Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips Mengganti Ban Kempis Di Jalan Raya

Tips Mengganti Ban Kempis Di Jalan Raya

Waktu berkendara sering kali kita mengalami halangan, ban kempis di jalan, sekilas tampak mudah untuk menggantinya dengan ban serep, tapi ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang yang kemudian bisa membahayakan keselamatan diri sendiri atau keselamatan pengguna jalan yang lain, 

Kempis Ban bisa menimpa siapa saja
Kempis Ban bisa menimpa siapa saja
1. Waktu Tiba Tiba Terasa ban anda kempis di jalan, segeralah tepikanlah kendaraan anda, dan yang penting coba anda lihat lalu lintas disekeliling tempat darurat anda, bila anda berada di sebuah tikungan tajam atau turunan berhati hatilah, segeralah pindahkanlah kendaraan ke tempat yang lebih aman, ( lebih baik anda memaksa mobil bergerak untuk pindah ke tempat yang lebih aman, dengan resiko ban anda hancur, daripada anda parkir ditempat yang Berbahaya dan malah bisa membahayakan keselamatan anda, keselamatan mobil anda dan orang lain , ( bayangkan bila anda waktu menganti ban lalu anda terserempet mobil lain atau tiba2 ditabrak oleh Truck/ Bus yang ngak bisa mengendalikan kendaraannya karena anda berhenti di tikungan patah dan sebagainya ) . Segera nyalakan lampu hazard anda dan Pasang Segitiga Pengaman kendaraan anda ditempat yang agak jauh 20-25 meter dari kendaraan anda, ( atau sesuaikan sekiranya bisa menginformasikan kepada pengemudi yang lain kalau mobil anda sedang dalam masalah. Bila anda tidak memiliki segitiga pengaman, anda bisa mencari dedaunan/ ranting pohon, untuk ditempatkan di tengah jalan untuk memperingatkan pengemudi yang lain agar berhati-hati dan mengurangi kecepatan. ( maaf ya buat anggota Green Peace dkk, terpaksa saran saya merusak alam dan pepohonan )
2. Sebelum anda menganti ban anda, cobalah tetap tenang dan amati keadaan disekitar anda, terutama bila anda sendiri, jangan Panik, Segeralah amankanlah Barang2 berharga seperti Dompet, Tas Laptop dan lain lain ketempat yang lebih aman, jangan lupa Kunci pintu secara manual, terutama pintu yang jauh dari pandangan anda.
3. Keluarkanlah perlengkapan kunci dan dongkrak beserta ban cadangan anda. bila disekeling anda ada batu bisa digunakan untuk membantu mengganjal roda kendaraan anda. ( sebagai pengaman waktu anda mendongkrak mobil, karena kita tahu di sebagian mobil hand rem nya hanya mengunci roda belakang saja) 
4. Kemudian Kendurkanlah Semua Mur Roda anda yang akan diganti, ( ingat hanya dikendurkan saja ya seperempat atau setengah putaran. saja.
5. Kemudian Dongkrak mobil anda, ingat waktu mendongrak carilah Pijakan dongkrak di tanah yang kuat, dan jangan lupa untuk menempatkan dongkrak pada Sasis atau bagian mobil yang kuat, jangan menempatkan pada body atau diatas Peer ( karena peer fleksible bisa sewaktu2 bergerak2, sedang body tentunya akan merusak kendaraan anda )
Kendurkan terlebih dahulu mur  Pelek sebelum mobil di dongkrak
Kendurkan terlebih dahulu mur
Pelek sebelum mobil di dongkrak

6. Setelah mobil kita dongrak, segeralah lanjutkan dengan mengendurkan semua mur roda lalu pasang kembali ban cadangan anda. dan kencangkan kembali mur roda, ( TAPI INGAT JANGAN KENCANG KENCANG CUKUP SEPERLUNYA SAJA ) , dan jangan lupa Mur Roda jangan sampe terbalik, Pada Pelek mobil tertentu Mur Roda mempunyai bagian sisi miring tempat berpijak pada pelek. Waspadalah 
7. Setelah Dongkrak kita turunkan dan roda Cadangan sudah menapak kembali ke tanah, Segera kencangkan Mur Roda Tadi. ( Hal ini adalah prosedur keselamatan, kalau anda mengencangkan mur roda ketika mobil masih didongkrak, kalau anda terlalu bersemangat dan bertenaga maka dongkrak bisa terguling.
8. Setelah semua selesai segera bereskan semua yang anda pasang di jalan dan jangan sampai ada yang tertinggal.
9. Segeralah mencari tukang Tambal Ban atau bengkel terdekat untuk memperbaiki ban yang Kempis tersebut.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)