketempat semula dan jangan lupa hanya selang besar yang dipasang sementara selang kecil dibiarkan bebas dan bekas lubang selang kecil ditutup dengan mengunakan plastik + karet gelang.
4. Lepas selang kecil ( diatas selang yang besar), lalu jangan lupa bekas selang tadi di tutup memakai plastik yang diikat dengan karet.
5. setelah lubang kecil udah ditutup dengan plastik silahkan isi minyak power stering kedalam tangki lalu selang kecil dimasukkan ke dalam botol aqua bekas untuk menampung minyak yang akan dibuang.
6hidupkan mesin, sambil mengisi minyak power stering ... ( hati2 prosesnya agak cepat pengisian dan pengosongannya)
7. setelah minyak yang keluar dari botol aquas udah jernih, silahkan mesin dimatikan,
8. kembalikan selang kecil ketempat semula dan jangan lupa membuka sumbat platiknya dulu. 
9setelah itu isi minyak sampai batas atas.
10hidupkan mesin lalu lakukan ritual buang angin, yaitu putar setir kekanan sampai mentok lalu putar kekiri sampai mentok, dilakukan 3-4 kali. lalu matikan mesin, check kembali ketinggian minyak, bila turun segera isi kembali, lalu periksa terhadap kebocoran. MUDAH BUKAN .
11. Gambar 5 adalah contoh minyak yang udah dikuras, sementara disebelahnya yang agak jernih, adalah botol ke 2 karena botol pertama sudah penuh ( semakin jernih )

Selamat Mencoba 

Modifikasi Stabiliser Mobil Anda

Modifikasi Stabiliser untuk Melawan Gaya Lateral 

Sudah Pasang Stabiliser Belakang?
Tapi Masih Merasa Kurang Puas dengan Hasilnya
Ayo Kita Coba Modifikasi Lagi . 
Sebelumnya silahkan Anda Pelajari sedikit Teorinya

Sekilas Dasar Teori 

Per-daun rentan efek ayunan horizontal membujur

Fungsi utama sistem suspensi kendaraan adalah untuk bersesuai dan meredam gelombang permukaan jalan yang dilaluinya. Supaya semua roda menapak di jalan, tidak ada yang menggantung, dan kejutan-kejutan akibat jalan tidak rata diredam. Sehingga per pada sistem suspensi diharapkan mampu berayun dengan langkah vertikal sesuai dengan kebutuhan. Ayunan horizontal, kemana pun arahnya tidak diharapkan. Karena akan mempengaruhi stabilitas kendaraan. 
Ayunan Horisontal membujur
Meskipun dianggap paling kuat menahan beban, suspensi model per-daun sangat rentan terhadap efek oleng, limbung. Hal ini disebabkan konstruksi per-daun selain untuk berayun vertikal, juga sangat memungkinkan untuk berayun horiontal, baik membujur ke depan dan belakang, juga melintang ke kanan dan kiri. 
Gambar sebelah menunjukkan ayunan horizontal membujur. Memang per-daun dipasang dengan kaitan statik pada salah satu ujungnya. Namun karena sifat per-daun itu sendiri yang makin ke ujung makin lentur, maka setiap ayunan vertikal selalu disertai dengan ayunan horizontal membujur. Entah seberapa mili pasti ada perubahan jarak antara poros roda dengan kaitan statik per-daun. Makin lengkung per-daun makin pendek jarak tersebut. Ini yang menimbulkan efek limbung
Ayunan horizontal membujur akan lebih terasa ketika ada dorongan kejut, entah karena pedal digas mendadak maupun direm mendadak. Karena bisa jadi bukan sekedar efek akibat ayunan vertikal saja, melainkan juga efek "ujung melipat" seperti pada gambar di atas. Akibat gentakan torsi yang kuat ketika mobil tiba-tiba digeber berakselerasi, bisa jadi ujung statik per-daun pada roda pendorong bila berada di depan poros roda akan melipat sesaat karena tenaga dorongan roda. Atau Akibat hambatan rem mendadak, maka bisa jadi ujung statik per-daun yang berada di belakang poros roda akan melipat sesaat karena ayunan bobot kendaraan. Keduanya mengakibatkan ayunan horizontal membujur yang cukup terasa. 

