Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Powered Sliding Door ( PSD )

Powered Sliding Door ( PSD )

  Daihatsu Ultra Functional Compact  (UFC) With Sliding Door
Daihatsu Ultra Functional Compact
(UFC) With Sliding Door
Akhir akhir ini Mobil dengan Pintu Geser atau Sliding Door kembali populer, Setelah Era jaman Daihatsu Espass.
Pintu Geser menawarkan keuntungan lebih dibandingkan Pintu tradisional seperti:

  • Bukaan yang lebih lebar, 
  • Fleksibilitas di tempat parkir yang sempit,
  • Lebih aman karena waktu membuka di daerah keramaian tidak membahayakan orang lain, (masih ingat kan Tragedi Orang yang meninggal karena menabrak Pintu Mercedes yang tiba2 dibuka pemiliknya/  
  • Dan untuk versi mobil mobil premium ( kelas atas ), lebih mewah dan menghemat tenaga.

Dewasa ini Terdapat dua jenis Pintu Sliding.

- Manual.
- Powered Sliding Door (PSD)
Mekanisme kerja keduanya sama, pintu tidak menggunakan engsel untuk membuka, melainkan menggunakan tiga buah rel pada bagian atas, tengah, dan bawah rangka mobil. Rel ini, terutama rel di tengah badan biasanya di samarkan pada bagian bawah kaca belakang atau didesain menyatu dengan badan.
Sedangkan Untuk yang versi PSD, pintu dapat dioperasikan secara elektris dengan tombol yang dapat terletak di Door Trim, pilar B, dan Door handle baik di luar maupun dalam. Sebuah motor listrik akan menggerakkan roda dalam masing2 rel untuk menggerakkan pintu. Biasanya, PSD ini dapat menutup dan membuka pintu secara otomatis maupun manual (biasanya ada tombol untuk mematikan fungsi elektris di dashboard).

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar pintu geser tidak cepat rusak adalah:

Penumpang Keluar Masuk
Lebih Leluasa
1. Jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif. Beberapa mobil premium memiliki sensor untuk mendeteksi halangan, bahkan pintu dapat berhenti sendiri saat tangan menyentuh door handle.
2. Usahakan tidak terlalu sering menggunakan model otomatis ketika mesin mati karena aki bakalan terkuras dengan cepat.
3. Untuk pintu otomatis, dibuka dengan menekan tombol atau menarik pegangan. Namun saat menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang. Biarkan pintu melakukan tugasnya secara normal.
4. Untuk manual, pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak atau bisa menutup dengan mantap. Untuk yang PSD, apabila mode elektris dimatikan, jangan membanting pintu, cukup sentuhkan pintu ke pengait dan biarkan screw menarik pintu ke pengait dengan sendirinya.
5. Usahakan jangan sampai ada benda asing dalam rel pintu geser. PSD memiliki banyak sensor untuk mendeteksi hal ini, tetapi yang manual tidak.
6. Selalu jaga Kebersihan Pintu terutama Rel Rel dari Debu dan kotoran, agar gerak pintu selalu optimal dan lancar.

Perawatan PSD

Untuk perawatan, sliding doors tidak memerlukan perhatian khusus. Apabila kotor, gunakan kuas untuk membersihkan rel2 nya dan jikalau kurang mulus pergerakannya, gunakan Cairan Silicon atau Penetran WD40 untuk melancarkan roda2 di rel nya. Setelah itu anda dapat memeberikan lapisan tipis Grease Pada Rel Relnya, Ingat Oleskan secara Tipis saja dan Kalau bisa gunakan grease berwarna Bening agar tidak terlalu kelihatan kotor.

Semoga Bermanfaat 


Artikel dan Tulisan adalah Sumbangan dari, 
Mr. Dharma Sanjaya
(Branch Manager)
Mobile : 0815 500 6478
HONDA PLAZA TUBAN
Jl. Wahidin Sudirohusodo ( Renovasi )
Jl. PB. Sudirman ( Kantor sementara )

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)