Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengisi Oli Visco Fan Kipas Radiator (Viscous Fan Clutch Oil)

Mengisi Oli Visco Fan Pada Kipas Radiator

Silicon Oli
Silicon Oli
Anda Memiliki Mobil berKipas Radiator non Electrik (di gerakkan oleh Belt). Biasanya itu adalah mobil dengan Gerak Roda belakang macam Kijang Kotak, Kapsul, Innova, Kuda, Isuzu Panther, Ford Ranger, Terrano, Pajero, Jimny dan lain lain ( maaf tidak bisa saya sebut satu persatu mobilnya). Pada Sistem Visco Fan Antara Pengerak belt dan Kipas dihubungkan oleh Cairan Olie yang disebut olie Visco Fan, Cara Kerjanya adalah ketika mesin masih dingin maka Kipas akan Selip sehingga tidak memakai tenaga mesin, tapi ketika mesin mulai panas ( mesin butuh pendinginan kipas) maka Olie visco akan mengembang sehinga membuat Kipas menjadi berat sehingga dapat berputar sesuai dengan kecepatan puley belt. Dengan berjalannya waktu Olie Visco akan berkurang sehingga kemampuan kipas akan menurun. ( Walau sudah panas Kipas tetap Selip dan putarannya ngak maksimal ) ini bisa jadi penyebab mesin overheating. Anda ingin menambah Olie Visco tersebut? Silahkan meneruskan membaca.

Cara Pekerjaan

Mengisi Visco Oil
Mengisi Visco Oil
1. Gambar 1 adalah Lay out tempat Fan Radiator. Pada contoh gambar ini mengunakan mobil Isuzu Panther Turing. ( untuk mobil lain prosesnya sama saja, hanya paling bautnya yang agak beda sedikit. Sebelumnya silahkan anda mencari di toko Silicon Oli seperti gambar diatas.
2. Itu ada baut pemegang kipas berjumlah 4 buah, kendorkan mur dan lepas ke 4 Murnya. Hati-hati waktu melepasnya karena dekat dengan kisi kisi radiator agar tidak melukai net dari radiator.
3. Setelah fan radiator terlepas dari puley, lepaskan mur sebanyak 4 biji Untuk memudahkan anda bisa memakai Kunci pake kunci sock atau kunci T
4. Setelah fan radiator terlepas, tinggal as fan radiator ada baut  (+) ( kembang ) sebanyak 4 biji. Lepas baut memakai obeng kembang.
5. Kemudian ketika baut sudah terlepas semua, dengan hati hati ungkitlah, lalu perhatikan ada seal karet nya, jangan sampai putus atau rusak. Pada Gambar 5 itu yang nampak kekuningan adalah olie silicon sisa yang sudah berkurang banyak.
6. Lalu masukan oli silicon di dalam lubang, isi sampai penuh dan merata, jangan sampai tumpah saat menuang. setelah penuh  maka pasang kembali seperti proses kebalikan dari pelepasan. selesai
Note:
  • Sebelum dipasang lakukan pembersihan pada bagian seal karet dan bagian lainnya,supaya tidak ada kebocoran.
  • Pada pemasangan diperhatikan agar seal karet bisa tepat pada tempatnya.
  • Lalu pada saat memasang lagi fan radiator ke puley, anda bisa memegang puley sebagai penahan waktu pengencangan kipas agar tidak bergoyang goyang.
  • Pada waktu pemasangan wajib diperhatikan gar pengencangan baut merata dan Center. Setelah terpasang coba putar kipas dulu pastikan tidak ada kemiringan dan lain lain sebelum menghidupkan mesin.
Gambar dan Properti adalah Sumbangan dari
Mr Fariezal adhi
Untuk Info dan Penjelasan lebih detail bisa menghubungi langsung ke
HP 089 9352 4567
Untuk memperoleh File Resolusi Besar silahkan Klik Disini

Semoga Bermanfaat

39 comments:

  1. apa ada pengganti oli selain visco oil, soax sdh keliling tp tdk ada yg jual. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya kurang tahu um, karena ini olie visco kan sifatnya bila kena panas akan mengembang sehingga membuat visco berkurang selipnya, coba anda browsing di inet um, lalu ntar minta bantuan teman atau lewat kirim paket.