Per-daun rentan efek ayunan horizontal melintang

ayunan horisontal melintang
Lebih parah lagi ayunan horizontal melintang. Ayunan ini bisa karena efek sentrifugal ketika kendaraan belok, atau karena kemiringan landasan karena salah satu sisi menginjak lobang atau menaiki gundukan. Per-daun rentan terhadap jenis ayunan ini. Hal ini disebabkan oleh sifat dari bahan dan konstruksi sistem suspensi per-daun itu sendiri. Dan stabilizer bar atau sway bar tidak menjawab bersoalan ini. Karena sway bar hanya menjaga agar langkah ayunan per kanan dan kiri cenderung sama. Sway bar tidak mengunci pergeseran badan kendaraan ke kanan atau ke kiri. 

ayunan horisontal melintang

Lembaran plat per-daun yang lebarnya hanya beberapa cm itu tidak menjamin bidangnya selalu ortogonal terhadap ayunan vertikal. Sambil melentur vertikal, bidang plat bisa saja melintir karena pergeseran melintang titik berat kendaraan. Kendaraan akan terasa limbung. Makin lentur per-daunnya, makin terasa limbungnya. Keadaan ini bila melebihi toleransi bisa berakibat kendaraan terguling. Oleh karena itu harus berhati-hati membawa kendaraan dengan suspensi per-daun manakala melaju di tikungan. Juga di badan jalan yang miring tapi tidak rata, atau bergelombang sebelah. Tidak ada indikator yang jelas kapan limbung akan berakibat terguling. Disini mutlak peranan 
feeling sang pengemudi.

Pengerjaan 


Gambar step by step pengerjaan
Gambar step by step pengerjaan
Untuk meminimalkan efek dari ayunan horisontal mari kita modifikasi stabiliser belakang mobil kita dengan diberi Tuas yang lebih rigid akan tetapi masih bisa flexsible bergerak.

1. Gambar satu adalah gambar stabiliser yang biasa digunakan pada mobil2. pada stabiliser jenis ini hanya bisa  menjaga agar langkah ayunan per kanan dan kiri cenderung sama. stabiliser tidak mengunci pergeseran badan kendaraan ke kanan atau ke kiri. karena hanya dipegang oleh tuas As yang fleksible dibagian atas dan bagian bawah


2. Dengan menganti As dengan Pipa U yang kemudian diklem dengan kuat pada sasis, sementara batang stabiliser tetap diberi joint yang memungkinkan batang tetap bergerak naik turun maka diharapkan Batang stabiliser akan sedikit membantu untuk menahan gerakan gardan kekanan-kekiri (ayunan horisontal melintang)

Hasil Akhir diharapkan kestabilan roda belakang akan lebih meningkat

3. Setelah selesai kita periksa tiitik2 yang bersingungan dengan beban yang bergerak, misal peer peer, kerja shock absorber, jalur rem , setelah itu kita test jalan dan rasakan bedanya ditikungan, apabila mobil anda lebih Pure Handling waktu ditikungan, brarti modifikasi anda sudah berhasil,


Semoga Bermanfaat 

Boks Filter with Power Scoop

Boks Filter with Power Scoop 2

Dasar Teori: 

