Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tip & Triks Membersihkan Kutub Accu

Tip & Triks Membersihkan Kutub Accu

Jangan Sampai mogok gara gara Accu
Jangan Sampai mogok
 gara gara Accu
Sering kali kita mendengar atau membaca tentang pentingnya perawatan accu pada sebuah motor ataupun mobil, ya terutama pada accu jenis tipe basah, Anjuran dan saran perawatan accu biasanya hanya meliputi mengecek ketinggian air accu. air accu harus berada di garis lower level dan upper level , lalu untuk mengisi memakai air destilasi / air suling dan sebagainya.
Kadang tanpa kita sadari ada bagian penting dan vital dari accu yang sering dilupakan.
Apakah itu?
Terminal / Kutup Kutup Accu !!!
Ya Kutub kutub Accu baik itu yang negatif atau positif sangat memegang peranan vital karena disanalah muara dan kontak dan lalu lintas energi listrik disalurkan dan menyalurkan dari accu ke mobil anda.
Pada kasus tertentu bahkan sebuah mobil yang relatif baru tidak bisa distater hanya karena baut dari kutup accu agak kendur. (Pengalaman Fortie D4D punya Saudara yang ngak bisa stater karena kabel positif Accu Agak kendor).
Karena itu lakukanlah inspeksi dan perawatan pada terminal kutub kutup Accu , Caranya mudah kok. ayo kita lakukan sendiri dirumah.

Cara Pekerjaan

Membersihkan Terminal Accu
Membersihkan Terminal Accu
1. Siapkan aja Sikat gigi bekas, Lalu anda bisa memotong/ memangkas sedikit bulu rambutnya agar lebih pendek ( memperkeras bulu sikat )
2. Lalu siapkan Bensin atau cairan pembersih. bisa berupa air dan lain lain. ( karena biasanya terminal kutub accu terbentuk kristal kristal garam).
3. Ini adalah contoh terminal accu negatif yang akan kita bersihkan.
4. Ambilah kertas karton bekas atau kertas koran ya bisa potong seperti gambar.
5. Setelah itu pasangkan kertas tadi kedalam dasar electroda accu, ya ini berfungsi sebagai pelingdung agar accu tidak kotor. (anggap aja seperti ketika anda disalon mau potong rambut anda, lalu diberi jubah, he99)
6. Sikat electroda accu dengan memakai cairan pembersih. sebelum anda menyikat coba check kekencangan dari mur dan baut klem klem accu anda kencangkan bila kurang kencang.
7. Setelah proses selesai anda bisa mengambil kertas, lalu semprotkan cairan Silikon di atas terminal accu. (sebagai pelindung).
8. Selesai. anda bisa beralih ke terminal satunya lagi.
Note:
Buat mobil yang dilengkapi dengan ECU ( mobil bensin dan Diesel ) hati hati waktu bermain dengan accu jangan sampai ECU anda mereset.

Semoga Bermanfaat

1 comment:

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)