Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengganti Ampere Bahan Bakar Isuzu Panther

Mengganti Ampere Bahan Bakar Isuzu Panther

Penunjuk Bahan Bakar tiba-tiba bermasalah
Penunjuk Bahan Bakar
tiba-tiba bermasalah
Setelah habis menebar Pesona jalan jalan ama si "Non Seskia Batik" dengan mobil kesayangannya, Mr. Viki kemudian berbelok ke SPBU dan mengisi Bahan bakar seperti biasanya, Dia mengisi BBM selalu penuh. Dalam perjalanan pulang tiba tiba dia menjadi heran, Tadi sewaktu mengisi bahan Bakar sudah sampe hampir luber, tapi kok meteran dalam sepedometernya tidak sampe keatas seperti biasanya ya? 
Anda pernah mengalami kejadian seperti Mr Viki ? nah daripada Terjebak "Konspirasi Kudeta Hati" ayo kita bongkar aja Ampere Bahan Bakar mobil Anda, Sebagai contoh ini memakai Mobil Isuzu Panther Turing ya. Ayo kita amati prosedurnya dibawah ini ( mobil yang lain prosesnya hampir sama ka\ok. karena sistemnya hampir sama cuman dimensinya dan ukurannya saja yang beda ).

Cara Pengerjaan

Proses Pemasangan ampere BBM
Proses Pemasangan ampere BBM
1. Kita Dongkrak dulu Kendaraan agar menjadi tinggi dan memudahkan kita untuk bekerja dan mengolong dibawahnya.
2. Kita Buka Baut pemegang ampere BBMnya, hati hati dengan soket kabel, bila kabel macet beri pelumas WD dulu.
3. Adalah gambar setelah ampere pelampung BBM setelah dikeluarkan.
4. Sebelum memvonis ampere mati coba anda bypass dahulu dengan sutas kabel, hubungkan terminal antara kedua kabel dengan sebuah kabel kecil, lalu minta bantuan teman untuk mengontak mobil dan melihat indikator BBM di dasboard. bila ternyata setelah dihubungkan jarum naik sampe keatas ( normal) brarti positif kalau ampere BBM rusak. Kalau di bypass jarum tetap tidak mau naik brarti kerusakan ada pada jalur kabel atau instrumen kendaraan anda. maka pasang kembali ampere yang anda lepas, kesalahan bukan pada ampere BBM.
5. Adalah unit baru.
6. Detail unit baru.
7. Pasang ampere BBM baru dan terlebih dahulu coba dicek apakah berfungsi atau tidak dengan cara dipasang soket kabelnya lalu kontak kunci mobil dan gerakkan pelampungnya naik turun. Jarum di dasboard juga ikut naik turun. berarti normal.
8. Lalu Pasang seperti kebalikan prosedur pelepasan. Selesai

Gambar dan Properti sumbangan dari

Mr Maryana Wings ( PM 231 ) ( Anggota Club Panther Mania )

Semoga Bermanfaat

14 comments:

  1. Ga ada cara Repairnya ya om? berapa om harga partnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repairnya tergantung kondisi, biasanya selama jarum yang nempel ke mainbordnya belum gosong/ patah bisa sih di tekuk didekatkan lagi biar nempel,... sulit diceritakan disini, untuk harga pelampung saya kurang tahu mungkin bisa berkisar 100-200 ribu tergantung merk :)

      Delete
    2. SI kucing juga mentok di 3/4 dari full, jadi setelah diisi full tetep aja mentok di 3/4nya. ada gambar yang resolusinya lebih gede om Iwan? biar lebih jelas liatnya. Thanks

      Delete
    3. Waduh maaf kemaren terlanjur udah saya save di perkecil, belum sempat kopi yang file lebih besar .. :(

      Delete
  2. kalo utk indikator jarum solar pd box spedometer yg macet bs diperbaiki gak om ?

    sewaktu saya beli grnd royal 2.5, utk jarum solar udah gak berfungsi, trus kata penjualnya utk indikator solar di box spedometer bisa diperbaiki.

    nah setelah saya beli itu mobil, lalu sya cek'an di bengkel, utk indikator solar ternyata tdk bisa diperbaiki, prnah dicoba diperbaiki tp tetep aja gak bisa sempurna, solar diisi full tp nunjuknya cm setengah lbih dikit. dah prnah dicek pd ampere bahan bakar trnta gak rusak, katanya kerusakan terjadi pd indikator solar yg ada di spedometer.

    mungkin dari teman2 banyak yg mengalami hal serupa sprti sya, rata2 utk usia panther 15 tahun keatas, kerusakan trjadi pd indikator jarum penunjuk solarnya. mungkin om iwan prnh mengalami hal tsb atau bisa memberi solusinya ? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indikator solar di spedometer itu meliputi peer kawat dan lain lain, konstruksinya mirip seperti pada indikator meteran BBM pada motor, untuk beberapa kasus memang bisa diperbaiki tapi bila terlalu parah ya Ganti atau kanibal menjadi salah satu solusi .... :)

      Delete
    2. Saya pernah punya masalah seperti itu malah lebih parah, indikator BBM gak bener sama sekali. Ternyata ada resistor yang terlepas di bagian rangkaian indikator. Setelah disolder, ternyata penunjukan penuh cuma setengahnya. Terus saya kalibrasi dengan melepas kabel ke pelampung dan dikasih beban resistor 45 ohm (sesuai pentunjuk panther) yang setara dengan indikator 1/2 penuh. Kembali ke jarum indikator, lantas saya lepas jarumnya (tinggal dicabut) dan taruh di posisi 1/2 penuh. Setelah pelampung dihubungkan lagi, indikator jadi normal, menunjuk penuh. Kalau E berarti tinggal 1/4 penuh, masih aman untuk mobil solar.

      Delete
    3. Terimakasih atas sharingnyam semoga bisa bermanfaat bagi yang lain

      Delete
  3. mau tanya om, kalo harga ampere solar panther grand royal 97 berapa ya? sepertinya ampere solarnya rusak seperti yg om bilang,krn setelah ngehubungin terminal antara kedua kabel dengan sebuah kabel kecil,dia mau naik normal, setelah di lepas turun lagi, dan kalo full cuma nunjukin 3/4 aja gak mau sampe atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf untuk harga saya kurang begitu paham, karena ini adalah sharing dari teman saya. :)

      Delete
  4. Maaf saya mau tanya , djarm indikator pada mobil panther saya udah saya perbaiki dan saya ganti dengan yg baru , awal nya saya rasa normal karna djarum menunjuk angka full , tapi setelah saya pakai koq indikatornya tidak mengalami perubahan tetap pada kondisi full , mungkin yg rusak dari segi apanya mohon bantuanya karna sering ke liar kota terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya cara mengeceknya mudah, sebelum dipasang jarum pelampung tersebut dapat di coba diluar dengan cara dikonek ke kabelnya lalu coba anda geser pelampung naik dan turun, maka ampere pada spedomeder harus ikut bergerak bila tidak bergerak mungkin ada kerusakan.

      Delete
  5. Pelapungnya se set udh ganti baru om... Tp jarumnya tetep nunjuk full pdhl solar tinggal sedikit...

    ReplyDelete
  6. gan, klo yg didashboard yg rusak partnya nyari dimana ya gan?
    kisaran harganya berapa? posisi ane diluar pulau jawa gan...

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)