1. Udara bebas dan Gratis dimuka bumi ini, Mesin butuh bernapas, Manusia juga butuh bernapas, Pada mesin diesel dimana pengaturan tenaga ditentukan oleh jumlah Solar yang disemprot ke ruang bakar, Maka Input Udara dibuat semakin banyak pun ngak masalah. Jadi mengapa tidak kita buat udara semakin banyak masuk ke mesin.
Penggunaan Tambahan Aliran udara  pada Mobil2 performa tinggi/ Racing
Penggunaan Tambahan Aliran udara
 pada Mobil2 performa tinggi/ Racing
2. Udara semakin dingin dan makin banyak yang bisa masuk akan semakin membuat mobil anda akan bertenaga.
3. Masalah Utama adalah mesin mengandalkan isapan pada piston, ( mesin normaly aspirated) sedang pada Mesin berturbo udara akan dimanpaatkan oleh turbin impeler.
4. Pada mesin normaliy aspirated dikenal dengan istilah engine pumping lost ( kerugian gaya [pompa mesin) karena memasukkan udara dengan cara memvakum udara bebas di ruang bakar sehingga tekanan minimal, sehingga udara luar yang tekanan lebih tinggi akan masuk kedalam ruang bakar, (dengan melalui filter udara tentunya)
5. Kerugian Engine Pumping lost ini akan coba dikurangi dengan Unit BFPS (Boks Filter with Power Scoop) ( nama ciptaan pribadi PM-028) *mohon jangan protes kok bisa dinamain begitu.
6. Prinsip BFPS adalah menampung udara yang bergerak (ketika mobil melaju) dengan sejenis Scoop (corong) penangkap udara yang kemudian disalurkan menuju ke rumah filter.
7. Scoop dipasang di bagian luar dan terdepan dari sebuah mobil untuk mendapatkan udara dingin, Ketika mobil berjalan maka udara akan mengalir (dimampatkan) dari scoop yang kemudian tersalurkan menuju rumah filter.
8. dengan adanya BFPS ketika mobil bergerak maka udara segar akan selalu terpasok kedalam rumah filter (makin kencang mobil) maka udara makin banyak yang tersedia dirumah filter.
Langkah Langkah membuat BFPS
Langkah Langkah membuat BFPS
9. Dengan adanya BFPS maka maka :
- buat mesin normaly aspirated udara ngak perlu vakum agar dapat mengalir ke ruang bakar, tapi sedikit banyak sudah terpasok melalui scoop, jadi hasil akhir pasti dapat diketahui bahwa udara akan semakin banyak dan mudah masuk ke ruang bakar yang ujungnya akan didapat peningkatan tenaga dan penurunan FC.
- Untuk mesin berturbo akan memperingan kerja Impeler input sehingga Boost akan mudah didapat dan lebih cepat.
10. Coba saya tampilkan unit BFPS 2 yang sudah saya buat dari gambar sederhana,
- scoop dibikin dari plat besi + las, rumah memanfaatkan lubang bemper depan sebelah kiri mobil.
- Scoop kemudian disalurkan dengan selang ukuran 1 1/4 inch.
- selang dari scoop memanfaatkan lubang buangan air pada boks Filter , (jadi ngak perlu merusak Boks filter Original) 

Semoga Bermanfaat 

Menguras Minyak Kopling

Menguras Minyak Kopling Panther 2.5


kopling hidrolik
kopling hidrolik
Kopling anda mulai Keras, Tidak Nyaman?
Bete Liat Tabung Reservoir Kopling yang minyaknya Menghitam?
Ingin Kopling selalu Empuks dan nyaman bila ditekan,
Anda Berjiwa Do It Your Self ?

Anda Penganut style PM 028  (bila bisa diperbaiki mengapa harus diganti, bila bisa bikin sendiri mengapa harus beli)
Bila Ya. silahkan teruskan mbacanya .. :)


Bahan yang diperlukan: (gambar1)
gambar 1
Gambar 1

1. Suntikan bekas tinta isi ulang, ( untuk memudahkan saja) bila ngak ada bisa pakai cara lain
2. Kertas Tissu secukupnya
3. Minyak Rem Dot 3, warna Bening atau Merah terserah anda.
4. Selang sepanjang 20-30 cm untuk penampung beserta botol bekas untuk penampung minyak hidrolik yang ngak kepakai.
5. Kunci no 8 ... (pas atau ring sama saja)

