Anti Lock Braking System ( ABS )
Sering kali kita mendengar atau membaca Spesifikasi sebuah mobil, ada yang sudah dilengkapi ABS, EBD dan BA ( dalam beberapa update artikel terdahulu saya udah dibahas ESC dan BA). Kalau sedikit lupa anda bisa membaca lagi di link berikut ini,Electronic Stability Control dan Brake Assist .
Dengan dan Tanpa ABS |
Sejarah ABS
Mobil Premium biasanya sudah dilengkapi dengan ABS |
1958 Mulai dikembangkan ABS untuk motor, Pelopornya Royal Enfield super Meteor sepeda motor diuji oleh Laboratorium Penelitian Jalan untuk menguji Maxaret anti-lock brake .
1960 ABS mulai dipakai mobil balap Ford Zodiac. tapi masih belum berkembang akibat masih mahalnya teknologi yang terpasang. ditahun yang sama sudah mulai dikembangkan memakai sistem electronik pada pesawat Concorde.
1971
- Bendix Corporation bersama dengan Chrysler memperkenalkan ABS dengan 4 sensor all wheel drive.
- General Motors juga tidak ketinggalan ikut memperkenalkan Track Master pada model Rear Wheel drive Cadillac.
- Nissan memperkenalkan Elecro Anti Lock pada produk Nissan President.
1972 Triumph 2500 Estate dilengkapi dengan Electronik Mullard di keempat rodanya.
1985 Ford Scorpio memperkenalkan ABS dengan sistem Electronik dari Bosch.
1988 BMW memperkenalkan motor pertama dengan ABS elektronik pada motor K100.
1992 Honda Meluncurkan ABS untuk motor ST1100 Pan Europe.
2005 Harley Davidson melengkapi Motor Untuk Keperluan Polisi dengan ABS
2007 Suzuki menerapkan ABS pada motor GSF 1200SA (Bandit)
Komponen Penting ABS
Anti-lock brake pump and valves |
Sensor kecepatan terdapat pada setiap roda atau pada deferinsial
Katup
Katup terletak dalam Rem yang masing masing dikendalikan oleh ABS, biasanya katup memiliki 3 posisi yaitu posisi satu, katup terbuka , tekanan dari master silinder dilewatkan sampai ke rem. Posisi dua, blok katup baris, mengisolasi bahwa rem dari master silinder . Hal ini untuk mencegah tekanan dari kenaikan lebih lanjut harus pengemudi mendorong pedal rem lebih keras. Posisi tiga, katup melepaskan beberapa tekanan dari rem .
memompa
Controller
Controller adalah unit ECU di dalam mobil yang menerima informasi dari masing-masing sensor kecepatan roda, jika roda kehilangan traksi sinyal dikirim ke controller, controller akan membatasi Brake force ( EBD ) dan mengaktifkan ABS modulator yang menggerakkan katup pengereman. ( Biasanya Sistem ABS akan dikombinasikan dengan teknologi EBD juga)
Macam-Macam ABS
Skema ABS |
Empat saluran, empat sensor ABS
Ini adalah skema terbaik. Ada sensor kecepatan di ke empat roda dan katup yang terpisah untuk keempat rodanya . Dengan setup ini, controller memonitor setiap roda secara individual untuk memastikan itu mencapai gaya pengereman maksimum.
Tiga saluran, empat sensor ABS
Ada sensor kecepatan di keempat roda dan katup yang terpisah untuk masing-masing roda depan , tetapi hanya satu katup untuk kedua roda belakang.
Tiga saluran, tiga sensor ABS
Skema ini memiliki sensor kecepatan dan katup untuk masing-masing roda depan , dengan satu katup dan satu sensor untuk kedua roda belakang .
Satu saluran, satu sensor ABS
Memiliki satu katup, yang mengontrol kedua roda belakang dan satu sensor kecepatan , yang terletak di poros belakang. Sistem ini biasanya diterapkan pada Truck
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)