      Delete
  2. om iwan, berapa lama penggantian oli visco??thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada batasan waktu dan kilometer pada visco van, tergantung dari kebutuhan

      Delete
  3. Trus tahunya perlu diganti olinya dari mana om??trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka kap mobil mesin anda, dan ketika kondisi mesin panas, coba gas gas mendadak mobil anda, bila kipas anda pertambahan putarannya ngak terlalu responsif itu tanda bahwa kipas anda sudah selip berlebihan ( visconya berkurang )

      Delete
  4. Om mobil saya kalau hidup ac ampere panasnya lebih 3/4. visco fan nya saya matiin jadi jalannya sesuai putaran mesin om. radiator baru servis, water pump br ganti jg. Ada solusi gak om agar gak panas lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akalu AC nya dimatiin indikator temperatur langsung turun tidak, apa tetap 3/4 kalau dia langsung turun normal brarti itu ada gangguan perkabelan. bukan masalah unit pendinginan

      Delete
    2. Lama turun nya om. gak langsung turun. pening saya om. kata mekanik kemarin ni head cylinder nya kena. dah diganti pula head nya. tp masih jg panas. kalau saya siram kisi2 radiatornya br turun panasnya om

      Delete
    3. Kondisi Thermostatnya gimana? kondisi tutup radiator dll Jalur reservoir dll

      Delete
    4. thermostat nya dah dicopot om. kalau digas sirkulasi airnya lancar om malahan kenceng. tutup radiatornya pk yg 0,9 bar om.

      Delete
  5. Om Saya kendala nih, tiba2 Ac mobil tidak dingin klo posisi lagi macet, tapi klo sudah jalan lancar ac dingin lagi, itu kenapa ya, nanya temen sih katanya cek fan enginenya, klo sudah ga seret pas diputar katanya fan engine/radiator nya udah kalah.. jadi harus di bongkar dan diisi oli visco nya.. Mohon petunjuk nya om.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika macet mesin kondisi ststioner, ketika stationer Kompresor AC dll kan juga geraknya pelan, pasti pendinangan ngak akan maksimal, solusinya bisa anda gas sedikit naikkan putaran mesin ketika macet misal dalam semenit di gas selama 10-20 detik. itu juga akan membantu pendinginan mesin karena ketika digas maka waterpump dll akan bekerja memutar sirkulasi air radiator lebih optimal.

      Delete
    2. Om saya mau nanya suara kipas kijang lgx 2001 keras mendenggung keras mohon info n solusinya ,,,tks

      Delete
    3. Fan clutch nya sdh diganti baru msh saja suaranya keras,appa penyebabnya mohon bantuannya...tks

      Delete
    4. Maksudnya suara keras dengung atau suara gesekan, Kalau suara dengung ya wajar lah, kan kipas Kijang emang ukurannya lebih besar dari kipas mobil bensin terutama yang ccnya lebih kecil, jalan satu satunya biar suara ngak masuk kabin hanya dengan menambah peredaman di firewall dan kap mesin.

      Delete
  6. Saya pengguna Kijang Kapsul Diesel tahun 2000.
    Belakangan ini, masalah yg saya hadapi adalah, saat siang terik, AC hidup, baik mobil dalam keadaan jalan maupun berhenti karena macet, temperatur gampang naek.
    Tapi bila AC dimatikan (panas banget - siang terik), temperatur perlahan turun.
    Radiator dah sevice, termostat copot, tutup radiator standar.
    Apakah ini masalah di kipas visco.
    Mengingat mesin selalu service rutin, ganti oli Mobil Delvac MX tiap 4000 km, plus saringan solar en saringan oli.
    Mohon dibantu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda pasang kembali thermostat/ atau ganti baru yang orisinil, lalu silahkan flush mobil anda agar membersihkan kerak kerak di mantel jaket mesin, lalu kemudian isi coolant, lalu coba rasakan bedanya.

      Delete
    2. @agusngadiman : mgkn saya akan membantu permasalahannya,
      coba ganti expansion valve acnya, ganti keduanya, unit yg didepan dan belakang (double blower) dan agar lebih maksimal lagi sekalian ganti filter dryer nya agar expansionnya tidak cepat mampet lagi.
      Dan biasanya karena mampetnya expansion ini tarikan jg akan terasa berat.
      mgkn itu saja dr saya semoga mobilnya cepat sembuh.