                                                     


gambar 2
Gambar 2
Cara Kerja

1. buka kap mesin lalu buka tutup hidrolik
2. sedot memakai alat suntik untuk mengosongkan tabung di reservoir (gambar2)
Letak Nepel di bawah mobil
Letak nepel di bawah mobil
3. Lalu bersihkan tempatnya pakai tissu atau lap, hati2 tissu jangan sampe tercecer ditabung. (Bila Tabung ngak dibersihkan maka ditakutkan sisa sisa endapan olie akan mengotori olie rem yang baru.
4. Kemudian Isi tabung dengan minyka baru sampe batas atas. (gambar2)
5. Ngolonglah dibawah mesin, lalu carilah nepel berkunci 8, lalu pasanglah ujung nepel dengan selang, lalu kendorkan nepel dengan kunci 8 sedikit saja sampe minyak keluar dari selang mengalir ke botol penampungan (gambar 4)
6. Sesegara anda naik ke ruang mesin untuk mengisi bak reservoir kembali.
gambar 4
Gambar 4
Tangki Minyak yang sudah bersih
Tangki Minyak yang sudah bersih
7. Proses no 6 dilakukan terus sampe minyak yang keluar di bak penampungan menjadi jernih. 
setelah jernih segera kencangin nepel kembali, lalu isi kembali minyak sampe dibatas atas.

8. terakhir kocok kocok (tekan tekan) pedal kopling, lalu cek kembali ketinggian minyak, tambah bila perlu. setelah itu tutup kembali dan pekerjaan selesai, bak penampung kopling anda akan jernih seperti seperti Mobil Panther th 2013 ber plat XX   

Simple Bukan ...
Selamat Mencoba

Persiapkan Mobil Anda Menghadapi Hujan

Musim Hujan sudah Tiba Ada beberapa hal yang perlu di persiapkan

1. Fisik Mobil

Hati Hati dengan Jarak Pandang yang terbatas
Hati Hati dengan Jarak 
Pandang yang terbatas
- Periksa Tekanan Ban sesuai dengan yang disyaratkan, Jangan berpikir kalau ban agak kempis akan membuat ban lebih ngak mudah selip, ban kempis akan membuat alur ban akan menapak ngak efisien dan sesuai dengan konstruksi yang sudah dirancang, dalam membelah air malah bisa menyebabkan aquaplaning
- Periksa ban juga dari kegundulan bila agak gundul maka jalan satu-satunya pilihlah ban yang dengan alur terbaik lalu tempatkan di roda depan. Untuk menentukan Gundul dan tidaknya Ban bisa anda lihat dari TWI ( Klik Disini untuk mengetahui apa itu TWI )
- Periksa kondisi wiper, periksa motor wiper, beserta semprotan airnya. Anda bisa memeriksa dan menservis wiper anda sendiri ( Klik disini - Cara Menyervis wiper sendiri)
- Alangkah baiknya mengetahui tinggi inlet udara mobil, ini berguna untuk mencegah kerusakan mesin karena water hammer, ketika terjebak banjir.
- Bila anda mempunyai dana lebih, mengoleskan cairan Kimia,yang membuat air hujan lebih mudah mengelinding di permukaan kaca adalah bijak.

2. Sopan Santun di jalan

- Jaga jarak kendaraan didepan anda, sebagai patokan aman, waktu hujan deras jarak pengereman akan bertambah 2x daripada waktu kering. 
Tindakan Ceroboh menerobos Genangan Air dengan Kecepatan Tinggi
Tindakan Ceroboh menerobos 
Genangan Air dengan Kecepatan Tinggi
- Jika hujan deras jangan menghidupkan lampu Hazard (lampu bahaya) waktu Jalan, karena akan membingungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti untuk memberi tanda kepada pengemudi lain kalau mobil anda sedang bermasalah.
- Bila hujan sangat deras bisa digunakan trik ini, carilah mobil yang jarak rodanya sama, misal innova dengan panther, kuda dll jazz dengan yaris, mazda 2 dan lain lain. Cobalah ikuti mobil didepannya, ini akan membantu jalur kendaraan anda, karena air dijalan raya udah terbelah oleh roda kendaraan didepan anda (tetapi tetap jaga jarak yang aman)
- Waktu hujan hindari melakukan manuver ekstrim dengan stir (membanting stir dengan mendadak/kasar)
- Hindari melindas rute jalan yang anda tidak hapal betul, ketika hujan kita ngak tahu karena jalan tertutup air.
- Bila Melindas genangan air usahakan selalu mengunakan RPM yang agak Tinggi, dengan cara mengoper ke verneling yang lebih rendah, Karena Laju mobil akan terhambat oleh genangan air,
- Setelah Keluar dari genangan air, jangan langsung memacu mobil anda tapi coba anda coba rem anda dengan cara menginjaknya sedikit, bila rem terasa mengigit berarti aman, tapi bila rem anda keras/ kurang pakem, brarti unit rem anda terendam air, maka cobalah injak injak rem anda (sambil mobil jalan) untuk memanaskan dan mengeringkan unit rem, sampe rem kembali pakem.
- Usahakan kedua tangan anda selalu memegang setir dengan erat, karena ketika hujan banyak genangan air, setir dengan mudah oleng karena ketidak rataan ban dalam melindas air ( bila roda kiri melindas air lebih dalam dari roda kanan maka stir akan tertarik kekiri) bila anda engak waspada maka mobil akan bergerak liar ke kiri
- Selalu Ingat Bahwa Mobil adalah tetap Mobil, Dia bukan Kapal/ Perahu, Janganlah karena Percaya Diri berlebihan menginggat mobilnya Pake Diesel/ SUV yang Ground clearence tinggi lalu anda dengan mudah menerobos air dan banjir, selalu gunakan opsi memilih jalan yang lebih kering.

