Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Exhaust Gas Recirculation ( EGR )

Exhaust Gas Recirculation (EGR)

skema EGR
Skema EGR
EGR yang sering kita sebut Exhaust Gas Recirkulation adalah sebuah cara ( teknologi ) di mana teknik ini bertujuan untuk mengurangi Kadar Nox pada gas buang sebuah mesin Sebuah mesin pembakaran internal ( internal combustion ), EGR bekerja dengan cara meresirkulasi sisa hasil pembakaran untuk kemudian dicampur dengan udara bersih pada intake manifold. EGR diterapkan pada mesin bensin ataupun mesin diesel. dengan makin berkembangnya standar emisi polutan gas buang maka EGR menjadi point vital agar gas buang sebuah mesin memenuhi standar emisi. Untuk beberapa kasus EGR dapat mengurangi efisiensi dari sebuah mesin.

Sejarah EGR

Sistem EGR pertama kali hanya berupa sebuah lorong yang menghubungkan antara knalpot dan intake manifold, dengan konstruksi sederhan ini mesin menjadi kasar, sulit untuk di stater pertama kali ( karena intake manifoldnya langsung berhubungan dengan knalpot tentunya ), dan efisiensi mesin yang sulit tercapai.
Pada tahun 1973 sudah mulai diperkenalkan EGR yang dikontrol pleh vakum sehingga proses buka tutup EGR hanya terjadi pada kondisi tertentu.

EGR pada Mesin Bensin

EGR cooler
EGR cooler
Penggunaan EGR pada mesin bensin biasanya hanya dibatasi 5-15% dari gas buang saja, Hal ini disebabkan pada mesin bensin pada langkah isap udara dan bahan bakar sudah bercampur, bila gas buang yang disalurkan terlalu banyak maka akan bisa mengakibatkan Misfires dan Parsial burn. tetapi Penggunaan dan Konstruksi EGR yang dirancang dengan benar dapat meningkatkan efisiensi mesin dengan jalan,
- Reduced throttling losses. Mengurangi Kerugian Throttle, Dengan adanya EGR yang merarti memberikan Gas tambahan kedalam intake manifold maka akan mengurangi beban kerja Throtlle secara keseluruhan.
Reduced heat rejection, Mengurangi Panas berlebihan, Penurunan suhu pembakaran pada mesin tidak hanya menurunkan kadar NOx yang terbentuk tetapi juga juga mengurangi hilangnya energi panas pada ruang bakar.
Reduced chemical dissociation, Dengan berkurangnya suhu pada pembakaran puncak tentunya kan berpengaruh juga pada proses pembakaran.
Reduced specific heat ratio. Pengurangan panas pada akhirnya juga akan mengurangi beban kerja piston secara keseluruhan.

EGR pada mesin Diesel

Mesin dengan EGR
Mesin dengan EGR
Pada mesin diesel modern, gas buang terlebih dahulu didinginkan sehingga gas yang disalurkan bisa lebih banyak ( prisnip Intercooler ). Karena Pada mesin Diesel hanya udara yang dikompresi pada langkah isap maka pada mesin ini jumlah udara hasil pembakaran yang bisa dimasukkan kedalam intake manifold bisa sampai lebih dari 50%. 

Penerapan EGR

Pada Dewasa ini penerapan EGR pada sebuah mesin biasanya digunakan sebuah pipa yang menghubungkan antara intake manifold dan exhaust manifold yang sering disebut sebagai EGR eksternal. Ada EGR Eksternal tentunya ada EGR internal, ya EGR internal biasanya digunakan pada mesin Atkinson ( tahu kan Atkinson Mesin Rotary yang digunakan pada Keluarga Mesin Mazda RX) Pada Internal EGR ada modifikasi dari Camshaf sehingga ketika terjadi proses pembakaran sebagian hasil pembakaran akan terjebak dalam ruang bakar yang selanjutnya akan dikompresi lagi dengan langkah pembakaran berikutnya.

Perawatan EGR

Dengan berjalannya waktu pemakaian maka katup katup pada EGR akan bisa kotor dan tertutup jelaga, hal ini akan mengakibatkan penurunan performa dan kerugian pada mesin, untuk itu selalu servislah berkala EGR kendaraan anda agar kebersihan intake manifold tetap terjaga.
Pada beberapa kasus bahkan ada teknik untuk menonaktifkan EGR
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/menonaktifkan-unit-egr-mesin-diesel.html

Semoga Bermanfaat

4 comments:

  1. DIY membersihkan/menservis EGR piye um Iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Tinggal di buka manifoldnya lalu dibersihkan dari kerak arang hasil pembakaran, kalau udah di non aktifkan ya EGR ngak perlu dibersihkan lagi

      Delete
  2. Thank you for sharing valuable information. Nice post. I enjoyed reading this post. The whole blog is very nice found some good stuff and good information here Thanks..Also visit my page Exhaust Gas Recirculation premium performance the leader in Heavy duty Diesel Fuel Additives.

    ReplyDelete
  3. This post is nice, it contains all the information of egr coolers.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)