Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membaca Tread Wear Indicator ( TWI )

Membaca Tread Wear Indicator ( TWI )

Segitiga TWI
Segitiga TWI
Sering kali kita mendengar istilah TWI atau Tread Wear Indicator pada sebuah ban. atau sering kita mendengar Ban harus segera diganti setelah keausannya menyentuh TWI dan sebagainya, 
Bagi orang awam kadang kita bertanya tanya, 
- Sebenarnya apakah TWI itu ?.
- Dimanakah Letak TWI itu di sebuah Ban ?
- Bagaimanakah Cara membaca TWI sebuah ban ?
- Apakah masing masing merk ban memiliki standar simbol TWI yang Sama?
- Mengapa Ban yang masih tebal kok disuruh ganti ?
Untuk Menjawabnya mari kita temukan dengan Contoh gambar pada sebuah Ban Mobil.
Gambar 2 Alur TWI
Gambar 2 Alur TWI
  • Pada Gambar diatas diatas sebelah Kiri tampak ada sebuah segitiga kecil di samping ban (side wall) ya segitiga itu adalah segitiga TWI, mungkin pada beberapa merk ban mobil yang lain ukuran besar dan dimensi dari segitiga itu berbeda tapi pada dasarnya hampir sama.  
  • Setelah Ketemu Segitiga TWI tersebut coba anda tarik garis tegak lurus sejajar dengan letak segitiga TWI tadi dan coba anda perhatikan alur dan pola kembangan Ban mobil anda, Perhatikan dengan Seksama ( Contohnya silahkan anda perhatikan pada Gambar 2 disamping ini ).
  • Pada Gambar 2 disebelah kanan akan tampak ada tonjolan pada alur pola kembangan ban. ya disitulah adalah batas sebuah ban harus diganti. dalam Artian bila Ban anda telah aus dan menyentuh permukaan dari pola yang ada didalam lingkaran kuning maka ban tersebut harus segera dipensiun. 
  • Sebenarnya walaupun ban anda sudah menyentuh angka TWI anda masih bisa menggunakannya dengan hati hati ( Lintasan Kering ) dan jaga speed kecepatan anda. Akan tetapi ketika terjadi hujan maka Ban sudah sangat berbahaya karena kemampuan melibas air sudah sangat berkurang. Mengingat betapa vitalnya fungsi ban maka sebaiknya diganti, anda tentu tidak ingin ban pecah dijalan atau selip dan berakibat runyam dengan taruhan nyawa anda dan orang lain, hanya demi penghematan sebuah Ban Botak Bukan? 
  • Rata rata secara umum Ban bila ketebalan nya masih 1,5-2 mm sudah waktunya harus diganti. Tidak menunggu harus Botak dulu. 
Sebagai bahan referensi anda bisa membaca topik saya terdahulu mengenai ban 
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/mengenal-angka-dan-huruf-pada-ban.html

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)