3. Priksa Nilai warna dari lampu anda

Bohlam Warna Pelangi Cocok Untuk Hujan/ Kabut
Bohlam Warna Pelangi 
Cocok Untuk Hujan/ Kabut
Waktu Hujan pertimbangkan untuk memensiunkan lampu lampu yang bersinar Biru, coba ganti dengan lampu pelangi/ Kuning. lampu kuning ( nilai kelvin sekitar 3000K) akan lebih tembus hujan dan kabut.
Atau bila dana anda terbatas anda dapat memberi warna sendiri ( Klik Disini )
Selamat Berkendara dan 
Selalu Patuhi Rambu Lalulintas dan 
Always Keep Safety Ridding

Semoga Bermanfaat

Jangan Terburu-buru Membuang Relay Mobil Anda

Relay klaxson/ Lampu anda tiba-tiba Tidak berfungsi (Rusak) ?

Jangan Buru buru dibuang, Itu bisa di servis, Karena biasanya hanya Kotor pada unit platinanya, untuk lebih jelasnya lihat gambar

Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan
Keterangan Gambar:
  1. Adalah Contoh Relay merk Hella 30 Ampere ( merk yang lain seperti Bosch juga ada, isinya sama)
  2. Ungkit dengan Obeng Minus.
  3. Adalah Gambar isi Relay.
  4. Yang perlu dibersihkan.
  5. Dengan mengunakan Ampelas halus, (No 240-400) silahkan ampelas sesuai gambar
  6. Jangan Lupa ampelas juga Bagian Kepala Platina ( bagian terpenting) dan pastikan Kepala Platina bisa berposisi tepat di kedua kepalanya
  7. Trakhir semprot dengan Silicon atau Penetran untuk anti karat
  8. Pasang kembali lalu ditest.
Selamat mencoba 

3 Cara Membersihkan Sedimenter dengan Mudah

Mobil diesel anda tiba tiba tersendat pada putaran tinggi, Mobil Anda tiba tiba asap knalpotnya menghitam, padahal biasanya tidak & Trio Filter sudah diganti tetapi asap masih menghitam pekat

Jangan Terburu-buru Panik,
Kemungkinan Itu hanya Sedimentornya Solar yang kotor
Mengingat Solar Indonesia sangat azubilah kualitasnya.
Ayo ikuti gambar ya, beserta tutorialnya

1. Membersihkan Sedimenter Tanpa Melepas Dudukan nya 
(Cara Standart Bengkel Resmi)
membersihkan sedimenter cara Beres
Membersihkan Sedimentar cara Beres
Keterangan Gambar:
  1. Siapkan Kunci Pembuka Filter, Botol bekas Minuman, Dan Lap Bersih.
  2. Lepaskan Kabel dibawah sedimenter.
  3. Lepas salah satu selang agar kita mudah mengeluarkan tabung sedimenter.
  4. Dengan memakai kunci pembuka filter kita buka baut besar pada sedimenter dengan arah seperti mengendurkan baut.
  5. Keluarkan tabung dan tampung solar didalam tabung kedalam botol bekas.
  6. Bersihkan dalaman tabung dengan lap bersih.
  7. Setelah bersih, pasang kembali tabung beserta murnya, dan ingat MENGENCANGKAN MUR HANYA PAKAI TANGAN jangan dengan bantuan kunci karena rentang Pecah/ Retak.
  8. Pasang semua Kabel dan selang seperti semula,lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras lalu hidupkan mesin dan periksa terhadap kebocoran.

