Exhaust Gas Recirculation (EGR)
Skema EGR |
Sejarah EGR
Sistem EGR pertama kali hanya berupa sebuah lorong yang menghubungkan antara knalpot dan intake manifold, dengan konstruksi sederhan ini mesin menjadi kasar, sulit untuk di stater pertama kali ( karena intake manifoldnya langsung berhubungan dengan knalpot tentunya ), dan efisiensi mesin yang sulit tercapai.Pada tahun 1973 sudah mulai diperkenalkan EGR yang dikontrol pleh vakum sehingga proses buka tutup EGR hanya terjadi pada kondisi tertentu.
EGR pada Mesin Bensin
EGR cooler |
- Reduced throttling losses. Mengurangi Kerugian Throttle, Dengan adanya EGR yang merarti memberikan Gas tambahan kedalam intake manifold maka akan mengurangi beban kerja Throtlle secara keseluruhan.
- Reduced heat rejection, Mengurangi Panas berlebihan, Penurunan suhu pembakaran pada mesin tidak hanya menurunkan kadar NOx yang terbentuk tetapi juga juga mengurangi hilangnya energi panas pada ruang bakar.
- Reduced chemical dissociation, Dengan berkurangnya suhu pada pembakaran puncak tentunya kan berpengaruh juga pada proses pembakaran.
- Reduced specific heat ratio. Pengurangan panas pada akhirnya juga akan mengurangi beban kerja piston secara keseluruhan.
EGR pada mesin Diesel
Mesin dengan EGR |
Penerapan EGR
Pada Dewasa ini penerapan EGR pada sebuah mesin biasanya digunakan sebuah pipa yang menghubungkan antara intake manifold dan exhaust manifold yang sering disebut sebagai EGR eksternal. Ada EGR Eksternal tentunya ada EGR internal, ya EGR internal biasanya digunakan pada mesin Atkinson ( tahu kan Atkinson Mesin Rotary yang digunakan pada Keluarga Mesin Mazda RX) Pada Internal EGR ada modifikasi dari Camshaf sehingga ketika terjadi proses pembakaran sebagian hasil pembakaran akan terjebak dalam ruang bakar yang selanjutnya akan dikompresi lagi dengan langkah pembakaran berikutnya.Perawatan EGR
Dengan berjalannya waktu pemakaian maka katup katup pada EGR akan bisa kotor dan tertutup jelaga, hal ini akan mengakibatkan penurunan performa dan kerugian pada mesin, untuk itu selalu servislah berkala EGR kendaraan anda agar kebersihan intake manifold tetap terjaga.Pada beberapa kasus bahkan ada teknik untuk menonaktifkan EGR
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/menonaktifkan-unit-egr-mesin-diesel.html
DIY membersihkan/menservis EGR piye um Iwan
ReplyDeleteYa Tinggal di buka manifoldnya lalu dibersihkan dari kerak arang hasil pembakaran, kalau udah di non aktifkan ya EGR ngak perlu dibersihkan lagi
DeleteThank you for sharing valuable information. Nice post. I enjoyed reading this post. The whole blog is very nice found some good stuff and good information here Thanks..Also visit my page Exhaust Gas Recirculation premium performance the leader in Heavy duty Diesel Fuel Additives.
ReplyDeleteThis post is nice, it contains all the information of egr coolers.
ReplyDeleteegr flow malfunction inova d4d egr sdh dibersihkan lampu enggine msh tetap nyala ,kerusakan pd sensor manakah
ReplyDeleteBarusan ke bengkel di fonis kalo egr rusak tidak bisa buka dn tutup.....gmn solusinya para master
ReplyDelete