Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Gasoline Direct Injection (GDI)

Gasoline Direct Injection (GDI)

Direct injection
Direct Injection
Seringkali Kita mendengar dari Majalah atau brosur Kendaraan ada istilah
Petrol Direct Injection / Direct Petrol Injection 
Spark Ignited Direct Injection (SIDI)  atau
Fuel Stratified Injection (FSI)
Ya nama nama diatas baik yang GDI, FSI, PDI dan lain lain itu adalah sama itu adalah penamaan dari varian dari injeksi bahan bakar. Prinsipnya adalah Bensin dimanpaatkan dengan tekanan tertentu lalu disalurkan/ disuntikkan kedalam ruang bakar langsung ke ruang pembakaran di tiap silinder. ( mohon dibedakan bila anda mendengar kata MPI ( Multi Point Injection ) pada MPI masih mengunakan teknologi Indirect karena bahan bakar bensin masih disemprotkan kedalam saluran intake atau port silinder. 
Dengan Majunya Teknologi Direct Injection maka dapat dimungkinkan untuk mendesain sebuah mesin bensin dengan pembakaran sangat Lean ( Miskin - irit - Sedikit Bahan Bakar ) dengan sedikitnya bahan bakar yang dibakar tentunya mesin akan lebih efisien dan pada akhirnya juga akan mengurangi emisi gas buang. Dengan dikembangkannya Sistem injeksi langsung, maka mesin bensinpun dapat mendekati Mesin Diesel  dalam pengunaan bahan bakar.

Sekilas Teori

GDI from Bosch
GDI from Bosch
Keunggulan utama dari mesin GDI ini adalah meningkatnya tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar. Selain itu tingkat emisi juga dapat lebih dikontrol dengan sistem GDI . Selain itu tidak ada kerugian pompa memakai skep throttle. Seperti yang kita tahu kalau pada mesin konvensional dengan memakai karburator atau injeksi tidak langsung maka ada kerugian pompa ( Engine Pumping Lost ) karena putaran mesin dikontrol oleh skep throttle tadi. Sedangkan dalam Sistem GDI putaran mesin dikendalikan oleh unit kontrol mesin / Engine Manajemen System ( EMS ), yang mengatur fungsi injeksi bahan bakar dan waktu pengapian.

Kombinasi Teknologi

Sistem GDI juga dapat dikombinasikan dengan teknologi mesin lainnya seperti Variabel Valve Timing ( VVT ), Turbocharger , Exhaust Gas Recirculation ( EGR ). ( Silahkan Klik kata VVT dan EGR bila anda ingin mengingat kembali topik VVT dan EGR. 

Sejarah GDI

FSI pada Audi
FSI pada Audi 
1996 Mitsubishi memperkenalkan mesin GDI di pasar Jepang dengan produk Galant / Legnum (4G93 1.8 L inline).
1997 Nissan merilis Leopard (VQ30DD)
1998 Toyota pertama kali muncul di berbagai kendaraan pasar Jepang dilengkapi dengan mesin SZ dan NZ. Toyota kemudian diperkenalkan sistem D4 untuk pasar Eropa dengan mesin 1AZ - FSE ditemukan di 2001 Avensis
1999 Renault memperkenalkan 2.0 IDE (Injection Directe Essence), Pada mobil Megane. Di tahun yang sama  PSA Peugeot, Citro├źn , Hyundai dan Volvo menandatangani perjanjian pembangunan dan lisensi teknologi Mitsubishi GDI. Mesin dengan Teknologi GDI dari Mitsubishi juga diproduksi di pabrik NedCar dan digunakan dalam 1,8 L Carisma dan Volvo model S40/ V40.
2000 Grup Volkswagen memperkenalkan mesin bensin injeksi langsung pada Volkswagen Lupo , 1,4L inline, dengan nama produk "Fuel Stratified Injection" (FSI) dan "Turbo Fuel Stratified Injection" (TFSI).
2002 Alfa Romeo merilis mesin JTS ( Jet Thrust Stoikiometri )
2003 Ford merilis 1,8 L Duratec pada Mondeo. dengan nama Direct Injection Spark Ignition (DISI)
Ditahun yang sama, General Motors merilis mesin versi 2.2 L Ecotec untuk Opel / Vauxhall Vectra dan Signum, mengunakan nama. SIDI ( Spark Ignition Direct Injection )
2004 Isuzu diproduksi mesin GDi pertama yang dijual di Amerika yaitu jenis Aksioma dan Rodeo .
Hyundai Avante with GDI
Hyundai Avante with GDI
2005 Mazda mulai menggunakan versi mereka sendiri direct injection di Mazda speed 6 dan kemudian pada CX-7 sport, dengan label Direct Injection Spark Ignition ( DISI ) .
2006 BMW merilis N54 injeksi mesin twin turbo charged untuk Coupe 335i dan kemudian untuk Sedan 335i , 535i seri dan model 135i. Mercedes- Benz merilis injeksi langsung sistem ( Charged Gasoline Injection (CGI) ) pada CLS 350. .
2007 GM merilis 3,6 L V6 LLT SIDI untuk Cadillac CTS dan STS dan Holden Commodore SV6.
Pada tahun yg sama Ford memperkenalkan teknologi mesin EcoBoost ( GTDI - Gasoline Turbocharged Direct Injection )
2008 BMW merilis X6 xDrive50i dilengkapi dengan mesin twin turbo V8 N63.
2009 Ferrari mulai menjual California dan 458. Porsche pun juga mulai menjual 997 dan Cayman dilengkapi dengan injeksi langsung. Ford memproduksi generasi baru Taurus SHO dan Flex dengan 3,5 L twin-turbo EcoBoost V-6. Jaguar, Land Rover AJ-V8 Gen III 5.0L ( diperkenalkan pada bulan Agustus 2009 untuk model tahun 2010) fitur Spray Guided Direct Injection.
2010 Infiniti menghasilkan M56 yang mencakup DI.
2011 Hyundai Sonata 2011 di perkenalkan dengan mesin GDI,
2012 Honda mulai menjual Accord dengan GDI, menjadi mobil pertama mereka DI di pasar AS /Kanada.
2013 Acura RLX datang dengan direct injection, menjadi yang pertama Honda GDI V6.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)