      Delete
  7. Om Iwan, cara ngisi oli silicon visco fan untuk mercy w124 sama gak? Ada yang bilang lobangnya harus dibor dulu, diisi, lalu ditambal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk w124 saya tidak begitu tahu, tapi bila ngak ada baut pembukannya, ya disuntik pun harusnya bisa prosesnya seperti suntik shock beker saya kira, lalu nanti bekasnya bisa di kasih plastic steel

      Delete
  8. Om mau nanya, untuk bmw 320i e36 apakah benar bisa ganti oli visco? Klo ada cara gantinya bagaimana?

    ReplyDelete
  9. Om Iwan, mau tanya, saya penguna panther 2.5 royale 96, kalau oli visco di ganti dengan stempet eveknya bagaimana ya

    ReplyDelete
  10. Om Iwan, kalau oli visco di ganti dengan stempet eveknya bagaimanakah

    ReplyDelete
  11. numpak tanya kang Iwan, kemaren kijang kapsul saya kipas radiatornya selip. Saya bawa ke bengkel utk ditambah oli silikon, sekarang muternya dah kenceng tp kok ga turun-turun putarannya sehingga suaranya berdengung sampe ke kabin... Kira2 penyebabnya apa ya kang? Apa kebanyakan isi oli visco ya, soalnya jujur saya ga tau berapa yg diisikan kesitu. seingat saya beli tiga botol tp masih ada sisa dibotol terakhir. Nuwun kang Iwan........

    ReplyDelete
    Replies
    1. visco sih harusnya posisi diam masih selip dan panaspun sebenarnya masih selip juga. tapi kalau 3 botol sisa harusnya ngak kebanyakan lah, kebanyakan juga ngak masalah. mungkin anda hanya ngak biasa aja karean sebelumnya suara kipas lampat ini agak cepat. :)

      Delete
    2. ya kali ya kang :), terimakasih sudah berkenan nanggapi sharing saya kang Iwan.....

      Delete
  12. Berarti visco fan itu tdk ada elektriknya ya om alias tdk ada kabel/docket/sejenisnya yg berhubungan dgn kelistrikan ?Untuk mobil taruna karbu om iwan,, cara melepas visco nya apakah harus melepas radiator atau bagaimana om ? Dan oil silicone kira2 butuh brp botol ? Dan alat yg digunakan apa saja om ? Sebelumnya terimakasih utk solusinya

    ReplyDelete
  13. Brarti visco itu tdk ada hubungannya sama kelistrikan ya om ,, alias tdk ada socket,kabel kelistrikannya , utk taruna karbu, apa klo melepas visco hrs turun radiayor om ? Trus brpa botol yg dibutuhkan ( biar tdk mubazir nantinya klo disimpen trlslu lama juga sayang), alat2 yg digunakan apa saja om buat lepas visvco taruna ? Terimakasih sblmnya utk solusinya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk taruna saya tidak begitu paham, tapi sejauh ini prosesnya sama saja, penurunan radiator hanya diperlukan bila tempatnya sangat sempit

      Delete
  14. Om, mau tanya, mobil kijang kapsul saya koq waktu posisi mesin udah panas keluar suara cit cit cit gitu ya om kyak tikus dari arah kipas radiator, kata montir saya dari rumahan kipas nya udah goyang, apa mungkin water pump nya rusak ya om iwan??

    ReplyDelete
  15. Om iwan sy baru isi oli visco dan terjadi kebocoran mengenai vanbelt sehingga bunyi bersecit. Bagaiman cara mengatasi oli visco bocor mengingat sealnya tdk ada jual. Terimakasih ya

    ReplyDelete
  16. Nanya om... Saya sdh nambah oli silicon 2 botol. Kebetulan yg nambah org bengkel. Tapi sejak nambah oli bunyinya jadi sangat mndengung. Minta saran om, bisa gak olinya di kurangi spy otomatnya kmabli jala . Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara dengung itu karena kipas berputar lebih kencang, efek suara turbelensi angin, tentunya bila dikurangi akan mengurangi putaran kipas lagi yang ujung ujungnya juga suara berkurang

      Delete
  17. numpang nanya om, mobil saya terrano, baru ganti visco fannya, yg jadi masalah kenapa rpm tinggi kok tidak mati kipasnya? dan sekarang pas macet acnya jadj gak dingin diikutin temp mesin naik, mohon bantuannya om

    ReplyDelete
  18. Permisi om numpang nnya ,kalo mau masukin oli visco ke fan ford ranger 2,9 th 2003 gmn caranya om ? Kmrn udah di buka fannya tp ga ada lobang/baut utk mskin olinya ,mohon bantuannya om iwan

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)