2. Membersihkan Sedimenter ala PM-028 (Cara Praktis & Cepat (Khusus buat kalau sedang Malas)
membersihkan sedimenter dengan cepat
Membersihkan Sedimenter Cepat
Keterangan Gambar:
  1. Siapkan 2 buah selang pendek kira kira sepanjang 30cm, beserta botol minuman bekas. lalu cabut kedua selang IN dan OUT dari sedimenter, Lalu dengan bantuan Mulut Tiup selang In di sedimenter. sementara selang outnya ditampung kedalam botol minuman bekas.
  2. Kemudian pasang kembali selang IN, lalu pompa sedimenter sampe solar keluar dari selang menuju ke penampungan botol bekas minuman. Kemudian lepas kembali Selang IN, Pasang Kembali selang pendek kemudian tiup lagi Proses no 1. Kemudian Lepas Baut Tap pembuangan air dibawah sedimenter.
  3. Ambil Plastik Bening Untuk menampung solar dibawah Baut Tap pembuangan Air, Lalu Pasang kembali Selang IN dari Tangki, Kemudian Pompa Sedimenter ( solar akan mengucur dari Baut Tap Pembuangan Air, Lakukan sampe solar yang keluar menjadi bening.
  4. Setelah Selesai Pasang kembali selang2 seperti semula, lalu pompa sedimenter sampe menjadi keras, dan hidupkan mesin untuk melihat ada kebocoran atau tidak.
3. Membersihkan Sedimenter dengan cara melepas Dudukannya
Prosedurnya sama dengan cara Pertama ala Bengkel Resmi  hanya bedanya Kita melepas dudukan sedimenternya, sehingga sedimenter beserta alat pompanya juga terlepas. dengan cara ini relatif pemebrsihan akan berjalan lebih sempurna tapi lebih rumit.

membersihkan sedimenter Secara Total
Membersihkan Sedimenter Secara Total
Semoga Bermanfaat

Mengganti filter Solar ( Replace The Diesel Fuel Filter )

    Mengganti Filter Solar Sendiri


Langkah Langkah Mengganti Filter solar
Langkah Langkah mengganti filter solar

1. Siapkan Alat Pembuka Filter, botol bekas minuman beserta corong (kalau ada) kalau ngak ada ya ngak apa apa,
2. Buka Filter dengan cara memutarnya searah jarum jam, (ingat) mengencangkan berlawanan arah jarum jam.
3. Setelah filter terbuka tampung Solar bekas kedalam botol bekas minuman tadi (no1)
4. Ambillah dan siapkan Filter baru.
5. Jangan lupa olesi filter baru tersebut dengan solar atau Olie pada bagian karetnya. Oleskan secara merata dan sedikit saja, Olesan ini bertujuan agar karet menjadi licin dan tidak terlipat atau berubah kedudukan waktu dipasang kembali kerumah filter.
6. Pasang kembali filter baru (berlawanan dengan cara no.1
7. Lalu kencangkan dengan tangan, kemudian pompa pompa sampe pompa menjadi Keras. ( Pengencangan jangan memakai alat tapi cukup dengan memakai tangan yang kering dan kencangkan hanya dengan tenaga dari tangan)
8. Terakhir hidupkan mesin kembali, dan periksa dari kebocoran, ( bila solar dari filter jernih dan ngak kotor alangkah baiknya dikembalikan kedalam tangki (penghematan) bila kotor bisa untuk cuci2 dan lain lain.

