Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Kebiasaan Buruk yang Merugikan di Jalan Raya

Kebiasaan Buruk yang Merugikan di Jalan Raya

Kadang Kala tanpa kita sadari selagi mengemudi mobil, kita melakukan tindakan tindakan yang berbahaya atau tidak perlu sehingga merugikan diri kita sendiri, orang lain dan Kepentingan Umum. Beberapa tindakan itu diantaranya adalah:

bertelefon waktu mengemudi
Bertelepon waktu mengemudi
1. Bertelepon waktu mengemudi mobil.
Ini adalah tindakan yang berbahaya, bila sedang mengemudi dan tiba tiba menerima telpon silahkan aktifkan bluetooth atau Telepon bebas genggam dalam HP anda, atau segera pinggirkan mobil anda untuk bertelepon, selain berbahaya anda juga bisa diancam dengan tilang dan sangsi Penjara. Selain bertelepon akhir akhir ini sering juga orang gemar mem foto sambil mengemudi, hal ini sangat berbahaya dilakukan terutama bagi orang yang kurang cekatan dan refleknya tidak baik.
2. Hobi Menginjak setengah kopling pada mesin mobil manual.
Memang dengan menginjak setengah kopling waktu jalanan macet atau waktu berhenti ditanjakan adalah mudah dan membuat mobil menjadi halus akselerasi dan sentakannya, tapi tanpa kita sadari dengan sering menginjak setengah kopling maka keausan dari kampas kopling akan semakin cepat Aus, disamping itu bila anda lakukan ditanjakan yang jauh dan curam, anda kemungkinan bisa kehabisan kampas kopling ( akhirnya mobilpun mogok).
3. Menghidupkan Fog lamp pada sore hari bersamaan dengan Lampu Senja.
Kadang pada beberapa mobil saklar Foglamp nya menjadi satu dengan lampu kota ( ketika foglamp dihidupkan harus terlebih dahulu menghidupkan lampu senja) dan kadang tidak kita sadari Foglamp akan lupa kita matikan, karena begitu lampu senja dimatikan maka foglamp pun ikut mati. Fog Lamp sesuai namanya adalah lampu kabut, yang digunakan untuk membantu penerangan ketika cuaca buruk, dengan pengunaan fog lamp pada medan yang biasa tentunya hal ini akan memboroskan strum dan daya, dan akan membuat umur dari bohlam foglamp tersebut menjadi lebih pendek.
4. Menginjak Rem terus ketika anda berhenti di lampu merah atau tanjakan. 
Tinggalkan kebiasaan buruk ini, selain tidak aman, menginjak rem terus akan memboroskan daya listrik dari bohlam rem, Lebih baik anda mengistirahatkan kaki anda untuk digantikan dengan hand Rem. Malah pada beberapa mobil Premium dengan mengaktifkan Hand Rem, anda akan terbebas dari bahaya mobil melorot.
5. Menyalakan Lampu Hazard ketika hujan lebat atau mau masuk ke perempatan jalan. Tindakan ini akan membingungkan pengguna jalan yang lain, karena lampu hazard / bahaya hanya digunakan darurat ketika mobil anda mogok dijalan. Bila hujan deras silahkan anda hidupkan lampu besar/ Senja untuk berkomunikasi dengan orang lain.
6. Membunyikan klaxson waktu malam hari. 
Hal ini tidak bijaksana, anda harusnya mengunakan isyarat lampu / high beam untuk berkomunikasi dengan pengendara lain.
7. Terlalu dekat dengan kendaraan di depan.
Jaga Jarak Kendaraan Anda
Jaga Jarak Kendaraan Anda
Hal ini sangat berbahaya karena bila kendaraan didepan mengerem mendadak, anda akan kehilangan waktu untuk mengerem mobil anda, kemungkinan bila anda terlambat mengerem maka anda bisa menabrak mobil didepan anda. Jagalah jarak dengan kendaraan didepan anda, dan bila waktu turun hujan tambahlah jarak aman.
8. Tidak memberikan Jalan Kepada Kendaraan lain.
Anda berpikir bahwa mereka telah mengambil jalur mobil anda, tapi alangkah bijaknya bila anda sedikit mengalah untuk memberi mereka sedikit ruang bila memang jalan anda didepan masih terbuka lebar, Terlalu ofensif atau bahkan tidak mau mengalah, mungkin bisa berakibat fatal, ( tabrakan adu kambing ) itu tidak kita inginkan bukan.
9. Makan dan Minum sambil mengemudi.
Bagi pengemudi semua perhatiannya harus 100% ke kondisi lalu lintas, bila kita makan dan minum maka perhatian akan berkurang. alangkah baiknya bila mau makan dan minum menepilah dulu barang sebentar lalu silahkan anda makan minum dengan santai di pinggir jalan, anda selamat orang lain juga selamat.

Sementara ini dulu, ntar kalau ada yang baru akan ditambah :)

Semoga Bermanfaat

4 comments:

  1. satu lagi tambahan. dilarang mengambil foto pada saat mengemudi.....xixixixxi

    joss pakdhe tmbh trus infone..

    ReplyDelete
  2. waduh ,saya sering melakukan nomer 4 tuh.
    mulai sekarang bakal ganti ke hand rem. sayang kalau lampu rem cepet mati :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain Rem cepat mati, juga kaki kanan cepat pegal bos, alangkah baiknya pake hand rem ... :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)