Selamat Mencoba

Membersihkan Rem Tromol Roda Belakang

Membersihkan Rem Teromol Roda Belakang 

amati gambar ya



Cara Kerja
Cara Kerja

Keterangan Gambar:

  1. Ganjal Roda depan dari depan dan belakang, lalu matikan Hand Rem, Kemudian dongrak roda belakang lalu lepas roda belakang, akan tampak tromol belakang bukan, Cari Baut didinding teromol lalu buka Bautnya.
  2. Apabila macet bisa dibantu dengan Drei Ketok.
  3. Setelah baut terlepas kemudian ketok ketok teromol dengan memakai kayu atau gagang palu biar teromol keluar.
  4. Setelah teromol keluar silahkan anda tiup debu2 dengan memakai kompresor, bila ngak ada bisa pakai bantuan pompa, bila ngak ada bisa pake bantuan selang dan tiup dengan mulut. kalau mau permukaan sepatu rem anda ampelas dengan ampelas agar kembali kasar.
  5. Terakhir semprot bagian2 bergerak memakai Silicon, AWAS JANGAN TERKENA SEPATU REM NYA. 
  6. Pasang Kembali teromol jangan lupa pasang kembali baut dan pasang kembali roda.

Semoga Bermanfaat

Mengenal Tabel Angka dan Huruf Pada Ban

Beberapa Tabel Ban yang perlu anda ketahui, pahami dan mengerti:

Tread Wear Index

Adalah nilai dari kekerasan compound ( karet ban ) biasannya dinilai dari angka 180 - 420 ... perbedaan angka misalnya angka 200 dan 300 itu menandakan bahwa usia pakai/ nilai keausan dari 300 adalah 1,5 kali dari 200. semakin tinggi angka semakin keras kompound karet dan semakin awet ... 

Traction Index

Ketebalan Ban Mempengaruhi  Performa dan Kenyamanan
Ketebalan Ban Mempengaruhi 
Performa dan Kenyamanan
Adalah nilai sebuah ban yang menentukan kemampuan dia berhenti di trek basah, nilai traction index biasannya mulai dari yang tertinggi A hingga C.

Umur Ban.

Adalah kode usia Ban waktu ban tersebut diproduksi , Konon Standart pabrikan adalah 2+3 tahun ( 2 tahun untuk masa di toko sebelum laku terjual dan 3 tahun adalah masa pakai. ) jadi bila ban anda sudah berumur 5 tahun walaupun masih tebal, bersiaplah2 untuk diganti .. karena nilai elastisitas karet sudah jauh menurun.
Kode umur Ban biasannya terdiri dari 4 angka, dimana 2 angka pertama adalah menentukan Minggu ban tersebut dibuat dan 2 angka terakhir adalah Tahun produksi

Speed Rating

Menentukan Batas kecepatan maksimal ban yang boleh melaju di jalan
angka dalam Km / Jam
N=140 P=150 Q=160 R=170 S=180
T=190 U=200 H=210 V=240 W=270
Y=300 Z/ZR-= diatas 240

Load Index

Tabel beban maks yang bisa diterima dalam satu Ban. dalam arti nilai dari satu ban misal angka 108 = 1000kg jadi mobil anda ada 4 ban brarti 4x1000kg. jadi total berat kendaraan dan muatan engak boleh lebih dari 4 ton
Tabel berdasarkan kg

71=345 72=355 73=365 74=375 75=387
76=400 77=412 78= 425 79=437 80=450
81=462 82=475 83=487 84=500 85=515
86=530 87=545 88=560 89=580 90=600
91=615 92=630 93=650 94=670 95=690
96=710 97=730 98=750 99=775 100=800
101=825 102=850 103=875 104=900 105=925
106=950 107=975 108=1000 109=1030 110=1060
Coba Iseng Iseng Baca di dinding Ban anda ....
Misal tertulis
235/70R15 103S *2307*
itu berarti: 
235   = Ban memiliki lebar 235 milimeter, 
70     = aspek rasio = dengan ketebalan ban 70%x235mm = 164,5mm Ban R15= memiliki Ring diameter 15 inchi
103   = mempunyai daya angkut 875kg ( total 4x875kg)
S       = Kecepatan max 180km/jam
2307 = ban diproduksi pada minggu ke 23 di tahun 2007

silahkan memeriksa ban anda